7 Juli 2021

Sate, Tongseng dan Gule Nikmat di Pak Aris Pontianak

Suka bingung ngga dengan pilihan Sate, Tongseng dan Gule di depot sate? Tukang Jalan Jajan ngga dong! Sedari rumah memang sudah ada tujuan mau makan apa, jadi tinggal ngomong. Salah satu depot sate yang lumayan lengkap adalah Sate Solo Pak Aris di Jalan Adisucipto. Walaupun berada di pintu keluar kota Pontianak alias sudah berada di Kabupaten lain, tetap disamperin karena sudah kepengen.

Sate, Tongseng dan Gule Nikmat di Pak Aris Pontianak
Sate, Tongseng dan Gule Nikmat di Pak Aris Pontianak


Jadi di tempat ini menyediakan Sate, Tongseng dan Gule disatu tempat, bahkan kita bisa meminta jenis sate yang berbeda. Mantap banget kan. Yuk kenalan dengan makanan ini, satu persatu!

Suka Sate Yang Mana?

Siapa yang suka berdebat kalau makan sate?
Tukang Jalan Jajan sih bebas aja. Mau sate dengan saus apapun aku libas, tanpa saus sekalipun... Sikat sampai tuntas. Ada banyak jenis sate ala Indonesia yang tersebar dipelosok negeri. Ngga bisa menuliskan semuanya tapi beberapa yang lazim dinikmati

1. Sate Madura

Salah Satu Jenis Sate di Indonesia yang Sangat Populer, seperti yang saya makan ini, tidak menggunakan bumbu kacang tapi kecap manis dengan potongan bawang merah, cabe, timun, tomat dan kol. Biasanya menggunakan ayam dan sapi

2. Sate Klatak

Sate yang sudah sangat terkenal akhir-akhir ini, turut menambah variasi jenis sate di Indonesia ini, terbuat dari irisan daging kambing yang diberi bumbu minimalis berupa larutan garam dan bawang putih yang lalu ditusuk dengan jeruji besi dan kemudian di bakar di atas arang kayu, hingga menimbulkan bunyi klatak-klatak yang khas. Sate klatak ini biasanya disajikan dengan pendamping berupa kuah gulai kambing, dan dengan nasi atau lontong.

3. Sate Padang

Sate Padang disajikan dengan bumbu khas padang yang terbuat dari larutan tepung beras berbumbu kuning atau merah, yang didominasi bumbu kunyit atau cabai merah. Sate padang ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dengan bumbu, ada kikil, lidah, paru, dan lain sebagainya. Namun ada juga yang membuat sate padang dari bahan bumbu ayam. Adapun bumbunya terdiri dari aneka rempah-rempah yang dicampur dengan larutan tepung beras, yakni ada jinten, ketumbar, bawang merah dan bawang putih, merica dan perbanyak kunyit jika ingin bumbunya berwarna kuning atau tambahkan dan campur dengan cabai merah dan perbanyak komposisi jumlahnya jika ingin berwarna merah. Penyajiannya bisa dengan lontong atau nasi dan dapat ditambahkan dengan keripik balado singkong.

4. Sate Maranggi

Sate maranggi ini biasanya terbuat dari daging sapi, tapi ada juga yang terbuat dari daging kambing. Yang membedakan sate maranggi ini adalah pada proses marinate atau perendaman irisan dagingnya ke dalam bumbu, sehingga tidak memerlukan saus pendamping karena bumbu sudah meresap ke dalam potongan dagingnya. Adapun bumbu rendam

Masih banyak sate sate lainnya yang ada di Indonesia. Favoritmu? No debat ya... Pilih yang kamu suka


Beda Tongseng dan Gule

Hampir mirip sih, tapi ada perbedaannya. Biasanya gule sudah siap disajikan dan siap dihangatkan sementara tongseng biasanya harus menunggu disiapkan dan dimasak terlebih dahulu.

