Periuk Express, Tempat Nikmati Citarasa Indonesia

Periuk Express, Tempat Nikmati Citarasa Indonesia. Periuk Nusa Indah atau Periuk Express Spesialis masakan nusantara berada di Jl. Nusa indah 3 no.B8
Tukang Jalan Jajan cukup bingung mencari lokasi yang tepat untuk makan bersama keluarga dan akhirnya ingat satu tempat yang lumayan nyaman untuk makan di periuk express. Selain itu, pilihan makanannya juga lumayan banyak dan cocok dengan lidahnya orang rumah yang lebih suka makanan nusantara. 

Periuk express ini menyajikan makanan Indonesia dan sudah dipatok perporsi, jadi memudahkan untuk memesan beberapa item sekaligus sesuai selera. Tak repot harus menyamakan persepsi. Pilihan aneka lauk pauk dan sayuran serta beberapa makanan pendamping bisa jadi acuan buat keluarga yang punya banyak selera, seperti Tukang Jalan Jajan Family's

Periuk Express, Tempat Nikmati Citarasa Indonesia
Periuk Express, Tempat Nikmati Citarasa Indonesia


Hidangan Indonesia, Terbaik Karena Rempah

Mempertahankan keberadaan hidangan Indonesia asli dengan cara menikmatinya terus adalah dedikasi untuk khasanah kuliner Indonesia. Sudah banyak makanan tradisional yang disajikan dengan sentuhan modern dan tentu saja menggunakan bahan asli terbaik dari Indonesia. Tak heran, makanan indonesia tradisional sekalipun tetap disukai oleh milenial.

Salah satu rahasia tentang kenikmatan Nusantara adalah komponen terbaik dari Indonesia, yaitu rempah-rempah. Bahan ini menjadi penting untuk menghasilkan banyak hidangan lokal. Rempah-rempah adalah kunci untuk cita rasa dan maha karya masakan Indonesia yang berbasis kepulauan, modifikasi rasa juga terjadi akibat penggunaan rempah-rempah. Sangat kuat peran rempah-rempah, bahkan makanan sederhana dapat berubah spesifik. Inilahrahasia terciptanya cita rasa masakan Indonesia yang lezat.

Tak hanya itu, penambahan bahan-bahan lokal tak kalah pentingnya dalam khasanah masakan asli Indonesia seperti  gula merah, terasi, kecap manis, aneka dedaunan penambah aroma, dan masih banyak lainnya. Semuanya menghadirkan cita rasa kompleks yang sangat menarik untuk dinikmati. Ciri lainnya adalah membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasak, demi menciptakan mahakarya kuliner yang sangat lezat. Beberapa contohnya adalah gudeg dari Yogyakarta, Rendang dari Sumatera Barat dan Ayam Betutu dari Bali.

Tak ada habisnya kalau menceritakan makanan Indonesia yah. Kalian suka yang mana genks?


Periuk Express, Tempat Nikmati Citarasa Indonesia

Kembali ke masalah makan hari ini, Tukang Jalan Jajan sedang menikmati makan siang bareng keluarga di periuk express. Pesanan hari ini lumayan banyak, mari kita data dulu dengan seksama jajan hari ini  yang tersaji didepan mata. Kok ya sambil cerita tapi ngga sabar buat ngabisin yak!

Makanan Pembuka

♥️ Tahu Cabe Garam

Mungkin banyak yang mengira makanan ini datang langsung dari Tiongkok. Iya, tahu memang dari sana namun tahu cabe garam adalah makanan asli Bandung yang sudah mengalami akulturasi. Sebagai makanan pembuka, ini cukup mengejutkan! Tahu sutera digoreng lalu diberi taburan potongan cabe, bawang putih goreng renyah dan cacahan daun jeruk yang sudah digoreng hingga harum. Lumayan untuk memancing nafsu makan, apalagi dimakan saat hangat!

