29 Oktober 2020

Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Ada satu keunikan bahan makanan dari Kalimantan Barat yaitu rebung kering. Rebung begitu banyak di hutan Kalimantan, harus segera dipanen dan tidak bisa ditunda karena segera menjadi bambu jika terlalu lama. Supaya awet, rebung yang didapat tadi akan dikupas dan dicuci bersih lalu diiris tipis dan kemudian dijemur hingga kering. 
Jika ingin dimasak maka akan di rendam dengan air panas dan ajaibnya, rasanya mirip serat daging dan renyah. Rebung kering masak lemak ini kreasikan dengan daun selasih sehingga memiliki aroma yang harum menutupi aroma rebung yang khas. Mau mencoba Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan ?


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Rebung, Makanan Kalimantan bersumber di Hutan

Rebung atau bambu muda ini, sumber makanan yang mudah didapatkan di hutan Kalimantan, bahkan almarhum ayah saya sengaja menanam bambu yang rebungnya manis dan besar. Ternyata, tidak semua rebung enak dimakan, ada juga yang sepet dan pahit serta berukuran kecil. Rebung biasaya tumbuh didekat akar bambu, Batang muda ini digunakan sebagai bahan makanan, tidak hanya di Indonesia, di Asia juga menjadi populer dan mudah ditemukan dimana-mana.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya rebung memiliki kandungan racun asam sianida. tentu yang kadarnya rendah, yang dapat dikonsumsi. Ada beberapa jenis bambu yang memiliki rebung yang bisa dimakan. Coba kenali dan cari tahu ya. Berikut adalah jenis jenis bambu

  • Bambu betung (Dendrocalamus asper)
  • Bambu apus/tali (Gigantchloa apus)
  • Bambu wulung/hitam (Gigantochloa atroviolacea)
  • Bambu ater/jawa (Gigantochloa atter)
  • Bambu gombong/surat (Gigantochloa pseudoarundinacea)
  • Bambu ampel (Bambusa vulgaris)
  • Bambu kuning/gading (Bambusa vulgaris var. striata

Dari kawasan subtropis dikenal jenis-jenis bambu yang biasa diambil rebungnya untuk dimakan, yaitu:
  • Madake (Phyllostachys bambusoides)
  • Moso (Phyllostachys edulis)
  • Bambusa oldhamii
  • Bambusa odashimae
  • Bambusa blumeana
  • Fargesia spathacea

Rebung Untuk Bahan Makanan

Beberapa makanan di Kalimantan menggunakan rebung sebagai bahan utamanya, Suku dayak biasa memasak rebung dengan daging atau memasaknya dengan ikan. Bumbunya sederhana namun rasa alami dari rebung membuat makanan jadi sempurna, tentu santan merupakan elemen lain yang juga memperkaya santa, sementara Suku Melayu memasaknya dengan bumbu dapur yang lebih lengkap dan kaya rasa. Perpaduan rempah, aneka dedaunan, dan rimpang menyatu sempurna dengan santan, rebung dan daging. Adapula yang hanya menumisnya dengan telur orak arik. Sementara dari makanan Tionhoa ada chaikwe isi rebung atau rebung masak teripang.

Sementara di Solo dan Bogor, Rebung bambu digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan baku masakan khas Jawa Tengah, seperti sayur lodeh. Selain itu, rebung juga diolah menjadi lema. Pemanfaatan rebung ssecara modern juga makin beragam, berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung.

Di daerah Jawa, rebung kering dikenal dengan nama klingking. Sebelum dimasak, rebung kering ini dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu. Rebung ini dimasak dengan santan dan memiliki tekstur renyah yang mirip daging ayam. Tapi saya ingin menunjukkan bagaimana menu Rebung Kering yang unik bisa tersaji menjadi Rebung Kering Masak Lemak yang menggoda selera

Resep Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Bahan-bahan

250 gr rebung kering 
250 ml santan kental
1 papan petai
2 liter air

Bumbu halus

6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 ruas kunyit
5 butir cabe rawit

