expr:class='data:blog.pageType'>

Sidebar Ads

banner image

Fashion

Jenis Kwe Tiaw dan Kenikmatan Rasanya


Setiap teman saya yang berkunjung ke Pontianak pasti mengajak saya untuk makan Kwetiaw terlebih dahulu. Darimanapun asalnya pasti langsung ngajakin icip-icip kwetiaw yang paling terkenal di Pontianak. Boleh dibilang, kwetiaw Pontianak sudah terkenal seantero Indonesia. Sekarang saya juga pengen tahu, siapa yang suka makan kwetiaw? Atau ada yang masih bingung dengan penyebutan Kwetiaw atau Mietiaw? Mana yang benar ya? atau bingung, mana yang lebih enak, kwetiaw goreng atau kwetiaw rebus atau ada cara masak yang lain?





Kwetiaw adalah sejenis mi yang dibuat orang Tionghoa yang berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan berbentuk panjang, tipis dan sedikit lebar dibandingkan mie telur. Makanan ini cukup popular dimana ada komunitas Tionghoa maka makanan ini juga popular, biasanya bisa disajikan dengan digoreng atau dimasak berkuah. Selain popular di Pontianak beberapa daerah di Indonesia juga menjadi makanan favorit



Kenapa Pontianak penyebaran kwetiaw luar biasa dan boleh dibilang Masiv? Karena memang kwetiaw identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu. Memang ada sedikit perbedaan dengan Hokkian yang banyak mendiami Medan dimana disana menggunakan campuran baso ikan, sosis babi dan telur bebek sedangkan  Tio Ciu yang banyak di Pontianak lebih senang menggunakan tambahan daging sapi dan juga jeroan sapi. Dalam perkembangannya ada varian baru kwetiaw yaitu kwetiaw siram, Yam/Jam kwetiaw dan Bun kwetiaw.



Lalu apa bedanya? Apakah dari mata saja sudah bisa menbedakan? Atau harus dirasa terlebih dahulu? Jika kwetiaw goreng dan rebus tidaklah susah membedakannya. Untuk kwetiaw siram biasanya kwetiaw disajikan dalam piring kemudian siramannya dibuat dengan cara memasak terpisah, didalamnya akan dimasukkan berbagai macam daging dan olahan lalu diberikan sayuran, ditambahkan air yang lumayan banyak lalu ditambahkan tepung sagu atau maizena yang diencerkan terlebih dahulu kedalam kuah agar menjadi lebih kental. Saat akan disajikan maka kuah akan disiram diatas kwetiaw.



Kalau Yam/Jam kwetiaw seperti apa? Kwetiaw ini memang berminyak tapi tidak digoreng, biasanya kwetiaw akan dicelur bersama dengan tauge lalu akan diberi minyak bawang putih, cuka, kecap ikan dan beberapa bumbu penyedap lainnya. hal ini harus dilakukan cepat saat kwetiaw masih panas. Tidak lupa ditambahkan berbagai macam pelengkap seperti daging, jeroan dan olahan lainnya. setelah semuanya tercampur rata baru dihidangkan kedalam piring atau mangkok baru kemudian ditaburkan daun bawang. Memang ada perbedaan antara penyajian di Pontianak, Medan dan Bangka. Biasanya ada juga yang menambahkan kecap manis dan atau kecap asin.



Yang berikutnya adalah Bun, biasanya kita mendengar bun tahu, tapi ternyata kwetiaw juga bisa dimasak dengan cara ini. Yang satu ini juga kadang masih banyak yang bingung. Memang, yang paling susah dibedakan itu hanya 3 macam: goreng, bun dan yam. Sebab sekilas terlihat mirip. Namun kalau diperhatikan baik-baik apalagi dicoba di lidah maka sangatlah berbeda.


Kwetiau bun lebih mirip kwetiau goreng dibandingkan kwetiau yam. Yang membedakannya dengan kwetiau goreng adalah bahwa kwetiau bun itu lebih basah (becek). Dengar kata "becek" jangan mikir aneh-aneh lho. Mengapa terlihat lebih basah? Tak lain karena kwetiau dimasak dengan kocokan telur dan diberikan sedikit kuah lalu dihidangkan. Sementara kwetiau goreng sama sekali tidak diberikan kuah. Kalau untuk telur ya semua juga pakai telur sebagai salah satu bahan memasak kwetiau.



