Tukang Jalan Jajan

Icip Icip Menu SOSMED Cafe and Lounge


Pontianak sedang dijamuri berbagai macam tempat makan baru yang fenomenal. Selain desainnya yang instagramable menu makanannya juga sangat beragam dan macam-macam. Pilihan yang semakin banyak membuat setiap rumah makan berlomba lomba menyajikan makanan enak dan tentu saja harganya sesuai dengan kantong. Salah satu lokasi makan dan bersantai yang baru adalah SOSMED Café and Lounge di Jalan WR Supratman No 12A. Pontianak dengan nomor telepon 0811564911. Masih hangat dan tentunya masih ramai. 
 
SOSMED Cafe and Lounge
Icip Icip Menu SOSMED Cafe and Lounge
Sebelumnya saya ingin sedikit membahas tentang café. bukan tanpa sebab, seringkali penggunaan istilah kuliner banyak yang salah kaprah, paling tidak pengertian ini bisa kita jadikan bahan diskusi berbobot. Café berasal dari bahasa prancis yang artinya "kopi". Ada juga yang mengatakan café berasal dari bahasa Turki "kahve" yang artinya kopi juga. Secara sederhana adalah tempat/rumah makan kecil yang umumnya menjual makanan ringan dan refreshment serta tentu saja minuman kopinya. Kesimpulan sederhananya ini adalah warung kopi ala Eropa dan dunia kuliner barat dengan tempat duduk yang nyaman berupa sofa panjang dan meja. Di seluruh dunia, orang ngopi sambil ngobrol. Bahkan Inggris pernah ada masanya dimana ada ungkapan "universitas recehan”. Alasannya saking serunya orang ngobrol di cafe, kita bisa ssepintar lulusan universitas hanya dengan ngobrol sambil ngopi, yang habisnya cuma duit recehan! Sama ya seperti di Pontianak.

Ada pula pergesaran kata café yakni cafeteria. Kalo ini konon dibentuk juga dari kata cafe/kopi tapi lebih merujuk pada sistemnya. Kalo di cafe orang dilayani, kalo di cafeteria, biasanya pelanggan mengambil sendiri/self service makanan dan minumannya. Lalu ada pula yang mengatakan bahwa kantin/ canteen hampir mirip? Konon kabarnya kantin/canteen adalah cafetaria kecil, benar tidak ya?

Beralih ke Lounge yang lebih elit, tempat Ini merujuk pada ruangan yang ada sofanya dengan makanan yang lebih lengkap. Yang jelas tempat ini akan menyediakan tempat bersantai yang nyaman dengan pilihan makanan pembuka, utama dan penutup yang lebih nyaman.  Jadi restoran bisa saja menyediakan lounge, cafe juga bisa ada lounge. bahkan beberapa maskapai elit menyediakan lounge di bandara tertentu.
 
Chicken Cordon Bleu dan Royal Sosmed
Chicken Cordon Bleu dan Royal Sosmed
Sekarang mari menikmati makanan di SOSMED Café and Lounge. begitu datang, tempat duduknya hampir penuh. Saya memilih duduk diluar dan memesan 2 jenis makanan. Makanan pembuka, utama dan 2 jenis minuman.  Waktu berjalan, menurut pramusaji makanan akan datang dalam 40 menit. belum sampai 20 menit, ada minuman yang tidak ada. pilihannya mengganti dengan minuman lain. Pesanan saya datang kurang lebih 40 menit Chicken Cordon Blue seharga 45K dan minuman Royal Sosmed seharga 39K. Semua harga belum termasuk pajak.

Yup, dalam penulisan yang benar, seharusnya Chicken Cordon Bleu. Cordon Bleu adalah bahasa Perancis yang jika di artikan secara harfiah berarti blue ribbon atau pita biru. Istilah ini merupakan istilah yang dipakai oleh Henry III of France pada tahun 1578 bagi para Ksatria dengan kedudukan tertinggi. Nah konon sejak saat itu istilah "Cordon Bleu" juga digunakan bagi urutan tertinggi hidangan dan seni memasak. Ada yang bilang hal ini terjadi karena adanya kesamaan antara selempang atau pita biru yang dikenakan oleh ksatria dengan apron berwarna biru yang dikenakan oleh para koki kerajaan.

Jadi singkat cerita istilah cordon bleu memang sudah lama digunakan dan pertama kali muncul pada harian New york Times pada tahun 1967, namun kala itu yang digunakan bukanlah ayam melainkan daging sapi. Cordon Bleu berbahan sapi pertama kali dikembangkan di paris pada tahun 1840, lalu beralih ke Moskow dengan menggunakan bahan dasar ayam.  Sekarang ini chicken cordon bleu terkenal sebagai hidangan dada ayam yang dibentangkan seperti kupu-kupu lalu diberi ham atau smoked beef kemudian diisi dengan keju yang mudah meleleh, untuk membentuk dada ayam lalu digulung dan dibalur dengan tepung roti. Proses pematangannya bisa dilakukan dengan cara digoreng dengan minyak banyak maupun dipanggang.
 
Chicken Cordon Bleu
Chicken Cordon Bleu ala Sosmed Cafe and Lounge
Saya mengakui bahwa Cordon Bleu SOSMED Café and Lounge punya citarasa yang menyenangkan. Terbaik dari beberapa cordon bleu di Pontianak yang pernah saya cicipi. Daging ayamnya matang dengan baik dan masih juicy ditambah dengan smoked beef dibagian tengah dan ditambah keju yang meleleh saat saya potong. Saus yang digunakan adalah saus keju yang gurih dan harum dengan taburan daun oregano. Apakah ini Gorgonzola? saya tidak yakin. Sayurannya juga di blanch dengan sempurna lalu di tumis kembali dengan butter sehingga harum dengan rasa gurih dan pas sekali asinnya. Masih crunchy dan yummy.
 
Royal Sosmed
Royal Sosmed ala Sosmed Cafe and Lounge

Royal sosmed, mix fruit smoothie antara buah naga, pisang dan strawberry. Ini juga enak, aroma buah matang dengan tingkat kemanisa dan keasaman yang berpadu sempurna. Cocok untuk menu Cordon Bleu yang sedang saya nikmati. Namun sayang, makanan dan minuman berikut yang dipesan tak kunjung datang. Saya pun malas untuk menunggu lebih lama karena beberapa orang juga mengeluh dengan menu yang tak kunjung tiba. 

Desain SOSMED Café and Lounge di Jalan WR Supratman No 12A. Pontianak dengan nomor telepon 0811564911 memang apik dan kekinian dengan mural, pigura, tulisan, tanaman, dan desain interior pelangkap lainnya. Tempat ini instagramable dan cocok bagi penggemar swafoto untuk berekspresi. Jika ramai maka kesulitan untuk memarkir kendaraan terutama roda empat. 8 dari 10 untuk makanan dan minumannya namun 6 dari 10 untuk pelayanannya. Selamat makan dan Salam Yumcez!

41 komentar:

  1. Mendadak lapar. :D Kalau ditambah nasi, lebih mantap tuh. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... tapi pengen sih tapi takut diketawain hehehehe

      Hapus
  2. Ayamnya pasti enak banget tuh. :D Pengen icip deh.

    BalasHapus
  3. Sayang, pelayanannya kaya kurang gitu, ya? :'D Kalau keburu lapar dan gak kunjung datang, aduh, gak bisa bayangin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe bikin esmosi langsung mau gebrak meja ya kak :p

      Hapus
  4. Gak cuma di Pontianak aja deh kayanya..diberbagai kafe tempat makan/minum daerah sedang berlomba..menciptakan citra rasa baru untuk pelanggannya...

    Jadi makanan dan minuman lebih bervariasi banyak pilihan..

    Aduh..kenapa tiba2 haus liat riyal sosmed ya...srrrp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat sendiri kak, pasti sedep dan puas soalnya bisa menyesuaikan porsi hehe

      Hapus
  5. enyak.. kesukaan saya nih chicken Cordon bleu. anyway jadi pingin nyoba ngejuz 3 buah di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar jangan lupa share klo udah jadi yaaaa

      Hapus
  6. ku kira di medan aja adanya sosmed kafe di pontianak juga ada ya... tapi liat makannnay kok pada ngiler gini ya jadinyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cabangnyaaaaaa kak... tulisannya emang cabang dari Medan hehehehehe

      Hapus
  7. oh jadi kenapa socmed cafe, semua segi dalamnya cocok untuk masuk ke belahan socmed manapun.
    wow!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.tapi aku ngga berani selpiie didalem, takut ama keberingasan kids zaman now

      Hapus
  8. Itu semua makanan pakai pajak? Apa tempatnya yg berpajak?