Bumbu tabur

2 sdm kaldu jamur
Secukupnya garam
Secukupnya gula
Sejumput lada bubuk

Bumbu Cemplung

3 lembar daun salam
1 batang serai
1/2 cm lengkuas
2 Buah cengkeh
1/4 adas manis
Segenggam daun selasih


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Cara Memasak

1. Rendam rebung kering dahulu dengan air panas kurang lebih 15 menit lalu tiriskan dan cuci beberapa kali hingga air cucian bersih.
2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan semua bumbu cemplung kecuali daun selasih. Tambahkan air dan bumbu tabur. Masak sampai mendidih.
3. Kemudian masukan rebung kering yang telah dicuci bersih, lalu petai yang sudah disiang, aduk rata.
4. Tambahkan santan kental, aduk terus sampai mendidih dengan api kecil. Kemudian tutup. Biarkan kira kira 10-15 menit sampai bumbu meresap ke rebung, jaga jangan sampai rebung hancur.
5. Koreksi rasa, tambahkan Bumbu tabur jika dirasa kurang.
6. Jika sudah matang, matikan api lalu masukkan segenggam selasih.


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Hidangkan dengan nasi panas, kerupuk dan sambal. Sedap Menggoda dan selamat mencoba

Kandungan Gizi dan Manfaat Rebung

Walaupun terlihat putih dan seperti tak memiliki gizi, Rebung ternyata memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kabarnya rebung juga bisa menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Rebung yang masuk ke dalam jenis sayur ini juga tinggi kadar air, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, fosfor dan zat besi. Kamu yang merasa kekurangan kalium hingga menderita pelunakan otot dapat mengkonsumsi rebung secara rutin untuk membantu pemulihan.

Ternyata, menurut ahli tanaman, Rebung dikategorikan sebagai Sayuran dan memiliki kandungan antioksidan yang baik bernama fitosterol untuk melawan kolesterol jahat dan mencegah radikal bebas. Bagi yang ingin diet dan mengurangi berat badan, bisa mengkonsumsi sayur rebung sebagai pilihan diet alami yang baik karena mengandung lemak namun kadar gulanya rendah. Proteinnya yang tinggi bisa menjaga kesehatan sel-sel. Bagi kamu yang kekurangan serat, rebung adalah sayuran dengan serat yang tinggi sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah, diabetes, jantung koroner, hiperkolesterolmia dan kanker usus besar.

Yuk Masak Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Cobain masak Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan yuk, Informasikan diriku bagaimana pendapat kalian ya. Selamat mencoba dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

46 comments

Waktu di Taiwan, orang sana banyak banget yg suka makan tumis rebung soup rebung, dan salad rebung. Ternyata rebung enak banget ya ... Apalagi sekarang saya tahu rebung bisa diawetkan dan bisa dimasak kapan saja ga harus nunggu musim rebung. Makin nambah wawasan cara masak rebung nih

aku suka rebung dimasak apa aja aku doyan, tapi lebih suka disanten pedes. Eh ini dikasi pete juga ya, wah kesukaanku semua tuh

Kandungan gizinya tinggi juga ya. Saya pernah makan rebung hanya sebagai isi lumpia saja. belum pernah yang dimasak seperti Rebung Kering Masak Lemak ini. Boleh juga nih resepnya.

wah masakan rebung, aku termasuk yang jarang makan makanan olahan dari bahan baku rebung nih kak. Ternyata kandungan gizinya cukup tinggi. nice sharing dan makasi resepnya

Asinan Rebung?

Payahnya aku baru tahu banget menu ini. Sejauh ini yang kukenal pakai Rebung cuma mentok sampai ke Lumpia saja.

Jadi penasaran sama Rebung Masak Lemak ini. Sepertinya gurih sedap. Pakai petai pula.

Wah,, sepertinya kita bisa tukaran resep masakan berbahan dasar rebung ini.
Soalnya kalau di daerahku rebung biasanya di gulai santan ikan gaguk.
Ya emang sedikit aneh namanya, tapi dijamin gak kalah enak sama rebung kering masak lemak kakak.