Jadi kalau sekarang, anda atau teman yang datang jauh dari luar kota Pontianak bisa memilih penyajian Kwe Tiaw yang lain dari goreng atau rebus. Paling tidak anda punya referensi penyajian seperti apa yang diinginkan. Silakan pilih warung makan yang menyediakan menu ini dan bertaburan banyak sekali di kota Pontianaak. Selamat mencoba dan menikmati.





Jenis Kwe Tiaw dan Kenikmatan Rasanya Jenis Kwe Tiaw dan Kenikmatan Rasanya Reviewed by Tukang Jalan Jajan on 10/28/2014 Rating: 5

53 komentar:

  1. baru tahu kalau kwetiaw ada beberapa jenis..hihi..

    tapi jujur lho bang, sampai sekarang belum bisa nemu enaknya kwetiaw..lebih pilih mie keriting

    BalasHapus
  2. Duh jadi kepengen kwetiaw. Kalau ke Ponti tolong tunjukkan jalan ke tempat kwetiau yg benar ya. Kalau di jakartJ biasanya yg enak di Aciap Mangga Besar . Pakai Sapi Dan aksesorisnya

    BalasHapus
  3. Saat kerja di majikan etnis chinese bikin kwetiaw sudah hal wajib setiap sarapan soalnya tiap orang sarapan beda2 gitu. Dan yang disajikan harus minimal 3 menu. Kwetiaw goreng jadi favorit mereka.

    Saya sendiri justru suka kwetiaw basah, meski masak nya ala saya sendiri, yang penting ada kuahnya dan kasih pedas level tinggi, hehehe...

    BalasHapus
  4. Yummy, menggoda selera. Belum pernah nyobain tapi kelihatan enak. Kapan2 mau juga dong resepnya diulas di blog mau nyoba bikin

    BalasHapus
  5. Banyak juga ya ternyata jenis kwetiaw, jadi penasaran makan langsung kwetiaw bun dan yan langsung di pontianak.. kalo saya biasa makan yang kwetiaw goreng ekstra sayuran dan baso deh hehe

    BalasHapus
  6. Huaaa liat ini jadi penegn kwetiau tapi abangnya masih pada mudik huhu. Aku suka banget kwetiau goreng pedes sama acarnya yang banyak.

    BalasHapus
  7. Seumur-umur saya belum pernah nyoba kwetiau kuah ๐Ÿ˜ฎ selalu yang goreng, nanti pingin cari yg versi kuah ah~ masih pada mudik nih hehe

    BalasHapus
  8. Aku suka segala jenis mie termasuk kwetieaw. Dulu inget banget pertama kali makan kwetiaw pas di pesawat yang disediakan dari maskapainya. Sejak saat itu aku jadi suka makan kwetiaw..begitu ceritanya :)

    BalasHapus
  9. Amboooi, kalau mampirbke blog yang satu ini langsung lapar dan cari-cari makanan untuk penghilang baper :)
    Uenak ya kwetiaw ini,, terlebih kwetiau kering dengan isian seafood... Hmmm yummy, mau beli belom ada yang jual, mau masak ga paham bikinnya :(

    BalasHapus
  10. Wah, aku jadi tahu macam-macam olahan kwe tiaw nih, soalnya di sini kwe tiaw ya di masak begitu aja, ala-ala nasi goreng..

    BalasHapus
  11. Baru tau kwetiaw ada jenis2nya gtu. Taunya selama ini kuag dan goreng aja hehe. Kalau yg sering kujumpai tu warnanya lbh cerah, mungkin pengaruh kuah atau bumbunya kali ya.

    BalasHapus
  12. Aku cuma tau satu jenis kwiteau hohihihihhi ternyata ada beberapa yaaa

    BalasHapus
  13. Jadi pengen coba semua jenis kwetiawnya deh, enak semua kelihatanya. Unik ya XD

    BalasHapus
  14. Aku suka juga makan kwetiau..tapi ini udah lama gak makan...

    Nah aku baru tau kalo kwetiau dari tepung beras.karena setahu ku itu dari tepung tapioka...


    Beda cara kali ya.

    BalasHapus
  15. Aku juga seneng makan kwetiau...hi2, tapi baru tau kalo di buat dari tepung beras..kukira dari sagu ..

