27 Mei 2021

Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak

Ayo cari makanan enak lagi ya, sekali lagi selamat idulfitri dan Kenaikan Isa Almasih untuk teman teman yang merayakan. Mohon dibukakan pintu maaf dan semoga semua orang bisa berbahagia ya. Tukang Jalan Jajan Penasaran dengan sebuah plang yang menuliskan menu sarapan dengan jenis yang banyak dan semuanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memasaknya dan menyiapkannya. 

Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak
Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak

Agak terkejut dengan warung kopi yang sekaligus menyediakan sarapan segini banyak! Menurutku super banyak malahan, mulai dari
- Nasi Kuning
- Ayam Geprek
- Lontong sayur
- Bubur Ayam
- Mie Lemak Timbol
- Soto
- Mie Goreng
- Nasi Goreng

Jadi bisa bareng keluarga kesini karena banyak pilihan menu yang bisa dinikmati. Lebih penting lagi, semuanya menggoda selera dan memberikan kekenyangan paripurna. Pesanan saya apa saja hari ini? Nasi Kuning, Bubur, Ayam Geprek, Lontong sayur, dan Soto  Bagaimana? sudah sekalian makan siang juga kan hehehe. Mengapa saya memilih semuanya, karena masing-masing makanan punya karakter yang kuat. 

Menu Medan Ada di Pontianak

Sempat mengobrol dengan sang peracik makanan, membuat Tukang Jalan Jajan tahu, kalau makanan ini terpegaruh gaya Medan. Ibu penjual merupakan orang Medan yang merantau di Pontianak dan menjual makanan ini berharap cocok dengan lidah orang Pontianak. Dari perbincangan, ada beberapa karakter makanan Medan yang bisa menjadi ciri khas



1. Kebanyakan Masakannya Berkuah.  ...
2. Memiliki Rasa Pedas.
3. Kebanyakan Menggunakan Mie.
4. Banyak Menggunakan Santan.
5. Menambahkan Bumbu Rempah.

Sekali lagi untuk lidah Pontianak, beberapa menu melayu Medan ini jadi layak dicoba. Karakter rasa yang tak terlalu jauh menjadikan lidah kita siap untuk menerimanya dengan bahagia. Beberapa penekanan rasa, membuat rasanya terkesan "tebal" berbumbu tapi ini menjadikannya enak dan menggugah selera.
Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak
Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak

Makanan yang selalu disiapkan dalam keadaan hangat atau baru diolah saat dipesan, membuat semua makanan ini jadi menggoda untuk dicoba. Bayangkan saja kuah kaldu berempah yang dibuka tutupnya saat akan disajikan membuat aroma kenikmatan berhamburan kemana mana. Siapa yang bisa menolak kalau sudah begini. Beruntung, saya bisa merasakan sarapan ala Medan di Pontianak. Yuk Makan

Warung Kopi Al-Fatih, Makan enak di Tempat Luas

Salah satu poin yang membuat saya menikmati makanan dengan bahagia adalah lokasinya yang luas dengan jarak antar meja yang lumayan jarang sehingga Tukang Jalan Jajan memiliki personal space lebih besar dan terasa lebih aman disaat pandemi seperti ini.

Agak kaget waktu saya menyeruput kuah lontong sayur disini, rasa bumbunya tebal sekali.... Magteh dengan rasa gurih santan yang juga nendang. Selain rempah dan kelapa sangrai, saya juga terhenyak dengan rasa pedasnya yang seperti mesin diesel. menanjak dibagian akhir dan membuat saya berkeringat pedas. Ini kuah yang tak biasa dan sedep... semakin sedep dalam setiap suapan apalagi setelah semuanya tercampur rata. Apalagi yang perlu di notice? sambal merah diatas telurnya! kebiasaan sambal tumis ini di Pontianak cenderung manis, pedas dan gurih, sementara ini benar benar pedas menggelora. Sedep!

Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak
Sarapan Enak Ala Medan di Al Fatih Pontianak

Nasi kuningnya juga cakep dengan tambahan telur rebus dan sambal merah ini, dengan kelengkapan nasi kuning ini, seporsi cukup mengenyangkan. Begitu pula dengan soto ayam yang beneran berlimpah suwiran ayamnya, disajikan dengan lontong dan bikin kenyang! Saya agak kaget waktu menyeruput kuah kaldu bubur yang tersaji diatas meja. kuah gurih dengan lapisan lemak yang tebal begitu kentara rempah Indonesia. Begitu dicampur, topping rebon, kacang dan tongcay benar benar kece. Gurih dari rebon dan kacang tanah, berbalut ciamik dengan tongcay manis yang bertekstur renyah. Ini juara dan berbahaya! Ayam Geprek? enak kok.... sudah berempah dengan kremesan laos dan bumbu lainnya. dengan sambal hijau yang diulek langsung saat dipesan membuat geprek ini semakin menggelora. Sedaaaap juga disantap dengan nasi kuning.

Mau mencoba kenikmatan makan dan ngopi di Al Fatih? silakan mampir ke Jl. Adi Sucipto No.279, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124

Ngopi disini sembari sarapan memang bisa dilanjutkan makan siang. Coba saja sendiri!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

41 comments

Kalo soal maka-makan, kayaknya menu-menu ini wajib di coba. Dari tampilannya saja sudah menggugah selera. Kayak kalau aku ke sini ndak cukup hanya 1 porsi saja. hahhahaha

Menurutku Warung Kopi Al-Fatih ini bukan sekedar warung kopi, tapi udah masuk kategori resto!
Soalnya menunya banyak banget dan terlihat keseriusan dalam memasak demi cita rasa yang enak.

Awas kalap kak, haha. Tapi memang menu sarapannya nikmat semua ya, jadi pilihan nih misalnya hari ini yang A, besok B, biar nyicipin semua menunya tiap hari

Mas Dodon makannya banyaaaaak... Hehe...enak-enak semua sih ya. Pasti bingung kalo disuruh milih satu aja.

Kapan yaaa bisa ke Pontianak, malah temanku yang pindah dinas ke sana, biasanya dia suka kulineran

Penasaran lidah pontianak dalam kesehariannya biasa makan yg cita rasanya kyk gimana kak? Belum pernah kesana tapi penasaran hehe

Halo kak salam kenal. Wah, aku penasaran sama kuliner-kuliner yang ada di Pontianak, jujur blm pernah coba aku. Semoga nanti bisa berwisata ke Pontianak dan menyicipi makanan khas di sana termasuk sarapan nan enak ini.

Wah abis subuh baca ini auto lapar, saya belum pernah coba mie lemak timbol, kalau ada kesempatan berkunjung ke Pontianak mau mampir ke warung Al Fatih ah!

Saya pernah punya kenalan anak Medan. Emang sih berkaca dari kenalan saya itu, orang Medan doyan banget sama makanan pedas dan berkuah.

Dan nuansa makanan Medan ada di Pontianak. Sepakat jika dibilang beruntung. Kita bisa menghemat akomodasi untuk ke Medan untuk nyicip nuansa makanannya.

Mantul bener dah.

Ya ampun makananya menggoda banget sih jadi laper. Btw makanan pontianak banyak juga ya mas, semoga saya dan keluarga bisa ke Pontianak.

Nasi kuning sama lontong sayurnya nih yang penasaran aku coba
Kalau suami suka berarti sudah beneran enak
Karena lidah suamiku penentu akan makan lagi atau enggak

beuh ini mah gak cuma bisa buat sarapan kak, makan siang bisa, makan malam juga bisa, enak-enak semua deh

Mie Lemak Timol itu seperti apa ya makanannya? Aku benar-benar baru mendengar nama makanan ini.

Mas Dodon ini pamer makan enak mulu, haha, jadi ngiler liat lontong sayurnya. Pedas nampol plus ngopi endeus banget tuh. Belum pernah ke Kalimantan, semoga kalau ke Pontianak bisa nyobain menu di Warkop A-Fatih.

Dari tampilannya, masakannya sangat menggugah selera. Saya penasaran nasi kuningnya eh, yang lainnya juga..semua wajib coba kayaknya

Soalnya di kalimantan jg banyak melayu ya jadi rasa ga begitu jauh dan pasti gurih

Daku jadi ingin lebih tahu lagi soal mie lemak timbol itu seperti apa. Karena baru dengar menu tersebut. Atau misalnya mau diulas secara khusus oleh Kak Dodon boleh juga, eh malah request hehe

Ini sih sarapan dijamak makan siang hehehe... Jadi kangen makan lontong sayur deh 😋 kalau pedas, gurih, dan bersantan itu favoritku banget.

Ah, liat foto-foto makanan jam segini jadi laper. Semoga bisa mampir ke sana dan kulineran. Pasti mantep banget.