Di sulawesi, kami tak asing dengan masakan rebung. Biasanya dimasak santan....si rebung muda.

ternyata banyak yaaaa manfaatnya, sayangnya saya kurang suka rebung karena aromanya itu loh strong banget

Lagi-lagi makanan unik dr daratan Kalimantan ini, rebung kering! Di sini tuh kalau nggak ditumis, dengan santan, ya isian lumpia gitu aja, ini kalau kering rasanya gmn yaa, kayanya enaaak kl diolah dg resep d atas juga

Pengem cobain deh resepnya soalnya tertarik sama rebungnya, selama ini baru cobain lumpia rebung aja

Jujur aja nih, saya belum pernah masak rebung sekalipun. Tapi kalau kayak gini ada resepnya lumayanlah bisa dicoba yaaa

Mamaku gak pernah masak rebung sih dari dulu. Jadi aku gak tau rasanya gimana hehe.. btw aku malah fokus ke pirinv sajinya.

Dulu ibu saya sering masak rebung, karena di belakang rumah ada rumpun bambu yg cukup lebat. Yg paling repot saat bikin masakan dari rebung ialah memotong/mengirisnya jadi ukuran kecil-kecil, butuh waktu. Tapi rebung memang enak, saya suka

Sebenarnya, saya nggak suka rebung. Tapi baru tahu, jika rebung ternyata bisa dikeringkan dan diolah menjadi masakan berkuah yang sedap.

Jadi pingin nyobain.

Rebung nih favorit banget loh, dimasak apapun saya pasti suka apalagi dikeringkan seperti itu sepertinya enak banget buat cemilan

rebung ini salah satu makanan kesukaan saya kak, tapi ya gitu... aku gak suka masaknya karena harus bisa menghilangkan aromanya. Maklum, saya gak terlalu suka dengan aromanya yang menusuk. Nah, kalau rebung kering ini apakah enggak ada aromanya yang "pesing" kayak air seni? hehe

Belum pernah tahu ada rebung kering. Yang suka dibawa Bibi sayur ya yg basah sih, bisa disayur. Tapi kurang bisa masaknya...haha...masih bau menyengat. Padahal doyan...

Tampak nikmat banget nih, apalagi ditambah petai juga... Saya baru nyobain rebung dari lumpia aja nih...

Wah ternyata di tiap daerah resep rebung beda-beda ya, benar kata orang-orang Indonesia itu kaya kulinernya. Rebung sendiri gak pernah saya cicipin masih geli karna dengarnya dari bambu

Di kampung aku juga banyak rebung kak tapi gak kepikiran masak rebung lemak, wah kapan2 harus dicoba nih, tunggu panen rebung dlu

Baru tahu kalau rebung bisa dikeringkan. Di sini mah, belum sempat dikeringkan tapi sering dibuat untuk sayur dan rasanya maknyussssss

Sering dengardari orangtua makanan dari rebung ini. Tapi aku pribadi memang jaang makan ini si kak. Hehe.

Ternyata kandungannya banyak banget ya. Antoksidan juga. Uwowww. Aku baru tahu lho.

Makanan favorit di rumah nih dulu secara di Banjarmasin masih gampang banget dapetin rebung di pasar. Kalau Mama suka masaknya pakai kuah kuning gitu dan dicampur ikan. Sedap dan kaya manfaat memang ya rebung ini

Saya kalau beli rebung biasa olahnya dengan jadikan sayur bening saja. Nah, baru tahu ternyata rebung juga bisa diolah dengan menggunakan santan ya. Boleh juga nih resepnya. Keliatan enak ya.

saya suka rebung di lumpia basah, belum pernah ngeringin rebung, jai penasaran apalagi rasanya kaya daging, langsung kepo auto pengen nyoba masak

Rasanya jatuhnya ini kaya gmn kak kalau versi rebung yg dimasak spt ini? Aku melihatnya jadi seperti jamur crispy dg kuah santan ya, hihi. Pasti cita rasanya unik sih ini krn nggak lgsg kena saat rebungnya basah

Jarang saya menikmati sayur olahan rebung. Seringnya mencicipi pas jadi isian lumpia. Memang enak sih...dan setahuku yang enak tu.dari bambu petung. Bambunya besar...

