9 April 2020

Makanan Untuk Penyembuhan Demam Berdarah

Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit diindonesia yang sudah menjadi hal umum. Dinegara tropis ini penyakit ini menjadi sangat menakutkan. indonesia masih tercatat sebagai negara di asia tenggara memiliki kasus demam berdarah tertinggi. Sedangkan ditingkat dunia indonesia menduduki negara nomer dua setelah brazil. Ketika seseorang tergigit nyamuk aides aegypty . Pada saat itulah nyamuk teridentifikasi menularkan virus demam berdarah yang terdapat ditubuh nyamuk .

Makanan Untuk Penyembuhan Demam Berdarah
Makanan Untuk Penyembuhan Demam Berdarah
Tukang jalan jajan akan membagikan informasi penting. Demam Berdarah memiliki ciri setelah empat atau enam hari akan mulai muncul gejala gejala seperti demam tinggi, sakit dibelakang mata, mual, muntah, nyeri sendi kelelahan dan mulai munculnya ruam pada kulit sekitar dua sampai lima hari ketika demam berlangsung. Gejala gejala demam berdarah ini bisa terjadi dmapai 10 hari bahkan bisa saja terjadi pendarahan ringan seperti di gusi , hidung , dan timbul memar ditubuh .

Gejala itu kemudian berlangsung menjadi penyakit yang serius yang bisa saja menyebabkan pembengkakan terhadap kelenjar getah bening, pembengkakan hati, kerusakan getah bening, kegagalan sirkulasi pendarahan darah hebat hingga kematian. Saran dari dokter jika sudah mengalami pengobatan demam berdarah akan mengeluarkan tanda tanda akan pulih 3-5 hari setelah pengobatan dan akan kembali sembuh total.

Demam berdarah jika ditangani dengan baik akan biss sembuh tetapi jika dibiarkan maka nantinya akan berkembang menjadi penyakit yang berkomplikasi. Walaupun sebagian besar orang akan merasakan kelelahan setelah pulih dari DBD tetapi itu hanya akan dirasakan secara sementara bahkan ada seseorang yang membutuhkan waktu satu setengah bulan untuk benar benar sembuh total. Setelah dilakukannya pengobatan dari dokter ada beberapa jenis makanan yang bisa membantumu untuk sembuh dari penyakit demam berdarah , apa saja ya?

Makanan Pemulih Demam Berdarah

Pertama, Jambu biji sudah terkenal menjadi pilihan pertama untuk memulihkan tubuh dari demam berdarah. Jambu biji dapat merangsang pembentukan platet atau jambu bihi baru. Karena jambu biji mempunyai quercetin yang dapat membuat senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam berbagai jenis sayur dan buah. Quercetin inilah yang dapat membuat menekan pembentukan mRNA virus yang merupakan materi genetik penting untuk kelangsungan virus.  Jika virus tidak mempunyai mRNA maka virus menjadi tidak baik dan perkembangannya pun terhenti didalam tubuh dan dapat ditekan.

Jadi jambu biji dalam bentuk buah atau juz bisa dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah. Jambu biji mengandung vitamin C sebesar 206mg empat lali lebih banyak daripada buah jeruk. Selain itu bisa juga menggunakan cara lain untuk meningkatkan.daya tahan tubuh seperti mencukupi vitamin c dalam tubuh karena vitamin c dapat membantu proses pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kedua, Daun pepaya, makanan alami satu ini yang bisa membantu proses penyembuhan demam berdarah adalah daun pepaya. Daun pepaya ini dapat meningkatkan trombosit. Dalam sebuah penelitian daun pepaya memiliki sifat menstabilkan membran dan melindungi sel darah dari kerusakan akibat stres penderita demam dengue.

Ketiga, Buah kurma, salah satu jenis buah ini memiliki Kandungan dalam buah seperti sukrosa , glukosa dan fruktosa mampu mengembalikan energi tubuh anda yang masih lemas setelah demam berdarah. tidak hanya itu buah kurma juga mempunyai zat besi yang dapat meningkatkan trombosit pada tubuh kita.

Wah, jadi tidak perlu panik lagi bukan ? jika ada anak, keluarga atau saudara sudah mempunyai ilmu bagaimana membantu penyembuhan demam berdarah apalagi musim hujan begini kita harus selalu tetap waspada! Bagaimana, sudah menerapkan tips dari tukang jalan jajan belum?