1. Gule.

Dulu saya selalu berpikir gule dan gulai itu sama saja cuman perbedaan pada cara penyebutannya saja dan jenis makanan yang sama. Padahal keduanya adalah dua jenis makanan yang berbeda. Dua jenis makanan ini berbeda dari segi daerah asal dan jenis makanannya. Setelah dilihat dan dicoba, sangat berbeda banget! Gulai berasal dari Sumatera, sedangkan gule berasal dari tanah Jawa. Selain asalnya yang berbeda, kuah gule juga lebih encer dibanding dengan gulai yang menggunakan santan kental. Warna kuahnya kuning dengan cita rasa manis, gurih dan sedikit pedas. Jika gulai biasa dimasak dengan berbagai macam daging, berbeda dengan gule yang hanya memakai bahan kambing dalam olahannya. Mulai dari daging, jeroan hingga tulangnya. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan gulai, yaitu merica, kayu manis, kapulaga, pala, kunyit dan sedikit cabai merah.

2. Tongseng.

Satu lagi masakan Indonesia yang juga memiliki kuah santan. Tongseng sendiri adalah makanan yang mirip dengan gulai namun dengan bumbu yang lebih "tajam.". Kuah tongseng biasanya sudah disiapkan didalam kendi besar dan ditambahkan pada saat pemasakan. Perbedaan yang lebih menonjol terdapat pada penggunaan dagingnya. Dimana tongseng dibuat dengan menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, terutama bagian tulang iga dan tulang belakang namun biasanya penjual tongseng menggunakan daging yang sudah ada ditusukan sate. Biasanya daging yang dipakai adalah daging kambing, meski ada juga yang menyajikannya dengan daging sapi atau kerbau bahkan ayam sesuai dengan permintaan konsumen. Warna kuah tongseng lebih gelap dibanding lainnya karena menggunakan campuran kecap di dalamnya. Selain itu, tongseng juga biasa dihidangkan dengan campuran sayur kol, bawang putih dan tomat sedangkan rasa pedas didapatkan dari potongan cabe.


Depot Sate Pak Aris, Kesukaan Tukang Jalan Jajan

Salah satu yang saya suka dari sate ayamnya adalah tingkat kematangannya yang pas. Tidak terlalu kering dan masih empuk bertekstur. Baluran bumbu satenya juga pas, karena karamelisasinya membungkus potongan ayam yang cukup besar sehingga menjadi gurih dan legit. Disajikan dengan cara ala sate madura, dengan kecap, potongan cabe dan bawang merah serta potongan timun, tomat dan kol atau dengan sambal kacang ala jawa. Ah satu lagi, saya sering mendapat potongan daging ayam yang masih menempel dengan kulit, kenyal kenyil!



Tekstur saus kacangnya juga berbeda, tak terlalu coklat dengan kacang tanah yang masih sangat bertekstur. Sepertinya kacang ini dihancurkan dengan kasar lalu dimasak dengan waktu yang lama sehingga menjadi lunak, seperti memakan kacang rebus yang gurih. Unik ya!

Lalu bagaimana dengan tongseng ayamnya? Rasa manis dan gurih yang berpadu dengan daging ayam dan kulit empuk serta renyahnya kol dan cabai rawit membuat orang ketagihan makan tongseng. Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah.

Namun tahukah kamu, jika sebenarnya tongseng sebenarnya terinspirasi oleh pedagang Timur Tengah berabad-abad lalu. Abad ke-18 sampai 19 banyak saudagar dari Timur Tengah datang berdagang di Nusantara. mereka juga menyebarkan agama dan membawa kegemaran lainnya, termasuk kuliner. Salah satu yang mereka gemari adalah daging kambing dan domba. Kegemaran para saudagar Timur Tengah menyantap daging kambing akhirnya ditularkan ke masyarakat lokal. Sate sebenarnya terinspirasi dari kebab. Bedanya kebab itu kering dan sate berbumbu kecap serta kacang.

Tongseng merupakan sisa kambing sehabis dagingnya dibuat sate. jeroan dan bagian kambing lainnya. Bagian sisa tersebut kemudian diolah menjadi gulai. Dari air rebusan kuah gulai kemudian ditumis kembali dan jadilah tongseng. Seng dari tongseng itu diambil dari kata 'oseng-oseng' (tumis).
Tapi seiring dengan waktu, bisa menggunakan daging apa saja! 


Jadi Makan Sate di Mana?

