Adv

Ada Rupa Ada Harga di Restoran Pondok Kakap


Dari Sarapan, Makan siang dan makan malam. Manakah yang paling diperhatikan menunya? Apakah semuanya harus spesial? Mungkin banyak orang akan memilih makan siang untuk memadukan menu sempuna yang sesuai selera. Kebetulan saya di ajak teman-teman dari Jakarta yang sedang menikmati Kelana Rasa Pontianak untuk menikmati makanan lezat di Restoran Pondok Kakap Jalan Ismail Marzuki No. 33A, Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

Kelana Rasa Pontianak
Masuk di sini bearti masuk kedalam restoran dengan gaya Tionghoa yang cukup kental. Meja panjang atau bulat dengan kaca yang bisa di putar sehingga memudahkan mengambil makanan yang tersaji disana. Tinggal diputar saja tanpa perlu harus berjalan kesana kemari atau meminta bantuan untuk mengambil menu yang diinginkan.

Beberapa foto dan tanda tangan orang penting terpajang di sini. Termasuk presiden Indonesia ke 6. Bapak Joko Widodo yang sudah pernah mampir dan menikmati kepiting asapnya yang racikannya lumayan terkenal disini dan biasanya menjadi buah tangan untuk dijadikan oleh-oleh.

Siang ini pesanan sudah di buat tukang jalan jajan, Hekeng goreng, cumi goreng tepung, yam pakis ebi, kepiting asap, kerang hijau cah kemangi, dan tim ikan salju yang jadi makanan mahal di sini, 99K/ons. Nasi putih jadi pelengkap dan beberapa minuman dingin seperti es tahu dan es jeruk Pontianak. Sebagai makanan pembuka ada otak otak saus kacang yang bisa dinikmati sembari menunggu makanan utama datang.

Otak otak dan saus kacang
Otak otak dan saus kacang
Sembari menunggu makanan datang. Tangan tidak berhenti membuka daun pisang yang terbakar. Didalamnya ada otak-otak dari ikan tenggiri yang gurih dan berbumbu. Tidak terlalu pedas namun berasa di lidah. Tangan juga tidak henti mencelupkan setiap potongan ke dalam bumbu kacang cair yang tidak terlalu pedas namun sedikit asam dan pedas dengan sedikit lapisan rasa manis. 3 buah tidak cukup rasanya.

Hekeng plus saus cocolan
Hekeng plus saus cocolan
Saat makanan datang, rasa lapar langsung menyeruak begitu makanan datang. Aroma sedap dan gurih langsung menggoda saraf hidung dan nafsu makan membuncah. Nasi putih langsung di sendok kedalam piring tidak lupa pakis hijau ala pontianak dan hekeng di simpan serta cumi goreng tepung. Ini saja sudah sedap! Yam pakis yang manis, asam dan gurih karena ebi dan terasi berpadu ciamik! Jangan lupa celupkan hekeng ke dalam saus madu dan jeruk kecik Pontianak. Cacahan udang yang dilapisi dengan kulit tahu memang cocok dengan saus ini. Lain lagi cumi besar yang terbalut tepung gurih dan krispi. Tinggal di celup ke dalam saus cabe cair yang asem, pedas dengan balutan bawang putih. Sempurna!

Cumi goreng tepung
Cumi goreng tepung
Kepiting Asapnya terbalur alumunium foil dan daun pisang. Didalamnya ada bumbu kehitaman yang masih terlihat agak kasar. Menutupi cangkang kepiting yang sudah terpecah belah. Merah dan hitam sungguh kontras di tambah aroma rempah. Kepitingnya lumayan besar, dagingnya dengan mudah dilepaskan dari cangkangnya. Bumbu kehitaman meresap, ada jejak jahe. Lada, kunyit dan beberapa bumbu lain yang berbau tajam. Daging kepiting segar plus bumbu ajaib. Masih bisa menolak dengan alasan diet?

Yam Pakis ebi
Yam Pakis ebi
Olahan kerang hijau yang di cah kemangi juga boleh jadi menu sedap. Saya sengaja tidak menikmatinya dengan nasi. Lebih enak memakan begitu saja tanpa tambahan apa-apa. Bumbunya sederhana, bawang putih dan jahe serta daun kemangi yang sedikit berbeda dari jenis yang kita makan. Mirip dengan kemangi thailand yang beraroma sekaligus ada rasa mirip daun mint. Segar dan gurih.

Kerang hijau tumis daun kemangi
Kerang hijau tumis daun kemangi
Lain lagi dengan tim ikan salju yang mulus tanpa banyak bumbu, saus coklat berminyak, bawang putih goreng yang sudah di cacah, potongan jahe dan daun bawang sudah menjadikannya sempurna. Daging ikan yang lembut tersusun rapi di atas nampan yang di jaga tetap hangat dengan api dibawahnya. Lewat dengan nyaman di tenggorokan dengan rasa alami yang tercecap di lidah. Ini benear-benar enak. JAHANAM rasanya. Sedap sesuai dengan harganya.

Timh Ikan Salju
Tim Ikan Salju
Restoran ini memang diperuntukkan bagi kalangan menengah atas melihat harga menunya yang beberapa tidak cocok untuk makan tengah bulan. Siap-siap saja merogoh kocek agak dalam. Tapi jangan khawatir. Ini sebanding dengan beberapa rasa makanannya yang bisa ditukar dengan 2 gram emas. 9 dari 10 untuk tim ikan saljunya dan 8,5 dari 10 untuk makanan lainnya. Salam Yumces

4 komentar:

  1. Wah kalau dah Jahanam rasanya ini musti dicoba ni, nanti kapan - kapan bakalan datang kesini sama istri. :-D amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. rogoh saku agak dalem ko saya hehehehehe.... tapi sepatutnya di coba hehehe

      Hapus
  2. serius ini aku bkl semangat cari tiket promo ke ponti :D.. hrs bisa pokoknya kullineran di sana :D.. ga peduli deh ama tempat2 wisatanya, cuma wisata makan doang kalo sampe bisa ke ponti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus! banyak makanan enak yang sayang buat di lewat kan. apalagi yang otentik dan menggoda. banyak lho!

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.