Tukang Jalan Jajan

Menikmati Kuliner Sintang, Erando's Kitchen


Tempatnya sederhana, berada di Jalan Darunajah No 2B yang menurut saya lebih mirip di sebut gang. Menggunakan bagian garasi rumah, Erando’s Kitchen cukup ramai dikunjungi. Saat saya datang, hampir semua meja penuh. Apa menu yang ada di sini? Saya mencari tempat duduk yang tidak jauh dari meja kasir. Agak lama saya menunggu hingga pramu saji menghampiri. Hanya 2 orang yang lalu lalang dan hilir mudik, sepertinya tempat ini butuh penambahan pegawai.

Erandos Kitchen Sintang
Erandos Kitchen Sintang
Saya menunggu kurang lebih 10 menit sehingga pramu saji menghampiri. Dari daftar menu di Erando's Kitchen terlihat ada menu makanan berat dari makanan Indonesia, Italia, Korea dan Timur Tengah. Ada juga menu kopi dan juga menu makanan penutup dan cemilan. Menunya cukup banyak untuk tempat sekecil ini. Saya tidak membayangkan betapa sibuknya dapur. Makanan yang saya pesan sederhana saja. Sphagetti Bolognese, Ramen Ayam Pedas serta es teh tawar. Saya khawatir jika memesan terlalu banyak maka waktu menyediakan super lama.

Sphagetti Bolognese ala  Erandos Kitchen Sintang
Sphagetti Bolognese ala  Erandos Kitchen Sintang
Seperti dugaan, minuman datang dalam 10 menit dan makanan datang setelah 25 menit. Saya sembari celingak celinguk melihat keadaan sekitar. Beberapa sudut di desain instagramable untuk swafoto atau wefie. Ada yang berkonsep sofa ruang tahu, ada sudut american minimlis, ada yang berkonsep taman serta ada pula yang berkonsep cafe. Mata ini tidak lepas melirik 2 orang karyawan Erando's Kitchen yang pontang panting ini. Mulai dari menjadi kasir, mengantar makanan, membersihkan dan merapikan meja. Pasti lelah sekali jika kunjungannya bisa seperti ini. Penasaran untuk mencicipi makanan yang ada di atas meja.

Sphagetti Bolognese ala  Erandos Kitchen Sintang
Sphagetti Bolognese ala  Erandos Kitchen Sintang
Piring pertama berisi Sphagetti Bolognese yang di siram saus merah bolognese dengan cincangan daging sapi dan ditaburi serutan keju. Memutar garpu dan langsung mencoba spahagetti, ah syukurlah matang dengan baik, aldente! Saus bolognese yang digunakan bisa saya tebak berasal dari saus siap saji. Melihat harganya yang hanya 15K mungkin bisa dimaklumi. Daerah ini memang dekat dengan banyak sekolah sehingga harga mungkin juga menjadi pertimbangan.

Sphagetti Bolognese dan Ramen ala  Erandos Kitchen Sintang
Sphagetti Bolognese dan Ramen ala  Erandos Kitchen Sintang
Sedikit mengenai sphagetti, Spageti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut.

Lalu apa itu istilah Al Dente? Al Dente itu adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan masakan pasta/nasi/kacang yang matang secara cukup dan baik. Memiliki kekerasan yang pas, matang, tapi tidak lembek (over-cooked). Gampangnya, pasta yang Al Dente itu yang kekenyalannya terasa, tidak lembek ataupun terlalu keras karena belum matang.

Ramen ala  Erandos Kitchen Sintang
Ramen ala  Erandos Kitchen Sintang
Mangkuk ke dua berisi ramen. Harganya hanya 20K. Aroma dan warnanya terlihat merah dan aromanya pedas. Begitu saya cicipi kuahnya, langsung terasa kuah produk salah satu produk mie pedas dipadukan dengan kuah gulai yang pedas di tambah dengan potongan cabe. Ada jagung, sawi, setengah telur rebus dan potongan ayam yang cukup banyak didalamnya. Sayangnya, mie yang digunakan instan sehingga rasanya bisa tergambar saat teman jalan jajan membaca tulisan ini. Saya suka dengan rasa ayamnya yang berlemak dengan tekstur yang pas. Kuah gulainya juga nyaman di lidah saya, bersantan dengan bumbu yang tepat.

Minuman Coklat ala  Erandos Kitchen Sintang
Minuman Coklat ala  Erandos Kitchen Sintang
Tempat ini memang sepertinya jadi favorit bagi keluarga yang ingin menikmati makanan dengan banyak pilihan dengan harga yang nyaman di kantong. Berada di jalan kecil sehingga tidak memiliki tempat parkir yang luas namun untuk ukuran sintang boleh di coba juga. 7 dari 10 untuk nilai saya menikmati makanan di Erandos Kitcen. Selamat makan dan salam Yumcez!

10 komentar:

  1. Ramennya menggoda. :D Pengen jadinya.

    BalasHapus
  2. Kuliner yang menyenangkan tuh. Spageti dan ramen favorit anak2.

    BalasHapus
  3. Minum coklat setelah makan spageti. Bayangin aja rasanya udah enak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak banget kak, ngga berasa nambah lagi dan lagi hehehe

      Hapus
  4. Salah waktu banget baca beginian pagi2 hehehe

    BalasHapus
  5. pasta itu selalu aku suka, yummy

    BalasHapus
  6. Sphagettinya keliatan menggoda, kenyang kayanya segitu :D

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.