Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat

Keripik singkong Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat Ingin pesan langsung? hubungi 0858 2021 9221 dengan Sasmita ya
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat. Singkong jadi cemilan favorit Tukang Jalan Jajan dari jaman dulu dan selalu jadi kecintaan dan bahaya banget karena kalau sudah nyaman susah berhentinya. Oldschool tapi ngangenin beeeibs. Apalagi ubi kayu atau singkong adalah sumber makanan yang paling gampang didapatkan di Indonesia. Penyebarannya merata dan yang terpenting harganya murah. Pengolahannya juga beraneka ragam dan rata rata gampang diterima lidah, termasuk keripik singkong.

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 

Banyak yang mengatakan Singkong, adalah makanan dari ndeso atau berasal dari kampung, siapa bilang? justru ini makanan bule lho, karena ternyata bukan berasal dari Indonesia. Singkong atau cassava (Manihot esculenta) pertama kali di kenal di Amerika Selatan dan dikembangkan di Brasil dan Paraguy pada zaman prasejarah. Singkong dijadikan sebagai bahan makanan pokok penduduk asli Amerika Selatan bagian utara, selatan Mesoamerika, dan Karibia sebelum Columbus datang ke Benua Amerika. 

Singkong Bukan Asli Indonesia

Budidaya singkong kemudian dilanjutkan oleh kolonial Portugis dan Spanyol ketika bangsa-bangsa tersebut menaklukan daerah tersebut. Singkong yang masuk ke Indonesia berasal dari Brasil yang diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Singkong mulai ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810. Di Indonesia, singkong dari Brasil diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Selanjutnya singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810. Kini berbagai macam makanan olahan singkong sudah sangat beragam bahkan sudah dikemas secara modern dan sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Makanan Internasional dari Singkong
Masih tidak percaya, ada banyak makanan bule yang berbahan dasar singkong, bakalan jadi mahal dong kalau masuk restoran. Tukang Jalan jajan bagaiin tahu ya

1.Casabe

Casabe atau dikenal juga dengan cassava bread, asli dari penduduk lokal Karibia. Biasanya singkong dibentuk menjadi roti yang keras dan tidak beragi dan dikenal sebagai casabe. Hanya dibuat dari singkong dan garam dan harus diolah dengan teknik yang tepat. Di pulau-pulau yang berbahasa Perancis, roti ini disebut pain de kassav dan di pulau-pulau berbahasa Spanyol, ini disebut pan de casabe. Ada yang sudah pernah mencoba?

2. Yuca Bread With Cheese

Roti keju yang gurih ini menggunakan tepung singkong sebagai pengganti tepung terigu sehingga menjadikannya bebas gluten. Roti yuca atau singkong secara tradisional dipanggang menjadi bentuk setengah bulan, tetapi bisa juga dibuat menjadi bentuk biskuit bulat yang garing. Bahan pembuatannya adalah tepung singkong, baking powder, keju mozarella. butter, telur dan susu. Roti gurih ini cocok sekali dijadikan camilan pagi hari ditemani segelas susu.

3. Yuca Con Mojo

Hidangan tradisional Kuba dengan menggunakan butuhkan untuk membuatnya adalah singkong segar,  garam, bawang putih, bawang merah, air lemon, dan minyak. Pertama rebus singkong dengan air yang ditambahkan and perasan lemon dan garam selama 30 menit.kemudian di masak hingga kecokelatan tapi jangan sampai kering. baru kemudian dimakan dengan aneka lauk berempah

4. Creamy Yuca

Makanan sehat dari Kariba ini rendah lemak dan mirip mashed potato
Makanan dari singkong satu ini cukup sederhana dan sangat sehat. Di Karibia tidak jarang hidangan satu ini dijadikan sebagI makanan alternatif untuk diet rendah lemak. Siapkan singkong, bawang putih, bubuk pala, garam dan merica. Pertama panggang atau goreng bawang putih,  rebus singkong selama 20 menit. Untuk rasa yang gurih dan creamy kamu bisa merebusnya dengan susu. Hancurkan singkong rebus dan di mix dengan bawang putih, merica, garam dan bubuk pala. Hidangkan selagi hangat.

5. Mofongo De Yuca

Mofongo de yuca adalah hidangan lezat dengan singkong yang dihaluskan dan dibumbui dengan bawang putih, garam, dan daging cincang. Tinggal menyiapkan singkong,  minyak, bawang putih dan daging cincang. Langkah awal dengan menggoreng singkong 3-6 menit kemudian tiriskan. Lalu tambahkan bawang putih yang sudah dimasak dan garam lalu hancurkan bersama. Untuk daging cincang, kamu bisa memasaknya lebih dulu dan mencampurnya atau menjadikannya sebagai isian.

Selain itu masih ada menu lain berupa Jamaican Bammies dan Casareep yang dapat dikreasikan sendiri dan kemungkinan mash cocok dengan lidah Indonesia. Sebagai penghasil karbohidrat, makanan ini disajikan asin gurih, sedangkan di Indonesia kebanyakan disajikan manis dan legit

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat

Lain cerita sajian menggelora ala Indonesia ini yang asin dan gurih, keripik singkong. Camilan ini adalah adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebgai bumbu balado.

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 

Tidak hanya di pulau Jawa, Kalimantan Barat, khususnya Nanga Pinoh punya varian khas dengan menambahkan kunyit. Ini jadi ciri khas yang membuat warnanya jadi kuning dan aromanya menggoda selera. Walaupun ada beberapa merek keripik ubi Pinoh, pilihan Tukang Jalan Jajan jatuh di Yuju Chips. Mengapa?
Ada beberapa kriteria keripik singkong yang menurut saya penting

😍Tipis dan Renyah

Saya sering makan keripik modern yang kelewat keras, bahkan pernah beberapa kali serpihan tajamnya membuat gusi luka tertusuk.
Ukuran yan tipis dengan rasa renyah serta gampang dikunyah. Bumbu juga menempel dengan baik dong, selain itu mudah dipegang dan masuk ke dalam mulut. Jika dalam beberapa kali kunyah aman tak terkena serpihan atau langit langit mulut aman makan ini produk boleh dijadikan temen nonton TV

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 


😍 Rasa Alami

#TukangJalanJajan lebih suka dengan keripik singkong dengan rasa bumbu dapur. Pernah inget ngga sih kalau emak kita dulu suka ngebuat dengan bumbu kunyit yang banyak plus bawang putih aja? Ini enak banget sih menurutku. Apalagi kalau sudah ditambahin cabe... Beuh ini bakalan bikin lupa berenti makan kudapan ini. Pokoknya aroma dan rasa kunyit dikombinasi bawang putih adalah haqiqi!

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 

😍 Kemasan

Yes! Karena ini makanan yang gampang "masuk angin" Kudu banget disimpen dalam penyimpanan yang tertutup. Aku yakin kita sepikiran. Kudu banget pake bungkus klip yang aman dan bisa disimpen lagi setelah dibuka tanpa takut melempem!


Keripik Pinoh Yuju Chips, Bisa dipesan dari Seluruh Indonesia

Nah! Aku mau kasi tahu kalian genks! Ada Keripik Singkong dengan rasa alami yang tipis dan renyah serta nyaman dikunyah. Namanya yuju chips
Ada beberapa varian rasa alami yang bisa dipilih lho!
❤ kunyit
❤ pedas manis
❤ kunyit pedas

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 

Dan disimpen dalam kantung klip yang bisa dibawa jadi bekal traveling. Dikirim asli dari nanga Pinoh dan dikirim rapi jali dalam kardus dan dibungkus dengan buble wrap. Jadi aman sih buat dikirim kemana mana. Yuju Chips juga dibuat berdasarkan pesanan, ngga bakal dapet produk yang ngga fresh from the oven, jadi kudu ada jeda untuk menunggu pemesanan 2-3 hari. Boleh cek sekarang di instagram @yujuchips, tersedia juga di Shopee dan Tokopedia dan dikirim menggunakan J&T atau JNE. 
Ingin pesan langsung? hubungi 0858 2021 9221 dengan Sasmita ya :)

Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Keripik Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat 

Yuju Chips cocok buat nemenin kebahagiaan rame rame dan dijadikan kudapan keluarga. Keripik singkong Pinoh Yuju Chips, Camilan Asli Kalimantan Barat
Jadi apa rasa keripik singkong favoritmu?
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.