Tukang Jalan Jajan

Medical Tourism, Penggerak Baru Industri Pariwisata Sabah

Setiap orang pasti menginginkan kualitas hidup yang baik dengan selalu sehat. Berbagai macam cara dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan. Tapi bagaimana jika sudah sakit? Pasti berbagai macam cara diupayakan untuk menjaga kesehatan. Kebetulan, Sabah sedang mengembangkan Medical Tourism yang bisa menjadi pilihan bagi menyembuhkan berbagai penyakit tidak hanya itu, berbagai perawatan juga diberikan untuk menambah tingkat kepercayaan diri. 


Hari ini saya diajak Sabah TourismBoard dan Air Asia untuk melihat bagaimana rumah sakit yang dalam bayangan saya sebagai tempat dengan lorong putih dan tempat tidur besi bertransformasi menjadi tempat yang menyenangkan. Perawat tidak identik dengan muka datar dan dokter yang sabar menjelaskan detil setiap pertanyaan serta alat canggih yang mampu mendeteksi dan menyembuhkan penyakit tepat sasaran. Setelah berkumpul di Lobi hotel Grandis, Pak Jun sudah mengumpulkan kami satu persatu. “Kita sudah ditunggu manajemen Rumah Sakit KJP Sabah, Ayo berangkat sekarang supaya tidak terjebak macet”. Kami semua bergegas masuk kedalam Van sembari bernyanyi riang gembira tanpa henti.


KPJ Sabah – Pusat One Stop Medis Anda

“Selamat Datang, welcome to KPJ Sabah”. Stanford Chin menyapa. Pemandu kami yang akan mengantarkan berkeliling ke ruangan rumah sakit. Beberapa langkah kedalam, kami juga disambut oleh manajer marketing hingga direktur rumah sakit KPJ Sabah dan KPJ Damai, rumah sakit kedua yang ada diseberang rumah sakit ini yang akan kami kunjungi setelah ini. Kami semua digiring masuk kedalam ruang rapat. Disetiap meja sudah ada nama masing-masing dari kami, tinggal duduk menyesuaikan diri. Luar biasa penyambutan ini. Informasi tentang rumah sakit mulai disampaikan oleh satu persatu oleh Sanford.

KPJ Sabah Pusat One Stop Medis Anda
KPJ Sabah Pusat One Stop Medis Anda
KPJ Healthcare Berhad berharap dapat memimpin di industri pelayanan kesehatan tentu KPJ berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang disukai oleh konsumen. Pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu dengan mengedepankan keselamatan, pelayanan, integritas, profesionalisme dan pelayanan berkesinambungan. Memiliki banyak sekali dokter spesialis lulusan dari dalam dan luar negeri. Spesifikasi dokter yang berkualitas dengan bidang Spesialis : Anaesthesiologist; Dermatologist; Dental & Oral Surgeon; ENT, Head & Neck Surgeon; General Surgeon; Gastroenterologist & Physician; Neurologist; Obstetrician & Gynaecologist; Oncologist; Opthalmologist; Opthalmologist (Pediactric / Squint); Orthopaedic / Traumatology Surgeon; Plastic Cosmetic & Reconstructive Surgeon; Periodonist & Dental Surgeon; Pediatrician; Physician / Cardiologist; Physician; Psychiatrist; Radiologist; Urologist.

Mesin Radiologi di KPJ

KPJ sendiri sudah meluaskan pelayanan. Tidak hanya di Negara bagian Malaysia, KPJ juga sudah ada di Australia yang mengkhususkan pada perawatan orang tua dan di Indonesia juga sudah ada Rumah Sakit Medika Permata Hijau dan RS Bumi Serpong Damai. Saya sendiri sempat bertanya apakah jika ingin mendapatkan pelayanan atau konsultasi dokter dari Sabah boleh bisa bertemu di cabang KPJ lain seperti di Kuching atau di Jakarta? “Bisa saja, asal memang sudah membuat janji terlebih dahulu, tapi lebih baik lagi kalau berkonsultasi ditempat yang sama sekalian berwisata”. demikian Puan Azni menjelaskan. Rumah sakit ini mengkhusukan diri untuk membantu penderita kanker pada kandungan, dr Mary J Makanjang yang selalu menjadi rujukan para pasien untuk kesembuhan.

Sanford, Marketing KPJ Sabah
Sanford, Marketing KPJ Sabah
Setelah selesai kami berjalan mengitari rumah sakit. Menemukan beberapa dokter yang bertugas dan mengunjungi beberapa ruangan. Tidak ada kesan rumah sakit, terasa seperti mengunjungi hotel. Saya terkesan dengan ruang-ruang tunggu yang ada di KPJ Sabah, terasa nyaman dan didesain menyenangkan. Alat-alat yang ditunjukkan juga canggih-canggih. Bahasa medis sulit dicerna sehingga tidak semua dapat saya tangkap dengan baik. Namun saya terpesona dengan alat radiografi yang canggih dan mampu . menembak dititik yang tepat dan dapat berputar 180 derajat sesuai dengan keinginan, demikian dr Jaswant Singh sebagai oncologist menjelaskan.

Joachim , Marketing KPJ Damai Sabah
Joachim , Marketing KPJ Damai Sabah
Sebagai sister hospital, KPJ Damai Sabah lebih banyak melayani pasien menengah kebawah. Tempat ini terkenal dengan pelayanan bagi ibu dan anak-anak. Saya sempat diajak berkeliling di Rumah sakit ini, setiap tingkat ada tong sampah unik. Dengan kreasi yang bermacam-macam. Ada yang menggunakan karakter minion untuk menghiasa tong sampah. Ada pula dinding berisi pesan dan kesan dari pasien yang sudah dirawat disini. Khusus ruang bersalin, tempat ini dilengkapi pengaman khusus sehingga orang tidak bisa keluar masuk sembarangan, Pengamanan berlapis ini untuk menghindari penculikan anak dan bayi.

Kreasi Tempat sampah di KPJ Damai Sabah
Kreasi Tempat sampah di KPJ Damai Sabah
KPJ damai juga terkenal dengan “Baby Hatch”. Tempat untuk meletakkan abyi yang tidak diinginkan orang tuanya atau bayi yang tidak mampu dirawat oleh orang tuanya. Tempat ini berupa satu ruangan kecil yang terdapat lubang yang terhubung dengan tempat tidur bayi. didalamnya ada CCTV untuk melihat apakah ada bayi yang tersimpan didalamnya. Jika ada maka aka nada lampu yang menyala untuk memberi tahu perawat yang bertugas. Bayi yang sudah diletakkan disini tidak akan dapat diambil lagi oleh yang menyerahkan. Selama 5 tahun terakhir, baru satu kali “Baby Hatch” ini terisi bayi.


Gleaeagles Kota Kinabalu - In the Arms of One Who Cares

Isabelle dan Jaquelin menyambut kami semua, ”selamat Datang di Gleneagles Kota Kinabalu”. Kami langsung dibawa menuju ruang pertemuan yang besar. Tempat ini sama sekali tidak terlihat seperti Rumah Sakit, seperti hotel dan pusat perbelanjaan. “Kami akan menayangkan video sebelum beberapa dokter akan datang kesini”. Ujat Isabelle. Kamiun duduk khusyuk menyaksikan beberapa tayangan mengenai fasilitas dan teknologi yang ada di Rumah Sakit Gleneagles.
 
Reception table Gleneagles Sabah
Reception table Gleneagles Sabah
Gleneagles Kota Kinabalu, sebuah rumah sakit yang baru dibangun berdiri tegak di jantung Kota Kinabalu; ibu kota Sabah. Rumah sakit ini menawarkan beragam layanan kesehatan dan perawatan pasien dari para profesional medis yang penuh kasih dan sangat terlatih. Gleneagles Kota Kinabalu berasimilasi dengan merek Gleneagles premium yang mapan di tingkat regional yang menanamkan fasilitas dengan fasilitas / kenyamanan berkualitas tinggi, tingkat layanan yang sesuai, dapat diresapi dengan teknologi modern dan memiliki tim konsultan dan staf yang sangat terlatih. Saya juga sering mendengar Gleneagles disebut namun berada di Singapura dan identik dengan komitmen khusus untuk selalu memberikan tingkat tertinggi pengalaman kesehatan, tentu saja ini akan berbanding dengan biaya yang harus disediakan.

Ruang Perawatan di Gleneagles Sabah
Ruang Perawatan di Gleneagles Sabah
toilet di Ruang Perawatan di Gleneagles Sabah
toilet di Ruang Perawatan di Gleneagles Sabah
Dokter yang ada disini sungguh ramah dan menyapa kami satu persatu. memperkenalkan diri sekaligus memberikan kartu nama. dr Ashraf, Interventional Cardiologist & Physician  dan dr Chan, General Surgeon, Bariatric & Metabolic Surgeon jadi favorit beberapa wanita dikelompok kami. 

Menu Nasi goreng di Gleneagles Sabah
Menu Nasi goreng di Gleneagles Sabah
Sembari berbincang kami menikmati kopi, pie, cake, siomay dan nasi goreng kampong yang lezat. Saya sampai bertanya dalam hati, kenapa makanan ini super sedap dengan tampilan yang ciamik. Ternyata semua makanan yang ada di sini dimasak oleh chef bintang 5 yang memang bertugas menyiapkan seluruh makanan pasien di Rumah sakit ini dengan control ahli gizi. Awmazing!


Cake di Gleneagles Sabah
Cake di Gleneagles Sabah

Gleneagles Kota Kinabalu memberikan keunggulan dalam Healthcare Quality, Service & Safety serta bertujuan untuk menjadi pusat rujukan baru di Malaysia Timur dan menargetkan pasien internasional dari Indonesia, Brunei, Korea dan Jepang yang mencari perawatan medis yang berkualitas dan andal. begitu penjelasan dari Jaquelin.

Cake di Gleneagles Sabah
Cake di Gleneagles Sabah
Saya mendengarkan penjelasan tentang ruangan di Rumah Sakit ini dan sama sekali saya tidak mencium “bau” RS seperti aroma wipol atau alkohol.  Hidung saya malah mencium aroama terapi yang menenangkan. Gleneagles Kota Kinabalu memiliki total kapasitas 200 tempat tidur rawat inap, 73 Medical Suites, 6 Operating Theatres, 15 Unit Perawatan Intensif, 7 Unit Perawatan Intensif Neonatal dan 6 Suite. Kami diajak berkunjung keruangan perawatan dan VIP yang super wah dengan ruangan yang nyaman dan pemandangan yang indah. Penataan ruangan yang mirip dengan kamar hotel bintang lima membuat pasien tidak merasa sedang sakit namun seperti berwisata. Ruangan VIP nya sudah seperti apartemen yang bisa ditinggali oleh sanak keluarga yang menunggu. Bahkan tersedia dapur dan ruang keluarga untuk menonton televisi. sungguh nyaman dan menyenangkan

Ruang perawatan dan pakaian yang disediakan di Gleneagles Sabah
Ruang perawatan dan pakaian yang disediakan di Gleneagles Sabah
Gleneagles Kota Kinabalu terletak strategis di sepanjang jalan raya pesisir Kota Kinabalu, dekat dengan jantung kota, hanya 10 kilometer dari Bandara Internasional Kota Kinabalu. Rumah sakitnya bersebelahan dengan Klub Golf & Sutera Harbour, KK Times Square, , Wawasan Plaza, Harbour City, Ming Garden Hotel - bersama-sama mereka akan terintegrasi membuat KK Pusat Southern City yang baru. 


Jesselton Medical Center - A One-Stop Centre of Excellence for the Provision of Quality Medical Care in Sabah, BIMP-EAGA Region and Internationally

Menempati lokasi yang bersebelahan dengan Avangio Hotel, JMC rumah sakit yang tidak besar namun peralatannya super canggih. Terinterasi dengan Avangio alias sister building menjadikan tempat ini cocok disebut medi-tourism. Memang rumah sakit ini tidak terlalu besar namun pengelola Jesselton berusaha mengupgrade semua teknologi yang digunakan. Setiap ada peralatan baru maka Jesselton akan membelinya dan menerapkannya termasuk transfer energy dan operator yang menjalankannya.

dr Karen Pamela Soh menjelaskan tentang JMC
dr Karen Pamela Soh menjelaskan tentang JMC
Jesselton Medical Center (JMC) didirikan pada tahun 2009 dan merupakan Rumah Sakit Bersalin dan Anak. Kemudian pada tahun 2011 diputuskan oleh pemegang saham untuk mengubah JMC menjadi pusat standar tersier "satu atap" standar internasional. Ini memiliki 23 ruang konsultan, 72 tempat tidur dimana 59 tempat tidur terdiri dari 16 kamar single dan 21 kamar double, 6 tempat tidur dengan perawatan intensif dan 7 suite pengiriman. Semua ruangan disini juga nyaman, sama seperti hotel!
 
JMC information center
 JMC information center
JMC red zone untuk kedaruratan (UGD)
JMC red zone untuk kedaruratan (UGD)
Sebagai pusat kesehatan "satu atap", ia memiliki semua fasilitas kecuali radioterapi. Ada 3 Teater Operasi; Departemen Radiologi dengan 1,5 Tesla MRI; 640-slice CT scan dengan peralatan ini maka kanker atau tumor sehingga bisa didapatkan pengobatan lebih awal; Fluoroskopi; sinar-X standar; mamografi digital; densitometri; pemindai suara ultra; fisioterapi; farmasi; laboratorium; dan departemen darurat & trauma 24-jam. Pakar JMC terlatih dan memiliki pengalaman bertahun-tahun. 

Tempat tidur di JMC yang bisa berubah menjadi tempat tidur untuk bersalin
Tempat tidur di JMC yang bisa berubah menjadi tempat tidur untuk bersalin
Satu lagi peralatan yang sangat menarik untuk dicoba di JMC, Mesin pembuat stemcell dengan lemak sendiri! teknologi terbaru yang di Asia hanya ada di Jepang dan Sabah. Stem cell memiliki tugas untuk memperbaiki jaringan yang terluka atau menggantikan sel lain pada saat mereka mengalami kematian rutin. Dengan cara ini, stem cell kita menjaga kita tetap sehat dan mencegah kita dari penuaan dini. Stem cell bertindak seperti pasukan dokter mikroskopis milik kita sendiri. Caranya dengan mengambil beberapa liter lemak perut kemudian dimasukkan kedalam mesin dan diekstrak menjadi beberapa mili stemcell yang bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan seperti memperbaiki fungsi tempurung kaki hingga keperluan kecantikan. Kabarnya stemcell ini mampu membuat lebih muda 20 tahun. walaupun harga yang dibayarkan tidak murah, mencapai 200 – 250 juta namun hasilnya luar biasa.

Tempat tidur di JMC yang terintegrasi dengan internet dan tersambung dengan dokter yang merawat
Tempat tidur di JMC yang terintegrasi dengan internet dan tersambung dengan dokter yang merawat
JMC akan bersinergi dengan rumah sakit pemerintah, dokter umum dan institusi kesehatan lainnya untuk memastikan pasiennya mendapatkan perawatan terbaru. JMC juga diarahkan untuk memberikan perawatan medis bagi wisatawan menengah. Ini memiliki lingkungan yang ideal bagi wisatawan dengan bangunan kembarnya - Avangio Hotel - hotel dengan rating 5 bintang yang dibangun bersebelahan dengan JMC. JMC bermaksud untuk mendaftarkan diri dengan Malaysian Healthcare Travel Council (MHTC) untuk melayani dan merawat wisatawan yang ingin datang baik untuk perawatan medis dan untuk melihat atraksi alam Sabah.

Medical Tourism, Penggerak Baru Industri Pariwisata Sabah

Pengembangan pariwisata apapun jenis dan namanya memerlukan fungsi pengelolaan yang kreatif dan inovatif berdasarkan atas perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, dan evaluasi yang terukur dan konstruktif. Pembangunan wisata kota adalah pembangunan yang terintegrasi dan holistik yang akan mewujudkan kepuasan semua pihak.

Berdasarkan studi pasar Global yang dilakukan, dari tahun ke tahun pariwisata medis terus mengalami peningkatan luar biasa. Pada 2012 tercatat angka US$ 10,5 miliar dan berdasarkan tren peningkatan, diperkirakan pada 2019 akan menjadi US$ 32,5 miliar. Sementara itu, Allied Market Research menyebutkan angka US $ 143,8 miliar perputaran pasar pariwisata medis pada 2022, dengan tingkat pertumbuhan 15,7% dari 2015 hingga 2022. Layanan yang paling sering dilakukan adalah perawatan gigi, bedah kosmetik, operasi elektif, dan perawatan kesuburan. Motif untuk membuat perjalanan biasanya terkait tingginya biaya, rendahnya kualitas pengobatan karena kurang infrastruktur kesehatan dan layanan terampil, serta ketersediaan transplantasi organ.

Perjalanan wisata medis karena faktor biaya juga menjadi pertimbangan wisatwan. Sudah beberapa tahun terjadi perubahan trend, di mana masyarakat negara maju mulai mendatangi negara-negara yang semula tidak diperhitungkan untuk mendapat perawatan. Sabah sebagai salah satu pusat perobatan di pulau Kalimantan mulai berbenah diri dan mempersiapkan semuanya dengan matang. Sabah dapat menjadi rujukan medis yang patut diperhitungkan saat ini,

7 komentar:

  1. Wow, itu baby hatch? ���� Miris sekaligus terpesona. Semua mirip hotel bukan seperti rumah sakit! Canggih luar biasa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. ega harus rawat baik baik ntar. jangan disimpan di Baby Hatch ya :)

      Hapus
  2. biasanya Penang yang udah terkenal sih
    tapi emang Malaysia nyasarnya juga ke medical gini
    kuakui mereka pintar
    btw aku salfok sama cakenya mas
    nak satu, boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sekarang Malaysia gencar dengan medi- tour. sile lah cake nye , ambek due pun tak pe

      Hapus
  3. Balasan
    1. semuanya terintegrasi sehingga pelayanan kesehatannya bisa menyeluruh

      Hapus
  4. Kesehatan memang penting. Jadi kalo punya alat kesehatan kayak gini, jadi tenang

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.