Serayu Seafood, Solusi Makan Enak dan Murah

Nyokap kepengen banget makan seafood malam ini, penjual seafood di Pontianak banyaknya minta ampun tapi tidak banyak juga yang rasanya enak. Berhubung momsky agak cerewet masalah makan saya coba bawa ke Serayu seafood yang ada di Jalan Gusti Hamzah (Pancasila) di samping Gang Sejarah. Jika masih bingung, coba saja menelpon di 081256946666 supaya lebih mudah untuk mendapatkan informasi tepat lokasinya. Tapi tepat disebelahnya ada angkringan yang bisa dinikmati juga.


Nyokap kepengen banget makan seafood malam ini, penjual seafood di Pontianak banyaknya minta ampun tapi tidak banyak juga yang rasanya enak. Berhubung momsky agak cerewet masalah makan saya coba bawa ke Serayu seafood Pontianak yang ada di Jalan Gusti Hamzah (Pancasila) di samping Gang Sejarah. Jika masih bingung, coba saja menelpon di 081256946666 supaya lebih mudah untuk mendapatkan informasi tepat lokasinya. Tapi tepat disebelahnya ada angkringan yang bisa dinikmati juga.

Menu Serayu Seafood Pontianak
Menu Serayu Seafood Pontianak
Mungkin yang bisa jadi trade mark tempat ini adalah Pak De Rakam yang sudah melegenda di seafood sebelumnya. Seperti biasa, seafood seperti udang, cumi, kepiting, kerang dan ikan jadi andalah untuk diolah tentu saja bahan pendamping lain seperti daging ayam, sapi dan telur juga jadi menu pelengkap yang menyenangkan.

FuYungHai Serayu Seafood Pontianak
FuYungHai Serayu Seafood Pontianak
Menu yang Tukang Jalan Jajan pesan di Serayu Seafood Pontianak cukup banyak dan beragam, bareng dengan momsky dan orang rumah tentu saja porsi jumbo disiapkan untuk menyenangkan semua warga. Ada Bawal Asam Manis 70K (di hitung per ons), capcay goreng 20K, hot plate ayam 30K, fu yung hai 22K, sup asparagus kepiting 30K, sedangkan untu minumannya ada teh es 4K, lemon tea 6K. Tenang saja, porsinya memang banyak tapi total yang menikmatinya berjumlah 5 orang. Masih masuk dalam kapasitas normal dan menyenangkan.

Bawal Asam Manis Serayu Seafood Pontianak
Bawal Asam Manis Serayu Seafood Pontianak
Menggunakan sistem pesan dan langsung masak, fast food ala kaki lima ini menjadikan bahan segar menjadi makanan yang fresh from the oven. Mencium aromanya saja sudah membuat perut menari nari bahagia sekaligus semakin lapar. Gendang rentak sembilan bertalu talu di dalam saluran pencernaan. Fix! Saya lapar dan ingin segera makan! Saat menu pembuka berupa sup kepiting asparagus yang benar-benar menggoda. Walaupun agak gelap dan kental namun aromanya sungguh menggoda, sewaktu saya seruput, aroma dan rasa kepiting langsung bisa terasa di lidah saya. Ada pula potongan asparagus yang lumayan banyak dan memperkaya tekstur kunyah.

Cap Cay Seafood Serayu Seafood Pontianak
Cap Cay Seafood Serayu Seafood Pontianak
Lain lagi dengan Bawal asam manisnya yang di goreng kering lalu di siram saus asam manis dari saus tomat, lemon dan potongan nanas, tomat dan timun serta daun bawang yang menghiasi bagian atas ikan bawal goreng. Semua saus tadi akan merasuk kedalam daging ikan begitu tersobek dan di ambil bagian daging putihnya. Rasa ikan yang gurih berpadu dengan asam dan manis. Paduan yang tak pernah salah untuk seafood.

Sup Kepiting Asparagus Serayu Seafood Pontianak
Sup Kepiting Asparagus Serayu Seafood Pontianak
Walaupun temanya adalah Serayu Seafood Pontianak tetapi tetap ada menu di luar seafood seperti Hot Plate ayam yang disajikan dalam hot plate. Ayam dengan saus gurih indonesia dengan sedikit lada hitam dengan asap yang mengepul. Mirip seperti steak. Ayam fillet goreng tepung di siram saus lalu asapnya akan membumbung tinggi dan memberikan efek aroma yang memancing rasa lapar saraf penciuman. Dipadukan dengan capcay goreng dengan campuran  seafood juga sedap. Nasi putih hangat memang jadi lawan yang tepat untuk menyelesaikan rasa lapar ini.

Hot Plate Ayam Serayu Seafood Pontianak
Hot Plate Ayam Serayu Seafood Pontianak
Lauk lain yang juga selalu saya sukai adalah Fu Yung Hai. Telur ayam dengan tambahan tepung dan cacahan daging ayam lalu diaduk raya baru kemudian di tambahkan sayuran seperti wortel dan kubis baru di goreng seperti dadar. Kulit luar yang agak kering menimbulkan sensasi renyah. Sebagai sentuhan akhir, adonan ini di siram dengan saus asam manis dengan tambakan kacang polong, potongan cabe dan nanas serta tomat. Rasa gurih dengan tambahan tekstur daging ayam dan sayuran memang menciptakan rasa yang sedap.

FuYungHai Serayu Seafood Pontianak
FuYungHai Serayu Seafood Pontianak
Sebenarnya masih banyak menu lain yang sepertinya sedap di Serayu Seafood Pontianak namun keterbatasan perutlah yang membuat kami tidak bisa memesan makanan lebih banyak lagi. Berada di depan halaman pertokoan dengan tempat masak terbuka membuat suasananya lebih adem, parkir kendaraan roda dua juga lumayan luas. Nilai 8-10 untuk makanan yang Tukang Jalan Jajan makan di sini. Porsi dan harga berimbang, bisa dipertimbangkan untuk makan berkelompok. Selamat makan dan salam Yumcez!



Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.