Sebagai salah satu tempat yang sering saya kunjungi kalau pengen makan. Alasannya pertamanya karena ada banyak pilihan mulai dari Sate, Tongseng dan Gule. Selain itu, disini ada pilihan sate dengan bumbu kacang atau dengan kecap ala sate Madura. Apalagi kita bisa request bumbunya dipisah. Makanan disini juga dimasak saat dipesan. Sate dipanggang setelah direquest begitu pula dengan tongseng yang dimasak setelah dipesan. 

Depot Sate Solo Pak Aris, Jl. Adisucipto, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat 78117. datang sebelum jam makan atau setelah jam makan karena tempat ini lumayan ramai dan susah mencari tempat duduk.
Yuk makan! Selamat Makan dan Salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

57 comments

Ketiganya olahan kambing, ya. Sulit ditolak nih apa lagi yang racikan bumbunya sedap punya.

favorit aku tetep sate ayam/kambing dengan bumbu kacang khas jawa. Sama nasi anget aja udah cukup ga perlu yang lain hehehe....

Semua jenis sate syukkkkaaa. Btw baru tahu juga kalo gule dan gulai emang beda asal dan rasa. Kirain emang cuma beda pengucapan hihi.

Ya ampun baca ini malem2 jadi nelen ludah sendirii. Tergoda banget sama bumbu kacang dan kecap yang nemenin sate ituuu <3

Lha... Aku baru tahu dua macam sate. Sate padang sama madura aja. Suka keduanya. Jadi pengen sate yang lain juga. Kalimantan jauh ey... Semoga kalau ke sana bisa icip-icip sate pak Aris.

pagi2 lihat beginian tuuhh auto kepengiiinnn.. tapi kudu makan buah dulu nih akuu haha. aku juga termasuk penyuka sate dan tongseng soalnya, kaak :D

Sama-sama berbahan dari kambing, tetapi beda, ya bumbu dan racikannya. Waduh, lumayan juga nih jenis-jenis sate patut dicoba.

Aku tahunya cuma sate ayam dan kambing, xixi. Ternyata ada bermacam jenis, pengin cobain satu-satu. Penasaran sama rasanya.

Lha banyak banget nih jenis sate, baru nyobain dua dan itupun bedanya cuma sate ayam sama sate kambing.

Baru tahu jenis-jenis sate itu, semua dari kambing ya, kayaknya harus coba nih sambil jalan-jalan ke depot sate pak aris.

suka bingung mau milih apa kalau udah di depot sate, ehem infonya membantu banget, terima kasih.

Jadi ingin coba yang gulai kambing jadi sate klatak. Sepertinya nikmat bener menyantapnya. Soalnya langsung bayangin gitu, secara kan gulai kambing enak hehe

aku suka semuanya, sate, tongseng n gulai, tambah lagi kalau ada tengkleng a.k.a balungan mas, biasanya bikin betah makan lama-lama hihihi. Semoga tetap laris Depot Sate Solo Pak Aris nggeh

Saya paling suka sate ayam Madura. Nggak suka daging kambing, bau, hahaha... Belum nyobain jenis sate yang lainnya, meski ada rasa penasaran.

Sate padang belum nyobain, karena di sini banyak jual yg sate madura. Tapi paling enak sate madura disanding dengan gule, waduuh ngiler deh

Te sateeeee
Duh sate ini makanan favorit yang selalu jadi incara deh
Kami sekeluarga pecinta sate. Cocok dimakan kapan aja baik pagi, siang atau malam. Pakai bumbu kacang atau kecap sama enaknya

Kapan-kapan kalau saya traveling ke Pontianak temani kulineran ya mas...Hmmm selalu baca review kuliner di Pontianak enak2. Kyk sate dan gule ini...bikin laperrr ..

ah iya, sate dan tongseng emang pasangan serasi ya mas
pas buat menu makan malam

Walee bikin ngiler ehh sate nye bang

oemjiii satenya banyak macemnya di sana yaa, kumplit bangeeet, jadi pengen sate juga abis liat postingan ini deh, auto beli sate buat maksi ini sih hihhi

aku pernahnya makan sate madura sama sate taichan aja kayaknya. kalau sate yang lain belum pernah nyobain. nah kalau di kotaku ada juga namanya sate ortega yang lumayan terkenal menu sate kambingnya