    Kenapa dinamain Sosmed ya, Mas? Kalau instagramable, mana nih fotonya? Laporannya makanan sama minuman aja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanannya dipajakin semua kak.... klo instagramablenya aku ngga pede buat foto.. takut diserang anak alay hahahaha

      Hapus
  9. Ngiler aku ngebayanginnya.
    Tapi lama juga nunggu nya sampe 40 menit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan tempat buat makan karena laper atau kepengen cepat. emang buat makan santai doang

      Hapus
  10. Aku kepingin minum jusnya.....
    Tapi aku termasuk orang yang kurang sabaran nunggu makanan kalau sedang lapar, jadi agak-agak menghindari tempat makan yg rada lama gitu. Semoga mereka segera memperbaiki pelayanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin keributan kak klo mau cepet. asal PD sih, soalnya ada ibu disebelahku teriak teriak sih hahahaha

      Hapus
  11. Wah, 40 menit ya menunggunya. Bagiku itu lama sih. Di zaman digital sekarang, makan bukan hanya sekadar meredakan lapar ya. Tapi juga soal tempatnya yang instagramable dan kekinian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kadung BT pasti males buat foto foto sih kak hahahahah jadi agak gimana gituuuu

      Hapus
  12. Wah, jadi malah nambah ilmu tentang muasal cafe sama cordon bleu. Kalau dicompare sama cordon bleu nya solaria, mending mana, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending inilah.... jauhhhh.... ini lebih sedeeeeppppp!!! saus kejonya OMOOOO

      Hapus
  13. Yang bikin ngiler itu mix fruit smoothie nya Mas Hehehe soalnya seneng banget sama minuman smoothie kaya gitu. Jadi penasaran sama varian smoothie yang ada disana itu apa aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa buat sendiri kak, asal semua buahnya matang sempurna pasti sedep banget tuh

      Hapus
  14. Selama ini kupikir chicken cordon bleu pasti ada ham-nya. Ternyata bisa minta smoked beef dan tetap enak ya.

    Wah... Olah data tentang makanan makin canggih, nih. Senang membaca seni memasak haute couture ditulis di blog begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung praktekin aja Mbak Sus buat orang rumah, pasti mereka sukaaaa

      Hapus
  15. Chicken cordon blue enak banget tuh untuk dimakan. Tapi, klo porsi itu pengganti hanya kentang rasanya kurang kenyang bagi saya don haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin boleh ditambah nasi putih kak :p jadi perpaduan timur dan barat hehehe

      Hapus
  16. Makanannya berarti udah enak banget ya ini bang dodon.. Krn kan dapat ponten delapan.. Kalau pelayanannya cm dapat 6 apa kurang cepat ya penyajiannya. Semoga nanti pas giliran saya yang mencicip chicken cordon blue, pelayanannya sudah express xixxi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanannya emang enak. tapi ya itu. pelayanannya bikin sedih. lama dan suka salah melulu

      Hapus
  17. Untuk chicken cordon bluenya, saya gak akan meragukan rasanya. Pastinya enyaak, ya..
    Yang buat saya penasaran itu, smoothienya. Campuran buah naga,pisang dan strawberry, rasanya asam-asam segar, ya? Belum pernah nyobain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kok mbak. ada aroma seger dan rasa asem yang bikin semua lemak lemak tersapu manja didalem mulut dan bikin kenyang juga

      Hapus
  18. Wah...review cafe mas Don kali ini membuat saya belajar.
    Bahwa yang seharusnya ditulis adalah benar-benar apa yang kita alami.

    Warna jusnya menyenangkan juga yaa, mas..selain cordon bleu dengan rasa menyenangkan pula.
    Eemm~

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang makanan lainnya ngga keluar kak. agak susah merata ratakan rasa heheheh tapi okelah ini

      Hapus
  19. Dari cafe berkembang sampai menjadi lounge ya. Nama cafenya pun unik, gampang diingat dan dihapal oleh pengunjung atau orang yang lewat pastinya. Salam kenal dari Tangerang untuk Pontianak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Febri. ayo makan dan bahagia

      Hapus
  20. pinknya minuman itu memanggil-manggil saya

    BalasHapus
  21. Wah bahasa Prancis, yang susah pasti bacanya xD kalau rasanya mah, namanya ayam pasti enak wkwkwk

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.