Masak lebih Sehat dan Lezat dengan Instant Pot, Review Electric Multifunctional Cooker

Merk multifunctional cooker terbaik Instant Pot® Duo™, 9-in-1 pressure cooker, rice cooker, slow cooker, yogurt maker, steamer, wok, food warmer, sous

Sebagai Tukang Jalan yang suka jajan, saya juga memiliki memasak ulang makanan yang ditemui selama proses icip-icip. Saat masih rajin dulu, oke oke saja melewati proses masak yang panjang dengan beraneka peralatan memasak. Seperti prajurit yang akan berangkat perang, semuanya dipersiapkan selengkap mungkin.

Pengalaman memasak di dapur bagi pria tentu berbeda dengan wanita. Tukang jalan jajan sendiri lebih memilih printilan alat masak yang simpel dan tidak ribet jika digunakan. Makin kesini secara pribadi lebih suka menggunakan alat simpel yang bisa memasak banyak makanan. Ada yang setuju juga?


Masak Gaya Baru yang Modern

Gaya hidup yang minimalis membuat milenial sekarang lebih mengutamakan fungsi ketimbang bentuk. Jadi tak jarang, peralatan masak sekarang multifungsi. Satu alat dengan banyak kemampuan. sudah terintergrasi dengan teknologi terbaru yang bikin hidup tinggal sat set sat set saja. 

Instant Pot electric multifunctional cooker
Instant Pot electric multifunctional cooker


Jadi ingat dengan alat masak jaman dulu, alat masak tradisional biasanya terbuat dari tanah liat, kayu, atau bambu. Namun, paparan panas atau kelembapan yang berlebihan dapat mengurangi daya tahan dan kerentanannya terhadap kerusakan. Di luar itu, sulit digunakan karena Anda tidak bisa memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Terkadang, hidangan malah kurang matang atau gosong.

Teknologi modern menghadirkan berbagai alat masak digital untuk memudahkan hidup Anda. Anda tinggal menekan tombol, lalu atur waktu dan makanan Anda akan diantar tepat waktu. Bahkan sekarang sudah ada alat yang bisa digunakan untuk semua jenis masakan, mulai dari mengukus dan memanggang hingga merebus

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin ingin membeli Instant Pot, karena dapat digunakan dengan mudah untuk memasak makanan . Instant Pot adalah merek panci presto elektrik populer yang sering digunakan untuk membuat makanan dengan cepat dan mudah.

Sekarang juga bentuk peralatan masak sudah compact banget, sehingga memudahkan jika digunakan di dapur yang kecil atau di apartemen sekalipun. Semuanya bisa tetap masak


Masak lebih Sehat dan Lezat dengan Instant Pot, Review Electric Multifunctional Cooker

Kecanggihan teknologi saat ini patut diacungi jempol, banyak alat masak yang bisa membuat memasak jadi lebih cepat. Inovasi yang sudah sering kita lihat adalah panci presto, teknologi pengempuk daging yang mempercepat prosesnya 6-8x lebih cepat dari proses memasak tradisional.

Memasak sendiri juga membuat lebih kreatif, tak hanya mengasah rasa lidah, tapi juga mengasah seni menyajikan makanan. Plus, memiliki kendali atas rempah-rempah dan rasa yang dapat  di modifikasi sesuai selera dan dapat menampilkan resep baru yang dapat di tulis dan bagikan di media sosial.

Instant Pot electric multifunctional cooker
Instant Pot electric multifunctional cooker


Tukang Jalan Jajan juga menjadikan memasak sebagai bagian yang menyenangkan dan ngebuat kita lebih sehat karena dapat memilih bahan makanan yang sehat serta memilih bumbu yang sehat. Memasak sendiri membuat belajar tentang bahan-bahan yang digunakan. Hal ini juga memastikan bahwa semua bahan yang digunakan baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, saat memasak makanan sendiri, ada baiknya kita dapat menghitung dan mengetahui jumlah kalori dalam masakan tersebut.

Sudah pasti juga enak kalau masak sendiri karena bisa memilih bahan terbaik dan juga menggunakan bumbu sesuai dengan keinginan lidah. Apalagi masakan yang dibuat sudah pasti jadi dan anti gagal karena sudah terprogram otomatis. Duh! Jadi kepikiran mau masak ayam goreng deh


Ganti Rice Cooker dengan yang Multifungsi

Saya jadi ingat setiap traveling ke berbagai negara, pasti menemukan rice cooker di rumah yang ada orang Asianya. Sebuah alat revolusioner untuk memasak beras sampai jadi nasi dalam satu sentuhan. Tapi seiring dengan waktu, kita harus menggantinya dengan yang lebih multiguna. Sudah saatnya ganti rice cookermu dengan yang multifungsi.