Tahu Cabe Garam
Tahu Cabe Garam Periuk Express

Makanan Utama

♥️ Nasi Tumpeng Komplit

Rasanya sayang kalau tak memesan nasi tumpeng untuk perayaan spesial anniversary bersama keluarga kali ini. Nasi tumpeng gurih ini ternyata ada teri medan dibagian tengahnya, rasanya mirip dengan nasi liwet dengan aroma rempah dan rasa santan yang tipis. Lalu dilengkapi dengan telur utuh goreng, tahu tempe goreng, kering tempe teri, tumis daun ubi, sambal bajak dan dilengkapi dengan ayam goreng kremes yang empuk, gurih dan berbumbu. Beneran lengkap kannnnn?


Tumpeng Mini Periuk Express
Tumpeng Mini Periuk Express

♥️ Paket Ayam Rendang

Paket ayam rendang dengan nasi liwet plus teri medan dan lalapan timun. Pas banget ama nasi angetnya, ayam yang sudah berlumur bumbu santan yang lebih mirip kalio ini begitu empuk, padahal ini ayam kampung lho!. Bumbu rendangnya tak terlalu tajam seperti rempah Padang.  Warna orange keemasannya begitu menggoda. Tak sabar menyobek dagingnya, membalurkannya dengan bumbu dan membejek-bejekkannya dengan nasi..... hap hap!

Ayam Rendang Periuk Express
Ayam Rendang Periuk Express

♥️ Paket Ayam Madura

“Don't judge a book by its cover”. Warna hitam ini berasal dari bumbu hitam khas Madura yang terkenal dengan rempah-rempah yang alami di dalam proses pembuatannya. Diketahui pula, olahan ini dimasak dalam proses waktu yang lama, sehingga menghasilkan warna bumbu yang gelap-pekat. Ayam madura yang hitam dan gurih berselimut bumbu dengan rasa gurih kelapa gongso atau sangrai yang terasa kencang. Pas banget kalau dibejek bejek dengan nasi dan sambal. 

Ayam Madura Periuk Express
Ayam Madura Periuk Express

Makanan Pelengkap

♥️ Sayur Asem

Masakan berkuah asam ini ternyata ada di berbagai daerah dinusantara. Jawa, Sunda, Kalimantan, Aceh, dan Betawi memiliki keunikannya tersendiri dalam memasak sayur asem, mulai dari kuah, isiannya, rasa, dan sebagainya. Sayur asem termasuk sajian favorit banyak orang. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Sayur asem di Periuk Express agak beda, selain segar dan menyenangkan, ada rasa santan dan ebi yang bersatu padu dalam setiap seruputan! Mirip lodeh tapi rasanya sayur asem kok

♥️ Tumis Tahu Sutera

Sapo tahu adalah tahu dengan campuran sayuran dengan saus kental yang lezat. Disebut Sapo tahu karena dimasak dalam mangkuk keramik panas. Hidangan ini disajikan panas panas saat kuah masih mengepul. Nah ini emang favorit tahunya, walaupun aku lebih suka kalau kuah dan kaldunya lebih mlekoh! Tidak disajikan dengan sayuran atau kuah kental, hanya cacahan ayam dan potongan daun bawang. Ini pas banget disiram ke nasi panas. Kok ya makin lahap!

Sayur Asem dan Tumis Tahu Periuk Express
Sayur Asem dan Tumis Tahu Periuk Express

Periuk Express Tempat Makan Keluarga yang Menyenangkan

Periuk Nusa Indah atau Periuk Express (karena lokasinya ada dibeberapa tempat) Spesialis masakan nusantara berada di Jl. Nusa indah 3 no.B81, di depan hotel kini. Periuk Express memang Tempat Nikmati Citarasa Indonesia. Ini adalah nomor telepon yang bisa dihubungi 0811 5668998 . Buka Senin-Minggu, 09.00-22.00. Mungkin kesulitan yang didapat saat makan kesini adalah parkir kendaraan baik roda 2 dan 4 yang terbatas. Ruangannya pun tidak terlalu besar, bisa jadi tidak dapat tempat.
Mari kita makan dengan bahagia! Hayooooo siapa yang sudah siap makan dengan bahagia bareng. Selamat makan dan salam yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.