Tukang Jalan Jajan

Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!



"Pegi kepasar maok beli buah

Belinye alpukat dan kelapa Mude

Pontianak Koteku selamat ultah

Makin Hebat semakin Luar Biase”


Pontianak 246
Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Kota Pontianak tahun ini berumur 246. Makin Tua makin jadi. Perkembangan kota Pontianak yang pesat dengan infrastruktur yang memadai membuat penduduknya semakin nyaman tingggal di kota yang memiliki beragam suku dan budaya. Sebagai salah satu pemegang KTP Pontianak, kota yang berpenduduk hampir 700.000 jiwa, saya merasa bangga dengan pembangunan yang pesat dengan pelayanan publik yang jauh lebih baik. Ayo buat Pontianak bangge dan tunjukkan pada dunia bahwa Pontianak punya banyak hal menarik.


Pontianak Berbenah Diri
Sudah mengunjungi semua objek wisata yang ada di Pontianak? sekarang jauh lebih nyaman dan rapi. Selain Taman kenangan di Kantor walikota, taman digulis di tata apik. Selain dijadikan tempat bersantai sekarang taman ini juga dijadikan lokasi untuk berolahraga. ada taman skate board, sepeda BMX dan juga tempat jogging sore yang nyaman. Tidak lupa lokasi ini diintegrasikan dengan taman bermain anak dan perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku bacaan.

Taman Alun kapuas
Taman Alun kapuas, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Ada pula taman Akcaya yang berada di Jalan Sutan Syahrir yang memanjang sekitar 500 meter. Pemandangan berbeda disini akan tampak pada saat malam. Selain ada parahu, tempat ini juga dipadati pedagang kaki lima dan taman bermain anak dadakan. Barang yang dijual bermacam-macam dan banyak jenisnya. Pasar malam ini berlangsung hampir setiap malam dari pukul 6 hingga 10 malam. Pedagang disini rata-rata relokasi dari taman alun Kapuas. Ditempat ini semuanya tersusun rapi dan tidak terkesan kumuh lagi. Ada pula jogging track dan perpustakaan sebagai pelengkap.

Perpustakaan Taman Alun kapuas
Perpustakaan Taman Alun kapuas, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Taman Alun Kapuas yang sekarang juga tampil lebih kekinian. Ruang pertunjukan terbuka dilengkapi dengan peralatan audio visual ditambah dengan tempat duduk yang nyaman. Ada pula taman untuk bersantai yang dilengkapi dengan perpustakaan dan juga miniature tugu khatulistiwa di tengah kolam air mancur. disini juga bersandar beberapa kapal wisata yang biasanya melayani penumpang dengan rute alun alun menuju keraton atau arah sebaliknya menuju tugu khatulistiwa. Alun-alun ini sendiri terintegrasi dengan jogging track yang dibangun di tepian sungai Kapuas. Kapal-kapal kecil juga mengapung di pinggiran Sungai Kapuas sembari menjajakan berbagai makanan dan minuman mirip di pasar Apung di Thailand.

Pedagang Taman Alun kapuas
Pedagang Taman Alun kapuas, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Tugu Khatulistiwa yang sekarang pun sudah berubah. tidak hanya sebagai penanda garis khatulistiwa namun sudah berbenah menjadi taman elok bernama Khatulistiwa Park. Masih dalam tahap pembangunan namun sudah nyaman dilihat. Saya berkunjung kesana saat ada Perayaan titik Kulminasi. Jauh lebih indah karena disekeliling Tugu Khatulistiwa sudah dibangun teater terbuka, pelabuhan, kantin dan rumah dengan ruangan besar yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan. Dulu harus kepanasan sekarang jadi kenyamanan. iyakan?

Spot Baru dan Menarik di Pontianak
Namanya kampong Kuantan, mirip dengan Jodipan tapi punya rasa berbeda karena berada di tepian Kapuas. Sensasi tepi sungai terpanjang di Indonesia membuatnya beda. Destinasi Baru yang Apik. Kampung wisata Kuantan ini layak menjadi destinasi baru tepian Kapuas. Wisatawan yang bertandang ke Pontianak wajib menikmati warna warni cerah dan keramahan masyarakat yang siap menjawab semua pertanyaan. Walaupun belum sepenuhnya selesai dikerjakan, pengunjung sudah bisa merasakan kebahagiaan di 100 meter langkah pertama. Dari banyaknya yang datang, menunjukkan bahwa masyarakat kita butuh tempat untuk mendapatkan kesenangan yang bertemakan alam lengkap dengan interaksi sosialnya tanpa melepaskan kreatifitas.