Sate kambing dipadu tongseng itu surga banget di lidah. AKu pertama kali makan tongseng dan sate kambing tuh di Solo. Nggak taunya sekarang di Pontianak juga ada Sate dan Tongseng yang jadi pilihan traveler.

kuliner kambing atau sapi Nggak ada yang nggak aku suka..!
Semuanya selalu jadi favorit dan nagih banget

Aq suka sate madura dan sate klatak kak. Enak yang bumbu nya manis pakai kecap atau kacang. Itu favorit ku sih. Wah kalau ke Kalimantan Barat mampir ah ke sini

Endeusss bangeett ini :D
Sebagai penggemar olahan daging kambing, aku sukaakk semuanya.
Dari bentukannya udah kliatan super yummyy
Aakkk, mupeengg

Aku ga bisa milih koh, suka semuaaaaaaa hahahahha. Sate, tongseng, gule, gulai, tambahin lagi tenkleng koh :D.

Krn aku org Medan, jelas gulai aku LBH favorit Krn kuah kental dan LBH banyak rempah. Tp tetep gule khas Jawa aku bisa makan :D. Kalo udh balik ke solo kampung suami, duuuuh puas2in deh Ama sate , gule , tengkleng dan tongseng . Trus lgs cek kolesterol hahahaha

Kalimantan mah makanannya beraneka ragam yaa. Segalanya ada. Sampe kuliner khas solo gini juga tersedia :D. Dan kita sama koh, paliiiing suka sate ayam yg msh ada kulitnya. Ya Allah itu nikmat haqiqi memang :D

Lengkap banget sii satenya ya bang sampe susah nyari tempat duduk, btw thanks ya jadi tau aku bedanya tongseng n gule whakaka biasanya tinggal makan ajah :p

Sebagai pengegmar sate-satean, aku sukaa semua sate, sate padang suka tapi bumbunya jangan banyak-banyak, sate maranggi juara juga... dan bahagia pernah nyoba sate madura di tanah madura langsung...

kalo di jogja sih sate klatak banyak dimana-mana, dan aku pun udah punya langganana...

kalau ke ponti kayaknya aku harus coba sate rekomendasi kamu deh, kak

Trio kambing yang gak terpisahkan nih. Sate, gule, tongseng. Enak rasanya. Plus ilmu kuliner juga nih. Makin sedap deh

Iya sate kacang standard pun bisa beda sate tegal, sate madura sama sate solo gitu. Tapi smua sate aku suka, n tongseng gw suka banget

Wow, aku suka semua nih hehehe. Sate ayam aku doyan tapi kambing ga. Sama dengan tongseng aku doyannya ayam. Kalau sate padang kepengennya yang full daging. Pemilih banget aku yak hahah soalnya agak gimana gitu kalau ngunyah yang kenyal-kenyil ga ketelen wkwkwkwkwk :)

aku sih suka banget sama sate padang, cuma kalo diajak ke sate kambing biasanya tetep suka,, karena disana biasanya ada tongseng dan gulai. oh iya aku baru tau kalo gule dan gulai itu berbeda wkwkwk

Langsung nelen ludah baca artikelnya nih Bang.. Mau semuanya haha
Karena suka semuanya

Favoritku tetap sate madura bumbu kacang dan sate kambing bumbu kecap. Tongseng jg suka. Bikin makannya hbis banyak hehe

saya suka sate Madura aja Kak, lidahnya susah mencerna kalau asing heheh :D
yang jelasnya suka sate itu yang ada bumbu kacangnya terus ada irisan bawangnya juga :D

Yaampun kalau ga dijelasin di tulisan bang don, gak tau saya tuh bedanya apa. Kadang kalau ada di menu pesan tinggal makan aja, hehehe. Tapi tetep kalau sate saya masuk tim bumbu kecap, hehe.

Ya ampun lihat sate dan tongsengnya di sini rasanya pengen segera meluncur kesana, apalagi bacanya pas jam-jam kelaparan kayak gini. Huuhuu.

Makan sate memang menu yang nikmat. Mau itu pakai lontong apalagi nasi hangat bikin selera makan tambah terus.