Tukang jalan jajan mau memperkenalkan instant pot electric multifunctional cooker USA yang mantap buat berada didapur. Sebagai anggota keluarga Duo™ terlaris, Instant Pot® Duo™ Plus yang mudah digunakan, serbaguna, dan nyaman. Produk ini mampu menggantikan 9 peralatan memasak, seperti pressure cooker, slow cooker, dan sous-vide, dengan 15 program pintar untuk membantu mulai memasak dengan cepat dan mudah. Dengan panel kontrol yang didesain ulang, status memasak terlihat jelas, dan mudah untuk mengontrol setiap langkah. Kalian bisa beli di sini ya https://sesa.id/pressure-cooker-instant-pot-indonesia
 
Instant Pot electric multifunctional cooker
Instant Pot electric multifunctional cooker

Instant Pot® Duo™ Plus, merk multifunctional cooker terbaik, peralatan dapur revolusioner yang menjanjikan memasak lebih cepat, lebih sehat, dan lebih lezat. Ini adalah kompor multifungsi yang dapat digunakan untuk menyiapkan berbagai hidangan dengan sedikit usaha. Dengan kemampuannya untuk memasak dengan tekanan, menumis, mengukus, memasak lambat, dan lainnya, ini dapat membantu menyiapkan makanan dalam waktu singkat.
 
Selain itu, pengaturan yang telah diprogram membuatnya mudah bahkan bagi koki rumahan untuk mendapatkan hasil yang luar biasa dengan simpel. 

Instant Pot® Duo™ , Multifunctional Cooker Amerika Nomor 1

Ada banyak kelebihan yang bisa diandalkan untuk alat masak yang satu ini. Ini bisa jadi alasan kenapa harus memiliki alat ini di dapur
  • Merk multifunctional cooker terbaik Instant Pot® Duo™, 9-in-1 pressure cooker, rice cooker, slow cooker, yogurt maker, steamer, wok, food warmer, sous-vide dan sterilizer
  • 15 program pintar yang dapat disesuaikan untuk memasak cepat dengan satu sentuhan: Pressure Cook, Soup, Stock, Cake, Eggs, Slow Cook, Tumis, Beras, Kacang, Biji-bijian, Bubur, Oatmeal, Sterilisasi, Yogurt, Sous Vide dan memasak suhu rendah
  • Program Keep Warm sekali sentuh membuat makanan tetap siap sesuai jadwal yang sudah dibuat
  • Tampilan hitam dan putih modern mudah dibaca, menunjukkan kemajuan memasak penuh, dan menyertakan tombol mulai khusus
  • Sudah ada indikator Tekanan dan Suhu untuk melihat dengan cepat, plus indikator ganda Fahrenheit dan Celcius
  • Kontrol individual untuk waktu memasak serta untuk mengatur suhu atau tekanan
  • Panci bagian dalam terbuat dari baja tahan karat dengan alas tiga lapis sehingga dapat menumis dengan sempurna
  • Tutup yang mudah ditutup secara otomatis 
  • Tombol pelepas uap jarak jauh yang intuitif membuat ventilasi lebih simple dan bebas ribet, plus secara otomatis menyetel ulang saat ditutup
  • Desain anti-putar membuat panci bagian dalam tetap di tempatnya agar mudah menumis
  • Masak hingga 6 porsi, cocok untuk keluarga, baik makan pagi, siang atau malam.
  • Hingga 70% lebih cepat dan hemat energi dibandingkan metode memasak tradisional
  • Tutup dan panci bagian dalam yang aman untuk mesin cuci piring untuk pembersihan cepat dan mudah
  • 10+ fitur keamanan yang telah terbukti, termasuk Overheat Protection™ dan tutup pengunci yang aman
  • Kabel daya yang dapat dilepas memudahkan penyimpanan
  • Asesoris: termasuk 2 cincin penyegel dan rak uap baja tahan karat
  • Memasak bebas PFOA/PTFE
  • 1000 watt, 120 V~ 60 Hz, Terdaftar UL & ULC
 Nah, Instant pot adalah alat masak multifungsi yang telah merevolusi cara kita memasak. Itu dapat melakukan pekerjaan beberapa peralatan dapur, seperti pressure cooker, slow cooker, rice cooker, steamer, dan banyak lagi. Dengan fungsi yang dapat diprogram sekali sentuh, Anda dapat membuat makanan lezat dengan mudah. Instant Pot dilengkapi dengan berbagai fungsi yang memungkinkan Anda menyiapkan berbagai jenis makanan dengan cepat dan mudah. Apakah Anda sedang mencari makanan cepat saji atau ingin memasak sesuatu dengan lambat selama berjam-jam, Instant Pot dapat melakukan semuanya!

