Tukang Jalan Jajan

Ihaw Ihaw, Restoran Filipina di Kuching yang Menggoda Selera


Ihaw Ihaw, Restoran Filipina di Kuching yang Menggoda Selera. Pernah menikmati makanan Filipina? Sensasi apa yang menjadi karakter dan ciri khas yang paling terasa? Saya cukup lama mencicipi makanan negara ini bertahun-tahun. Lidah sudah cukup familiar dengan rasanya walaupun awalnya agak mengernyit karena memiliki rasa asam, asin dan gurih. Tak seperti makanan Asia yang cenderung “mlekoh”, makanan Filipina tidak menggunakan banyak bumbu.
Ihaw Ihaw, Restoran Filipina di Kuching yang Menggoda Selera
Ihaw Ihaw, Restoran Filipina di Kuching yang Menggoda Selera

Makanan Filipina adalah makanan yang didominasi cuka supaya makanan dapat bertahan lama, menurut beberapa literatur, semakin lama disimpan maka akan semakin kaya rasanya. Jika tidak menggunakan cuka, maka rasa asam biasanya didapat dari jeruk nipis, asam jawa atau tamarin dan manga muda. Sumber protein yang biasa digunakan adalah ikan karena Filipina dikelilingi laut dan daging merah lainnya. Seperti di Indonesia, maka setiap wilayah juga mempunyai ciri khas berbeda seperti Luzon, Visayas dan Mindanao. Tapi bagi yang ada di Pontianak atau Sarawak, tak perlu jauh hingga kesana. Saya akan mengajak ke satu tempat yang seru. Ihaw – ihaw yang berada di 143, Jalan Padungan, China Town, 93100 Kuching, Sarawak, Malaysia. Nomor Telepon +60 12-888 0639


Ihaw Ihaw dalam bahasa Inggris adalah BBQ Grill alias panggangan BBQ. Disini menyediakan banyak sekali makanan pangangan dari berbagai macam protein. Pilihan disini beragam dan hampir semua makanan Filipina disediakan. Tapi saya memilih satu makanan penutup yang jadi favorit saya dan membuat saya datang kembali kesini Halo Halo dan pesanan lain seperti sizzling bangus dan sinigang na hipon. Sebenarnya saya baru saja makan malam di Peridot, tapi rasa ingin saya dengan halo halo mengalahkan segalanya. Jadilah saya makan lagi dengan jeda hanya 10 menit saja.


Sizzling bangus ala Ihaw Ihaw
Sizzling bangus ala Ihaw Ihaw
Mari kenalan dengan menu Ihaw Ihaw. Sizzling bangus adalah menu ikan bandeng yang sudah dibersihkan tulang halusnya kemudian di steam hingga empuk baru kemudian diboreng hingga kulitnya menjadi renyah baru kemudian beri saus asam dan gurih, perpaduan cuka dan kecap ikan yang sudah ditumis dengan aneka bawang. Makanan ini benar benar tajam, baik dari segi rasa maupun aroma apalagi ditambahin dengan tomat dan daun bawang segar! beneran mempu menendang saraf rasa dan lapar dengan segera. Ikannya empuk, bumbunya meresap dan tulangnya sudah empuk, tinggal makan tanpa repot.
Sinigang Na Hipon
Sinigang Na Hipon ala Ihaw Ihaw

Sinigang Na Hipon adalah sup asam ala Filipina dengan udang didalamnya. Asamnya didapat dari tomat ceri yang dimasukkan kedalam sup kuah bening ini. Ada udang segar yang dimasukkan kedalamnya, tak lupa ada beberapa potong okra dan kangkung. Rasanya sungguh menyegarkan, daging udangnya manis dan segar. cocok banget dimakan dalam cuaca dingin atau di panas terik. Tapi okranya lah yang membuat saya tersenyum bahagia. Enak! Yang paling penting adalah Halo Halo favorit saya, wajib dinikmati kalau mampir ke sini. Halo Halo atau halu-halo yang dalam bahasa tagalog bearti campur adalah es campur dari Filipina. Setelah diserut, es dihidangkan di dalam mangkuk atau gelas tinggi dengan tambahan isi yang beraneka ragam, di antaranya: kolang-kaling (kaong), pisangnata de cocokelapa kopyor (makapuno), pacar cina, dan kacang-kacangan dan umbi yang dimasak manis. Di atasnya dituangkan susu kental manis atau susu evaporasi, dan kadang-kadang diberi es krim. Terbayang sudah kesegarannya

Halo Halo ala Ihaw Ihaw
Halo Halo ala Ihaw Ihaw
Sebelum ditutupi dengan es serut, kacang-kacangan diletakkan di dasar gelas atau mangkuk. Kacang-kacangan yang biasa dipakai adalah kacang hijaukacang jogokacang arab, atau kacang tanah. Buah-buahan segar atau dimasak dengan gula yang biasa dipakai adalah nangkamanggasawo durenpepayaapokatbuah kiwimelon, atau ceri. Umbi yang dipakai terdiri dari dua jenis: ubi jalar (kamote) dan uwi (ube). Halo-halo juga sering diberi jagung manis dari kaleng, pinipigpuding karamel, serta jeli dari gelatin atau agar-agar yang diberi warna merah, hijau, atau kuning. Dalam mangkuk kelapa ini, berbagai macam kenikmatan duniawi bercampur menjadi satu.

Silakan mampir ke  Ihaw – ihaw yang berada di 143, Jalan Padungan, China Town, 93100 Kuching, Sarawak, Malaysia. Nomor Telepon +60 12-888 0639 . Mungkin kesulitan parkir di jam sibuk bisa diatasi dengan datang menggunakan taksi online. Tempat makannya luas dan bisa memilih untuk duduk didalam atau diluar ruangan. Selamat bersantai dan menikmati hidangan Filipina. Mabuhaaayyyy Pinoy.




11 komentar:

  1. Sayangnya saya tidak terlalu suka makanan asam, apalagi dari cuka :3.

    BalasHapus
  2. menu ikannya menggugah selera euy, jadi lapar nih pagi-pagi #ups

    BalasHapus
  3. Kepingin jajal rasanya es Halo Halo ..., sepertinya enaaak ...
    Kaya akan jenis kacang.

    BalasHapus
  4. Hmmm,,, Dilihat dari gambar dan bentuknya, Sizzling bangus itu kayak cincangan bawang dan tomatnya mentah ya. Seger.... tapi sayang Kayaknya kalau penderita asam lambung, ya harus bersabarlah. Walaupun banyak rasa yang ditawarkan.
    Hehehe

    BalasHapus
  5. Namanya lucu yaa...
    Ihaw-ihaw.

    Aku pikir tadi sensasi setelah makan.
    Hawhaw...enak.

    Hiihi...dan gak kebayang gimana rasanya...
    Heuum~~
    Lezzaat!

    BalasHapus
  6. Untung bacanya udah buka puasa
    Ngiler saya hahaha
    Penasaran ke serawak nih
    Apa kondisinya mirip dgn johor dan KL ya ?

    BalasHapus
  7. Wah untung bacanya malam udah buka puasa.hehe.itu es halo halonya bikin ngiler euy

    BalasHapus
  8. Aku asamnya acar oke. Tapi kalau lagi traveling kayanya msh mikir2. Tapi Ikannya goda banget yaaa

    BalasHapus
  9. Bisa jadi alternatif menu rumahan ya. Apalagi jika bisa memodifikasi dan dijual di sini. Tinggal cari resepnya di google atau cookpad.
    Habis berapa, nih?

    BalasHapus
  10. Itu es buahnya, apa namanya Halo Halo yak, menggoda iman sekali dan kayaknya enak banget itu disrupuuuttt

    BalasHapus
  11. Baru tau kalau masakan Filipina enggak sekaya Indonesia ya bumbu-bumbunya. Tapi rasanya bisa menggugah selera gitu yaa.
    Itu esnya bikin pengen nyruput aja :D

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.