Aku terakhir makan sate Klathak di Bantul, sekian tahun yang lalu. Bagi yang bosen ama sate kambing konvensional, enak sih. CUma, lama-lama asin juga. hahaha.

Mendadak kangen sate padang, di sini jarang lihat deh penjualnya dulu banget suka beli waktu masih ngantor di Sudirman dan ngekos di Benhil dekat pusat jajanan.. Huhu..

aku kira di jalan adisucipto jogja. Mas


selama ini aku pikir juga gitu gule dan gulai cuma beda nama panggilan doank. ternyata emang beda ya, asal daerah jga ngaruh..

kalau aku ke warung sate biasanya pesan sate aja sih. jarang nemu sate yg juga jual tongseng dan gulai

Sate termasuk makanan yang kusukai kak, waa di manapun temaptnya nyari kuliner ini. Ke pontianak wajjib mampir ke sini dong ya

dari semua sate yg di sebutkan hanya sate madura yang pernah di icip T_T
baru tau juga ternyata gule dan gulai itu beda ya.. ternyata menu di depot sate pak aris ini lengkap juga ya bang, terutama menu tongseng itu yg jarang banget saya temukan baik di sambas maupun di pontianak

Kalau aku gak perlu ditanya no 1 adalah sateeee maduraaaaa :D
Biasa wong ilat jowo kenale itu dari lahir. Tapi sate lain kalau disodorin ya gak nolak hehe.
Kalau dulu di Sby kalau beli sate madura tu udah sepaket sama gulai :D
Kalau tongseng kyknya lbh sering kami nikmati saat iduladha hehe
Cuma kyknya gak kuah santan, tp lbh ke kuah bening kecap gtu kak, beda yaa

memang sama sama berbahan dasar kambing ya, tapi beda cara mengolah dan rasanya
aku suka makan tongseng kambing

Suka deh sate dan gule apalagi ada kucrutan jeruknya...hmmm nikmat bnget deh. Jd pengen nih...

wah Ka Dons mau satenya, pengen banget deh aku mumpung lagi di Pontianak niy, mau ah ke sana tar nyobain kak Don

Pliss kak . Aku ngiler semua . Hampir semua aku sukaaa . Apalagi sate Padang dan sate Maranggi ..ngilerrrrr

Saya pecinta sate kambing! Tapi kalo adanya sate Padang ga akan nolak dong! Baca ini bikin kangen sate, di sini kang sate udah lamaaa banget ga lewat hiks

Wah, aku termasuk suka jenis sate madura dan sate padang, drpd yang klatak. Dan aku baru tau dong kalo gule dan gulai itu beda, kirain cuma di penyebutan bhs indo dan bhs jawa, oh ternyata, TFS ko

Nah kan dapat ilmu baru lagi kalau main ke mari.

Kali ini baru tahu bedanya gulai dengan gule. Tadinya kukira sama saja. Ternyata tampilan dan rasanya saja sudah ada bedanya.

Aku paling suka sate maranggi..
Tapi belum pernah tahu seperti apa sate klatak.
Jadi ingin mencobanya....gimana rasanya yaa..? Ditambah gule dan tongseng.
Wuaah...makan besar yang nikmat.

Sate padang malah belom pernah kak jadi penasaran. Eh gulai ama gule beda ya. Di tempatku kok sama ya hiks makin tercerahkan

Suka semua yang berbau daging, apalagi tongseng, enak, daging bertemu cabe & tomat itu rasanyauwow menggugah selera makan😍

Ah tongseng & sate kambing nih kuliner yg cukup aku gemari, tapi aku gak begitu sering sih takutnya kolesterol hehee ya

Kirain gule dan gulai sama aja dan cuma beda pengucapan, ternyata emang beda daerah asal dan rasanya jg yaaa.. suka banget sama tongseng, duh jadi laper kan nih..

Sate kambing di daerah saya mungkin yang disebut sate klathak itu. Meskipun tetap pakai tusuk sate dari bambu.
Kalau sate sapi, bentuknya seperti sate lilit atau sate bali.
Pernah makan sate madura dan padang saat di Jakarta sebagai penambah khasanah rasa. Entah kapan bisa ke Pontianak, nih

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon