Kungfu Uduk Bangkit Lagi! Reborn!

Reborn! kungfu uduk bangkit lagi! telur lilit, ayam goreng kunyit frozeb, ayam tapak sakti, telur kecap, nasi uduk, sambal merah hijau tempe tahu
Reborn! kungfu uduk bangkit lagi! Sebagai pecinta semua makanannya, Tukang Jalan Jajan bakalan happy banget buat nyobain semuanya lagi! Dulu, nasi uduk kungfu uduk salah satu favorit dari masa ke masa

Kungfu Uduk Bangkit Lagi! Reborn!
 Kungfu Uduk Bangkit Lagi! Reborn!

Aroma nasi uduknya gurih menggoda hasrat, dulu nasi uduk dibakar delam daun pisang. Aromanya semakin kaya. Belum lagi nasinya yang pulen. Nikmat mana yang didustakan kalau sudah begini! Pembaharuan gaya penyajiannya juga salah satu yang menarik, dengan ayam goreng lebar khas Taiwan dan sambal cocolan dari jeruk Pontianak yang difermentasikan, membuat rasanya melegenda! Bagaimana Kungfu Uduk Reborn?


Nasi Uduk, Riwayatmu Dulu dan Kini


Pada abad ke 14 hingga ke 16 tanah Melayu dijajah oleh Portugis. Tepat tanggal 24 Agustus 1511, tanah Melayu  berhasil berpindah tangan sehingga menyebabkan emigrasi orang Melayu ke Batavia atau sekarang dikenal dengan Betawi. Juga pada tahun 1628-1629 kerajaan Mataram berhasil ditaklukkan oleh VOC. Hal ini menyebabkan orang Jawa pindah ke Betawi. 
 
Setelah serangan dari luar, banyak orang pindah ke Batavia atau Betawi. Tidak datang dengan tangan hampa, orang Melayu dan Jawa membawa barang-barang mereka, termasuk makanan. Makanan yang dibawa  orang Melayu adalah nasi lemak, sedangkan orang Jawa membawa nasi asin. Nasi uduk akhirnya lahir di tanah Betawi.

Kalian penasaran tidak, seperti apa sih penampilan nasi uduk asli? Nasi uduk merupakan kreasi dari nasi putih yang sudah diberi bumbu dan memiliki rasa yang gurih. Nasi uduk memiliki tekstur yang pulen dan juga tidak lengket serta dapat dinikmati dengan beragam lauk. Nasi uduk dibuat dari beras yang diaron dengan air santan, daun salam daun jeruk, laos, dan serai terlebih dahulu.

Dulu Nasi uduk disajikan dengan lauk seadanya dan tiap tiap gerobak jualan pasti punya ciri khas tersendiri. Sama seperti sekarang, masing masing nasi uduk, punya ciri khas beda tampilan maupun lauk pauknya. Walaupun beberapa terlihat seragam namun tetap ada cirikhas yang membedakan, minimal sambalnya.


Nasi Uduk untuk Sarapan? 


Nasi uduk adalah hidangan yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan banyak lauk pauk. Oleh karena itu, bisa dipastikan menu ini saja sudah  sangat lengkap. Namun, nasi uduk bukanlah sarapan yang sehat. Sarapan yang sehat perlu memperhatikan ukuran porsi dan nutrisi makanan untuk memberikan energi yang cukup untuk aktivitas Anda sepanjang hari. 
 
Dilihat dari sisi penyajiannya, nasi uduk  cukup tinggi karbohidratnya karena kandungan santannya. Ketika nasi uduk dipasangkan dengan banyak lauk lainnya, bisa dibayangkan berapa kali  karbohidrat yang akan didapat dalam satu porsi nasi uduk? Selain itu, tambahan gorengan juga meningkatkan kandungan lemak  dalam tubuh. 
 
Makan nasi uduk kadang-kadang untuk sarapan tidak masalah, tapi jangan sampai menjadi kebiasaan ya? Mulailah memperhatikan ukuran porsi dan nutrisi  setiap makanan yang Anda makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.


Kungfu Uduk kembali Muncul


Rasa kangen dengan Tukang jalan jajan dengan telur lilit langsung terobati. Telur yang digoreng dengan tusuk sate kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan saus memang sulit dilupakan. duh, ini kok enak ya!

Telur Lilit khas Kungfu Uduk
 Telur Lilit khas Kungfu Uduk 

Jajanan masa lampau yang ngangenin dan sering ditemui di depan sekolahan dengan kombinasi saus kacang yang manis dan gurih, serta sentuhan bawang goreng, satu tusuk telur lilit tidak akan pernah cukup. Nasi uduk juga istimewa, makan banyak selalu aman dari eneq.

Ada ayam goreng dengan bumbu khas Indonesia yang harum. Perpaduan aroma bawang putih dan kunyit yang dipadukan dengan ayam  goreng asin gurih, apalagi dicocol dengan sambal merah khas kungfu uduk. Ada tahu dan tempe goreng juga yang bisa dinikmati untuk nasi uduk yang pulen dan gurih ini. Oh ya, ayam goreng ini juga dijual dalam keadaan frozen dan siap masak 

Ayam Goreng Kunyit khas Kungfu Uduk
Ayam Goreng Kunyit khas Kungfu Uduk

Lain lagi dengan Ayam Tapak sakti terbuat dari fillet ayam  goreng khas Taiwan. Rasanya unik dan cocok dengan nasi kungfu uduk. Masing-masing posisi tidak dominan tetapi dapat saling melengkapi. Ciri khas tepung yang membaluri daging tanpa tulang ini benar benar renyah dan sedap!

Ayam Tapak Sakti khas Kungfu Uduk
Ayam Tapak Sakti khas Kungfu Uduk

Pelengkap lain yang sayang untuk dilewatkan adalah Telur dalam kecap yang khas dengan Aroma kayu manis dan pala yang sangat memancing nafsu makan. 
 
Jadi jika Anda jadi saya, mana yang akan Anda pilih?

Gg. Tanjung Mas No.58, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124
Selamat Makan dan Salam Yumcez!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.