Menyusuri Jembatan Gantung Tertinggi dan Terpanjang Mulu National Park

Matahari menyinari indah dari sela-sela pohon tinggi. Saya segera mandi dan sarapan, pagi ini kelompok kami sudah dijanjikan untuk memacu adrenalin. Petualangan hari ini akan menaklukkan Canopy Skywalk.

Matahari menyinari indah dari sela-sela pohon tinggi. Saya segera mandi dan sarapan, pagi ini kelompok kami sudah dijanjikan untuk memacu adrenalin. Petualangan hari ini akan menaklukkan Canopy Skywalk. Ini adalah salah satu jembatan gantung yang menghubungkan pohon satu dan lainnya. Tinggi jembatan gantung ini sekitar 30 meter dengan panjang mencapai 480 meter. Jarak antara pohon satu pohon dengan pohon lainnya sekitar 100-150 meter. Saya sudah tidak sabar untuk melampaui tantangan ini. Kami harus segera kesana kami tempat ini hanya buka dari pukul 7 pagi – 2 siang saja

Saya dan pohon terbesar di Mulu ational Park
Saya dan pohon terbesar di Mulu ational Park
Rumah pohon menuju ke Canopy Walk
Rumah pohon menuju ke Canopy Walk
Paul sudah menjemput kami untuk menuju kantor Mulu National Park. Seorang Park ranger wanita sudah siap untuk menemani menuju Canopy Skywalk, sebelum menuju kesana seorang wanita yang menjadi pemandu kami. Park Ranger mengingatkan untuk tidak menyentuh apapun diperjalanan dan pada saat menaiki Canopy skywalk tidak boleh berlari, harus berjalan perlahan. Sekali bergerak hanya boleh 2 orang yang melaluinya dan berjarak 50 meter. Saat hujan atau angin kencang kita tidak diperkenankan untuk melewati skywalk ini. Jika takut ketinggian sebaiknya jangan ikut naik ke atas.
Jalanan kayu di tengah Hutan Mulu
Jalanan kayu di tengah Hutan Mulu
Palang penunjuk jalan
Penunjuk jalan Mulu National Park
Menyusuri jembatan kayu di Mulu National Park
Menyusuri jembatan kayu di Mulu National Park
Setelah berjalan kurang lebih 30 menit dan melihat berbagai vegetasi, kami sampai di pohon yang terdapat rumah pohon bertangga. Ternyata inilah pintu masuk menuju canopy skywalk. Pertama kali naik saya harus membiasakan diri dulu dengan melihat ketinggian dari rumah pohon ini. Jembatan dengan tali yang menghubungkan antara satu pohon dengan pohon lainnya. Ada 2 buah papan panjang yang tersusun untuk berpijak, di kiri dan kanan diamankan dengan jaring setinggi 2 meter. Saat melangkah kita harus benar-benar menjaga keseimbangan. Jika sudah maju tidak bisa mundur kembali.
Vegetasi Hutan hujan yang luas
Vegetasi Hutan hujan yang luas
Vegetasi Hutan hujan yang luas
Vegetasi Hutan hujan yang luas
Rumah pohon menuju ke Canopy Walk
Rumah pohon menuju ke Canopy Walk
Setiap sampai di seberang akan ada pijakan yang di buat untuk mengelilingi pohon dan ada papan informasi yang menjelaskan informasi mengenai vegetasi dan pohon yang ada di sini. Beberapa kali saya memberanikan melihat ke bawah, kebanyakan tertutup ujung pohon yang rindang, beberapa juga terlihat sungai yang mengalir di bawah, airnya berwarna kemerahan. Ini menunjukkan bahwa ada lapisan tanah gambut dibawah sana. Jika melihat kesekeliling akan ada banyak tebih gunung yang indah. Ini merupakan bagian dari puncak gunung Mulu yang terkenal. Jika berkesempatan melihat dari atas akan seperti pisau tajam. Terbentuk menyerupai duri dan terdiri dari bebatuan batu kapur.

Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Memastikan keamanan Canopy walk Mulu National Park
Memastikan keamanan Canopy walk Mulu National Park
Sedikit saja bergerak atau terkena angin maka jembatan akan bergoyang, sensasinya sungguh luar biasa. Berjalan disini menimbulkan sensasi ngeri-ngeri sedap. Selama 30 menit saya terombang ambing memacu adrenalin. Melewati hingga kembali kerumah pohon sungguh menyenangkan. Membuat saya kembali bisa bernafas lega. Menyaksikan keindahan dari atas membuat saya semakin mencintai alam kalimantan.

Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Canopy walk Mulu National Park
Persiapan Diri
Untuk mengunjungi Mulu National Park dibutuhkan Stamina ekstra dan uang lebih. Jika anda seorang petualang sejati yang mencintai Trekking, Hiking dan Caving wajib datang kesini. Pilihan paket perjalanan di sini semuanya menantang, mulai dari pemula, tingkat menengah sampai mahir.  Jika sudah siap kesemuanya anda bisa menghubungi pemandu bersertifikat dari Mulu National Park, Paul Victor dengan email paulvictor5883@gmail.com dan nomor telepon  +6012-8465655 / +60111 8599771. Jangan lupa mencari informasi di www.mulunationalpark.com , beberapa tips juga saya bagikan untuk anda yang ingin bertandang kesini
1. Bawa kelengkapan trekking, hiking dan caving yang memadai. Silakan cari di toko peralatan aktifitas luar ruangan. Paling penting adalah sepatu, kaus kaki, topi, senter, tas anti air, handuk dan jas hujan
2.  Bawa makanan dan minuman secukupnya saat berpetualang. Ingat jangan sampai membuang sampah sembarangan.
3. Bawa pelindung air untuk kamera dan smartphone anda.
4. Bawa pakaian yang menunjang.
5. Bawa lotion anti nyamuk, lotion anti ultraviolet serta balsem
6. Bawa multivitamin dan tolak angin serta obat-obatan yang anda butuhkan.

Air di Mulu National Park
Air di Mulu National Park
Vegetasi Mulu National Park
Vegetasi Mulu National Park
Vegetasi Mulu National Park
Vegetasi Mulu National Park
Bagaimana Menuju Kesini?
Kita bisa menggunakan Penerbangan Dari Jakarta Menuju Pontianak atau Kuala Lumpur kemudian dilanjutkan menuju Brunai Darussalam atau Kuching lalu Miri berlanjut ke Mulu. Jika ingin menggunakan Bus bisa dimulai dari Pontianak atau Kuching atau Brunai Darussalam menuju Miri dan berlanjut ke Mulu. Pesawat yang digunakan bisa menggunakan Malaysia Airlines (Maswings), Air Asia, Garuda dan Fly Asian Xpress. Jika ingin menggunakan alternatif lain bisa menggunakan Boat dari Kuala Baram di Miri, melintasi sungai Baram menuju Marudi kemudian menuju Long Terawan. Berlanjut dengan menyewa perahu menuju Taman Nasional Gunung Mulu. Perjalanan ini bisa memakan waktu 10 jam. Jika menyukai tantangan tidak ada salahnya untuk mencoba. Untuk harga tiket pesawat biasanya tergantung dari maskapai yang digunakan.



Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.