Tergoda Lezatnya Ayam Lezatos

Ayam Lezatos berada di Jalan Jln H Rais A Rahman, Gg Gunung Sahari, Unit Ruko ke 4 (belakang super market Garuda Mitra),mau coba tanya dulu produknya? Silakan menelpon ke 081250246118.


Namanya saja sudah ayam Lezatos, Tukang Jalan Jajan langsung tergoda untuk mencicipinya. Walaupun agak jauh harus menyeberang ke Sungai Jawi dan melawan cuaca panas, keinginan ingin makan tak bisa dilawan. Rasanya enaknya sudah diujung lidah saja. Ayam Lezatos berada di Jalan Jln H Rais A Rahman, Gg Gunung Sahari, Unit Ruko ke 4 (belakang super market Garuda Mitra),mau coba tanya dulu produknya? Silakan menelpon ke 081250246118. Di sini menyediakan makanan halal dan menurut saya ini salah satu tempat makan enak di Pontianak. Walaupun tempatnya tidak romantis tapi boleh saja untuk membawa pasangan ke sini.

Menu Ayam Lezatos Pontianak yang menggoda selera
Menu Ayam Lezatos Pontianak yang menggoda selera
Saya duduk di meja yang sudah tersusun rapi disini, tidak terlalu ramai naum menu yang disajikan disini lumayan banyak dan menarik untuk dicoba. Ayam lezatos Pontianak ini menyediakan lebih dari 40 jenis makanan halal walaupun tidak khas Pontianak. Mari mencoba menunya satu persatu. Ini adalah pesanan saya, Wings Mentega 15K, Wings Asam Manis 15K, Sayur asem 8K, Kol goreng 4K, Tempe 5K, Es teh 4K dan Soda Gembira 8K. Tercium aroma lezat dari dapurnya, saya mulai Tergoda Lezatnya Ayam Lezatos  

Tempe goreng Ayam Lezatos Pontianak
Tempe goreng Ayam Lezatos Pontianak 
Duh, saya langsung menyerupt sayur asam yang tersaji dalam mangkuk yang cukup besar. Kuahnya merah agak oranye. Ada potongan jagung, kacang panjang, nangka muda, labu siam, daun dan buah melinjo serta kavang tanah kupas. Rasa kuahnya asam dan manis, yap! Manis! Saya berpikir ini mirip dengan kuah es rujak apalagi ada rasa pedas yang tersurat namun untunglah rasa gurih kemiri masih mengajak imajinasi saya untuk kembali ke sayur asam ala Lezatos. Walaupun rasanya cukup aneh bagi saya, namun rasanya enak. Sayurannya juga dimasak dengan tepat dan masih terasa teksturnya saat dikunyah.

Sayap ayam Mentega ala Ayam Lezatos Pontianak
Sayap ayam Mentega ala Ayam Lezatos Pontianak
Mari mencicipi 2 jenis sayap ayam yang dimasak dengan saus berbeda, mentega dan asam manis. Sayap ayam digoreng hingga kering kemudian disalut dengan bumbu. Saus mentega terlihat terang warnanya dari saus asam manis. Ada pula serpihan lada yang merata di ayam saus mentega. Sayap ayam yang gurih dengan setuhan sensasi hangat dan pedas dari lada. Uhhhh.... saya selalu mencintai sayap ayam walaupun banyak dosa lemak dan kolesterol disana. Tak sadar sudah habis 4 potong yang bearti dua ekor ayam.

Sayap ayam Saus Asam Manis ala Ayam Lezatos Pontianak
Sayap ayam Saus Asam Manis ala Ayam Lezatos Pontianak
Sayap ayam berikutnya sungguh klasik rasanya. Asam manis dari kecap dan saus tomat ditambah dengan kecap Inggris dan jeruk kecil khas pontianak. Gurih, asam, manis, asin berpadu membalut sayap ayam yang sudah digoreng kering. Menikmati makanan seperti ini memang harus menggunakan tangan, selesai makan langsung menjilat jari-jari yang terkena saus yang melekat. Benar-benar menggoda untuk makan sampai habis.

Kol Goreng ala Ayam Lezatos Pontianak
Kol Goreng ala Ayam Lezatos Pontianak
Untuk melengkapinya, ada kol goreng dan tempe serta tahu goreng. Tempe dan tahunya sudah dibumbui sebelum digoreng, selain aroma dasar adapula aroma daun pandan yang menambah nafsu makan 100% apalagi dicocol dengan sambal bajak yang sudah digoreng dengan minyak yang melimpah. Rasa pedas dan gurih akibat bawang yang dimatangkan dengan minyak panas. Manis dan asinnya pas. Apalagi setelah diseruput dengan kuah sayur asam. Enaknya double! Duh, bagaimana saya tidak Tergoda Lezatnya Ayam Lezatos  

Sayur Asem ala Ayam Lezatos Pontianak
Sayur Asem ala Ayam Lezatos Pontianak
Minuman penutupnya juga menggoda hati. Soda gembira dengan minuman soda berwarna pink dengan campuran susu sehingga menghadirkan warna baru yang menggoda untuk dinikmati. Tapi dibalik kenikmatan ini sudah bisa menghitung sendiri kan berapa banyak gula yang dikonsumsi.

Soda Gembira ala Ayam Lezatos Pontianak
Makanan disini membuat saya kembali merasakan rasa klasik masakan “ham cay” tionghoa. Makanannya mungkin terbaca kekinian didaftar menu namun citarasa klasiknya PATOET DIPOEDJIKAN. Ayam Lezatos mampu menghadirkan kenangan masa lampau. Tukang jalan jajan tidak segan memberikan nilai 8 dari 10 untuk makanan yang saya makan. Tempat parkirnya lumayan luas, pelayanannya baik dan ramah. Makanannyapun cepat hadir diasat meja. Selamat makan dan salam yumces!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.