Aku adalah salah satu penggemar rebung nih, bagiku semua olahan rebung enak. Nah kalau rebung kering belum pernah makan, tapi kalau lihat dari foto kayaknya enak deh itu

Rebung kering bikin penasaran uyyy,,, Pasti ada sensasi yang berbeda, kalau saya lebih suka yang santan nya lebih kental lagi, biar lebih lemak lagi, hahahaha

Ternyata ada juga ya, rebung dalam bentuk kering seperti itu. Biasanya saya menemukan rebung yang masih segar dan mengolahnya jadi tumis rebung. Salah satu makanan favorit saya, loh!

ternyata rebung jugs bisa diolah dgn banyak jenis masakan ya mbak, selama ini aw makan rebung yg di lumpia aja

mamah aku yang suka rebung mah ka, hehe btw manfaat nya juga banyak ya ternyata,, ibu aku ga pernah bilang manfaat nya , kalau bahasa sunda nya rebung tuh iwung hehe

Aku suka banget nih olahan rebung. Buat isian lunpia atau dimasak lodeh sama enaknya. Tapi aku sendiri belum pernah masak rebung. Takut gagal. Soalnya kalau ga bener masaknya jadi bau pesing

Ibuku kalau masak rebung ya direbus dulu lalu tumis sama bumbu. Kayanya buat rebung kering boleh juga ya. Lumayan kan kalau bisa disimpan. Terus jangan salah juga ambil rebungnya

Baru tahu nih ada nama masakan Rebung Kering Masak Lemak. Thanks inspirasinya Mas Don. Mau coba juga nanti. Ternyata rebung punya kandungan gizi yang lumayan ya.

Wah, unik. Ternyata rebung bisa dikeringkan dan punya nilai ekonomis, tentunya. Daripada dibiarkan saja.
Di sekitar rumah tinggal saya ada beberapa rumpun bambu yang sangat rimbun. Yang punya sudah pesan boleh ambil, bebas. Di lain tempat malah ditebang semua lalu dibakar.
Kenapa saya fokus ke bambu dan rebung keringnya....
Btw, makasih ya. Ini masukan dan ide yang bagus. Saya akan coba gali lebih dalam lagi mengenai kuliner unik ini

Rebung basahnya yang lembut udah enak, yang kering kayaknya juga enak! Mau nyoba niih kalau kesempatan!

kalau di Kalimantan ini sepertinya yang khas itu nggak jauh-jauh dari santan atau dengan ikan ya, termasuk misalnya olahan rebung ini yang nggak bisa lepas dari pengaruhnya. layak dicoba nih olahan rebung kering ini, thanks resepnya jadi nggak jauh2 ke Kalimantan hihi

Rebung kalau ibuku dulu sering dilodeh, aku malah baru tau rebung kering kyk gini mas, jd penasaran sama rasanya. Kirain selama ini yang makan rebung wong jowo ternyata orang Kalimantan tu pinter mengolahnya jd makanan enak yaaa

Gara2 baca postingan ini, aku baru tau kalo rebung adalah sayur. Oke setelah ini aku jadi pengen hunting rebung juga hahahaha

Duh bayangin rebung. Jadi pengen masak rebung deh
Rebung basah dimasak santan, campur sama cecek sapi aja udah enaknya kebangetan. Apalagi kalau rebungnya dikeringin, lalu dimasak kasih santan, auuuhhhh auto lapeeerr

Banyak orang yang anti sama rebung, karena baunya yang khas yaa..
Tapi dimasak Lemak begini...jadi makin menggugah selera makanku... Tapi aku selalu suka rebung kok..

Wah resepnya gampang padahal. Tapi di Jawa nyari rebung kering ada ga ya? Kalau pakai rebung basah apakah bisa juga? Jadi pingin ke Kalimantan langsung buat makan rebung lemak ini

Emak saya pernah masak rebung, tapi gak kering gini juga sih, rasanya memang lezat, et tapi tergantung masaknya juga sih hehehehe. Ternyata banyak kandungan vitamin nya ya

Mamak ku sering banget masak rebung, tapi belum pernah masak rebung kering kayak gini, nanti mau coba buat ahhh di rumah

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon