18 Agustus 2020

Liburan di Lembang, Menikmati Wisata Alam dan Kuliner Bersama Keluarga

Lembang seru nih buat mengisi akhir pekan! Ngga cuman menghabiskan waktu belanja di Bandung tapi bisa eksplorasi kawasan utara Bandung. Ngga jauh dari pusat kota untuk mendapatkan lokasi liburan manja bersama orang orang tercinta. 

Liburan di Lembang, Menikmati Wisata Alam dan Kuliner Bersama Keluarga
Liburan di Lembang, Menikmati Wisata Alam dan Kuliner Bersama Keluarga

Kawasan Bandung Utara merupakan area dataran tinggi sehingga menghadirkan keindahan alam yang paripurna. Ketinggian rata-rata disini sekitar 1300 dpl, sehingga udaranya sejuk. Lembang merupakan pusat wisata di Bandung Utara dan banyak tempat wisata dan lokasi kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Yuk ikutan Tukang Jalan Jajan mampir ke Lembang

Memilih Waktu yang Tepat

Berwisata tentu harus menyesuaikan waktu libur, namun tentu saja jika berkunjung pada saat libur nasional atau akhir minggu tentu pengunjung akan membludak, jika ingin tenang dan menikmati liburan, datanglah pada hari kerja. Jadi ambillah cuti kerja agar liburan lebih maksimal.

Jika merkunjung saat weekend, bersiaplah untuk terkena macet dan harus mengantri untuk masuk ke tempat wisata. Tak sanggup berdesakan dan menunggu waktu lama? Datanglah ke lokasi wisata alam yang terbuka sehingga tidak ada batas daya tampung. Tantangan lain adalah berswafoto atau foto bersama akan sulit mendapatkan latar yang bagus karena akan banyak orang lewat dan berseliweran.

Bagi yang kebingungan dan terjebak macet, segera gunakan Aplikasi Waze ataupun Google maps yang cukup membantu menunjukan rute alternatif ke Lembang. Aplikasi ini bisa diandalkan untuk melihat rute mana yang sedang macet dan tidak.


Apa Sih Menariknya Lembang?

Banyak hal yang jadi magnet wisatawan berkunjung ke Lembang. Mulai dari wisata alamnya, wisata kuliner, ataupun sentra oleh-oleh. Ada baiknya supaya tak bingung saat ke Lembang, kalian sudah menyusun rencana titik mana saja yang hendak dikunjungi. Ada beberapa yang bisa dikunjungi bersama keluarga seperti, kampung gajah, Floating market, farm house, Dusun bambu atau Maribaya resort. Bagi pencari kesegaran pagi atau keindahan alam bisa berkunjung ke taman huran raya juanda, kawah gunung tangkuban perahu, trekking ke curug tilu leuwi opat, mengunjungi air terjun cimahi sembari melihat air terjun pelangi yang unik dan indah. Semuanya bisa dikunjungi tapi ingat dengan kemampuan fisik ya.

Bagi yang suka makan seperti tukang jalan jajan, coba saja mengunjungi tempat cantik yang instagramable seperti Cafe api unggun, kampung daun atau juga bertandang ke area tahu susu lembang. Jika memang punya jiwa mencoba yang tinggi, silakan mampir cafe di sepanjang jalan sersan bajuri sampai ke Parompong. Lalu apa pilihan menu khas yang bisa dicicipi? Ada sate kelinci, tahu tauhid, sampai ketan dan jagung bakar. Semuanya enak dan punya ciri khas masing-masing.

Lokasi Unik di Lembang

Selain yang sudah disebutkan diatas, terdapat banyak tempat wisata di Lembang yang jadi magnet wisatawan kesini. Biasanya, tempat wisata di Lembang tidak hanya menyediakan pemandangan yang memanjakan mata atau wahana permainan untuk keluarga saja, tapi juga sekaligus menjadi tujuan wisata kuliner.

Ada beberapa info tempat wisata alam ataupun kuliner yang bisa dikunjungi saat liburan ke Lembang.

1. Kebun Teh Sukawana

Salah satu tempat yang menarik adalah kebun teh sukawana, salah satu kebun teh di lembang yang jarang dikunjungi, padahal kebun teh Sukawana tidak terlalu jauh dari pusat kota. Mungkin karena jalan menuju kesini memang masih kurang bagus. Kebun teh nya rapi dan indah serta sudah ada sejak dulu. Penggemar off road akan sangat senang bisa berkunjung kesini. Hamparan kebun teh yang hijau pasi membuat kamu senang untuk mengambil banyak gambar disini. Lokasinya berada di Parongpong. 

2. Observatorium Bosscha Lembang

Tukang jalan jajan selalu suka berkunjung ke observatorium bosscha bandung. Kalau misalnya kamu pernah menonton petualangan Sherina maka akan ingat bentuk tempat ini. Sebenarnya tak hanya observatorium bosscha yang menarik, lingkungan disekitarnya yang hijau juga cocok untuk dijadikan tempat bermain dan membuat video cinematic.Observatorium Bosscha merupakan peneropongan bintang tertua di Indonesia. Kunjungan disini terbatas, untuk kunjungan pribadi/keluarga hanya bisa di akhir pekan saja. Hari biasa lebih ditujukan untuk kunjungan pendidikan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat infonya di http://bosscha.itb.ac.id/ . Alamat: Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Telepon: (022) 2786027

3. Taman Hutan Raya Juanda

Taman Hutan Raya Juanda merupakan hutan konservasi alam yang berada tidak jauh dari kota Bandung. Hutan yang menyimpan keanekaragaman hayati ini terasa sangat sejuk dan nyaman. Banyak sekali pohon besar yang indah dan bisa jadi latar foto yang kece. Sekedar trekking berkeliling juga seru lho! sekalian mencari udara segar sembari berolahraga. Taman Hutan Raya juanda juga bisa di akses dari gerbang Lembang di dekat maribaya, meskipun memang lebih nyaman untuk diakses dari Dago.

4. Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

Awalnya mungkin kalian akan bertanya, ini apa ya? Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang berada satu arah dengan tangkuban perahu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Lembang. Jadi sebelum sampai di Tangkuban perahu, bisa singgah sejenak disini. Disini bisa hunting kuliner karena terdapat restoran dan juga tempat pondokan menginap yang unik banget. Pondokan lainnya dan area camping pun tersedia. Selain itu, terdapat juga berbagai paket outbond untuk keluarga ataupun perusahaan. Jadi kalau memiliki jiwa petualang, bolehlah mencoba disini. Beralamat di Jalan Raya Tangkuban Perahu km.23 Desa Cikole, Lembang. Reservasi dan Pemesanan Terminal Wisata Grafika Cikole ; (022) 8278 2441,

5. Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Bunga Begonia Lembang tidak hanya taman bunga biasa yang menyajikan bunga bermekaran. Pengunjung juga bisa membeli berbagai macam bunga yang indah untuk dijadikan oleh-oleh. Penataan area kebun bunga yang indah banget membuat banyak pengunjung yang sengaja datang kesini untuk berfoto dan mencari latar belakang yang indah, serasa musim semi di Eropa ya. Sekalian berbelanja bunga, bisa juga melihat bunganya tumbuh dilapangan. Silakan menuju ke Jalan Maribaya No. 120 A. Lembang. Telepon: 022 2788-527 – HP: 081-2220-0202.  Harga tiket masuk Rp. 10.000.

6. Jendela Alam Lembang

Jendela Alam Bandung merupakan salah satu wisata edukasi yang cocok untuk liburan keluarga. Jadi ini bisa jadi pilihan lokasi wisata jika membawa seluruh keluarga karena ada banyak pilihan aktifitas edukasi yang bisa dilakukan oleh anak anda, ataupun orang dewasa. Oh ya, tempat ini cocok juga untuk tujuan kegiatan bermain bagi organisasi atau sekolah.

7. Treetop Adventure Park Lembang 

Ingin mencoba outbound di Lembang? Salah satunya adalah Treetop Adventure Park Lembang. Bisa dicoba berbagai macam wahana petualangan yang menantang, yang sudah dilengkapu standar keamanan sehingga semua aktifitas dijamin aman dilakukan. Harga paket untuk Turis Lokal : Dewasa Rp 180.000, anak Rp 125.000, family (2 dewasa dan 2 anak) Rp 480.000. Harga untuk wisatawan mancanegara: Dewasa USD 20, anak USD 14. Jangan lupa untuk memastikan jadwal terlebih dahulu jika ingin outbond ya.

