Tukang Jalan Jajan

Legitnya Serawa Durian Pontianak

Musim duren a.k.a durian sudah tiba. Pontianak mulai dibanjiri berbagai jenis durian dari seluruh pelosok Kalimantan Barat. Mungkin yang paling sering di lihat dijualbelikan adalah durian dari Balai Karangan, Durian dari Sungai Jawi yang saya sangsikan keberadaan pohonnya hingga darian dari banyak pedalaman kalimantan barat. Banyak juga yang mengatakan bahwa durian Kalimantan Barat enak, harum dan legit. Kemungkinan karena durian yang ada di sini merupakan panenan dari hutan yang sudah pasti organik dan matang di pohon. Durian di panen saat buahnya jatuh dengan sendirinya.

Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Durian yang lezat ini tentu punya harga kualitas yang menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Semakin membludak maka harga akan semakin murah. Bagi yang tahan menunggu pastinya akan bahagia, tapi bagi yang tidak sabar harus bersiap merogoh kocek lebih dalam untuk durian Pontianak. Harga durian di Pontianak bisa berkisar antara 10 ribu hingga 50 ribu rupiah. Kembali lagi dingatkan bahwa harga durian di Pontianak masih bisa di tawar. Jadi usahakanlah datang beramai-ramai dan tanyakan terlebih dahula harga durian sebelum memakannya. Jangan sampai terjebak harga yang di tulis penjual durian.

Ada yang bilang bahwa durian Pontianak adalah durian paling enak di Indonesia. Saya sih belum pernah mencicipi seluruh durian di Indonesia. Jadi tidak berani berasumsi lebih. Biasanya kelebihan panen durian di Pontianak akan di buat berbagai jenis makanan lain seperti lempok, tempoyak atau gula durian yang bisa dioleskan ke roti. Ada pula yang mencampurkan tempoyak ke dalam masakan asam pedas ikan patin. Sedap kan? Tapi ada lagi menu lain yang bisa di buat dari durian taitu serawa atau saus durian. Seperti apa serawa durian?

Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Dari eksplorasi saya, Serawa bisa ditemui dibeberapa daerah yang memiliki penduduk suku Melayu biasanya memiliki menu saus durian atau Serawa. Tidak hanya di Indonesia, serawa juga ditemui di Malaysia. Cara membuatnya sederhana, Resep serawa hanya menggunakan daging buah durian segar lalu ditambahkan gula putih atau gula merah lalu kemudian ditambahkan dengan santan. Setelah itu dimasak hingga agak mengental. Bagaimana? Mudahkan mengaplikasikan Resep Serawa saat musim durian.

Kebetulan saya mencoba Serawa durian dengan ketan. Etan pulen yang sudah di masak kemudian di kukus dan di tambahkan sedikit garam untuk membuat rasanya semakin gurih. Setelah matang tinggal di simpan di dalam mangkok dan kemudian di siram saus durian yang sudah di buat tadi dan taraaaaa! Maka terhidanglah ketan serawa durian yang harum dan menggoda untuk segera dicicipi. Tapi ya kembali harus diingat, makanan ini mengandung gula dan karbohidrat yang cukup tinggi. Jadi harus berhati hati mengkonsumsinya. Jangan sampai berlebihan dan jadi penyakit.

Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Serawa Durian Pontianak dengan ketan
Rasa Serawa duriancungguh legit, sayangnya saya belum pernah mencoba serawa yang menggunakan gula merah. Biasanya dihidangkan tetap dengan biji durian supaya penikmat langsung tahu bahwa ada daging durian segar yang digunakan didalamnya, dalam hal ini adalah durian Pontianak yang terkenal harum dan legit.

Semangkuk serawa durian memang tidak pernah cukup karena rasanya memang sedap dan menggoda iman dan takwa. Pontianak memang menyenangkan saat sedang musim durian, banyak sekali kuliner yang memang di buat khusus untuk memanjakan lidah penggila durian. Memang pemanfaatan durian yang beragam semakin memperkaya khasanah kuliner durian di Pontianak. Sudah pernah mencoba serawa durian? Silakan mencoba membuatnya sendiri mumpung sedang banjir durian. Sedap dan mantap. Salam Yumcez! 

16 komentar:

  1. serawa durian terlihat enak apalagi salah satu bahannya adalah santan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuman ngga boleh banyak banyak lho hehehehe

      Hapus
    2. Di pontianak serawa duren yg enak dimana bang?

      Hapus
    3. Kebetulan saya buat sendiri kak, ngga nemu yang jual hehehe

      Hapus
  2. wow.... disini dipanggil bubur durian.... sedapnya...mau berwisata kuliner lagilah di pontianak

    BalasHapus
  3. Waduh, durian? Saya suka saya suka. Jadi penasaran nih rasanya kek apa. Enyaaak kayaknya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang enak kak, ciyus... cobain deh pasti jadi ketagihan. ngga susah kok

      Hapus
  4. Legit gambarnya, serasa pengen ambil dari layar laptop. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan di jilat dan disendokin layar laptopnya ya mbak :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. di Pontianak lagi musim duren. sebiji 10rb hehehe

      Hapus
  6. serawa durian, baru dengar, eh baru bacaa. Next kalau ke Pontianak cobaaa aaaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat sendiri deh mbak. ngga susah kok. awas ketagihan ya :)

      Hapus
  7. Di pontianak serawa duren yg enak dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum nemu nih mbak, kemarin buat sendiri aja hehehehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.