Tukang Jalan Jajan

Kenikmatan Semangkok Bakso Ikan Pontianak


Salah satu makanan favorit saya saat sakit adalah Bakso ikan Pontianak. Kaldunya sederhana, hangat dan membuat tubuh menjadi bergairah. kuahnya bening dengan rasa lite, sedap banget deh. Bagi orang Pontianak, bakso ikan dapat dengan mudah ditemukan dimana saja. Ada yang menambahkan inovasi seperti memasukkan telur asin kedalam bakso ikan dan banyak ragam yang lain. Bagi saya, Bakso ikan Pontianak punya rasa yang “ringan” dari pada bakso sapi yang cenderung berlemak dan lebih berbumbu tajam. Yuk ikut saya menikmati semangkok Bakso Ikan Pontianak
Bakso Ikan Pontianak
Kenikmatan Semangkok Bakso Ikan Pontianak
Kalau disuruh memilih, kira kira warung bakso ikan mana yang dipilih. Ada bakso Ikan Ahan di Jalan Wolter Mongisidi di belakang Pasar Mawar, Bakso Ikan Athiam di Jalan WR Supratman, Bakso Ikan Akhiong di Jalan Nusa Indah 1 dan masih banyak lagi tempat yang menjual bakso ikan di seputaran Pontianak. Saya sendiri mengenal makanan lezat ini dari Bokap saya. Salah satu menu favorit saat lagi sakit, ngga enak badan dan kehilangan nafsu makan.

Bakso ikan Pontianak punya ciri yang berbeda dikuah kaldunya. Kuahnya ringan dengan mengandalkan gurihnya kaldu yang muncul dari kacang kedelai dan daging ikan yang minim lemak sehingga kuah bening yang dihasilkan benar benar gurih maksimal. Saat ditambahkan potongan daun bawang, bawang putih goreng plus merica bubuk maka rasa lezatnya semakin maksimal. Aroma bawang putih menambah nafsu makan meningkat. Saat diseruput langsung menghangatkan tubuh apalagi rasa manis daun bawang menambah kenikmatan mengunyah bakso ikan. Biasanya jika ditambahkan kwe tiaw atau nasi putih hangat akan cocok sekali.
Bakso Ikan Pontianak
Bakso Ikan Lengkap dengan saos cocolan
Bakso ikan Pontianak juga memiliki beberapa jenis varian, selain yang polos, ada juga yang digoreng sehingga ada tekstur krispi dibagian luar. Bakso ikan cenderung lebih menantang saat dikunyah. Adapula baksu cumi dengan cacahan cumi sehingga ada tekstur saat dikunyah. Perlawanan sedikit liat daging cumi sungguh menggoda dan membuat lupa untuk berhenti. Ada juga tahu isi yang bagian tengahnya disayat kemudian diselipi cacahan daging ikan. Selain itu salah satu favorit saya adalah Pare yang diisi dengan cacahan ikan. Sedap sekali. walaupun pahit sensasi daging ikan justru semakin lezat.

Paling penting untuk menjadi teman terbaik bakso ikan adalah cocolannya. Siapkan wadah kecil lalu masukkan Cabe cair dengan aroma bawang putih yang kuat ditambah dengan kecap asin dan tak lupa dengan perasan jeruk kecil Pontianak akan menjadikan bakso dan teman-temannya semakin sedap. Tinggal mencocolkan bakso lalu dimakan hangat tak lupa dengan menyeruput kuahnya yang gurih. Makanan ini paling pas untuk memperbaiki nafsu makan setelah sakit. Saya bisa menghabiskan sampai kering semangkok Bakso ikan Pontianak.
Bakso Ikan Pontianak
Bakso ikan, bakso ikan goreng, Tahu isi, Pare isi
Selain itu teman lain yang harus disuguhkan bersamaan adalah air tahu atau soya bean dan liang teh. Liang Teh merupakan ramuan tradisional Cina khasiat: menurunkan Panas dalam merupakan masalah yang sering terjadi. Oleh masyarakat China, teh ini biasa diminum di musim panas di mana banyak orang yang menderita panas dalam dan radang tenggorokan. Apalagi ramuan dan bahan-bahan teh liang ini terdiri dari akar-akaran, daun cincau dan beberapa ramuan. Biasanya setiap peracik punya ramuan rahasianya sendiri. Warnany ada yang hitam, ada yang pink ungu dan ada yang seperti teh warnanya. Rasanya yang menyegarkan membuat cocok dinikmati kapan saja.

Saat ke Pontianak jangan lupa untuk menikmati bakso ikan. Saya yakin rasanya baksonya dan kaldunya sangat khas belum lagi cocolan saus cabenya yang menambah kenikmatan. Jangan lupa juga minum liang teh nya. jika beruntung mungkin anda bisa membawa pulang ramuannya untuk diseduh sendiri dirumah. Selamat menikmati makanan di Pontianak. Salam Yumcez!

20 komentar:

  1. Wah baksonya dari ikan yah. Kalau di Malang sih kebanyakan dari daging sapi sama daging ayam.

    BalasHapus
  2. Baksonya bikin mupeng, duh. Mana selama ini aku manaknnya cuma bakso sapi, belum pernah nyoba bakso ikan

    BalasHapus
  3. di Medan seringnya makan bakso ikan kalau beli mie balap pagi-pagi, tapi sampe sekarang nggak tau belinya dimana kalau pengen olah sendiri di rumah. soalnya nggak pernah liat sih di pasar ada yang jual.

    aku termasuk suka bakso ikan, karena memang rasanya lebih ringan. kayaknya kalau aku maen ke pontianak bakal puas-puasin kulineran bakso ikan deh.

    BalasHapus
  4. Lezat lagi bergizi, mantab. Aku suka makan bakso ikan dengan berbaai olahan, bisa dipanggang, goreng, sup, tumis campur sayur. Enak lho

    BalasHapus
  5. Wuiih segerr liatnya aja apalagi nyobain yah, tadi juga baca tentang bakso pontianak, kayaknya di pontianak banyak kuliner asyik yang manjain lidah nih

    BalasHapus
  6. Menikmati semangkok bakso ikan khas Pontianak rasanya beragam ya, Kak. Ada rasa gurih, ditambah pahitnya pare dan segarnya wangi jeruk, pasti bisa menambah selera makan. Wajar saja rekomended bagi orang yang sedang sakit.

    BalasHapus
  7. Aduh lapar langsung ngeces lihat postingan kaya gini, bakso ikan dijadikan cemilan sore hari pas banget, pakai bumbu kacang juga enak

    BalasHapus
  8. Aku jarang banget makan bakso ikan sih, tapi biasanya makan bakso ikan yang biasa aja dan enggak khas kayak gini.


    Itu agak unik ya baksonya pakai campuran kacang kedelai dan makannya pun dicocol sambel gitu enggak ditumpahin ke mangkok baksonya.

    Aku biasanya sih nyampurin sambelnya, kecap, saos ke dalam mangkoknya kalo makan bakso 😂

    Dan ada pare campur cacahan ikan? Wah baru tau ada olahan makanan itu. Aku biasanya sih liat pare dalam makanan itu di siomay hehe


    Jadi penasaran sih pengin cobain rasanya. Ngeliat gambarnya aja kayak yang enakkkk gituuuuu. Nanti deh kalau main ke Pontianak mau coba😂

    BalasHapus
  9. Belum pernah makan bakso ikan, paling bakso sapi atau ayam. Penasaran dengan campuran kacang kedelainya rasanya jadi gimana. Tapi kalo kuahnya keliatannya seger ringan gitu ya, kaya sup jadinya. Terus ditambah liang teh, duh seger pisan :3

    BalasHapus
  10. Bakso ikan tidak banyak bisa ditemui di tempatku, jadi aku belum pernah nyoba rasa bakso ikan ini kayak apa. Jadi penasaran. Oya, aku juga penasaran dengan teh liangnya. Gimana ya rasanya?

    BalasHapus
  11. Itu kayak sop ya, menyehatkan. Ada kacang segala, kebayang rasanya enaaak

    BalasHapus
  12. Kalau di sini rata2 baksonya daging. Bakso ikan itu dijual bakso aja tanpa kuah. Itu jg jarang sih. Jd pengen cobain kesegaran bakso ikan Pontianak

    BalasHapus
  13. Wew, boleh ini bang, terkadang letih juga makan bakso sapi/ayam terus, sesekali pengen lah ada variasi, TFS bang. Jadi ada destinasi baru buat ke pontianak.

    BalasHapus
  14. aku sendiri jujur akhir-akhir ini lagi menjauhi bakso sih. Tapi, kalau ada bakso ikan gini, ya ga salah sih buat dicoba dulu. Apalagi kalo disertai sama liang teh, beuuh. mungkin kombinasi yang sangat apik untuk menusuk langit mulutku

    BalasHapus
  15. Aku sebenarnya lebih suka bakso ikan. Karena menurut aku, terasa lebih gurih. Tapi terkadang, bakso ikan gak cocok buat badan aku, abis makan, terkadang langsung timbul alergi. Huhuhu...

    BalasHapus
  16. Bikin ngiler mas, jadi ingin cobain baso ikannya hehehe apalagi ditambah sambelnya tuh, mantap abis :D

    BalasHapus
  17. lagi flu gini kayaknya enak banget makan bakso ikan pontianak ini kak.. aku juga udah nyobain bakso tahu pontianak kuahnya mirip ya tapi baksoya pakai bakso sapi

    BalasHapus
  18. menyesal menyesal menyesal buka dan baca ini di jam segini,

    AKU PENGEN KAAAANNN T_T

    tolong, kirimin ke rumahku satu. sekarang juga.

    BalasHapus
  19. Apa pun jenis baksonya..makannya itu harus dalam keadaan panas..


    Bakso Pontianak..dengan bakso Jawa letak bedanya dimana
    .sama ajakan..., Duh yg jauh pada ngilwr

    BalasHapus
  20. Selain isinya ikan, yang bedain sama baso biasa apaan masdon? Di Jakarta ada nggak ya baso ikan? Aku jadi penasaran pen nyobain hahaha

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.