Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Suasana kedai ramen ala Jepang sudah nampak dari meja depan. Tak sabar memesan 3 ramen terbaru dari Goen Resto Torishiomen Tantanmen Miyazaki karamen
Kalau pernah ke Jepang lalu menyusuri jalanannya dan menemukan aroma nikmat ramen diwarung kaki lima tentu hal yang biasa tapi bagaimana dengan di Pontianak?

Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak
Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Saya tertarik dengan gambar ramen seorang teman yang makan ke Goen dan kaget kalau mereka sudah punya kedai dan menjual ramen pula! #TukangJalanJajan tahu betul bahwa kedai ini dimiliki pasangan suami istri Jepang Indonesia. Pertanyaan pertama yang mau langsung saya jawab supaya tak membuat kalian berpikir panjang. Apakah Halal? Ya! Kedai ini dimiliki oleh pasangan muslim.


Ramen dan Jepang

Ramen dan Jeang memang susah dipisahkan, Ramen merupakan makanan asal Jepang yang menjadi hidangan populer di Indonesia. Namun, dari mana asalnya? Ramen berakar pada hidangan mie Cina yang kemudian menyebar ke Jepang dan menyatu dengan budaya makanan lokal. Pembukaan pelabuhan Jepang pada tahun 1859 membawa pengaruh dari Cina dan negara-negara Barat, antara lain dalam hal makanan.

Kabarnya dulu semangkuk mie di Jepang sangat mahal, namun karena banyak siswa yang dikirim belajar ke Jepang untuk mengadopsi dan belajar tentang Eropa yang berhasil di adopsi Jepang membuat harga mie menjadi lebih murah. Ini disebabkan banyak pedagang yang menjual mie ekonomis bagi siswa yang belajar dan tak mempunyai banyak uang. Semangkok mie yang hanya ada di Restoran berubah menjadi mie kaki lima yang tetap enak dan menggoda

Ramen telah berubah dari makanan sederhana para imigran Tiongkok  menjadi fenomena internasional, dengan koki membuat semangkuk ramen menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Ramen adalah salah satu makanan rumahan paling menonjol di Jepang dan ada di daftar wajib dicoba setiap orang Jepang.

Ramen Modern VS Ramen Tradisional

Ramen adalah mie kuning, panjang dan tipis yang terbuat dari tepung terigu, air dan garam, dihiasi dengan berbagai isian seperti daging, daun bawang, kue ikan, dan lainnya. Kata ramen berasal dari kata Cina la mian, yang berarti mie sobek. Pedagang Cina memperkenalkan Ramen pada tahun 1880-an. Ramen awalnya adalah makanan yang disajikan untuk para pekerja dan pelajar Tionghoa di Jepang. 

Banyak area dan wilayah yang lebih kecil di seluruh Jepang juga memiliki ramen versi  masing-masing, ini karena menyesuaikan ketersediaan bahan. Tottori terkenal dengan kaldu sapinya, sedangkan Ramen Kasaoka menggunakan  kecap asin dan kaldu ayam, serta ayam bakar dan rebung. 

Kenikmatan makan ramen tidak bisa lepas dari menghargai karya seni sang koki, menghargai detail halusnya, mulai dari tingkat kematangan mie hingga kemiringan irisan bawang. Hidangan lain yang menggunakan  ramen termasuk tsukemen, di mana sup yang lebih kental disajikan sebagai saus terpisah, dan mazesoba, versi tanpa sup dengan tekstur seperti saus dan rasa yang kuat. Pilihannya tidak terbatas dan lezat.

Namun seiring berjalannya waktu, Ramen menjadi makanan tradisional  Jepang. Ada banyak jenis ramen, namun  hanya jenis yang paling terkenal yaitu shio, shōyu, miso dan tonkotsu ramen. Tapi seiring dengan waktu ada banyak jenis ramen yang muncul tergantung dari daerah dan koki yang meraciknya. Ramen menjadi makanan dengan macam macam modifikasi. Ada yang tetap menggunakan elemen tradisional tapi ada juga yang sudah mengubahnya berbeda 100% dengan berbagai macam ubo rampai.


Nikmatnya Ramen Spesial di Goen Pontianak

Interiornya mengingatkan kedai ramen di Jepang. Begitu masuk ke dalam, aroma nikmat sudah berkecamuk. Suasana kedai ramen ala Jepang sudah nampak dari meja depan. Tak sabar memesan 3 ramen terbaru dari Goen
  • Torishiomen
  • Tantanmen
  • Miyazaki karamen

begitu datang, aroma umami langsung menusuk hidung. Salah satu indera yang tak bisa dibohongi sudah mengindikasikan kenikmatan. Torishiomen langsung diseruput. ada umami yang langsung meledak, duh! pasti tak sebentar membuat kaldu seperti ini, percampuran rasa yang padu, selintas antara kaldu ayam dengan konbu dan elemen lainnya (hanya menebak) tapi rasa gurih, asin dan manis yang dirasa didapat dari aneka racikan yang sudah pasti rahasia. 


Aneka Kenikmatan Dalam Semangkok Ramen Goen

Torishiomen menjadi favorit saya, apalagi setelah diaduk menjadi satu antara rebung. fried onion dan daun bawang. Ditambah dengan telur rebus dan potongan ayam yang super empuk dan juicy! ini benar benar DIE DIE MUST TRY. Entah bagaimana Tuan Nakamura memasak ayam ini, fiuuuh! Hebat! Kuah litenya habis sampai seruputan terakhir. Satu lagi yang saya suka...... rebungnya jawara banget rasa dan teksturnya, sampai salah sangka kalau itu kaki jamur

Goen Torishio Ramen Pontianak
Goen Torishio Ramen Pontianak

Bagi yang suka dengan rasa yang menantang, harus mencoba Tantanmen. Bumbunya lebih tebal tapi ngga medhok, rasa sup miso dan wijen sangrai terasa diseruputan pertama. Jangan ditanya lagi level gurihnya. Cacahan ayam dan bombay gorengnya memberikan sentuhan yang berbeda. Apalagi dengan chili oil yang ditambahkan diatasnya

Goen Tantanmen Ramen Pontianak
Goen Tantanmen Ramen Pontianak

Masih kurang pedas? Miyazaki karamen adalah jawabannya, seruputannya pertama terasa pedas dengan rasa kaldu ayam yang tipis dan dengan beef taste yang sangat tebal, super creamy menyerupai keju! kocokan telur dan kucai memberikan terkstur yang berbeda sekaligus makin mengikat setiap rasa. Ini menarik sekali untuk dicoba! 

Goen_Miyazaki_karamen_Pontianak
Goen Miyazaki karamen Pontianak

Satu hal yang kudu dicatat! disini porsinya super besar, sama seperti kalau kamu makan di Jepang. Bisa untuk share bowl kalau emang pengin coba bareng. 


Yuk Nikmati Ramen di Goen!

GOEN Japanese Resto, Jl Dr Wahidin No 89 B (Sebrang Riskia Busana)
Masih ada juga menu menu lain yang bisa kalian coba kok! semuanya menantang dan khas Jepang?
Share dong kalian suka yang mana? Selamat makan dan salam Yumcez
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.