    Kwetiau yg kaya gini lebih lezat ..dibanding buatan pabrik..tipis2 agak kekuningan itu..

    BalasHapus
  16. paling suka sama kwetiau goreng ...

    BalasHapus
  17. Kwetiau goreng favoritku. Apalagi yang isinya seafood. Dooh nikmat bener. Tapi aslinya pake sosis babi tho. Untung sekarang sudah banyak yg halal

    BalasHapus
  18. Dulu aku gak suka sama Kwetiaw. Eh, pas makan di kantor lagi laper2nya jadi malah demen. Cuma aku itu suka Kwetiaw rebus soalnya kuahnya kek indomie gitu ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  19. Masih Trauma dengan makanan ini -_-

    BalasHapus
  20. iya nih kak, ada banyak metode pengolah kwe tiaw di tiap daerah. Penasaran aku sama yang ada di pontianak ini. Siap mencicipi deh suatu saat nanti

    BalasHapus
  21. Jadi ingat pas ke Pontianak, karena taunya cuma kwetiaw Apollo, dalam sehari makan di 2 tempat yg sebelah-sebelahan itu.

    BalasHapus
  22. nikmat banget kew tiaw kak, saya paling suka loh hehe

    BalasHapus
  23. Saya termasuk penggemar kwetiaw. Kalau ketemu yg enak itu makannya senang banget. Tapi di tempat tinggal sekarang belum ketemu kwetiaw yg enak di lidah.

    BalasHapus
  24. Aduh Kak Don, saya salah waktu mampir ke sini. Malam-malam gini lihat ulasan tentang kwe tiaw jadi mendadak lapar

    BalasHapus
  25. rupanya kompleks juga menghidangkan kwetiaw itu. tapi, dari resepnya kayaknya rasanya sungguh enak ya mbak... memang kuliner nusantara tidak ada duanya. Jadi pengen wisata kuliner nih..

    BalasHapus
  26. Saya suka banget nih kwetiau... Mudah-mudahan bisa nyobain kwetiau yam dan kwetiau bun di pontianak...

    BalasHapus
  27. Saya taunya kwetiau goreng dan kuah saja. Ternyata ada jenis kwetiau yg lain ya

    BalasHapus
  28. Saya suka banget kwetiau baik itu digoreng ataupun direbus. Nur saya dua-duanya sama-sama enak.

    BalasHapus
  29. Baru tahu klo kwetiaw banyak jenisnya...
    Selama ini tahu nya ya klo g goreng ya rebus

    BalasHapus
  30. Pasti harganya ramah dikantong ya kak,
    Jadi pengen nyicip.. Hehehe

    BalasHapus
  31. Hmmm KweTiaw dan Mie Tiaw ternyata sama yaa. Kalau di tempat saya sering dibilang Mie Tiaw ada juga yang sering bilangnya 'Mie Balap'. Rasanya enak banget, apalagi kalo dicampur sama telur gitu, hihihihi :D Kalau saya sih lebih suka yang digoreng ^_^

    BalasHapus
  32. Kwetiaw siram adalah paporit aku banget. Btw tukang jalan jajan biasa makan kwetiaw dimana? Bisikin dong hehe. Kalo aku juga suka banget kwetiaw rebus juga yang dekat kape nama tempatnya mie tiaw seroja.

    BalasHapus
  33. Saya penggemar kwetiau banget. Mau kering atau basah dua-duanya suka. Lebih suka lagi yang campuran togenya masih kres kres segar.

    BalasHapus
  34. Di Bandung ada rumah makan Kwetiaw 88. Konon katanya sih pendirinya asli Pontianak. Engga tahu ya, apakah rasanya sama ga ama yg asli Pontianak. Tapi aku suka sih. Apalagi yg siram...huf huf...Tiup-tiup dulu saking panasnya...

    BalasHapus
  35. Ternyata beda yak. Aku suka kwetiau pontianak hihi sempat nulis yg resto legendaris itu yang tetanggaan

    BalasHapus
  36. Oh Pontianak itu punya kwetiauw khas ya. Kalau saya sendiri suka sih dg kwetiauw ini. Tergantung bumbu masaknya aja rasa apa.

    BalasHapus
  37. Helen's One-Skillet Lasagna Recipe This easy no-bake dish offers the cheesy goodness of a traditional lasagna without the lengthy prep time.

    BalasHapus
  38. Akutuh dibandingin Ama mie biasa, lebih suka kwetiaw koh. Kayak nya kalo kwetiaw blm pernah nemu yg rasanya failed, kalo mie biasa banyaak yg ga enak.

    Dan langgananku kalo makan mietiaw, aku pasti minta dimasak Bun alias becek juga. :D. Nth kenapa kalo kuahnya cuma sekedar becek, bikin rasa lebih gurih :D. Issh JD kangen kwetiaw Bun.

    BalasHapus
  39. Dulu saya mengira kwe tiaw itu pasti digoreng, rupanya ada yang direbus ya. Harus nyobain nih kalau kelak berkesempatan ke Pontianak.

    BalasHapus
  40. Ternyata kwetiaw jenisnya macam-macam ya. Saya jarang makan, jadi kemungkinan pengetahuan tentang kuliner satu ini minim banget.

    BalasHapus
  41. Saya suka masakan segala jenis mie, tapi jenis kwetiaw belum pernah makan. Hiis...kemana saja saya selama ini.
    Paling sering sih makan mie hokkiang, tapi beda rasanya kan.

    BalasHapus
  42. Aku juga abis makan kwetiaw kak bisa kembaran gini yak ceritanya hahaha cm digambar kakka lbh item yak dibanding olahanku :)

    BalasHapus
  43. Kwetiaw ini memang juara banget yaa, kak Don.
    Kalau memberikan bumbu yang pas, dimakan saat dingin-dingin, bisa menghangatkan tubuh.

    Pontianak banyak banget makanan heits~

    BalasHapus
  44. Pontianak adalah salah satu daerah yang ingin saya kunjungi suatu saat nanti. Bisa nih kalau berhasil ke Pontianak makan kwetiaw. Sepertinya saya lebih suka kwetiaw goreng deh.Tapi mau coba semua juga ah, biar bisa membedakan dan menentukan, mana yang paling cocok di lidah saya.

    BalasHapus
  45. Aku juga suka makan kwetiaw, rasanya menurutku emang agak beda sih dari mie yang lainnya. Apalagi kwetiaw goreng, wajib itu mah. Di Pontianak banyak banget kuliner enak-enak ya.

    BalasHapus
  46. Salah satu makanan kesukaanku adalah kwetiaw goreng. Kalo pas kulineran aku pasti pilih kwetiaw goreng, tapi biasanya pake daging ayam, udang dan bakso bang.

    BalasHapus
  47. Penasaran banget sama Kwietiaw Pontianak, apakah sama dengan yg di Semarang? Harus nyobain langsung ke Pontianak nih kayaknya.

    BalasHapus
  48. Kwetiau goreng ini salah satu makanan favoritku banget nih apalagi ditambah aneka seafood kaya udah atau cumi duh mantul banget deh.

    BalasHapus
  49. sore gini mampir kesini liat kwetiau jadi pengen bikin....:)))

    BalasHapus
  50. sore gini mampir kesini liat kwetiau jadi pengen bikin...:)))

    BalasHapus
  51. saya pernah nonton film tentang koki thailand yang punya restoran kwetiaw dan terkenal. saya jadi penasaran dengan rasanya, apa sama dengan kwetiaw di indonesia yaaa. mungkin lebih mirip Tio Ciu kali ya. penasaran juga dengan rasa Tio ciu ini, belum pernah saya nyobain kwetiaw pakai ggunaka daging sapi dan jeroan sapi, poasti lebih juicy yaa

    BalasHapus
  52. Aku kangen sama modelan kwetiaw yg kekgini nih, mienya besar-besar, kenyal, enak pokoknya dah, kalo bumbunya juga pas yah.. Soalnya kwetiaw di Bali beda, malah jatuhnya modelan mie gepeng, kalo di Medan tuh bilangnya ifo mie, haha..

    BalasHapus
  53. Firdaus Deni Febrinsyah23 September 2023 pukul 23.51

    Aku pernah makan kwetiau. Ku kira kwetiau itu ya satu jenis saja, ternyata ada banyak toh jenisnya.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Stay Connected

Diberdayakan oleh Blogger.