8. Api Unggun Bar And Pizza Lembang
Dari namanya saja sudah membuat penasaran, Api Unggun Bar and Pizza Lembang ini mudah ditemui karena berada di pusat Lembang, tepatnya di Jalan Raya Lembang No. 177B. Jika dari arah Bandung, anda bisa menemukan cafe ini tepat sebelum pusat area Lembang, berada di kiri jalan. Lokasinya cozy, dengan makanan yang enak. Pizza nya sudah terkenal sedap dan cocok dinikmati sembari menikmati Lembang yang sejuk.

9. Gubug Makan Mang Engking Lembang

Gubug Makan Mang Engking Lembang ini sudah wara wiri di instagram maupun TV, letaknya cukup dekat dari pusat Lembang. Disini kita bisa menikmati makanan khas sunda, dan juga makanan lainnya. Tempat asik dan seru, bentuknya berupa saung-saung makan yang berada diatas kolam ikan. Tak sulit menuju kesini, tinggal mengikuti jalan ke arah tangkuban perahu, kurang lebih 1 KM dari bundaran lembang. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan. Tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km. 1 No. 68, Lembang.

Lokasi Menginap di Lembang

Ada beberapa pilihan yang seru untuk Hotel di Lembang . Tinggal dipilih saja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinganan. Selamat mencoba!

Hotel Bandung Lembang Villa

Bandung Lembang Villa Villa kami terletak di Lembang dan tidak terlalu jauh dengan lokasi wisatal, juga pusat kuliner seperti restoran tradisional dan restoran modern. Tak jauh dari minimarket, supermarket dan pasar tradisional. Lumayan menghemat waktu dan juga tenaga. Lokasi Hotel di Lembang ini memiliki konsep retret yang langsung terpapar dengan udara pegunungan yang segar, ini menjadikan sirkulasi udaranya menjadi segar. Beneran membuat nyaman jiwa dan raga. 
Tinggal menggunakan kendaraan, lima menit ke restoran Kampung Daun atau Sapu lidi . Dua puluh menit ke taman bermain Kampung bambu dan satu jam ke Gunung Tangkuban perahu
Lokasinya beralamat di Graha Puspa kenanga timur, Jl. Sersan bajuri Block D5 No.8A Bandung, Parompong, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia Bandung Barat , 40154, Jawa Barat, Indonesia
No telepon +6285603326416

Hotel Villa Venetys

Hotel Villa Venetys merupakan penginapan bintang dua yang bersih dan nyaman, didesain dengan desain secara minimalis. Hotel butik ini sangat cocok untuk menikmati liburan di Lembang. Selain itu, disiapkan juga sarana lain seperti rapat, outing, ataupun pasangan yang ingin berbulan madu. Hotel di Lembang ini memiliki lokasi dengan pemandangan alam menambah daya tarik sendiri untuk hotel ini. Lokasi Properti Dengan menginap di Hotel Villa Venety's di kota Lembang, Anda akan berada hanya 15 menit dengan berkendara dari Floating Market Lembang Bandung. dan Air Terjun Maribaya. Wisma ini berada 9,7 mi (15,6 km) dari Trans Studio Bandung dan 5,8 mi (9,4 km) dari Jalan Cihampelas.
 Berada di jalan Raya Maribaya No.155-E, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 dengan nomor telepon +6281220267111

Liburan di Lembang, Menikmati Wisata Alam dan Kuliner Bersama Keluarga

Lembang memang kawasan yang mempunyai daya tarik wisata alam khas pegunungan yang terkenal indah dengan suhu udara yang sejuk, Pilihan wisata yang lengkap dan beragam, mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner, menawarkan liburan menyenangkan bagi individu, kelompok sampai keluarga. Lembang merupakan destinasi pariwisata bagi pelancong asal perkotaan yang mencari tempat yang tenang, udara yang bersih, alam yang masih hijau dan nyaman ditinggali.

Tidak heran jika Tempat Wisata di Lembang setiap akhir pekan dan musim liburan, sudah pasti akan dipenuhi pengunjung dari mana-mana, terutama dipadati pengunjung dari kota jakarta dan sekitarnya. Selamat liburan semuanya, Yuk Packing dan happy long weekend!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

25 comments

Setuju sih Lembang jadi tempat yang menyenangkan banget. Sebelum pandemi sering banget ke Lembang karena kakak tinggal di sana. Duh, buat yg lg butuh ketenangan, udara dan suasana Lembang cocok banget buat dinikmati.

bercerita ttg bandung dan wisatanya tak pernah ada abisnya. Bandung dan sekitarnya melahirkan banyak tempat-tempat hype yg layak dikunjungi termasuk area lembang

Asli kangen banget sama Lembang, tapi belum ada teman yang mau ke sana huhuhuh padahal banyak banget tempat kopi yang lucu di sana huhu

Wisata di Lembang memang selalu jadi magnet wisatawan luar daerah ya. Soalnya buat kita yg keseharian di Bandung, ya gitu deh. Merasa biasa. Apalagi kalau ga mencukupi biaya hahaha...
Jadi kapan yuk kita ke Lembangnya?

Belum pernah ke sana, cuma bisa jalan-jalan ke Lembang lewat tulisan teman-teman blogger. Kalau ke sana bisa beneran rileks ya

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

huaaaa bikin kangen suasana Bandung, dan lembang memang banyak spot wisatanya plus penginapan, udaranya enak banget sejuk buat staycation

Lembang... saya benar-benar ingin ke sana. Berada di sana beberapa hari agar bisa eksplorasi banyak tempat indah dan spesifik hanya ada di situ.

Walau macet pas wiken, Lembang memang tempat yg rela membuat orang2 kesana. Ke lembang ke berbagai tmpt wisata alam n kuliner emang seru bangeeet

Ternyata sebanyak itu ya pilihan wisata di lembang ��. Pantas banyak orang berbondong-bondong kesana. Terima kasih infonya

Lembang selalu ngangenin banget, cuman memang setiap weekend macetnya lumayan juga jadi musti siap dan atur jadwal

Tempat yang paling ingin banget bisa daya kunjungi sedari kecil, tapi sudah beberapa kali ke Lembang sayangnya belum juga kesampaian itu, observatorium bosscha. Gara gara jaman kecil nonton film Petualangan Sherina.

Wah, lengkap infonya nih kak. Dari tempat wisatanya, tempat menginap, sampai tempat untuk wisata kuliner. Jadi yang mau wisata ke Bandung, gak bingung lagi deh..

Ada dua rekomendasi hotel nih buat menginap di Lembang, soalnya memang di sana banyak hal yang dapat kita eksplor, walaupun sih di sana daku ndak kuat dingin hehe

Wisata ke Bandung memang selalu bikin kangen dan kangen. Apalagi masih banyak tempat wisata di Lembang yang belum dinikmati.
Info lengkap seputar Lembang ini bisa membantu banget untuk wisata nantinya, jadi nggak bingung deh.

kalo mau menikmati Lembang dengan leluasa dan santai, hindari saat weekend atau musim liburan sekolah. Padetttt.... Eh tapi sempetnya justru saat liburan ya :D

Belum pernah nih ke Lembang, padahal anakku beberapa kali mengajak liburan kesana. Belum kesampaian. Makin penasaran deh baca ini. Ah anakku aku suruh baca ini juga deh biar buat referensi sebelum kesan nanti. Terimakasih kak Info nya😊

Duh, jadi kangen sama lembang pa lagi kemping di sana

Hampir setiap weekend selalu ke daerah Lembang. Sekadar menikmati wedang dan ketan bakar

Banyak juga ini mah, aku slm ini taunya itu2 aja apalagi emang kurang eksplor. Kangen ke lembang, terakhir ke farmnya aja itu haha

Kalau denger Lembang inget masa muda #ciyeee
Soalnya komunitas yang aku ikuti dulu bbrp kali mengadakan kopdar di Lembang.
Malah setelah nikah blm pernah ke sana lagi. Semoga bisa ke sana lagi nanti kalau pandemi usai, pasti skrng udah nambah lokasi wisata dan tempat penginapannya hehe

Sejak lamaa...ingin ke Lembang dan sekalian menginap.
karena kebayang kalau sehari hanya mampu satu tempat wisata.
Hihii~

Yang tinggal di Bandung malah baru beberapa ke tempat wisata Lembang.
Sediih banget deeh...

Kebun teh, tree top sama mang engking mau bgt ke sini kl kapan2 ke Lembang lagi, cita2 lama pengin stay lama liburan tp blm keturutan hehew :3

Wisatanya sudah lengkap beserta penginapannya ya, pas banget kalo pas nanti ada kesempatan ke bdg

belum semua tempat wisata di Lembang aku kunjungi loh.. rindu ya merasakan suasana dinginnya Lembang

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon