Dihajar Bebek Boedjang Hingga Bebek Belur

Salah satu tempat yang menyediakan menu bebek dan konsisten sampai saat ini adalah Bebek Boedjang, banyak cabang di Pontianak dan jabodetabek

Salah satu tempat yang menyediakan menu bebek dan konsisten sampai saat ini adalah Bebek Boedjang, sekarang sudah memiliki banyak cabang dan tetep keukeh mempertahankan rasa hingga saat ini. Salah satu olahan unggas yang tricky, jika tak pandai mengolahnya sudah pasti berbau dan tak sedap dinikmati.

 

Dihajar Bebek Boedjang Hingga Bebek Belur
Dihajar Bebek Boedjang Hingga Bebek Belur

Tukang Jalan Jajan yakin, penggemar kuliner bebek selalu mencari yang sedap dan nikmat. Tentu rasa si bebeknya saja tidak cukup, harus ada pelengkap lain untuk membuat makanan semakin menggelora! Cihuy banget!

 

 

Makanan Bebek Favorit ala Tukang Jalan Jajan

Ada banyak menu olahan bebek yang bisa jadi pilihan, beberapa merupakan menu yang paling banyak digemari. Hayo! Apa menu yang kalian suka, apalah sudah masuk kedalam list dibawah ini? Ini murni pilihan yang sudah di mix dengan mesin pencari di internet, ternyata selera saya hampir sama dengan orang kebanyakan.

 

1.    Bebek Goreng, Paling lazim ditemui, Bebek yang digoreng hingga kulitnya renyah dan dagingnya empuk, biasanya melalui proses ungkep. Tak lupa disajikan dengan sambal dan lalapan. Nah! Sambal juga jadi penentu bebek ini sedap atau tidak.

2.    Bebek Betutu, Bebek yang dimasak dengan bumbu khas Bali, seperti bumbu betutu yang kaya rempah. Proses memasaknya cukup lama dan ribet untuk menghasilkan cita rasa yang khas. Susah didapatkan namun sudah pasti dagingnya sangat berempah dan empuk

3.    Bebek Panggang, Bebek dengan cara memasak ini juga gampang ditemui. Biasanya diungkep baru kemudian dipanggang dengan berbagai bumbu, seperti bumbu rica-rica atau bumbu kecap. Mengapa tidak berada di nomor dua, karena tak semua orang suka dengan rasa manis.

4.    Bebek Penyet, Olahan Bebek ini banyak ditemukan di street food lamongan, biasanya digoreng kemudian dipenyet diatas sambel lamongan yang kemudian disajikan dengan sambal dan nasi. Rasa sambal tomat ini khas karena masing-masing punya racikan tersendiri

5.    Bebek Rica-Rica, yang paling enak emang dari rumah makan Manado, lebih kaya bumbu, Bebek yang dimasak dengan bumbu rica-rica, yang biasanya pedas dan kaya rasa. Tukang jalan jajan suka yang ekstra daun kemangi.

6.    Bebek Bakar Madu, Bebek yang dipanggang dengan bumbu madu, sehingga memiliki rasa manis dan gurih. Apalagi kalau yang ngebakar jago ngebuat madunya terkaramelisasi sempurna.

7.    Bebek Kremes, Bebek goreng yang disajikan dengan taburan kremes, yaitu adonan tepung yang digoreng hingga renyah. Tetep disajikan dengan sambal korek dan lalapan. Duh sedep banget ini sih!

 

Selain itu, banyak daerah di Indonesia juga memiliki variasi olahan bebek yang unik sesuai dengan budaya dan cita rasa lokal. Seperti Bebek Lado Mudo yang biasa direstoran Padang. Tapi apapun menu bebeknye kalian wajib tahu cara menilai Bebek yang enak seperti apa

 

 

Bebek Boedjang, Rumah Makan Keluarga di Pontianak

Penasarankan bagaimana rasanya dihajar Bebek Boedjang hingga Bebek Belur? Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya berkenalan terlebih dahulu dengan Bebek Boedjang. Kiprah mereka mengolah bebek sudah tak diragukan lagi. Judulnya saja sudah bebek bearti makanan andalan yang ada disini adalah bebek.

 

Pantas saja jika sampai sekarang mereka masih eksis mempertahankan diri diantara gempuran bebek bebek lainnya dan tetap menjadi Kuliner Bebek Nomor 1 di Pontianak karena warungnya selalu ramai pengunjung. Sudah ada 12 cabang bebek boedjang yang tersebar di Pontianak, dan beberapa kota lain di Jabodetabek. Ada rasa bangga kalau Brand kuliner asli Pontianak bisa jadi kuliner pilihan keluarga Indonesia dan sudah mengenalkan dan membanggakan Kota Pontianak ke Nasional berkat kulinernya dengan tagline Dari Pontianak Untuk Indonesia. Pilihan makanan dan minuman yang banyak serta beragam memang memudahkan keluarga untuk memilih menu sesuai selera masing masing.

 

Aneka olahan bebek, ayam, ikan, daging, sayur mayur dan lainnya membuat semua orang bisa menikmatinya. Bebas pilih yang disuka serta tetap menjaga rasa. Wajar saja kalau sudah sering diliput TV nasional dan selebgram Indonesia yang tertarik dan penasaran dengan nikmatnya olahan makanan yang disediakan.

 

Oh ya, asal tahu saja, hampir semua menu bebek selera nusantara yang Tukang Jalan Jajan tulis diatas tadi djual disini. Ada bebek goreng dengan aneka pilihan sambal, bebek bakar, Bebek bumbu hitam, Bebek bumbu kacang, Bebek rica, bebek bakar madu dan bebek belur. Cerita rasanya? Nanti dulu.

 

Tempat makan ini juga memiliki banyak tempat duduk yang memiliki meja lebar serta tempat duduk yang banyak. Ada lesehan, meja kursi bahkan ruangan VIP yang bisa muat hingga 30 orang sekaligus. Jadi bisa saja membawa keluarga besar untuk momen special tertentu seperti ulang tahun atau arisan. Dilengkapi pula dengan mushola untuk beribadah. Makan seru, menu nikmat dan diakhiri Bahagia. Parkirnya juga luas dan nyaman terutama untuk cabang Bebek Boedjang Sumatera yang saya kunjungi sekarang. Pas lah, kebetulan dekat rumah juga!

 

 
Dihajar Bebek Boedjang Hingga Bebek Belur

Sekarang waktunya bercerita tentang rasa, makanan apa saja yang saya pesan dan bagaimana rasanya? Apakah sesuai dengan ekspektasi saya dan kalian. Mari duduk manis membaca tulisan ini sembari siap siap dihajar bebek Boedjang hingga Bebek Belur. Baiklah, mari buat listnya terlebih dahulu apa saja pesanan hari ini

 

Bebek Belur setengah ekor

Wah ini nih gongnya, Sekalian Tukang Jalan Jajan berbagi bagaimana bebek yang enak menurut saya. Rasakan daging bebek untuk menilai cita rasanya. Rasa daging bebek yang baik harus gurih, lezat, dan tidak terlalu berlemak atau berminyak. Bebek belur ini memang berempah, aroma bumbu ungkepnya cakep dan meresap hingga kedalam serat daging.

 

Bebek Belur Bebek Boedjang
Bebek Belur Bebek Boedjang

Tak ada aroma amis bebeknya yang menandakan bebeknya berkualitas baik. Tekstur dagingnya empuk dan tak a lot, saat digigit tau dilepaskan dengan tangan, tak terlalu banyak perlawanan. Disajikan rapi diatas cobek tanah dialas daun pisang, sungguh ciamik dan menambah selera makan

 

Minyaknya memang ada karena diberi sambel belurnya yang ditumis dengan rasa yang pedas mencekam. Bagi penggemar pedas, ini adalah lawan seimbang dengan nasi panas dan extra lalapan yang sudah dipesan.Bebek ini juga terllihat gemuk dan sehat dari lemak yang ada dibawah kulitnya, menambah rasa gurih

 

Udang Bakar Madu

Udang yang segar bisa terlihat dari kulit keras bagian ekor dan kepalanya masih menempel dibadan udang. Tingkat kematangannya baik sehingga tak alot dan masih menyisakan rasa manis alami. 

Udang Bakar Madu Bebek Boedjang
Udang Bakar Madu Bebek Boedjang

Disapu dengan saus madu yang terkaramelisasi dengan baik saat pemanggangan. Saat dimakan dengan tangan menghadirkan sensasi “finger licking good”.

 

Ayam Bakar Madu

Ini salah satu penyelamat dari rasa pedas yang membuat Tukang Jalan jajan Bebek belur tadi, rasanya legit dengan lapisan karamel yang merata diseluruh permukaan ayam. 


Ayam Bakar Madu Bebek Boedjang
Ayam Bakar Madu Bebek Boedjang

Sengaja saya pesan yang dada supaya dapat bagian sayap yang paling nikmat kalau sudah diolesi bumbu legit ini. Cocok buat anak anak atau yang tak doyan pedas.

 

Sop Daging Sapi Jawak

Ini bahaya! Bahaya sekali saat lapar mendera. Kaldu tulang yang begitu tebal tapi tak berlemak dengan daging yang masih menempel ditulang. Duhhhh nikmat banget dikerokoti, walaupun begitu dagingnya sangat bersahabat saat dikunyah. 


Sop Tulang Sapi Jawak Bebek Boedjang
Sop Tulang Sapi Jawak Bebek Boedjang

Ditambah dengan bawang goreng dan cabe membuat rasanya semakin gahar. Cukup dengan nasi putih saja, pasti sudah lahap.

 

Tumis Kangkung polos

Sambal Terong

Duo pelengkap yang tak bisa dianggap enteng, sama sama memiliki karakter kuat dan mengunci nikmat saat dinikmati Bersama nasi putih. 


Tumis Kangkung Bebek Boedjang
Tumis Kangkung Bebek Boedjang

Sambal Terong Bebek Boedjang
Sambal Terong Bebek Boedjang

Ini sama sama bikin lahap dan memperkaya rasa baik saat dikunyah maupun dilidah

 

Sambal Mangga
Sambal Cabe Ijo
Sambal Korek

Trio cabe ini punya karakter yang sama sama keras, seperti preman, mereka Bersatu untuk membuat Tukang Jalan Jajan bertekuk lutut. 


Sambal Mangga Sambal Cabe Ijo Bebek Boedjang
Sambal Mangga Sambal Cabe Ijo Bebek Boedjang

Sambal Korek Bebek Boedjang
Sambal Korek Bebek Boedjang

Pedasnya membara dan menggelora. Seperti ditampar bulak balik tapi tetep saja bikin berani lagi mencoba, terutama sambal mangganya yang seger, pedes, asem, asin dan gurih. Pas dengan suasana hati

 

Nasi Bakul
Ekstra Lalapan (timun dan daun singkong rebus)

Ekstra Lalapan Bebek Boedjang
Ekstra Lalapan Bebek Boedjang

Pelengkap tapi bukan penderita, harus ada karena kita masih jadi orang Indonesia. Tak boleh sedikit karena jarang tersisa.

 

Es Radja Mangga
Es Timun Selasih

Es Radja Mangga ini bisa jadi favorit banyak orang. Potongan mangga segar yang harum dan manis berpadu dengan sirup mangga dan krim serta potongan jelly. 


Es Radja Mangga
Es Radja Mangga


Es Timun Selasih Bebek Boedjang
Es Timun Selasih Bebek Boedjang

Seperti pemadam kebakaran didalam mulut. Menenangkan dan menyejukkan! Jangan lupa diaduk dan dikocok rata sebelum diminum.

 

Masih banyak lagi menu lain yang bisa dipesan, karena keterbatasan perut, tentu saya makan semampunya. Prinsipnya, jangan menyisakan makanan dan berakhir menjadi sampah. Percayalah, bahwa menghabiskan makanan, selain merupakan kebiasaan baik dan bentuk menjaga lingkungan juga menghargai mereka semua yang sudah menyiapkan makanan ini susah payah supaya bisa terhidang diatas meja.

 

 

 

Rekomendasi Kuliner Kelurga

Menu yang beragam, Lokasi yang luas, Tempat yang nyaman, pelayanan yang baik membuat tempat ini bisa jadi rekomendasi kuliner keluarga, tak hanya keluarga inti tapi juga keluarga besar. Tak hanya fokus pada satu selera, Bebek Boedjang juga menghadirkan banyak rasa dari berbagai olahan makanan. Range harga dan ukuran porsi yang ditawarkan berbanding seimbang dan masuk akal.

 

Tak hanya makanan berat, ada cemilan yang bisa dinikmati on the spot bahkan digoreng saat kita pesan hingga es krim yang digemari anak anak juga tersedia di Bebek Boedjang. Sarana ibadah yang tersedia serta lokasi parkir yang cukup luas menjadi alasan tempat ini bisa jadi pilihan kuliner keluarga.

 

Bebek Boedjang Sumatera

Jalan Johan Idrus Pontianak

Kalian juga bisa memesan online di aplikasi ojek online atau aplikasi makanbang.id.  Saya tidakkapok mesti dihajar bebek boedjang hingga bebek belur. Bakalan datang lagi, Selamat makan dan salam yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.