Kampung Warna Warni Kuantan
Kampung Warna Warni Kuantan, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Kampungwisata warna warni di Gang Kuantan, berada di Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak. Jalanannya sudah menggunakan jembatan semen. dalam jarak 50 meter, ada dua persimpangan kiri dan kanan. Jangan bingung, lihat saja jalanan semen yang penuh warna mencolok dengan gambar yang bermacam-macam. Mulai dari objek benda sampai gambar abstrak. Disanalah kampung warna warni ini berada. Dikiri kanan jalan ini juga dihias menggunakan tiang yang dipasangi lampu warna warni dengan desain lampion bermacam rupa. Lampu warna warni juga dipasang sepanjang jalan, pasti menyala cantik jika malam hari. Selain itu, beberapa rumah dipinggiran kapuas ini juga dihiasi dengan cat warna warni yang cantik dan menggugah mata. Sungguh tempat ini benar-benar selfieable dan wefieable sekali!.

Cafe Tepian Kapuas di Kampung Warna Warni Kuantan
Cafe di Kampung Warna Warni Kuantan, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Coba intip ke sela-sela gang sempit, ternyata ada pula beberapa tembok rumah dan pagar semen yang dilukis mural dengan gambar-gambar bertema cinta lingkungan. Tidak lupa beberapa pesan untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah juga ditulis dibeberapa mural. Jika memang beruntung, pengunjung bisa melihat proses pembuatan meriam raksasa sepanjang 7 meteran, sebesar pelukan orang dewasa. Cara membuatnya, kayu gelondongan yang sudah dibelah menjadi dua bagian dan sudah dipahat dibagian tengahnya seperti saluran parit berbentuk setengan lingkaran. Terlihat juga beberapa tali rotan seukuran kelingking yang nanti digunakan untuk mengikat kedua bagian yang dibelah tadi. Setelah itu akan dibuat lubang untuk hulu ledak. Supaya semakin kuat dan menutupi rongga kayu maka meriam ini akan direndam alam lumpur Sungai Kapuas selama 2-3 minggu. Setelah itu barulah meriam karbit ini siap ditembakkan. Sungguh proses yang cukup panjang.

Meriam Karbit Tepian Kapuas
Meriam Karbit, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Beberapa rumah di Kampung wisata ini memiliki galangan, salah satu yang cukup ramai ada di paling pojok kampung wisata ini. Ada rumah produksi layang-layang dan benang yang digunakan untuk bermain. Layang-layang polos seharga Rp 8000,- jika sudah diberi motif gambar mencapai Rp 10.000,- hingga Rp 12.000,-. Disana juga terlihat beberapa orang sibuk menggulung benang sementara digalangan depan rumah terdapat seorang pria yang bertugas memainkan layang-layang untuk mencoba apakah sudah layak terbang dan di jual.

Hari Ulang Tahun ke 246, Pontianak Luar Biase!
Banyak sekali pagelaran akbar yang diselenggarakan untuk memeriahkan acara ulang tahun ke 256 ini. Mengusung semboyan “Pontianak Luar Biase” tentu jadi penyemangat bagi masyarakat untuk menyebarkan informasi baik tentang Kota yang saya tinggali ini. Festival ulang tahun Pontianak dibuka dengan aneka permainan anak-anak di tanggal 8 Oktober 2017 di area Car Free Day yang berada di Jalan Ahmad Yani. Permainan balap karung, lomba bakiak, congklak, engklek dan masih banyak permainan asik lainnya. Ada pula festival arakan pengantin yang diadakan hari Minggu 15 Oktober 2017. Pasangan pengantin diarak dari halaman Museum Kalimantan Barat hingga Halaman Masjid Mujahiddin. Baju bernuansa Melayu dipadukan dengan berbagai macam hantaran mulai dari Pokok Telok, Pokok Pacar hingga Pokok Manggar. Perjalanan pengantin dan pengiring ini diiringi alunan musik Tanjidor.

Duta Pariwisata masing masing suku
Duta Pariwisata masing masing suku, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Berikutnya ada pagelaran drumband dan fashion road. Keberadaannya tidak kalah dengan Jember Fashion Carnival. Dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2017 dengan menyusuri sepanjang jalan Gajah Mada. Pelajar di kota Pontianak memainkan musik musik penyemangat, mengirimi para model yang melakukan peragaan busana disepanjang jalan raya. Busana yang unik dipadu dengan riasan menarik sungguh memanjakan mata pengunjung.
Kesenian kuda kepang
Kesenian kuda kepang, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Keesokan Harinya diisi dengan kirab budaya yang diisi oleh berbagai permainan rakyat dan peragaan busana dari berbagai suku yang ada di Pontianak. Ada melayu, Jawa, Sumatera hingga Tionghoa yang berpadu dalam harmoni.  Ada kuda lumping, reog Ponorogo, Barongsai, Hingga permainan naga menyemarakkan ulang tahun kota Pontianak. Para pendekar silat bergandeng dengan pedagang jamu. Baju kurung bersanding dengan ulos. Para duta wisata dari berbagai suku di Pontianak juga menunjukkan kekayaan budayanya masing-masing. 

Permainan Naga
Permainan Naga, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Semarak dalam keberagaman Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika. Selanjutnya juga ada Permainan Meriam karbit yang akan berlangsung dari tanggal 23 – 25 Oktober 2017 yang akan mengambil lokasi dipinggiran Sungai Kapuas sebagai bentuk pelestarian budaya. Sungguh meriah dan mampu menjadi salah satu daya tarik wisata di Kalimantan Barat.

Pontianak, Kota Promosi UMKM Nasional
Saya sempat mengunjungi Pontianak Expo 2017. Beruntung kota ini punya PCC (Pontianak Convention Center) yang memadai untuk pameran bertaraf nasional. Pameran Produk Unggulan Khas Daerah di Pontianak Convention Center (PCC). Peserta pameran ini ada 94 terdiri dari stand inovasi dan stand UMKM yang tidak hanya diikuti oleh UMKM Kalimantan Barat, tapi juga dari berbagai daerah luar seperti Malang, Yogyakarta, Bandung, Aceh, Mojokerto, dan Tangerang.
Photo Booth Pontianak Expo
Photo Booth Pontianak Expo, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Puluhan stand menanti pengunjung, stand inovasi menyediakan berbagai informasi terkait pelayanan publik yang penting untuk diketahui, pengunjung juga dapat bertanya langsung dengan pihak instansi terkait yang menjaga stand.Sementara pada stand UMKM, pengunjung akan ditawari berbagai produk yang dihasilkan dan diolah sendiri oleh masyarakat. Tersedia juga stand yang khusus menjual kerajinan tangan seperti gelang, kalung, bross, bahkan tanjak, stand pakaian modern dari Bandung juga tersedia dan pengunjung dapat membeli dengan harga terjangkau.
Pouch kulit TZEZA hasil beli Pontianak Expo
Pouch kulit TZEZA hasil beli Pontianak Expo, Pontianak 246, Pontianak Luar Biase!
Saya sendiri sempat membeli sebuah tas kulit dari Bandung dan beberapa produk makanan olahan dengan harga yang terjangkau. Pameran ini benar-benar memberikan kesempatan UMKM untuk berkembang dengan mengenalkan produknya keluar daerah. Rangkaian Ulang Tahun Pontianak ke 246 memberikan berkah bagi banyak orang.

22 komentar:

  1. Keren sekali, ya? :D Ada cafe di atas air. :D

    BalasHapus
  2. Banyak perbahan dan jadi lebih bagus sekarang. :D

    BalasHapus
  3. wah makin eksis pintianak, selamat
    aku pengen ke Tugu Khatulistiwa
    pengen percobaan bayangan di sana hehe

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun kota Pontianak, semoga makin maju ya baik pembangunan maupun kesejahteraan masyarakatnya.

    Akunya pengen menikmati sore di cafe di kampung warna warni, sepertinya akan menyenangkan :)

    BalasHapus
  5. selamat ulang tahun pontianak. Baru sekali kesini dan pengen balik lagi. Seneng main di suang kapuas bareng anak-anak. Semoga bisa kesana lagi. Selamat Ulang Tahun!

