Sate Padang MS, Menggoda Selera?

Sate Padang MS yang lengkap dengan daging dan jeroan yang sudah berbumbu kuning, sementara untuk yang tidak doyan daging sapi, ada juga sate ayamnya
Berbicara makanan dan masakan Padang, sudah pasti bukan masalah. Hampir semua orang sudah pernah mencicipinya. Rendang merupakan makanan yang selalu identik dengan masakan Padang, walaupun sebenarnya ada ratusan jenis makanan Padang yang rata rata cocok dengan lidah orang Indonesia

Sate Padang MS, Menggoda Selera?
Sate Padang MS, Menggoda Selera?

Salah satu yang menggoda selera dan menggoncang kenikmatan adalah sate padang. Walaupun judulnya sate namun banyak sekali perbedaan yang didapat dari tampilan maupun rasanya. Bagi penggemar sate, ini pasti jadi pengalaman makan sate yang cukup berbeda dari kebanyakan sate didaerah lain yang mengandalkan kecap atau bumbu kacang.


Beda Sate Padang dan Sate Daerah lain

Perbedaan antara sate Padang dan sate dari daerah lain terletak pada bahan baku, bumbu, dan cara penyajiannya. Ada beberapa perbedaan utama yang cukup mencolok

Sate Padang MS, Menggoda Selera?
Sate Padang MS,

Bahan baku

Sate Padang umumnya menggunakan daging sapi, lidah, biji atau jeroan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kental yang ditambah dengan cabai yang banyak sehingga rasanya pedas, sedangkan sate dari daerah lain mungkin menggunakan daging ayam, kambing, atau jenis daging lainnya. Penggunaan daging sapi dalam sate Padang memberikan cita rasa yang khas karena irisannya yang tipis melebar.

Bumbu

Sate Padang memiliki bumbu yang kental dan kaya rempah, kentalnya berbeda dengan bumbu kacang. Bumbu sate Padang menggunakan rempah khas Indonesia, bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, serai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Bumbu kacang ini memberikan rasa gurih, pedas, dan asin. Konon katanya terdapat 14 macam bumbu basah dan bumbu kering yang berasal dari rempah-rempah.

Kuah 

Sate Padang sering disajikan dengan kuah gulai yang kaya rempah dan berwarna kuning serta dikentalkan dengan tepung beras. Kuah gulai ini memberikan cita rasa yang kaya dan memberikan kelembutan pada daging sate. Sementara itu, sate dari daerah lain mungkin disajikan dengan kuah kacang atau kecap dengan potongan bawang merah, tomat dan cabai

Cara penyajian

Sate Padang biasanya disajikan dalam porsi yang lebih besar dibandingkan dengan sate dari daerah lain. Setiap tusukan sate Padang umumnya terdiri dari beberapa potong daging, lidah dan jantung yang lebar dan tipis. Sate Padang juga sering disajikan dengan ketupat, serta dilengkapi dengan bawang merah goreng, kerupuk kulit atau keripik balado ubi, dan kuah gulai.

Pengaruh regional 

Sate Padang berasal dari daerah Padang khususnya Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia. Maka, sate ini juga memiliki pengaruh masakan Minangkabau yang kaya akan rempah-rempah dan cita rasa pedas. Sate dari daerah lain mungkin memiliki pengaruh regional yang berbeda dan menggunakan bumbu serta teknik memasak yang khas dari daerah tersebut.

Meskipun demikian, perbedaan ini bisa bervariasi tergantung pada variasi lokal di setiap daerah. Selain itu, sate Padang juga memiliki berbagai jenis sate seperti sate padang panjang, sate padang jengkol, dan sate padang pical. Masing-masing jenis memiliki karakteristik dan bumbu yang sedikit berbeda.


Sate Padang MS, Menggoda Selera?

Banyak yang menebak apa arti MS ini, Menggoda Selera? Minang Saiyo? dan ternyata ini adalah nama pemilik sate Padang ini. S dibagian belakang merupakan nama marga "Sikumbang" M nya? Biarlah tetap menjadi misteri, silakan tebak sendiri. Tapi masalah rasa, tidak boleh tebak menebak ya.

Sate Padang MS, Menggoda Selera?
Sate Padang MS

Tukang Jalan Jajan sendiri mlipir dengan sendirinya karena dipanggil oleh aroma asap sate padang yang menarik hati dan indra perasa. Kepulan asap yang menggugah selera benar benar menghembus tanpa henti dipojokan jalan. sangat menarik mata

Saat mampir, sudah disambut dengan spanduk lebar Sate Padang MS yang lengkap dengan daging dan jeroan yang sudah berbumbu kuning, sementara untuk yang tidak doyan daging sapi, ada juga sate ayamnya tapi tetap dengan bumbu Minang yang Mlekoh

Sate padangnya terdiri dari daging dan jeroan sapi yang sudah dibumbui terlebih dahulu dan sudah mateng. Tinggal dihangatkan diatas bara kelapa dan diperciki dengan minyak kelapa sehingga aroma smokynya semakin harum

Sate Padang MS, Menggoda Selera?
Sate Padang MS, Menggoda Selera?

Sate Padang menggunakan saus yang berbeda dari daerah Jawa. Berhubung si Uda berasal dari Pariaman, maka Sate Padang Pariaman memiliki warna kuah yang cenderung merah karena dominannya unsur cabai di dalam bumbunya. Aroma khas dari kunyit dan sereh memberi kesan pertama yang menggoda.

Daging dan jeroannya empuk tanpa perlawanan dan disiram Kuah sate padang kuning yang terbuat dari tepung beras yang diencerkan dengan kaldu sapi dan ditambah rempah-rempah. Rempah-rempah tersebut ialah kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, dan jinten. Lalu untuk resep kuah sate padang pedas, tentu perlu ditambah dengan cabai.

Ditambah dengan kerupuk jangek dan singkong sambalado membuat rasa dan teksturnya semakin Jawara.


Sate Padang MS Pontianak

Tempat parkir mobil di sate padang MS memang susah karena letaknya berada persis di perempatan jalan lampu merah Jalan Tanjung Pura dan Jalan Pangeran Diponegoro. Untuk motor masih bisa parkir dijalanan pasar tengah karena sepi dan tidak terlalu ramai.


Sate Sapi dengan ketupat campur komplit dengan kerupuk jangek atau balado singkong serta es teh sekitar 30K. Selamat Makan dan Salam Yumces!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.