Cara Menggunakan Instant Pot

Memasak menggunakan Instant Pot bergantung pada apa yang Anda masak. Tetapi kalau memasak menggunakan daging boleh mencoba cara memasak seperti ini ya :
  1. Letakkan Instant Pot dalam mode menumis. Tambahkan minyak (atau lainnya) dan bisa untuk membuat aneka protein seperti daging sapi atau ayam supaya lebih browny, supaya lebih aromatik, bisa menambahkan bawang putih dan bawang merah, juga bumbu lainnya. Tinggal coklatkan warnanya supaya makin cantik
  2. Tekan tombol Batal. Sekarang klik Manual dan kemudian Tekan pressure cook atau slow cook tergantung apa yg mau dimasak. Ketuk lagi untuk masuk ke mode tekanan tinggi untuk mengempukkan daging. Gunakan tombol plus dan minus untuk mengatur waktu memasak.
  3. Kemudian pasang tutup Instant Pot dan kunci di tempatnya. Akan ada suara yang memberi tahu bahwa itu sudah terkunci.
  4. Pastikan katup yang terpasang pada tutupnya dalam posisi penyegelan.
  5. Ketika Instant Pot telah membangun tekanan yang cukup, tombol merah akan muncul. Sekarang waktu memasak telah dimulai. Tinggal menunggu matang kan ya!
Bagaimana? mudahkan, tinggal dipraktekkan saja menggunakan satu alat

Tips Menggunakan Instant Pot

Setelah memiliki Instant Pot, multifunctional cooker USA ada beberapa hal menarik yang bisa diketahui. Berikut rangkuman beberapa tips untuk membantu untuk mengetahui kegunaan Instant Pot dengan lebih baik
  1. Instant Pot Anda memiliki banyak fungsi. Resep terbaik membutuhkan penggunaan lebih dari satu fungsi memasak. Maka pelajarilah semua tombol di yang ada di Instapot.
  2. Selalu tambahkan setidaknya 1/2 cangkir cairan. Memasak dengan tekanan membutuhkan cairan untuk meningkatkan tekanan di dalam panci. Jadi meskipun Anda mencoba sesuatu yang sederhana seperti dada atau paha ayam, pastikan untuk menambahkan 1/2 cangkir saus, kaldu, atau air ke Instant Pot sebelum masuk ke mode tekanan.
  3. Pastikan katup penutup diatur ke segel. Saat katup dalam posisi buang, tekanan tidak pernah meningkat. Saat mengunci tutupnya untuk memasak dengan tekanan, pastikan tutupnya dalam posisi terkunci.
  4. Bersihkan Instant Pot Anda! Setelah digunakan untuk membuat makanan enak, pasti berbau dan bahkan mungkin terkena noda makanan. Baca buku panduan untuk membersihkan Instant Pot dan cincin silikon.

Ada banyak keuntungan membeli Instant Pot.  

Salah satu keuntungannya adalah membeli Instant Pot membuat menyiapkan makanan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.  Fungsi utama Instant Pot adalah untuk memasak makanan dengan cepat, dan juga memungkinkan makanan tetap aman dari bakteri.  Banyak orang sudah merasakan kegunaan Instant Pot dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Orang yang menggunakan Instant Pot akan memasak makanan jauh lebih mudah karena dapat memasak apapun yang diinginkan cukup dengan satu alat. Makanan yang dimasak juga lebih sehat karena menggunakan bahan makanan segar,  Apalagi alat ini sudah terprogram otomatis sehingga masakan sudah pasti selasai, matang sempurna.

Instant Pot electric multifunctional cooker
Instant Pot electric multifunctional cooker


Alat ini juga mudah difungsikan sekaligus mudah dibersihkan.  Bisa jadi chef instant dan bisa gantikan fungsi 9 alat masak, beneran multifungsi membuat memasak lebih mudah dan nyaman bagi banyak orang. Sudah saatnya ganti rice cooker dengan yang lebih multifungsi di dapur.

REFERENSI
Instant Pot® Duo™ Plus 6-quart Multi-Use Pressure Cooker, V3 | Instant Home https://www.amazon.com/Instant-Pot-Plus-60-Programmable/dp/B01NBKTPTS?th=1 
Instant Pot® Duo™ Plus 6-quart Multi-Use Pressure Cooker, V3 | Instant Home 
https://blog.sesa.id/wp-content/uploads/2023/02/Instant-Brands-Deck-Duo-Duo-Plus-_Indonesia.pdf
https://www.youtube.com/watch?v=OYAyILdBuGY https://www.youtube.com/watch?v=eZs25HMglm4&t=284s 





Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.