Bandar Muzakki Tidak Sekedar Kopi

Bandar Muzakki Tidak Sekedar Kopi.Tapi marilah singgah sebentar ke Kopi Bandar Muzakki di jalan Alianyang no.71, depan kantor Dinas Perhubungan dan berada di samping Bengkel Automotif. Masih bingung? Coba telepon ke nomor 0852 4565 9145

Saya beberapa kali menikmati kopi dengan bahagia di Kopi Bandar Muzakki. Boleh saya akui espresso manual di sini lebih enak dibandingkan beberapa tempat nongkrong yang menyediakan kopi di Pontianak. Jangan tanya saya mana yang lebih enak antara kopi di sini dengan Warkop Suka Hati atau Asiang. Jelas variabel pembandingnya berbeda. Tidak ada model statistika yang bisa menghubungkan kurva kepuasan konsumen di rumus ekonometrika.

Vietnam drip Kopi Bandar Muzakki
Vietnam drip Kopi Bandar Muzakki
Tapi marilah singgah sebentar ke Kopi Bandar Muzakki di jalan Alianyang no.71, depan kantor Dinas Perhubungan dan berada di samping Bengkel Automotif. Masih bingung? Coba telepon ke nomor 0852 4565 9145

Dulu memang ada beberapa makanan yang disajikan di sini. Silakan saja baca tulisan saya tentang Kopi Bandar Muzakki sebelumnya. Setelah beberapa waktu senyap dari porsi makanan besar sekarang Bandar Muzakki kembali menyediakan makanan berat dengan pilihan yang beragam. Lebih ke arah ranah makanan Asia dan Indonesia yang tentu punya citarasa yang lebih dekat dengan lidah Melayu.
 
Spring roll Kopi Bandar Muzakki
Spring roll Kopi Bandar Muzakki
Menu yang disediakan beragam dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Menu pembuka di sini adalah spring roll yang krispi. Isiannya bukan sayuran namun bihun yang di tumis dengan telur dan wortel serta aroma kaldu udang yang sungguh terasa. Nikmatnya bertambah jika di celup dengan sambal bangkok yang memadukan rasa pedas, asam dan manis sekaligus.

Soto, Tom Yam, Ayam Kalasan, Nasi goreng Kampung dan udang, Spring roll Kopi Bandar Muzakki
Soto, Tom Yam, Ayam Kalasan, Nasi goreng Kampung dan udang, Spring roll 

Makanan pembuka ada 2 jenis pilihan, soto ayam dengan kuah kuning berisi bihun dan potongan kol serta tauge lalu diberi suwiran ayam dan telur rebus. Tidak lupa di tambahkan potongan tomat segar, daun bawang dan taburan bawang goreng lalu kemudian di siram kaldu ayam berbumbu yang gurih, Makanan ini memang cocok membuka gerbang makan, rasanya mengetuk pelan syaraf lidah. Saya juga merasakan tom yam dengan kuah asam namun tidak pedas dengan udang yang banyak lalu di tambah potongan jamur, sawi putih, tomat dan wortel. Sudah siap untuk menyeruputnya di Bandar Muzakki?

Soto ayam Kopi Bandar Muzakki
Soto ayam Kopi Bandar Muzakki
Lain lagi dengan pilihan makanan utama, ada nasi goreng kampung, nasi goreng udang, kwetiaw sapi dan kwetiaw ayam yang disajikan dengan porsi lumayan besar. Nasi gorengnya sendiri disajikan dengan lalapan dan acar serta kerupuk. Nasi goreng kampung di ramu dari bumbu ulek yang dibuat dari paduan bumbu, lidah saya menangkap ada rasa bawang putih dan merah, kemiri serta tentu ada aroma terasi serta rasa pedas dari cabe. Bumbu ini racikan chef Bandar Muzakki khusus untuk pelanggannya. Sedangkan nasi goreng udang menggunakan teknik memasak tiongkok yang menambahkan beberapa paduan, seperti saus tiram dan kecap ikan serta kecap asin. Tentu ada tambahan udang segar didalamnya.

Sambal cabe hijau, sambal bajak, sambal matah, sambal teri  Kopi Bandar Muzakki
Sambal cabe hijau, sambal bajak, sambal matah, sambal teri  Kopi Bandar Muzakki
Kalau kwetiawnya jelas saya memilih yang sapi. Ada kwetiaw mengkilap dengan potongan daging sapi dan bakso didalamnya lalu disiram dengan kaldu sapi dan di tambah kecap manis. Sentuhan melayu sungguh terasa dengan adanya kecap manis serta rasa bawang putih yang tipis. Siraman kaldu sapi sebagai pelarut semua bumbu. “Belemak!” (Enak ; dalam gaya pengucapan Melayu) itu mungkin kata yang bisa menggambarkannya.

Soto, Tom Yam, Ayam Kalasan, Nasi goreng Kampung dan udang, Spring roll  Kopi Bandar Muzakki
Soto, Tom Yam, Ayam Kalasan, Nasi goreng Kampung dan udang, Spring roll  Kopi Bandar Muzakki
Menu pendamping utama lainnya tidak tanggung-tanggung, 4 jenis olahan ayam untuk menemani makan nasi serta 4 pilihan sambal langsung di geber untuk memuaskan hasrat pelanggan. Ayam goreng, Ayam Serundeng, Ayam Kalasan sampai Ayam Singgang jadi menu santap. Mungkin ayam singgang cukup asing di telinga. Tapi jika saya menuliskan asal suku yang memasaknya, mungkin teman jajan bisa menebak kira-kira seperti apa rasanya.

Ayam Singgang, Ayam Kalasan dan Ayam Serundeng Kopi Bandar Muzakki
Ayam Singgang, Ayam Kalasan dan Ayam Serundeng Kopi Bandar Muzakki
Ayam singgang merupakan kuliner dari Minangkabau yang biasa disajikan sebagai lauk sehari-hari. Di masak dengan bumbu rendang ditambah santan lalu dieksekusi dengan cara di panggang. Sedapkan? Sudah pasti! Saya mencoba ayam lembut berselaput bumbu rendang. Gurih dan berbumbu, sungguh mencirikan Minang. Tapi saya juga tidak bisa melupakan kenikmatan ayan kalasan yang legit dan berselaput karamel karena di panggang. Jangan lupa celupkan ke 4 jenis sambal yang bisa di pilih, mulai dari sambal bajak, sambal teri dan kacang panjang, sambal cabe hijau dan sambal matah! Semua pedas dan membuat lidah Indonesia ini mengecap nikmat.

Makin ramai, makin seru. Food Blogger di Pontianak
Makin ramai, makin seru. Food Blogger di Pontianak
Menu yang banyak tentu membuat bingung karena keberagamannya. Pilih saja sesuai selera. Tipsnya, jika ingin mencoba semua, datang saja beramai-ramai dengan teman-teman sehingga bisa berbagi dan bertukar rasa untuk icip-icip. Jangan ragu untuk datang kesini dan mencoba menu-menu yang ada. 7,5 dari 10 untuk pilihan menu di sini. Dengan lokasi yang nyaman dan luas membuat makan jadi lebih tenang dan nyaman. Parkir kendaraan roda 2 lumayan luas dan lokasinya juga nyaman untuk rapat kecil-kecilan sekalian memanfaatkan fasilitas WiFi dan perpustakaannya. Salam Yumces!
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.