Tukang Jalan Jajan

Selamat Ulang Tahun Starbuck Pontianak


Setelah beberapa waktu Tukang Jalan Jajan diundang untuk ikut Grand Opening Starbuck Café Pontianak. Kali ini saya mendapat undangan kembali untuk menghadiri ulang tahun pertama Starbuck Café Pontianak . Waktu berjalan cepat dan tempat ini terus berkembang. Pelanggan selalu menikmati menu yang disediakan disini, baik kopi atau teh maupun berbagai macam kue dan roti yang disajikan untuk menemani minum. Tidak hanya itu berbagai minuman racikan juga disediakan termasuk berbagai merchandhise yang bisa dimiliki.
Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Ulang tahun pertama Starbuck Cafe Pontianak ini lebih intim dengan foodgram, pelanggan setia hingga foodblogger seperti saya. Dikumpulkan disekitar meja yang berisi berbagai macam jenis kopi dan dan alat untuk membuat kopi. Berbagai gelas ukur dan alat ukur disiapkan untuk meracik kopi nikmat. Kopi Sumatera hari ini dipilih untuk memanjakan lidah kami yang berkumpul disini.

Vanilla Coffee dan Coffee Puding ala Starbuck
Vanilla Coffee dan Coffee Puding ala Starbuck
Cup testing dibuka dengan berbagai penjelasan dari Kak Jacob dengan berbagai jenis kopi, teknik membuat kopi sesuai dengan standar disertai dengan penjelasan berbagai macam produk yang bisa didapatkan di Starbuck. Sembari memanaskan air hingga suhu tertentu, kopi ditempatkan kedalam French press baru kemudian disiram dengan air sesuai dengan suhu yang diingatkan lalu dibiarkan hingga waktu tertentu. Aroma kopi ini perlahan mulai muncul dan langsung menggoda kami semua untuk mencicipinya.

Sandwich pelengkap minum kopi di Starbuck
Sandwich pelengkap minum kopi di Starbuck
Cup-cup berisi kopi untuk dicicipi segera diisi dengan kopi yang aromanya langsung membuncah. Ada aroma rempah dan tanah yang digambarkan oleh Jacob, Kopi Master Starbuck Pontianak. Tak lupa dua jenis kue, cinnamon cake dan sandwich disiapkan untuk dicicipi menemani kopi. Segelas susu juga diberikan untuk menetralkan rasa.

Seperti kebanyakan cup testing, tradisi hirup, seruput dan kecap adalah hal wajib untuk dilakukan. Sebagai tukang icip kopi amatir, saya sering melakukan hal ini sebagai ritual minum kopi. Beberapa cara yang mungkin bisa dipraktekkan, seperti :

Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Mencium Aroma Kopi (Flavor Awal) menjadi langkah selanjutnya. diaduk-aduk kopi yang diseduh dengan sendok sambil mendekatkan hidung ke gelas dan menghirup udara yang keluar dari adukan kopi yang diseduh tersebut. Langkah selanjutnya adalah membersikan Buih harus dilakukan, Setelah selesai penciuman aroma kopi mangkuk tersebut ditambahkan dengan air mendidih.. kemudian buih pada mangkuk dibersihkan.

pelengkap minum kopi di Starbuck
pelengkap minum kopi di Starbuck
Mencicip Kopi dengan cara diseruput. Cara menyeruput kopi yang baik dengan cara mengambil satu sendok (seperti sendok sayur) lalu diseruput bersama masuknya udara kedalam rongga mulut (jangan ditelan), kemudian ditahan 3 s/d 5 detik. lalu udara yang dimulul dikeluarkan melalu hidung. Bintik-bintik kecil yang ada pada lidah dan rongga hidung yang menembus ke mulut akan memberi sinyal ke otak akan rasa dan aroma yang terkandung dalam kopi tersebut.

Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Cup Testing Ulang Tahun Pertama Starbuck Cafe Pontianak
Jika anda menguji bubuk kopi yang anda beli atau bubuk kopi sudah jadi (bukan dari proses awal seperti diatas). dan pada Cuppingnya terdapat rasa dan aroma yang aneh (Bukan karakter rasa dan aroma kopi) sebaiknya anda tidak melanjutkan uji coba cupping lagi, karena kopi yang anda cupping tersebut sudah dipastikan terbuat dari biji kopi yang bermutu rendah (Piksel/Cabutan) dicampur deng bahan - bahan lainnya bahkan yang lebih menakutkan dicampurkan dengan bahan kimia.. kopi campuran seperti itu sudah dipastikan tidak sehat untuk dikonsumsi..bisa-bisa setelah anda meminumnya anda akan menjadi sakit. Biasanya yang akan dinilai adalah tingkat keasaman (acidity), aroma dan flavor.

Meilinda, Manager Starbuck Pontianak
Meilinda, Manager Starbuck Pontianak
Selain cupping, Meilinda, Manager Starbuck Pontianak juga memperkenalkan berbagai koleksi merchandise mulai dari tumbler, ice coffee maker edisi summer yang berwarna pink terang hingga starbuck card. Tak kalah menarik dengan segala macam benda unik tadi, ada pula vanilla coffee dan coffee pudding dengan tambahan espresso whipped cream (whipped cream coffee) yang ditaburi Turkish coffee sehingga menambah rasa kopi semakin tajam dan terasa menenangkan. Cocok dijadikan sahabat menyelesaikan semua pekerjaan kantor. Yup! Because Starbuck is your third home. Selamat ulang tahun pertama Starbuck Pontianak


9 komentar:

  1. Liat minumannya berjejer bikin ngiler, apalagi kalo ada yg greentea favoritku bgt itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok samaan sih, aku juga suka hehehe

      Hapus
  2. selamat ulang tahun ctarbuck pontianak, semoga tahun ini bisa mampir kesana lagi

    BalasHapus
  3. seru banget acaranya. Aku juga termasuk penggemar kopi starbucks.
    baca langkah-langkah cup testing aku langsung membayangkan aroma kopi yang menguaaar

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kak. ku jadi banyak belajar lho

      Hapus
  4. Saya suka ngopi, liat gambarnye saja, rasanya ngiler.

    BalasHapus
  5. bukan penikmat kopi, tapi jika ditawari nge-taste kopi. boleh juga. Tiap kali melihat daftar minuman di sturbuck selalu mupeng. thnks buat cara testing kopi-nya Bisa diuji cobakan pas minum kopi.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.