Tukang Jalan Jajan

Ngulik Enak UP2U Food Junction


Saya menghitung dalam bulan ini paling tidak 10 tempat unik dan baru di Pontianak tapi jangan salah ada 10 juga yang mengharuskan diri menutup operasional tempat makannya. Ramai yang berjuang namun ramai juga yang terdepak dari kancah kuliner yang bersaing ketat. Nah, saya mampir ke hari pertama pembukaan Up2U Food Junction di Jalan Jenderal Urip No 20 di depan Jalan Kutilang, Pontianak. Tempat ini tidak hanya menyediakan makanan, terlihat ada beberapa gerai pakaian yang membuka toko disini. Tempatnya benar-benar luas dan puas. saya seperti dalam pesta kebun, standing party.

UP2U Food Junction
Ngulik Enak UP2U Food Junction
Junction sendiri dimaknai sebagai dua atau beberapa tempat yang berada dalam satu tempat dan saling terhubung dengan satu sama lainnya. Jadi di Food Junction kita akan menemukan beberapa tenant makan dan lainnya berada dalam satu tempat ini. Up2U food junction mengadopsi beberapa food junction yang sudah heboh seperti di Surabaya, Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Ini bearti, Pontianak tidak kalah perkembangan kulinernya dengan beberapa kota besar di Indonesia. Saya berpikir, Pontianak bisa menjadi salah satu barometer kuliner.


UP2U Food Junction
Suasana di  UP2U Food Junction
Up2U food junction berbentuk huruf U dimana dibagian tengahnya juga diberi beberapa tenant. beberapa interior seperti mural 3D dan meja bangku yang disusun dibeberapa bagian di lokasi ini. ada yang muat untuk 2, 4 sampai untuk duduk bergerombol. Beberapa pohon yang baru ditanam juga menghiasi lokasi ini. Kebetulan saya datangnya malam hari sehingga tidak tahu bagaimana kalau siang hari atau sedang hujan. Malam saat saya berkunjung, pengunjung lumayan lama dan saya harus menunggu sekitar 15 menit untuk mendapatkan bangku. 

Makanan yang dijual beragam, ada makanan kebanyakan makanan kekinian seperti ayam geprek, rice box dan ramen. ada juga makanan tradisional seperti pempek, bakso, kwetiaw dan nasi goreng dalam satu deretan. Ada juga berbagai macam roti dan waffle. Ada beberapa tenant yang juga masih kosong dan masih dalam tahap persiapan. Pergi sendiri ke sini bukan pilihan bagus karena perut terbatas. Apalagi kalau mau berburu harus ada teman lain yang menjaga meja kursi.

Ayam Gebug Yogya
Ayam Gebug Yogya di UP2U Food Junction
Saya mencoba Ayam Gebug Yogya 14 K, Pempek Palembang (Kapal selam dan adaan) 28 K, Ribo.id dengan Shio Tamago Chicken 25K dan roti Gemes  3 buah 10K . semua makanan ini memiliki karakter yang berbeda. Untuk minuman ada stand khusus, biasanya milik pengelola food junction. Sekarang mari mencoba satu persatu makanannya setelah saya berkeliling. Ayam Gebug Yogya ini seperti ayam geprek kebanyakan. Ayam goreng lalu dipenyet dan diberi sambel diatasnya, kali ini ada tambahan kacang tanah, mirip sambal pecel. Ayamnya empuk didalam dan garing diluar, dengan rasa sambal yang lumayan pedas dan bumbu kacang yang menambah gurih rasanya. Lumayan menggoda rasanya.

Pempek Nurali
Pempek di UP2U Food Junction
Pempek Kapal selam dengan cuko, abon udang dan potongan timun menjadikannya special, ada telur yang dimasukkan kedalam pempek yang setelah dikukus kemudian digoreng. Saya lebih suka dengan adaannya yang kenyal serta berasa udang dan ikannya. Konsistensi rasanya yang kenyal dengan aroma daun bawang dan seledri. Ini sedap! Lalu nasi dengan ayam goreng tepung yang dipotong seukuran sekai makan lalu disiram dengan saus telur asin. Makanan kekinian ini diberi potongan rumput laut dan wijen. Salah satu signature dish dari Ribo.id. Daging ayam juice dibalut tepung renyah disiram saus gurih dan harus dimakan selagi hangat. Roti gemesnya juga menggoda lidah sata terutama yang berisi tiramisu.

Ribo.id
Ribo.id di UP2U Food Junction
Up2U Food Junction di Jalan Jenderal Urip No 20 di depan Jalan Kutilang, Pontianak memiliki tempat parkir yang lumayan luas namun perlu ditambahkan meja kursi agar nyaman. Supaya memudahkan keluarga yang membawa anak kecil memang perlu ditambahkan sudut untuk ruang bermain anak. Konsep 3D Art-nya perlu dibuat lebih banyak dan menyesuaikan dengan interior tempat ini. Lokasi yang strategis dan akan diramaikan dengan beberapa tempat makan baru disekitarnya. Persaingan akan semakin berat tapi dengan pilihan makanan yang bayak tentu bisa jadi keunggulan. 7 dari 10 untuk lokasi Up2U Food Junction. Selamat makan dan Salam Yumcez

18 komentar:

  1. sesungguhnya ayam gebuknya itu bikin aku gak bisa tidur
    sambelnya allahu akbar
    pingin sampe gak tersisa
    endes

    BalasHapus
  2. Persaingan semakin ketat, kalo modal unik saja tanpa rasa yang enak, ramenya juga cuma sebentar saja. Orang datang cuma sekedar mencoba dan tak kembali lagi.
    Betewe, makanan segitu banyaknya dimakan sendirian? Uwow banget kalo iya wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Wah makanan jogja sampai pontianak juga mas don.. kereeenn bingit.. biasanya sukses tidaknya sebuah food court tergantung sama tenant yang ada di situ,, tapi ya bisa juga sih foodcourt rame tp ada tempat yang tutup.. namanya bisnis pasti ada seleksi alam juga

    BalasHapus
  4. ternyata pontianak mempunyai berbagai macam makanan khas indonesia ya dan menyediakan berbagai macam makanan dari berbagai daerah yang ada di up2u food junction ini. Wajib dateng nih kalo lagi di Pontianak

    BalasHapus
  5. Dulu pernah ke pontianak, dan mencoba makanan2 di sana, enak.

    tapi dulu belom ada up2u food juntion ini. huhu

    BalasHapus
  6. di Bengkulu belum ada nih ayam gebung, yang tenarnya itu ayam geprek,gebug dan geprek mirip lah ya rasanya hehe

    BalasHapus
  7. nyesel... bw siang-siang kesini mana belum makan lagi....wkwkwk
    ayam gebug ..pengen nyicipin..di tempatku paling banter ayam penyet ma ayam bakar.., baca koment disini pada bilang enak jadi...mupeng..

    BalasHapus
  8. Ayam gebugnya beh!!!
    Sekarang tempat makan hits semakin menjamur. Kalau olahannya standar, ya kalah sama pesaing

    Btw, entah mengapa apa baca Up2U itu up upu, hahaha. Pdhal up to you

    BalasHapus
  9. wah, ponti hebat yaaa... sebulan ada 10 tempat unik baru. btw tahunya menggoda banget, pingin

    BalasHapus
  10. Nama Bandung ga disebut di tempat yg heboh duluan sama Junction :'((

    Tukangjalanjajan itu ternyata benar adanya ya. Ngebayangin seberapa jauhnya perjalanan mas don untuk jalan dan jaajan.

    Btw, kalau tempatnya 7/10 makanannya piye?

    BalasHapus
  11. Kirain maksudnya UP2U itu adalah nama restorannya gak taunya nama tempatnya. Kalo di Jakarta bisa dibilang kayak food court gitu, lah, ya. Soalnya sama tempatnya, banyak makananan.

    Tempat 7 dari 10. Harganya juga bisa dibilang masih standar. Pasti banyak anak muda yang nongkrong disini. Terus lah jalan jajan, ya, biar banyak referensi tempat-tempat makan.

    SALAM UPIL GAUL! :D

    BalasHapus
  12. Kalo kuliner asiknya dateng ke tempat begini niih.. Jadi banyak pilihan dan tidak terbatas pada sajian yang ada saja.

    Keberagaman harga juga..

    BalasHapus
  13. Selalu ngiler sama pempek duh! Pasti rame banget di situ ya cocoknya buat bareng2 kaya keluarga, kalo berdua rasanya belum terlalu quality time. Yhaa berdua sama siapa T.T

    BalasHapus
  14. wah ini malam-malma bikin lapar. Mau banget akuuu, ini enak banget. Harga murah dan varian nya macem-macem banget

    BalasHapus
  15. Ya Allah Kirain apaan up2u...up to youuuuu wkwkwk. Maaf katrok. Banyak banget ya jenis makanannya di siniii

    BalasHapus
  16. wah rame banget ya mas mau dapet tempat duduk aja harus nunggu sampe 15 menit.. ayam saus telur asin gitu emang lagi ngehits di mana-mana ya

    BalasHapus
  17. Nggak jauh beda sama di Medan, rasa-rasanya selalu ada cafe/resto n tempat nongkrong unik dan baru. Tapi banyak juga yang harus tutup karena tak mampu bersaing.

    Btw itu ayam gebug jogjanya bikin lidahku bergetar mas hhahhahaaha

    BalasHapus
  18. Makanannya kenapa harus enak enak sih? Kan ku jadi laper liatnya. Hahahah
    Btw emang harus diakui ya masdon bisnis kuliner sekarang juga sadis. Dituntun kreativitas baik dari segi rasa maupun tempat. Eaaa heheh

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.