    BalasHapus
  6. Makan jagung bakar di pinggir sungai Kapuas kayaknya ok deh

    BalasHapus
  7. Selamat ulang tahun kota Pontianak, semoga perkembangan dan pembangunan kota Pontianak semakin terlaksana dengan baik, dan semoga semakin terkenal, tidak hanya dikenal sebagai kota yg dilewati garis khatulistiwa saja

    BalasHapus
  8. Banyalk hal menarik yang bisa dieksplorasi dari Pontianak, sering singgah di Pontianak 1-2 hari sebelum menuju ke Singkawang. Tugu Khatuliswa selalu jadi tempat yang wajib dikunjungi, selamat ulang tahun kota Pontianak!

    BalasHapus
  9. Wuih, meriamnya sebesar pelukan orang dewasa
    Duh mak eta baper ��


    Yang seru nih meriam karbit ini kayaknya. Soalnya jarang ada di daerah lain. Dihias pula, duh laaaah makin unyuu


    Btw selamat hari berbahagaia pontianaaaaaaaak��������

    BalasHapus
  10. Waks, sudah mendengar kata Pontianak dr dulu, tp blm sempat berkunjung :'(. Mudah2an suatu saat nanti bisa berkunjung kl gitu.

    BalasHapus
  11. Rangkaian acara ulang tahun Kota Pontianak meriah ya..bahkan bisa membawa banyak berkah bagi masyarakat. Apalagi para pelaku bisnis UMKM, yang bisa mempromosikan produk mereka melalui stand yang didirikan di sana.

    BalasHapus
  12. Perpustakaannya unik ya... Model panggung gitu.. kalo liburan bisa bawa keluarga kesini..jalan2 sekalian olah raga karena ad joging tracknya.

    BalasHapus
  13. tidak terasa pontianak sudah tua juga ya umurnya. Hem, btw, kayanya disana semakin umurnya tua semakin bebenah diri kearah yang lebih modern ya. Tetapi, tidak mengubah unsur kebudayaannya juga keren banget dah penasaran ingin main kesana kak.

    BalasHapus
  14. Selamat ulang tahun untuk kota Pontianak, semoga semakin membetahkan warganya ya.
    Bnyak tmpat wisata baru ih, gang kuantan Bagus rumah2ny keren.

    BalasHapus
  15. Selamat ulang tahun kota pontianak, jadi kapan nih kami ditraktir hahaha..

    Saya blm pernah ke sini soalnya.. Ada program diskon ga selama hari ultah pontianak?

    BalasHapus
  16. Saya belum pernah menginjakan kaki di Kalimantan. Pontianak sering jadi angan-angan kalau saya pergi ke Kalimantan, Selain Palangkaraya tentunya. Ngeliat festival ulangtahunnya ternyata gak kalah meriha yah dengan perayaan ultah di kota yang ada di Jawa. Selamat ulang tahun Pontianak

    BalasHapus
  17. Selamat ulang tahun kota Pontianak. Semoga semakin menyenangkan, bersahabat dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Belum pernah ke Pontianak dan semoga aja suatu hari nanti bisa kesana. Ingin lihat langsung penampakan Khatulistiwa Park secara langsung hehe

    BalasHapus
  18. Belum pernah ke Pontianak, cuma pernah ke Balikpapan dan Samarinda. Lain kali kudu mampir nih 😊. Selamat ulang tahun Pontianak!

    BalasHapus
  19. Keren banget ini acaranya. Aku jadi pengen liburan ke Pontianak nih selamat ulang tahun Pontianak.

    BalasHapus
  20. Waaah, sekarang makin banyak ya wisatanya. Pernah sekali ke Pontianak dan hanya bisa menginkan kaki di tugu Khatulistiwa aja. Kalau ke sana lagi anter kelilinglah

    BalasHapus
  21. Dodooooon... Ajak aku ke Pontianak dong! Aku seumur hidup belum pernah pergi keluar pulau jawa nih.. Kasian ga sih.. Gih cariin sponsor biar sekalian kopdar kita 😍😍

    BalasHapus
  22. selamat ualng thaun buat kota pontianak.
    itu di liat potianak juga menggunaakn sungai ya untuk transportasi nay..

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.