Tukang Jalan Jajan

Pilih Personal Computer atau Laptop?

Tukang jalan jajan memang aktif menulis biasanya kalau di rumah lebih nyaman menggunakan PC alias personal komputer. Alasannya sederhana, karena diletakkan diatas meja, biasanya akan membuat duduk nyaman serta bebas dari sakit punggung. Apalagi kalau dalam keadaan terdesak alias sedang dikejar deadline. Lagipula, bekerja diatas meja artinya punya ruangan yang luas untuk menyimpan aneka cemilan dan makanan ringan. Mungkin bisa saja pendapat Tukang Jalan Jajan akan berbeda dengan orang kebanyakan yang lebih menyukai sesuatu yang ringkas dan bisa di bawa kemana mana.
 
Pilih Personal Computer atau Laptop?
Pilih Personal Computer atau Laptop?
Tukang jalan jajan tidak anti dengan komputer jinjing tapi ada beberapa hal yang membuat komputer personal rumahan jauh lebih nyaman digunakan. Unggul dalam beberapa sisi dan mungkin pengalaman pribadi saya, Tukang Jalan Jajan bisa jadi referensi.

Gampang Tambah Spare Part

Penambahan “jeroan” atau spare part sesuai kebutuhan bisa dilakukan dengan mudah, baik upgrade secara menyeluruh, maupun bagian-bagian tertentu saja. Upgrade dapat dilakukan oleh vendor maupun dilakukan secara pribadi atau personal. Namun, beda halnya dengan perangkat mobile atau portable, untuk saat ini masih tidak mungkin melakukan upgrade secara partial, apalagi secara pribadi. Upgrade pada perangkat mobile harus dilakukan dengan mengganti perangkat tersebut dengan perangkat baru yang lebih mutakhir. Perangkat mobile bisanya sudah paten terkait satu sama lain sehingga perlu diganti secara menyeluruh

Harga Jauh Berbeda dan Terjangkau

Harga yang ditawarkan Personal Komputer jauh lebih murah dari pada perangkat portable. Dengan harga yang lebih murah bahkan bisa didapat spesifikasi lebih baik dengan performa kerja jauh lebih baik. Sebagai contoh, dengan budget 5 juta rupiah, hanya bisa mendapatkan laptop atau notebook sekelas dengan prosesor i3, sedangkan untuk PC sudah bisa untuk buliding sekelas i5 bahkan i7.

Lebih Besar dan Lebih Nyaman

Bentuk dan ukuran spare part dapat berdampak pada desain perangkat tersebut. Perangkat mobile dan portable didesain agar dapat bekerja dalam bentuk yang kecil, dengan bentuk yang lebih kecil tentunya desain sistemnya jauh berbeda dengan bentuk yang lebih besar. Dengan ukuran yang kecil, perangkat mobile diharuskan mampu melakukan komputasi yang rumit dengan harga yang pastinya lebih mahal, akibatnya desain dibuat lebih sederhana dengan fitur yang tidak selengkap PC. dari segi kenyaman tukang Jalan Jajan menyukai yang lebih besar karena lebih nyaman digenggam dan mengetik.

Jago dalam Gaming dan Grafis

Editing foto dan video membuat Tukang Jalan Jajan banyak memilih menggunakan Personal Komputer karena kemampuan motherboard yang bisa disesuaikan untuk keperluan grafis atau juga gaming. Harganya juga jauh lebih masuk di kantong tanpa harus menguras biaya. Secara pilihan kualitas pengolahan, PC lebih bervariasi bahkan bisa dilakukan kustomisasi sendiri. Untuk mendapatkan performa gaming dan grafis PC senilai 3 juta, paling tidak memerlukan 8 juta jika diterapkan pada perangkat laptop. Pilihan motherboard yang bisa menjadi rekomendasi adalah msi x570, chipset motherboard baru untuk prosesor tersebut yakni, X570. Chipset ini akan menggunakan teknologi baru, PCIe 4.0. Teknologi ini akan memberikan bandwidth yang lebih besar bagi perangkat yang menggunakan teknologi tersebut. Ditambah dengan prosesor terbaru mereka yakni, Ryzen seri 3000. Jajaran prosesor yang ada di lini tersebut digadang-gadang memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Besar Tebal VS Kecil Tipis

Laptop atau komputer jinjing memang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tak lepas dari bentukan laptop yang semakin ringkas dan ringan. Pilihan model dengan berbagai harga, spesifikasi, dan desain pun bervariatif, belum lagi performanya yang cepat karena spesifikasinya yang makin mumpuni dan mampu mengerjakan banyak program “berat” yang dulunya hanya bisa di komputer dekstop.
Sementara kalau untuk performa, PC desktop atau PC rakitan kebanyakan lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan laptop di level harga yang sama. Kelemahan PC sendiri adalah mobilitasnya kurang, karena tidak bisa dibawa-bawa. Dilema ketika hendak beli komputer? bingung mau pilih laptop atau PC? Sebelum lebih jauh, pelajari dulu kebutuhan dan mobilitas kamu sebagai pengguna.

Pilih PC Atau Laptop?

Kembali ke kebutuhan dan kesesuaian pekerjaan. Tentunya kebutuhan dan mobilitas setiap orang akan komputasi berbeda-beda, jadi jangan pernah salah kaprah dan jangan sampai kamu nantinya kecewa. Kamu harus tahu apa alasan kamu membeli komputer, lalu buat aktivitas apa saja, dan seberapa tinggi mobilitas kamu. Niscaya kamu enggak akan bingung lagi deh, pilih laptop atau PC desktop. Sebagai contoh, seorang tenaga marketing yang banyak berada diluar untuk melakukan presentasi tentu lebih memilih menggunaka laptop yang gampang dibawa dan ringan sementara bagian akuntansi akan lebih memilih Personal Computer karena lebih banyak di dalam ruangan.
Apapun pilihanmu, pastikan sesuai kebutuhan

15 komentar:

  1. Tapi ya memang semuanya itu kembali kepada kebutuhan individu masing-masing ya

    BalasHapus
  2. Memang nih ya untuk biayanya bisa lebih murah, tapi juga nggak bisa dibawa kemana mana hihi

    BalasHapus
  3. Iya nih Kak, kalau untuk masalah penambahan Spare Part ini lebih mudah kalau menggunakan komputer

    BalasHapus
  4. kalau saat ini saya sih masih lebih butuh laptop yang bisa dibawa ke mana2 meskipun ya ngiler juga di kantor ada PC dan itu lebih fast :(

    BalasHapus
  5. Karena saya cukup mobil, saya lebih pilih laptop Kak, supaya lebih fleksible

    BalasHapus
  6. Sebelum punya rumah yang tetap sih belum kepikiran bakal beli PC. Hahaha. Soalnya kalau suasana kontrakan lagi gak enak, aku biasa kerja di luar, cari kopishop. Nah, otomatis laptop jd andalan banget

    BalasHapus
  7. Aku jadi kepikiran beli PC, kak...
    Kayanya memang lebih nyaman yaa...apalagi aku orang rumahan, yang hanya keluar kalau anter anak sekolah dan pengajian atau pinjem buku di perpus.

    BalasHapus
  8. Di rumah dan tempat kerja aku pakai leptop, tapi kok ya jadi pengen punya pc di rumah, soalnya skrg aku jarang ngerjain kerjaan di luar rumah. PC bisa jadi pilihan bagus di ruang kerja rumah nih.

    BalasHapus
  9. Terus terang kalau di rumah lebih suka pakai PC dengan layar gede gtu kak. Soalnya lbh bisa nyimpen banyak kyknya ya kalau PC, apalagi kalau filenya banyak.
    Tapi kalau lagi mobile sih ya bawa laptop aja :D

    BalasHapus
  10. Saya mau jujur,Kak. Sebenernya saya lebih suka PC. Lebih mantap, mapan, dan tangguh. Sayangnya karena jarang di rumah dan ga punya kantor tetap, saya harus memilih laptop yang mudah dibawa ke mana pun.

    BalasHapus
  11. Sebenarnya tergantung dengan kebutuhan masing-masing ya..
    Saya lebih mwmilih laptop karena suka mobile, sedangkan suami lebih memilih PC karena membutuhkan space yang besar untuk program-program yang dia butuhkan

    BalasHapus
  12. Kalau dulu jaman kuliah pakai PC Komputer gak masalah. Tapi sekarang mah pakai laptop aja biar bisa dibawa kemana-mana dan lebih simpel.

    BalasHapus
  13. Laptop aja ah lebih simpel, ga makan tempat, praktis dan bisa dipakai dimana pun

    BalasHapus
  14. Dari SD sampai kuliah diploma, aku masih pakai PC karena memang semua tugas atau urusan yang menyangkut dengan komputer selalu aku kerjakan di rumah. Apalagi kalo udah edit film.

    Cuma seiring berjalan waktu, aku lebih pilih laptop karena praktis dan fleksibel bisa dibawa kemana aja. Maklum lah pekerjaan sekarang itu disebut digital nomad. Harus berpindah tempat dan diburu waktu*

    BalasHapus
  15. Untuk blogger, laptop donk,kalo gak mobile ya PC aja, jauh lebih murah.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.