Panduan Menonton Rainforest World Music Festival 2018

Panduan Menonton Rainforest World Music Festival 2018 Rainforest World Music Festival 2018 ini. Diadakan di Sarawak Cultural Village tanggal 13, 14, 15 Juli 2018. Festival musik dunia yang menghadirkan beragam musik dari berbagai belahan negara membuat penasaran setiap tahunnya.
Panduan Menonton Rainforest World Music Festival 2018. Tidak sabar rasanya untuk hadir di Rainforest World Music Festival 2018 ini. Diadakan di Sarawak Cultural Village tanggal 13, 14, 15 Juli 2018. Festival musik dunia yang menghadirkan beragam musik dari berbagai belahan negara membuat penasaran setiap tahunnya. Bagaimana tidak, penampil yang hadir selalu berbeda dan memberikan tampilan yang diluar ekspektasi. Pengalaman hadir di RWMF 7 tahun terakhir selalu membuat ingin kembali dan ingin tahu bagaimana kemeriahan acara ini tahun depan. Umurnya sudah 21 tahun dan merupakan festival yang matang dikawasan Asia. termasuk 25 World’s Best International Festival wajib tonton versi Majalah Songlines. Menarik dan pastinya amazing! Tahun lalu, selama 3 hari paling tidak ada 25 ribu orang hadir menikmati 27 penampil selama tiga hari.

Panduan Menonton Rainforest World Music Festival 2018
Panduan Menonton Rainforest World Music Festival 2018
RainforestWorld Music Festival adalah festival Musik dunia yang diadakan di Hutan Hujan, diadakan selama tiga hari setiap tahun untuk merayakan keberagaman musik dunia dan selalu diadakan di Sarawak Cultural Village di Kuching, Sarawak Malaysia. sepanjang tiga hari akan ada program wellness (mulai tahun 2017), workshop musik dan budaya yang diisi oleh penampil, pertunjukan budaya, festival kuliner berbagai negara, pameran kerajinan dan handycraft. ada 2 panggung raksasa di lapangan luas dan satu panggung didalam ruangan. Pertujukan utama akan dimulai pukul 6 sore di dua panggung di bawah hutan hujan.
 
Hastag RWMF 2017 di Kota Kuching
Hastag RWMF 2017 di Kota Kuching
Tahun lalu ada 27 penampil yang memberi persembahan yang luar biasa dan membuat banyak orang jatuh cinta. Festival Rainforest World Music Festival adalah salah satu festival musik yang ramah keluarga sehingga orang tua dapat mengajak anaknya untuk menyaksikan agenda musik tahunan. jangan lupa, tahun ini ada dua program tahun lalu yang kembali hadir di tahun ini. Dua program baru yang menjadi poin plus tahun ini adalah Wellnes Program yang menghadirkan Capoera, Samba, bodycombat, Tai-chi, Silat, Budokon Yoga, Vinyasa Yoga,Hatha dan Yin Yoga, Vipassana Meditation, Vibration Meditation and Home Therapy serta Zumba. Dibagi dalam 3 hari dengan 4 jenis kegiatan dalam seharinya dengan waktu yang berbeda di beberapa titik, Iban Longhouse, Malay Town House, Dewan lagenda dan arena grounds. Pengunjung a.k.a Party goers wajib memiliki jadwal agar tahu jam berapa, dimana dan apa yang bisa dinikmati di saat itu. Pamflet acara dapat diambil di venue acara RWMF2018.
 
Beach Party  Rainforest World Music Festival 2014
Beach Party  Rainforest World Music Festival 2014
Sudah kepo dengan penampil di tahun 2018 ini? rasanya sayang untuk melewatkan acara RWMF 2018. Berikut line up yang akan tampil di panggung utama ; 24 drums,Danai Kuwai, Sada Borneo, At Adau,  (Sarawak, Malaysia), Arat Kilo, Mamani Keita dan Mike Ladd (France, Mali dan USA), Grace Nono (Filipina), Oyme (Republik Mordovia, Rusia), Guo Gan dan Aly Keita (Tiongkok dan Cote d’Ivoire), Elisouma (Pulau Komoro), Dona Onete (Brasil), Slobodan Trkulja, Balkanopolis (Serbia), Bhungar Khan Company, Raghu Dixie Project (India), Niteworks (Isle of Skye), Kevin Locke (USA), Combo FInebra (Chili), Alberto Marin (Spain), Shanren (Tiongkok), Djeli Moussa Conde (Guinea), Naedrum (Korea), Cuatro Minimal (Meksiko, Korea dan Jepang), SwarAsia Malaysia, Warato’o (Solomon Islands), Yallah Bye (Tunisia), Volosi (Polandia).
 
Penampil dari Hawai RWMF 2017
Penampil dari Hawai RWMF 2017
Lalu apakah tahun ini ada dari Indonesia? Ada! tahun lalu Dol Arastra yang menghibur penggemar musik dunia. Tahun 2018, Gaya Gayo. Grup ini akan membawakan salah satu tarian ritual dari Aceh, Tari Saman. Tari Saman adalah Tarian yang merupakan warisan budaya dari saku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting. Syair dan nyanyian menggunakan bahasa Gayo dan ditarikan oleh sekelompok orang dengan bergerak sesuai irama dan ritme. Mulai dari menepuk-nepuk dada, bertepuk tangan, menjentikkan jari hingga menggeleng gelengkan kepala kekiri dan kanan. Sekelompok ini tidak boleh salah karena akan mengganggu ritme tarian secara keseluruhan. Tarian ini sudah mendunia dan menuai banyak pujian. Rasanya tidak sabar untuk menyaksikannya dipanggung utama.
 
Penampil dari Brazil RWMF 2017
Penampil dari Brazil RWMF 2017
Bagi yang baru pertama datang, mungkin masih bingung menginap, transportasi menuju kesana dan bagaimana dengan makanan yang disajikan. Tukang jalan jajan bisa membantu untuk mencari tahu.

Lokasi Menginap
Jika punya dana cekak, bisa memilih beberapa guest house atau hostel di Kota Kuching. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar 40 MYR untuk permalamnya, makin minim fasilitas yang didapat maka akan semakin murah harganya. Beberapa yang disarankan karena dekat dengan lokasi penjemputan Shuttle Bus.
  • Waterfrond Logde
  • Raflesia Lodge
  • Backpacker stay
  • Wo Jia Lodge
  • Singgasana Lodge

Damai Beach, Santubong, Sarawak, Malaysia
Damai Beach, Santubong, Sarawak, Malaysia

Sedangkan hotel yang mungkin harganya masih bisa lebih murah dengan pemesanan melalui aplikasi pesan online seperti
  • Telang Usan
  • Tune Hotel
  • Harbour Hotel
  • Abell Residence
Jika ingin mencoba beberapa hotel di daerah damai Beach juga ada, namun pada saat Rainforest World Music Festival biasanya akan penuh dan harganya cukup mencengangkan. Tukang jalan jajan pernah membahas mengenai Damai Beach Resort. Jika ingin tetap mencari tempat tinggal dengan lokasi RWMF 2018 dapat menyewa lokasi kemping yang tersedia di Damai Craftworld & Event Centre yang bisa dicapai cukup 2 menit berjalan dari pintu masuk acara. Tenda sudah disediakan dan bisa ditempati 2-3 orang dengan harga 100 MYR per malam sehingga seorangnya seharga 40 – 50 MYR saja.

Shuttle Bus
Ada beberapa lokasi penjemputan dan penghantaran Bus yang dari dan menuju ke panggung acara Rainforest World Music Festival.
  • Hills Shopping Mall
  • Riverside Majestic Hotel Astana Wing
  • Harbour View Hotel
  • Merdeka Palace Hotel
ada beberapa jam penjemputan mulai pukul 09.30 Pagi hingga 08.30 Malam di beberapa titik tadi. untuk lokasi penghantaran kembali ke Kuching di City Hotel mulai dari pukul 12.30 tengah hari hingga jam 1.30 dini hari. Perlu diingat ada situasi dimana lalu lintas padat yaitu pukul 10.0o pagi hingga 01.00 siang.

Mee Udang, Damai Beach Food Court
Mee Udang, Damai Beach Food Court

Lokasi Makan tidak susah menemukan tempat makan di sekitar lokasi acara. Ada food court di Damai Craftworld & Event Centre yang banyak sekali menyediakan menu Lokal yang Halal. Ada Bar bagi yang suka nongkrong sambal minum dan bersantai. Ada minimarket yang juga menjual makanan dan minuman cepat saji serta menjual nomor serta kuota internet. Jangan lupa mencoba makanan khas Sarawak, mulai dari laksa, mie kolok, mie goreng udang, nasigoreng kedabai dan minuman seperti Ais Batu Campur (ABC), chendul dan banyak lagi mix ice yang lucu-lucu buat dinikmati.

Workshop Rainforest World Music Festival 2018
Workshop Rainforest World Music Festival 2018

Tiket Masuk dan Biaya Selama Acara
Tiket masuk Rainforest World Music Festival 2018 selama 3 hari untuk presale 323.80 MYR sedangkan saat festival berlangsung seharga 387 MYR dan tiket hariannya 146 MYR. Saran saya belilah tiket presale untuk 3 hari, jika budget terbatas beli saja tiket dihari ke tiga karena diakhir acara ada program FINALE yang menampilkan semua pengisi acara di panggung. Sedangkan untuk shuttle bus tersedia gratis dengan menunjukkan tiket masuk RWMF 2018 atau gelang yang dipakai sebagai tanda/pass masuk. Sedangkan untuk van biasanya dijual untuk paket harian dan 3 harian. Untuk makan bisa dianggarkan 20 MYR untuk 3 x makan di Damai Craftworld & Event Centre. Hostel didapat dengan harga mulai 40 MYR per hari. Tiket pesawat sekitar 300 MYR pulang pergi dari Pontianak atau tiket bus 150 MYR pulang pergi dari Pontianak.
    • Tiket Pesawat Pulang Pergi, MYR 300
    • Hostel  (@ MYR 40) 3 Hari, MYR 120
    • Makan (@ MYR 20) 3 Hari, MYR 80
    • Dana Tak terduga, MYR 150
    • Total, MYR 650
Jadi dana yang mungkin dikeluarkan sekitar Rp 2.500.000,- untuk menonton pertunjukan Rainforest World Music Festival. Angka ini bisa saja bertambah atau berkurang sesuai dengan kebutuhan kita. Semua tergantung dari apa yang kita beli/tambah. Jika memang super hemar, bisa saja banyak dana lagi yang berkurang. 

Penampil dari Hawai RWMF 2017
Penampil dari Hawai RWMF 2017
Semoga apa Tukang Jalan Jajan tulis berdasarkan pengalaman bisa jadi penambah informasi untuk menonton Rainforest World Music Festival 2018. Rasanya sayang banget untuk melewatkan salah satu dari 25 festival dunia wajib tonton ini. Tukang jalan jajan tunggu kehadiran kalian disana. Kita sama sama bahagia, menari bersama, bahagia bersama, dan musik menyatukan karena musik adalah bahasa universal bagi semua orang. Sampai Jumpa di Rainforest World Music Festival 2018.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.