Donasi Online Indonesia Untuk Bencana di Ibu Pertiwi

Cara termudah untuk melakukan menggalang dukungan adalah dengan menggunakan SociaBuzz Tribe solusi untuk Donasi Online Indonesia dari SociaBuzz Pro

Akhir-akhir ini semua media pemberitaan menginformasikan mengenai bencana yang terjadi di Indonesia. Hampir semua wilayah di Indonesia mengalaminya. Tak dapat dipungkiri, Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang rawan terhadap bencana alam. Bukan tanpa alasan, secara geografis Indonesia dilalui zona cincin api pasifik dan sabuk alpide.Tak hanya itu, wilayah Indonesia juga berapa pada pertemuan lempeng-lempeng tektonik. Oleh karena itu, Indonesia sangat rentan terhadap bencana alam, terutama bencana gunung meletus dan gempa bumi. Apakah itu saja? Masih ada ancaman lain, Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan dikelilingi laut memberikan risiko bencana alam lainnya seperti tsunami Selain itu, Indonesia masih mempunyai beberapa risiko bencana alam lain, baik yang disebabkan oleh kerusakan alam itu sendiri maupun yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti angin kencang, hujan badai, puting beliung, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan sampai kabut asap. Tak ada habisnya ya?

Donasi Online Indonesia Untuk Bencana di Ibu Pertiwi

Indonesia di Guncang Bencana

Ada beberapa wilayah yang terdampak bencana di Indonesia hampir bersamaan, ini membuat kita cukup prihatin. Tersebar di Indonesia, seperti :

·         Banjir di Kalimantan Selatan

Ada kurang lebih 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Ini adalah akibat dari derasnya hujan dengan intensitas tinggi dan berdampak meluapnya air sungai di Kecamatan Pelaihari pada Minggu 3 Januari 2021 pukul 10.30 WITA. Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut melaporkan bahwa saat ini tinggi muka air terpantau sekitar 150 cm sampai 200 sentimeter yang merendam 6.346 unit rumah. Disamping itu, BPBD juga terus melakukan pendataan 5 titik pengungsian bagi masyarakat. Hal ini juga diperburuk dengan terputusnya akses jalan dari Palaihari ke Banjarmasin.

Tak hanya sampai disitu, dari hasil pemantauan BMKG, Kalimantan Selatan berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang. BNPB menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga, ditengah musim hujan yang akan terjadi hingga Februari 2021. Masyarakat juga dapat memantau informasi prakiraaan cuaca melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Masyarakat sangat membutuhkan bantuan mendesak bagi masyarakat terdampak seperti sandang, pangan, terpal, matras, selimut dan peralatan dasar kebencanaan.

·         Gempa di Mamuju dan Majene

Duka kembali dirasakan bagi masyarakat Mamuju. Berdasarkan data per 16 Januari 2021 pukul 02.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan 189 orang di Kabupaten Mamuju mengalami luka berat dan dirawat pascagempa M6,2 yang terjadi pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat.Gempa lain juga terjadi di Kabupaten Majene, sekitar 637 orang mengalami luka ringan dan mendapatkan penanganan rawat jalan serta kurang lebih 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian.

Korban meninggal akibat gempa tersebut mencapai 42 orang, dengan rincian 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan.

Mengingat potensi gempa susulan yang dapat memicu adanya longsoran dan runtuhan batu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam. Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir juga diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

Tentu dengan jumlah pengungusi yang besar dan terpusat dibeberapa titik akan membuat banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan dan kebutuhan pokok lainnya terutama masker untuk pencegahan penularan Covid 19

·         Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Hingga Lava Pijar

Informasi bencana lainnya datang dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengenai status Gunung Semeru masih dalam level II atau 'Waspada', menyusul terjadinya Awan Panas Guguran (APG) yang meluncur sejauh kurang lebih 4 kilometer dan disertai guguran lava dengan jarak luncur antara 500-1.000 meter dari Kawah Jonggring Seleko ke arah Besuk Kobokan pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 17.24 WIB.

Dalam hal ini, PVMBG juga memastikan bahwa potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Semeru adalah berupa lontaran batuan pijar di sekitar puncak, sedangkan material lontaran berukuran abu dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Masih ada hal lain yang harus diwaspadai, potensi ancaman bahaya lainnya berupa awan panas guguran dan guguran batuan dari kubah/ujung lidah lava ke sektor tenggara dan selatan dari puncak.Ditakutkan jika terjadi hujan dapat terjadi lahar dingin di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak. Bisa dibayangkan berapa banyak jiwa yang eas was dan tak bisa beraktifitas bahkan ada yang sudah ditempat pengungsian tanpa kepastian dari alam.

Berapa banyak jiwa yang membutuhkan bantuan? Jika dijumlahkan dari berbagai kejadian bencana, tentu akan muncul angka ribuan bahkan puluhan ribu yang terdampak langsung dan tak langsung, Perekonomian mereka lumpuh karena porak poranda oleh bencana. Mata pencaharian hilang, belum lagi harta benda yang entah kemana. Kita semua turut prihatin atas bencana ini.

Mari Berkontribusi dengan Donasi Online Indonesia

Tentu kita berdoa semoga semua bencana ini cepat selesai dan semua yang terdampak bisa segera pulih. Selain memohon kepada Sang Pencipta, kita juga bisa membantu yang terdampak bencana dengan donasi online Indonesia. Mengapa donasi online akan lebih efektif?

1. Lebih Mudah

Jelas akan lebih mudah karena penggalang dana tidak perlu turu ke jalan atau mengadakan kegiatan sosial untuk melakukan penggalangan dana. Juga bagi para pemberi bantuan, cukup menggunakan smartphone atau laptop, sungguh praktis dan menghemat waktu. Kampanye bisa berjalan selama 24 jam di internet sehingga penggalang dana masih bisa melakukan aktifitas lain. Tidak mengganggu aktifitas utama juga kan.Benar benar efisiensi tempat dan waktu menjangkau seluruh dunia.

Transaksi bisa dilakukan secara online, dana bisa ditransfer kapan saja. tak perlu repot mencari lokasi titik pengumpulan bantuan. Kemudahan lewat penggunaan teknologi jika digunakan secara positif akan berdampak baik bagi orang banyak.

2. Lebih menarik

Lewat online kamu bisa membuat kampanye yang lebih menarik, ini akan membuat orang lebih tertarik mendanai kampanye. Jangan lupa untuk menuliskan latar belakang yang meyakinkan, tujuan yang jelas, dan jumlah sumbangan yang diharapkan mesti masuk akal. Anda juga bisa menyelipkan foto-foto atau ilustrasi yang menunjang. Selain memperindah tampilan, juga berfungsi untuk memberikan gambaran tujuan penggalangan dana. Tapi ingat jangan berbohong dan melebih lebihkan ya. Jujur dengan keadaan dan kondisi yang dibutuhkan. Tulislah deskripsi yang kreatif, namun jelas sesuai fakta. Selipkan cerita agar lebih menyentuh hati calon donatur. Deskripsi tidak perlu berbelit belit, calon donatur harus bisa memahami maksud secara gamblang.

3. Cakupan yang lebih luas

Jelas dong, karena jangkauan di dunia maya kan lebih jauh, orang bisa membaca dan jika tertarik akan ikut menyebarkan kampanye tersebut. Cakupan yang luas berarti ada potensi untuk mengumpulkan dana dengan lebih cepat. Boleh dengan cara berbagi kampanye di sosial media, biasanya akan lebih mudah dibagikan kembali

4. Aman Dari Tuduhan Penggelapan

Membuka donasi online artinya semua dana akan terlihat jelas oleh semua calon donatur tanpa takut tercampur dana pribadi. Jadi resiko tuduhan penggelapan bisa dihindari. Dana yang terkumpul akan jelas terpampang jumlahnya dan siapa saja donaturnya, Dana sumbangan masuk ke rekening situs pengumpul terlebih dahulu. Dengan begitu, uang sumbangan akan aman dan tidak tercampur dengan uang pribadi. Jika tenggat waktu kampanye telah berakhir, dana akan diteruskan kepada penggalang dana, dan bisa langsung dialokasikan ke tujuan kampanye. Aman, praktis, dan jujur.

Lalu dimana kita bisa memulai cara buat link donasi online yang sedang mengalami bencana?

Donasi Online Indonesia Untuk Bencana di Ibu Pertiwi

SociaBuzz Tribe solusi untuk Donasi Online Indonesia

Cara termudah untuk melakukan menggalang dukungan adalah dengan menggunakan SociaBuzz Tribe. Ini adalah fitur dari SociaBuzz Pro, yang bisa kamu gunakan untuk menggalang dukungan. Fitur ini memungkinkan untuk melakukan penggalangan apa saja, termasuk

·         Galang dukungan untuk kegiatan sosial/amal.

·         Galang dukungan untuk proyek kreatif.

·         Galang dukungan untuk program organisasi/lembaga.

Mengapa lebih baik menggunakan SociaBuzz Tribe, fitur dari SociaBuzz Pro, yang bisa kamu gunakan untuk menggalang dukungan dibandingkan platform galang dukungan lainnya

·         Halaman galang dukungan bisa dibuat semenarik mungkin

Sehingga calon donator akan lebih tertarik dengan kampanye penggalangan dana yang kita buat

·         Metode pembayaran lengkap

Para pendukung bisa donasi pakai dompet digital maupun transfer bank sehingga alon donatur tidak perlu repot untuk melakukan pembayaran

·         Cepat cair

Pengumpul dana juga dapat segera menyalurkan donasi maksimal 3 hari kerja sejak penarikan uang hasil donasi dilakukan

·         Bisa galang dukungan sambil live streaming

Beragam pilihan overlay bisa ditampilkan saat live streaming agar semakin interaktif, clon donator dapat berinteraksi dengan pemberi dana sehingga semua pertanyaan bisa dijawab langsung

Cara membuat Halaman Galang Dukungan Donasi Online Indonesia

1. Buat akun di https://sociabuzz.com/tribe/platform (gratis) & buat profil

2. Klik “Edit Page”

3. Upload foto profil + header image & isi deskripsi

4. Buat beberapa pilihan dukungan

Setelah dibuat kamu bisa menyebarkan halaman galang dukunganmu dengan cara copy link halaman galang dukunganmu lalu bisa disebarka ke media sosial, grup whatsapp, dan lainnya Jika ada pertanyaan, hubungi support@sociabuzz.com

Mari Bantu Sesama Sekarang Juga

Sudah ada cara mudah untuk mengumpulkan dana, dan tak perlu waktu lama untuk membuat kampanye. Tinggal aksi untuk merealisasikan Donasi Online Indonesia. Ayo bergerak sekarang dengan SociaBuzz Tribe bersama Tukang Jalan Jajan !

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.