Rawon Delicia Pontianak, Bikin Mabuk Kepayang

Sampai saya menemukan rawon yang tepat.Ini pas! Rawon Delicia Cake by Louise Wulandari cocok di lidah dan bikin mabuk kepayang! ⁣
In My opinion "rawon yang enak itu harus ada kenyal kenyilnya".⁣Masalah selera memang susah untuk dibantah. Tukang Jalan Jajan merasa sensasi yang membuat good mood jika mengunyah sesuatu yang kenyal apalagi menu ini di rebus sehingga membuat daging lebih empuk, berair dan bumbu lebih merasuk kedalam serat daging. Sampai saya menemukan rawon yang tepat.Ini pas! Rawon Delicia Cake by Louise Wulandari cocok di lidah dan bikin mabuk kepayang!

Rawon Delicia Pontianak, Bikin Mabuk Kepayang
Rawon Delicia Pontianak, Bikin Mabuk Kepayang
Sebagai anak yang dibesarkan dengan masakan ala Jawa Timuran sejak piyik, rawon adalah satu lauk yang bikin saya makan lahap, walaupun hanya dengan kuahnya doang. Rahasianya tentu saja keluwek. Amunisi wajib bagi kuah rawon. Inget ya! Kuahnya kudu mlekoh! Saya sering ngeliatin kuah rawon pucet seperti orang sakit! It's big No citarasa lidah saya. Nenek saya bilang, rawon yang enak kluweknya harus bagus, berlemak dan kalau bisa sampai mengeluarkan minyak. Ini saya ingat sampai sekarang.

Rawon, Makanan Raja Mataram

Tukang Jalan Jajan merasa sangat terhormat bisa menikmati rawon, makanan raja Mataram sejak abad ke 10 ini. Makanan dengan kuah bewarna hitam ini menjadi makanan para raja kerajaan Kediri menurut kitab Bomakawya, bahkan ada yang mengatakan makanan ini juga ada direlief candi Hidangan dengan bahan dasar biji kluwak ini memiliki isian tauge, daging sapi, dan daun bawang. Resep masakan itu disusun dari prasasti dan hasil interpretasi terhadap relief Candi Prambanan dan Borobudur. Saya sendiri belum pernah memastikannya. Kitab yang menjadi referensipun belum pernah dilihat. Tapi saya masih kurang yakin, apakah yang digunakan di resep Jawa kuno ini daging sapi, karena raja zaman dulu beragama Hindu dan Budha, bisa jadi menggunakan daging kerbau.

Saya belum berani memastikan sendiri karena belum memiliki narasumber yang kompeten atau buku yang menunjang pemikiran Tukang Jalan Jajan. Tapi tak perlu larut didalam perdebatan, masalah kita bukan disitu tapi dalam sepiring rawon didepan mata saya yang bergejolak minta dimakan dengan segera.

Kluwek, Rahasia Rawon yang Lezat

Kluwek atau buah kepayang ini tak bisa dimakan langsung karena mengandung senyawa racun sianida dalam jumlah kecil. Kalau tak diolah dulu tentu akan terjadi "mabuk kepayang" yang sering kita dengar. Apalagi kata "sianida" cukup seram untuk didengar berulang kali masih ingat dong kasus kopi sianida itu.

Rawon Delicia Pontianak by Louise Wulandari
Rawon Delicia Pontianak by Louise Wulandari
Memilih kluwek yang cocok untuk rawon juga bukan perkara mudah. Kluwek yang bagus harus memiliki tingkat kematangan nya pas, tidak terlalu muda dan tidak tua. Untuk mendapatkan kluwek yang pas tingkat kematangan nya, dengan memilih kluwek yang lebih berat jika di pegang atau jika di goyang akan ada sensasi resonansi bagian yang kosong didalam kluwek sehingga terasa biji kluwek nya. Jangan pilih yang ringan, karena mungkin saja belum pas matangnya. Seperti kata nenek saya, " rawon yang enak kluweknya harus bagus, berlemak dan kalau bisa sampai mengeluarkan minyak".

Pelengkap Rawon Kenyal Kenyil

Asal tahu saja, rawon tidak bisa berdiri sendiri. Daging sandung lamur terendam kuah kluwek ini harus ada pelengkap, ube rampe penunjang kenikmatan. Mulai dari telur asin, kerupuk udang sampai the one and the only! Tauge bantet! Ini wajib banget, walaupun sebagian orang mengatakan langu tapi apalah artinya tanpa tambahan tauge yang spesifik ini. ⁣

Apalagi berbicara masalah kriteria, tauge ini tak boleh berdaun, harus melengkung seperti fetus. Saat dikunyah, tekstur renyahnya akan pecah dimulut dan menjadi manis, begitu kamu seruput dengan kuahnya yang pekat menghitam dan super gurih? Saat itulah kamu menemukan surga kuliner Indonesia. ⁣


Rawon Delicia Pontianak, Bikin Mabuk Kepayang

Saya beneran mabuk kepayang dengan Rawon dari Louise wulandari ini, Daging sandung lamur dengan otot dan lemak membuat kuah kaldu yang dihasilkan benar benar spesial. Dagingnya empuk dan dipotong besar besar. Empuk dan kenyal menjadi satu, saat dikunyah cairan bumbu langsung keluar dari sela sela daging dan pecah dimulut. Ini dosa bercampur kenikmatan bagi yang sedang diet. Aneka rempah yang seimbang, mampu membuat daging sapi ini jadi semakin kaya rasa. Duhhh! aroma serai dan daun jeruk terasa tipis tipis memancing selera makan. Porsi daging dan kuahnya seimbang, artinya pas untuk dimakan semangkuk penuh dengan nasi. Memang si hitam ini jadi paling ditunggu karena hadirnya tak sepanjang waktu. Sekali lagi, don't judge from its cover! ⁣

Rawon Made by love di Pontianak by Delicia Cake Louise Wulandari
Rawon Enak di Pontianak
Tak lupa ada telur asin yang baik, kuningnya masir dan ini beneran pilihan paripurna, begitu dicelupkan ke dalam kuah rawon haripun bahagia. Pengen tekstur renyah, kerupuk udang adalah kewajiban. ⁣Satu lagi yang membuat aku bahagia. Tendangan sambel super pedas dengan potongan daun jeruk. Ini beneran spesial banget. Seperti sumber air di savana, ini seger banget! Begitu diaduk dalam kuah, saya ngga berhenti menyeruput. Lalu ingin menambahkan sensasi segar lainnya, hamparkan saja daun kemangi segar kedalam kunyahanmu. Tukang Jalan Jajan sampai lupa, sudah berapa kali mengambil nasi. ⁣

Rawon Sapi Delicia Cake Muncul Sesekali

rawon sapi dari delicia cake pontianak harus melewati proses pre order. Jadi sering sering lah mengecek Instagram nya. Tidak tersedia sepanjang waktu dan akan membuat kalian ngiler sembari menunggunya kembali. Selamat makan dan Salam Yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.