Mizusushi, Cafe Sushi dengan Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan

Ayuk ikut Tukang Jalan Jajan eksplorasi makan sushi baru di Mizu Sushi and Coffee yang memiliki ciri khas robot kuching pertama di kalimantan
Sebagai pecinta makanan Jepang, sudah pasti Tukang Jalan Jajan memasukkan sushi sebagai menu favorit yang harus dinikmati jika mampir ke Jepang corner. Sushi ini makanan yang "terlihat" simpel dan praktis padahal proses pembuatannya sangat panjang dan memiliki banyak filosofi.

Mizusushi, Cafe Sushi dengan Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan
Mizusushi, Cafe Sushi dengan Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan

Ada banyak jenis susyi bahkan chef nya pun tersendiri. Tidak bisa orang sembarangan, harus punya kemampuan dan terlatih. Apalagi ada beberapa jenis sushi dan sashimi terbuat dari bahan berbahaya yang perlakuannya harus benar supaya aman mengkonsumsinya. Siapa yang satu selera dengan dodon jerry? Ayuk ikut eksplorasi tempat makan sushi baru di Mizu Sushi and Coffee yang memiliki ciri khas robot kuching untuk melayani pelanggannya. Penasaran? sama dong!



Sushi Harus Fresh!

Sushi harus dibuat segar dan nasinya hangat bahkan panas. Aduk dan gulung sushi tepat sebelum disajikan, terutama yang menggunakan topping seafood untuk rasa yang enak. Disajikan dengan gary (acar jahe), wasabi dan shoyu (kecap Jepang). Tapi banyak aturan lain dalam menyiapkan sushi bahkan waktu kita menikmatinya. Aturan ini baku untuk mendapatkan citarasa terbaik dari sepotong sushi.

Sushi harus dimakan segera  setelah disiapkan dan disajikan. Mengapa?

Dalam  gulungan sushi, banyak bahan  dicampur bersama sedemikian rupa sehingga  kontaminasi silang dapat terjadi antara satu bahan dengan bahan lainnya. Terutama bila digunakan adalah daging mentah seperti  salmon. Untuk menghindari kontaminasi ini, sushi harus dimakan segera setelah disajikan.

Sementara itu, akibat memakan sushi yang dibiarkan terlalu lama,  kelezatan dari sushi itu sendiri juga akan menurun karena berkurangnya kesegaran ikan di dalam sushi. Di  Jepang, sushi  dibuang oleh koki setelah 45 menit persiapan.


Tata Cara Makan Sushi

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam menikmati sushi, ada beberapa hal yang sering dilupakan. Tukang jalan jajan memilih sebagian ya! nanti silakan ditambahkan dikolom komentar jika ada hal lain yang dirasa penting.

1. Hati-hati, Jangan Potong Sushi Terlalu kecil


Pada hakikatnya, Sushi  dibuat untuk satu potong. Pas untuk sekali makan dan masuk kedalam muluat, koki sushi tidak akan menghargai pelanggannya yang memotong dan membelah sushi buatannya. Jangan pernah memotongnya didalam piring apalagi menggigit sebagian lalu meletakkannya kembali ke piring. Pasti akan berantakan


2. Makan Sushi Yang bentuknya Gulungan


Jika kalian berhadapan dengan berbagai jenis sushi, selalu coba mulai dengan sushi gulung terlebih dulu a.k.a sushi makizushi. Jangan biarkan rumput laut yang melapisi sushi menjadi lembek dan sulit digigit karena terlalu banyak menempel di nasi.

3. Jangan mencampur kecap dengan wasabi


Saat makan sushi, rasanya tidak akan lengkap jika dimakan dengan wasabi, kecap dan acar jahe. Sementara setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri, penyajian sushi selalu dilengkapi dengan beberapa bahan ini.
Namun, tidak jarang orang  mencampur wasabi ke dalam kecap. Meskipun berdasarkan berbagai alasan, metode ini secara tradisional salah. Jika Anda ingin makan sushi, oleskan wasabi di atas sushi, lalu celupkan ke kecap.

4. Hati-hati Jika Mencelup Dalam Kecap


Dulu, waktu belum tahu, aku juga sering sering melanggar aturan ini. Meskipun sushi banyak direndam dalam kecap, nasi tidak boleh menyentuh kecap. Tidak seperti nasi pada umumnya, nasi sushi memiliki tekstur yang lebih lembut. Kalau salah menyentuh atau terlalu lama, nasinya  hancur dan jatuh. Pastikan tempelkan di kecap satu kali, hap ke mulut dan selesai!

5. Acar jahe harus dimakan bersamaan


Acar jahe yang disajikan di restoran sushi harus benar-benar dimakan secara terpisah. Di tengah atau akhir setelah sushi. Banyak orang  memakannya  dengan sushi. Sedangkan fungsi utama  jahe adalah  menetralisir lidah agar rasa sushi selanjutnya tidak tercampur dengan potongan  sebelumnya. Anda menemukan?


Mizusushi, Cafe Sushi dengan Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan


Kalau sudah follow Tukang Jalan Jajan ,pasti sudah tahu dong salah banyak makanan kesukaan diriku bestieeee.... Makanan Jepang, seperti sushi dan sashimi jadi salah satu favorit dari masa ke masa dan Mizu Sushi and Coffee ngebuat aku jadi penasaran buat datang. Apa aja yang bikin penasaran ya?

Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan
Cafe Sushi dengan Pelayan Robot Kucing Pertama di Kalimantan

Ini dia alasannya, Ada robot kucing yang siap menjadi pelayan handal plus 120 jenis sushi dan makanan yang bisa dipilih. Dan ini semua halal yessss.... Naaah kaaaaannnn!

Dragon sushi roll Mizu sushi pontianak
Dragon sushi roll Mizu sushi pontianak

Jepang terkenal kuliner sushi dan teknologinya. Untuk itu robot itu kita hadirkan dan tentu ini bisa menjadi daya tarik. Ini merupakan layanan dengan robot pertama di Kalimantan. Untuk menu di Mizu Sushi & Coffee, terdapat 120 sushi yang memanjakan lidah pengunjung. Pilihan minuman di sana pun beragam, termasuk kopi.

Aneka jenis sushi di Mizu Pontianak
Aneka jenis sushi di Mizu Pontianak

Robot ini lebih ke atraktif, bisa antar makanan, greeting, bisa juga untuk rumah sakit. Berhubung kita buka restoran, jadi bisa antar makanan, dan greeting. Tamu masuk, dia ucapkan salam, dan kawal tamu ke meja

Aneka sushi lezat di mizu sushi pontianak
Aneka sushi lezat di mizu sushi pontianak

Nahhh kalian juga bisa pesen langsung di mygostore tinggal scan aja barcodenya. Super gampang dan mudah banget yes!


Aneka Pilihan Makanan dan Minuman di Mizu Suhsi

Kalian bisa pesen makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, aneka cemilan dan platternya. oh ya disini minumannya banyak dan macem macem jenisnya. Saking banyaknya aku bingung mau ngasi tahu mulai dari mana BTW kalian bisa segera cek IG nya dan cek mizusushicoffee.mygostore.com ya. Disana lengkap semua nama menunya. Totalnya ada 120 an jenis menu makanan dan minuman yang bisa dipesan. Jadi kalau datang setiap hari selama 1 tahun, bisa dipastikan tidak akan bosan

salmon nigiri, salmon hana, tobiko nigiri, ikura ginkan
salmon nigiri, salmon hana, tobiko nigiri, ikura ginkan

Jadi selain tersedia makanan yang sudah mateng juga ada yang rare. Kebetulan aku nyobain salmon nigiri, salmon hana, tobiko nigiri, ikura ginkan, mentai rice dan semuanya bebas amis. Berarti bahannya fresh dan segera disajikan setelah diolah! Jadi kalau kalian ragu dengan namanya dan apa isi dari makanannya, silakan ditanyakan terlebih dahulu dan pastikan kalian paham cara memakannya bestieeee!

Mentai rice mizu sushi pontianak
Mentai rice mizu sushi pontianak

Kalau mau mampir ke Mizu Sushi, alamatnya Jl. Meranti No.78, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117 nomor telepon 0812-5585-5822

Suasana Mizu sushi Pontianak
Suasana Mizu sushi Pontianak

Suasana eksterior dan interiornya sudah terasa Jepang dari pertama masuk ke dalam. Oh yaaaa jangan kaget kalau disapa ama robot kucingnya ya, sekalian dibelai kepalanya. Pasti dia suka. Selamat makan dan salam yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.