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

28 comments

Selain rasanya enak, ternyata juga bagus buat mengatasi demam berdarah.

Kalo saya sih suka daun pepaya direbus, terus dicampur ama pecal. 😁

daun pepaya aku suka, ditumis sama ikan teri medan

Ternyata tanaman sekitar itu udah disiapkan ya. Terbayang oseng daun pepaya pedes plus teri euy

madu angklak perlu juga dimasukin ke dalam list kak. kemarin pas istriku DB jambu biji plus madu angklak alhamdulillah ga sampai TF

Nah, bermanfaat nih. Jadi tahu, btw aku suka jambu biji hihii

Terima kasih informasinya, bisa dicari terus ini agar terhindar dari penyakit

betul banget nih, saya semasa merawat adik saya yang dbd jadi tahu makanan apa aja yang dikonsumsi

Ada lagi deh selain ini, sudah ada penelitiannya juga. Namanya Proepoliex. Ekstraknya propolis.

Sekarang udah masuk nih musimnya demam berdarah. Anak-anak kelompok usia paling rentan sebab nyamuknya kan keluar pas pagi dan sore, jam anak-anak kita beraktivitas, seperti sekolah dan bermain di luar rumah. Tetap waspada. Makasih postingannya.

Cocoklah kalau jambu biji, mau di jus atau makan langsuy sama enaknya

Waktu kena DBD beberapa tahun lalu dokter nganjurin aku minum sari kurma sebanyak yang aku bisa.

Begini senangnya berteman sama tukang kulineran, yg dibahas ga jauh dari soal makanan. Hehehe
Saat DBD ada banyak makanan tradisional yg bisa jadi obat DBD lho...

Selain virus corona, penyakit yang harus tetap diwaspadai adalah penyakit demam berdarah ya.. kita harus mengenali ciri cirinya dan juga makanan apa saja yang bisa menyembuhkan

Aku pernah demam berdarah waktu kecil, minum jus jambu terus...untung gak lama bisa sembuh. Aku baru tau klo daun pepaya juga bisa buat obat demam berdarah. Makasih infonya Kak.

Wah aq baru daun pepaya utk deman berdarah.. enak bgt klu ditumis pake teri medan

Saat hamil anak pertama, aku dbd, dirawat seminggu d rs. Selama d rs dibawain jus jambu biji, angkak, kurma. Untungnya msh doyan nyemil, jadi cepet sembuhnya

Kurma memang sangat bermanfaat ya. Biasanya disandingkan dengan madu. Kebetulan keduanya kesukaanku jadi noprob hahaha. Klo jambu biji aku punya di rumah, jd sering lah kami di rumah ngejus cantik

Konon jus jambu merah bisa menaikkan trombosit bagi penderita demam berdarah ya..

kalau aku dulu dikasih jus korma, bubur kacang hijau dan angkak ka. Kabarnya sih semua itu bisa bikin trombosit kita meningkat :)

Kalo udh ngomongin DB tuh pasti identik sama jus jambu merah sama jus kurma untuk bantu percepat recoverynya

Penting untuk diketahui nih, manakala ada tetangga atau saudara kita yang terkenan demam berdarah, makanan ini bagus untu memulihkan nya.

Baru tau kalau daun pepaya bisa buat DB. Biasanya suami suka banget ngasih jamu daun pepaya, pait banget rasanya tapi banyak manfaatnta katanya.. Btw makasih sharing nya kaka

Aku lbh suka jambu biji di jus Kalo lagi Sakit, soal nya enak tinggal minum. Kan kadang Kalo Sakit, mulut suka males ngunyah makanan

Daun pepaya bisa juga yaa ternyata? Tapi kurma juga bisa memang bagus itu untuk kesehatan. Pun makannya jadi enak karena rasanya manis

Buah kurma bisa membantu meningkatkan kadar trombosit juga ya. Ilmu baru nih. Terima kasih infonya.

Makasi infonya ya bermanfaat sekali

Wah ketiga mknan buat pulihin dr skit DBD aku suka semua. Mg2 kita semua dijauhkn dr DBD yaa...mksh infonya ya...

Wah jambu biji, pepaya, dan kurma bisa mengobati DBD ya. Ketiganya mudah didapat. Bisa dicatat jika sewaktu2 butuh.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon