Ngulik Enak UP2U Food Junction

Up2U Food Junction di Jalan Jenderal Urip No 20 di depan Jalan Kutilang, Pontianak. Tempat ini tidak hanya menyediakan makanan, terlihat ada beberapa gerai pakaian yang membuka toko disini.

Saya menghitung dalam bulan ini paling tidak 10 tempat unik dan baru di Pontianak tapi jangan salah ada 10 juga yang mengharuskan diri menutup operasional tempat makannya. Ramai yang berjuang namun ramai juga yang terdepak dari kancah kuliner yang bersaing ketat. Nah, saya mampir ke hari pertama pembukaan Up2U Food Junction di Jalan Jenderal Urip No 20 di depan Jalan Kutilang, Pontianak. Tempat ini tidak hanya menyediakan makanan, terlihat ada beberapa gerai pakaian yang membuka toko disini. Tempatnya benar-benar luas dan puas. saya seperti dalam pesta kebun, standing party.

UP2U Food Junction
Ngulik Enak UP2U Food Junction
Junction sendiri dimaknai sebagai dua atau beberapa tempat yang berada dalam satu tempat dan saling terhubung dengan satu sama lainnya. Jadi di Food Junction kita akan menemukan beberapa tenant makan dan lainnya berada dalam satu tempat ini. Up2U food junction mengadopsi beberapa food junction yang sudah heboh seperti di Surabaya, Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Ini bearti, Pontianak tidak kalah perkembangan kulinernya dengan beberapa kota besar di Indonesia. Saya berpikir, Pontianak bisa menjadi salah satu barometer kuliner.


UP2U Food Junction
Suasana di  UP2U Food Junction
Up2U food junction berbentuk huruf U dimana dibagian tengahnya juga diberi beberapa tenant. beberapa interior seperti mural 3D dan meja bangku yang disusun dibeberapa bagian di lokasi ini. ada yang muat untuk 2, 4 sampai untuk duduk bergerombol. Beberapa pohon yang baru ditanam juga menghiasi lokasi ini. Kebetulan saya datangnya malam hari sehingga tidak tahu bagaimana kalau siang hari atau sedang hujan. Malam saat saya berkunjung, pengunjung lumayan lama dan saya harus menunggu sekitar 15 menit untuk mendapatkan bangku. 

Makanan yang dijual beragam, ada makanan kebanyakan makanan kekinian seperti ayam geprek, rice box dan ramen. ada juga makanan tradisional seperti pempek, bakso, kwetiaw dan nasi goreng dalam satu deretan. Ada juga berbagai macam roti dan waffle. Ada beberapa tenant yang juga masih kosong dan masih dalam tahap persiapan. Pergi sendiri ke sini bukan pilihan bagus karena perut terbatas. Apalagi kalau mau berburu harus ada teman lain yang menjaga meja kursi.

Ayam Gebug Yogya
Ayam Gebug Yogya di UP2U Food Junction
Saya mencoba Ayam Gebug Yogya 14 K, Pempek Palembang (Kapal selam dan adaan) 28 K, Ribo.id dengan Shio Tamago Chicken 25K dan roti Gemes  3 buah 10K . semua makanan ini memiliki karakter yang berbeda. Untuk minuman ada stand khusus, biasanya milik pengelola food junction. Sekarang mari mencoba satu persatu makanannya setelah saya berkeliling. Ayam Gebug Yogya ini seperti ayam geprek kebanyakan. Ayam goreng lalu dipenyet dan diberi sambel diatasnya, kali ini ada tambahan kacang tanah, mirip sambal pecel. Ayamnya empuk didalam dan garing diluar, dengan rasa sambal yang lumayan pedas dan bumbu kacang yang menambah gurih rasanya. Lumayan menggoda rasanya.

Pempek Nurali
Pempek di UP2U Food Junction
Pempek Kapal selam dengan cuko, abon udang dan potongan timun menjadikannya special, ada telur yang dimasukkan kedalam pempek yang setelah dikukus kemudian digoreng. Saya lebih suka dengan adaannya yang kenyal serta berasa udang dan ikannya. Konsistensi rasanya yang kenyal dengan aroma daun bawang dan seledri. Ini sedap! Lalu nasi dengan ayam goreng tepung yang dipotong seukuran sekai makan lalu disiram dengan saus telur asin. Makanan kekinian ini diberi potongan rumput laut dan wijen. Salah satu signature dish dari Ribo.id. Daging ayam juice dibalut tepung renyah disiram saus gurih dan harus dimakan selagi hangat. Roti gemesnya juga menggoda lidah sata terutama yang berisi tiramisu.

Ribo.id
Ribo.id di UP2U Food Junction
Up2U Food Junction di Jalan Jenderal Urip No 20 di depan Jalan Kutilang, Pontianak memiliki tempat parkir yang lumayan luas namun perlu ditambahkan meja kursi agar nyaman. Supaya memudahkan keluarga yang membawa anak kecil memang perlu ditambahkan sudut untuk ruang bermain anak. Konsep 3D Art-nya perlu dibuat lebih banyak dan menyesuaikan dengan interior tempat ini. Lokasi yang strategis dan akan diramaikan dengan beberapa tempat makan baru disekitarnya. Persaingan akan semakin berat tapi dengan pilihan makanan yang bayak tentu bisa jadi keunggulan. 7 dari 10 untuk lokasi Up2U Food Junction. Selamat makan dan Salam Yumcez
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.