Gila, Pontianak itu lengkaaap kaaap ya kulinernya. Kayaknya berbagai daerah ada di sana :D. Enak sih jadinya, bagi perantau ga susah utk nemuin makanan khas daerahnya. Sejak ngikutin kulineranmu koh, aku JD bingung kalo ntr ke Pontianak enaknya berapa hari supaya bisa icip semua yg kokoh pernah tulis hahahaha

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

ka Don pagi-pagi lihat makanan ya ampun auto laper banget belum sarapan, duhh makanannya enak-enak semua itu ya menggoda banget

Kalau masakan Medan aku penasaran sama ikan bumbu arsik. Banyak bumbu yang nggak ada di Jawa. Btw makasih infonya. Ntar kalau ada waktu ke Pontianak bisa mampir ke situ

Kak Don, Mie Lemak Timbol itu kaya apa?
Sebagai orang yang pernah lahir dan sedikit merasakan udara di Medan, aku kangen masakan Medan. Bumbunya saat masak, Juara.

Belum pernah makan itu aku Kak
Penasaran pasti enak banget ya. Semoga kapan kapan bisa main ke medan aamiin

Pilihan menu sarapannya banyak banget dan sungguh menggoda. Paling penasaran sih sama nasi kuningnya. Trus selanjutnya sama Lontong Sayurnya.

PR besar nih bisa jalan-jalan ke Medan terus ngincip menu yang endes ini
semoga kesampaian aamiin.

Variasi menunyaa lumayan banyak ya kaak. Jadinya kalo kesana ngga bosaann bisa ganti2 menu baik menu ngopi pagi sampai makan siang

Di dekat rumahku ada Warung Sarapan khas Medan. Kurang lebih menunya sama dengan Al Fatih Pontianak, biasanya kalau saya sekeluarga memilih lontong sayur yang udah lumayan cocok sama selera. Lainnya juga enak, hanya perlu penyesuaian dengan lidah saja. Nah, yang bikin penasaran nih Mie Lemak Timbol. Kira-kira rasanya gimana tuh?

wah asik ternyata di tempat pontianak ada juga masakan menu sarapan ala medan, asik banget ini ya bang dan enak banget menunya

Lengkap menu sarapannya ya buat ukuran warung kopi, biasanya paling mie ya. Menu makanan medan yang berempah aku suka banget apalagi kalau kuahnya pedas

Lengkap banget sih, ini sih bakalan bikin saya betah nongkrong seharian. Liatin fotonya aja udah sukses bikin ngiler. Apalagi ngicipinnya, bisa ketagihan.

Kayaknya makanan Medan ini mirip-mirip kayak makanan Aceh deh. Saya pernah ke Aceh, menu makanannya rata-rata banyak berkuah, bumbu rempah dan sambal, tapi rasanya memang super enak banget deh....

Seru banget nih kalau tempat sarapan menunya lengkap begini... Penasaran sama lontong dan buburnya, tapi jauh, huhu...

Jadi pengen ikut nyobain lontong sayur dan nasi kuningnya.

Saya kayaknya belum pernah cicip makanan khas medan deh. Baru tahu juga kalau makanan Medan itu lebih banyak yang berkuah, bersantan dan juga menggunakan mie

Warung Kopi Kekinian nih, nggak hanya kopi tapi juga kuliner Medan. Jangan-jangan yang punya orang Medan, hehe..

Kuliner Pontianak juga tak kalah enak, bisa nih pemilik warung buka cabang di Medan jualannya kuliner Pontianak��

Saya kira lagi di Medan ini, ternyata masih di Pontianak ya. Saya dulu juga pernah icip-icip makanan khas Medan tepatnya makan langsung di Medan, nendang lah rasanya.

Wah, enak juga ya kalau di Pontianak ada makanan khas Medan. Jd kalau org Medan rindu makanan khas tinggal melipir aja ke Al Fatih. Lumayan melepas rindu, hihihi.

Asyik banget mencoba makanan khas Medan ya, aku tahunya cuma Bika Ambon saat pergi ke Medan

Melihat porsinya, bukan cukup mengenyangkan tapi memang mengenyangkan, Mas. Hihhi.Dan komplit ya, tiap menu. Jadi puas banget kalau sarapan di sana.

omaigodddd banyak banget pilihan menunya
kalau aku nemu warung kayak gini di Jember, udah pasti aku cobain satu satu

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon