Tukang Jalan Jajan

Biar hemat, Gunakan 6 Tips Wisata Hemat di Jogja Berikut

Jogja merupakan kota yang sangat menawan. Maka dari itu, jogja juga memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang tidak hanya bagus dikunjungi, tapi juga memiliki nilai sejarah, seni, dan budaya yang tinggi. Anda juga bisa menemukan berbagai tempat wisata alam yang tidak kalah menariknya.
 
Biar hemat, Gunakan 6 Tips Wisata Hemat di Jogja Berikut
Biar hemat, Gunakan 6 Tips Wisata Hemat di Jogja Berikut
Untuk berwisata di Jogja cenderung tidak banyak menghabiskan uang. Anda bisa berwisata dengan cukup hemat di Jogja. Pasalnya, selain lokasi wisata yang murah. Kuliner dan hotel di jogja pun termasuk murah. Meskipun begitu, agar bisa lebih menghemat lagi, berikut ini beberapa tips untuk wisata hemat di Jogja:

1. Pilih Transportasi yang Tepat menuju Jogja
Jika anda ingin pergi ke jogja, sebaiknya anda mempertimbangkan sarana transportasi yang tepat untuk anda menuju jogja. Jika anda tinggal di sekitar jogja, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi anda. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi untuk berwisata ke jogja.
Jika tempat tinggal anda agak jauh, saya menyarankan anda untuk tidak mengggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Ini tentu saja demi memberikan keamanan dalam perjalanan anda. Tentu saja juga agar anda dapat mengehemat tenaga. Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Jika anda masih di pulau jawa, kereta api bisa menjadi pilihan kendaran yang murah meriah. Dengan begitu anda bisa menghemat cukup banyak biaya

2. Pilih Transportasi yang Tepat ketika di Jogja
Ketika di Jogja, anda juga tentu harus menentukan alat transportasi yang tepat. Poin ini penting bagi anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju jogja.
Jika anda sedang berlibur di sekitar kota jogja, anda bisa lebih berhemat dengan menggunakan BRT jogja. Dengan menggunakan BRT, anda bisa menghemat cukup banyak biaya. Ini karena biaya BRT yang cukup murah. Akan tetapi, tentu saja jalur BRT yang masih agak terbatas membuat destinasi wisata yang bisa anda tuju dengan BRT juga terbatas.
Oleh karena itulah BRT menjadi cocok jika anda hendak berwisata di sekitar kota saja. Akan tetapi, jika anda hendak berwisata ke tempat yang cukup jauh sperti gunung kidul, sebaiknya anda sewa mobil di OMOcars.com. Menyewa bisa menjadi lebh hemat daripada menggunakan angkutan umum karena jauhnya tempat tersebut dari kota dan sulitnya mendapatkan transportasi umum. lagi pula sewa mobil juga gampang dilakukan, ada yang online juga seperti di Omocars.com. jadi tidak akan membebani keuangan kamu, dan nyaman pula. 
Selain itu, anda juga akan jauh lebih menghemat waktu anda. Karena dengan menyewa mobil waktu yang anda habiskan di perjalanan menjadi jauh lebih sedikit. Dengan begitu anda juga menghemat uang karena tidak banyak uang tambahan yang akan anda keluarkan.

3. Pilih Tempat Wisata
Memilih tempat wisata yang tepat adalah cara menghemat yang tepat. Ada begitu banyak jenis wisata alam yang bisa anda kunjungi di Jogja. Jika anda ingin mengunjungi museum misalnya, ada banyak museum yang bisa anda kunjungi. Di gunung kidul misalnya, ada banyak pantai yang bisa anda kunjungi.
Anda bisa memilih destinasi wisata yang biaya yang cukup murah. Ketika memilih pantai misalnya, anda bisa memilih pantai dengan pemandangan yang cukup bagus, namun harga tketnya murah sehingga anda tidak perlu menghabiskan biaya yang banyak untuk tiket.
Anda juga bisa memilih tempat wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota atau penginapan anda. Dengan begitu, anda bisa menghemat biaya perjalanan anda sehingga transportasi anda bisa lebih hemat.

4. Pilih Waktu yang Tepat
Manajemen waktu menjadi sangat penting ketika anda berwisata ke jogja. Selain karena joga banyak event yang bisa anda hadiri pada waktu tertentu, manajemen waktu yang tepat bisa membuat anda lebih hemat lagi.
Sebaiknya ketika anda berlibur, jika liburan ada lakukan selama beberapa hari, anda bisa menggolongkan liburan anda berdasarkan harinya. |Setiap harinya anda bisa berlibur di daerah yang saling berdekatan Misalnya pada hari pertama anda berlibur di kota. Maka anda bisa pergi ke malioboro, kraton jogja, dan berbagai tempat lainnya. Selama di kota anda bisa cukup hemat dengan menggunakan BRT saja.
Selnjutnya misalkan anda ingin menuju gunung kidul. Seharian anda bisa menghabiskan waktu dengan berwisata di pantai, air terjun, atau destinasi lainnya yang ada di gunung kidul. Anda bisa mulai menyew kendaran untuk pergi ke sana. Dengan begitu anda akan bisa lebih mudah beralih dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.
Selanjtny anda bisa berwisata ke daerah lainnya. Jadi, selama anda berwisata anda bisa berwisata ke tempat yang saling berdekatan. Jika anda tidak merencanakan waktu yang tepat semacam itu, anda bisa menghabiskan banyak waktu di jalan dan menghabiskan banyak uang untuk transportyasi saja.

5. Belanja Oleh-Oleh di Malioboro
Saya menyarankan anda untuk tidak mencoba memebeli oleh-oleh di setiap tempat wisata yang anda kunjungi. Anda bisa cukup membeli oleh-oleh di Malioboro saja. Ini karena harga barang yng bisa dijadikan oleh-oleh lebih murah di malioboro. Harga barang di malioboro sangat cocok buat anda sebagai kenang-kenangan dan sekaligus oleh-oleh.
Dengan begitu anda bisa menghemat lebih banyak uang ketika berlibur. Di tempat wisata tertentu biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Teruatama tempat wisata besar seperti Candi Prambanan misalnya. Maka dari itu sebagiknya anda tidak berbelanja disana. Bahkan, jika perlu ketika anda pergi berwisata, anda bisa membawa makanan dan jajan dari kota saja dan tidak membeli di tempat wisata tersebut.

6. Belanja Oleh-oleh di hari terakhir
Sebaiknya anda baru belanjan oleh-oleh pada hari terakhir liburan anda. Dengan begitu, uang anda tidak akan cepat habis. Anda juga pastinya perlu uang cadangan selama masa liburan. Karena semasa liburan akan ad banyak pengeluaran yang mungkin tidak anda duga. Jadi sebaiknya anda berhati-hati ketika menggunakan uang semasa liburan dengan berhati-hati, anda bisa menghemat uang anda. Selain tu anda juga jadi lebih siap untuk menghadapi kondisi mendadak yang juga membutuhkan uang.
Belanja oleh-oleh di hari terakhir juga memberikan manfaat dimana anda tetap akan siaga menyediakan uang untuk membeli oleh-oleh. Ini menghindarkan anda menjadi kalap ketika anda berbelanja. Anda jadi bisa mengontrol diri anda ketika tergoda untuk berbelnja di tempat wisata.

Maka, saya menyarankan kepada anda untuk pergi ke malioboro pada hari terakhir anda di Jogja. Disana anda bisa berbelanja dari kaos, ganci dan berbagai pernak-pernik lainnya yang bisa anda jadikan kenang-kenangan dan oleh-oleh liburan anda di jogja. Di malioboro anda bisa melakukan penghabisan dana besar besaran. Meskipun tentu saja anda harus menyisakan uang untuk transportasi dan hal yanbg tak terduga selama perjalanan pulang.

10 komentar:

  1. Saya pengguna transjakarta, jadi penasran pengen coba BRT di Yogyakarta.tapi inter koneksinya masih terbatas ya. Baiknya mmg pakai mobil sewa, lebih praktis, muat banyak orang, menuju destinasi yg masih asing pun lebih nyaman ya tinggal duduk manis saja, hehe

    BalasHapus
  2. Pernah ke Yogya cuma puter2 naik bis trans nya aja. Seharian. Gara2 nunggu jemputan teman. Eh temannya malah ada jadwal kuliah full. Keluyuran sendiri dulu deh hahaha

    BalasHapus
  3. Kalau belanja untuk oleh-oleh memang sangat rekomended ke Malioboro atau pasar Kranggan. Banyak banget barang-barang bagus yang pastinya cocok untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Tapi harus hati-hati juga sih, kadang ada spot tertentu yang jualnya agak mahal. Kudu pilih2 dan bisa nego. hehe

    BalasHapus
  4. Yogyakarta selalu menjadi impian untuk tempat wisata bagi semua orang termasuk saya sendiri karena Banyaknya pilihan tempat wisata dan lengkapnya akomodasi yang tersedia

    BalasHapus
  5. Wah pas banget nih tips2 nya buat bekal jalan2 di liburan lebaran ini
    .. makasih info nyaaa

    BalasHapus
  6. Jogja emang selalu buat rindu ya. pengen balik lagi ke Jogja rasanya, nanti kalau balik lagi aku bakalan terapin 6 tips ini! hihi

    BalasHapus
  7. Yogya itu memang kasih kenangan banget. Pernah tinggal di Yogya walaupun hanya beberapa bulan saja untuk kerja. Di malioboro, semua ada untuk oleh-oleh, ya?

    BalasHapus
  8. Malioboro wajib hukumnya dikunjungi saat ke Yogya hehe.
    Wah asyik sekarang ada persewaan mobil ya di sana, jdnya kalau mau jalan2 muter2 Yogya gak bingung lg TFS

    BalasHapus
  9. Pilih transformasi menjadi penting, backpaker tapi naik pesawat dengan maskapai penerbangan elit dan kelas wow lagi, satu hari jadi gembel, gua yakin hehe

    BalasHapus
  10. Duh kangen Jogja, udah lama banget ga ke sono. Makasih tipsnya kak, ah nabung lagi biar bisa ke sana.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.