Tukang Jalan Jajan

Doyan Makan? Kunjungi 6 Tempat Wisata Kuliner di Pontianak Ini

Pontianak lebih dari sekadar Kota Khatulistiwa. Keunikan cita rasa kulinernya itu lho, membuat lidah selalu ingin mengecapnya. Apalagi sekarang Pontianak menjadi salah satu kota tujuan wisata terfavorit di Indonesia, tentu harus diikuti perkembangan kulinernya.

Tugu 1771
Tugu 1771 (sumber : getborneo.com)
Banyak yang bilang, kuliner Pontianak itu mengesankan. Bahkan, bisa membuat orang ketagihan. Seperti apa gambaran performa kuliner dan kelezatannya? Yuk, berkunjung ke tempat wisata kuliner berikut ini.

v  Kwetiau Apollo Jalan Gajah Mada
Jalan Pattimura Pontianak, di sanalah tersaji kwetiau Apollo. Kwetiau yang satu ini dikenal sangat lezat dan beraroma harum. Uniknya, kuliner kwetiau Apollo beroperasi sejak era 80-an.
Kwetiau Apollo berisi mi, daging sapi, sayuran, telur, dan kecambah, lalu dicampur sedikit kuah. Satu porsi kwetiau dibanderol dengan harga mulai dari Rp22.000. Selain kwetiau, ada pula nasi goreng, bihun, sop daging sapi, dan mi kuning goreng.

v  Mi Ayam Barokah
Warung Mi Ayam Barokah berlokasi di Jalan Husein Hamzah, Pontianak. Meskipun tatanan warungnya sederhana, kuliner ini tidak pernah sepi dari pembeli. Sajiannya sama seperti mi ayam lainnya. Bedanya, racikan bumbu Mi Ayam Barokah lebih maknyus di lidah.
Untuk mencicipi kuliner Mi Ayam Barokah, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp7.000 per porsi. Mi Ayam Barokah lebih nikmat jika disantap bersama segelas es teh manis atau es kelapa muda. Menggiurkan, bukan?

v  Alila Cafe
Alila Cafe merupakan tempat makan sekaligus lokasi nongkrong paling asyik di Kota Pontianak. Kafe ini berada di Jalan Sultan Abdurrahman No.12, tepatnya di sebelah kantor Pelni. Kondisi tempatnya nyaman, sejuk, dan asri. Itulah sebabnya, banyak anak muda yang mengunjungi Kafe Alila.
Makanan dan minuman yang ditawarkan cukup beragam dengan harga terjangkau. Tak hanya masakan khas Kalimantan saja yang dihidangkan, tetapi juga kuliner ala nusantara. Jika Anda menginginkan kuliner Sunda, di sini tersedia nasi timbel dan nasi lemak. Hanya dengan Rp27.000, Anda bisa menikmati kelezatannya di Alila Cafe.

v  Pondok Burdas
Pernah mendengar bubur pedas? Bubur pedas atau burdas adalah santapan asli Kalimantan Barat. Oleh masyarakat Kalimantan, burdas dikenal dengan bubbor paddas. Isi bubur ini, yaitu aneka sayur dan rempah-rempah. Rasanya gurih dan enak saat disantap dalam keadaan hangat.
Salah satu tempat makan burdas yang terkenal, yaitu Pondok Burdas. Kawasan kuliner burdas ini berlokasi di Jalan Merdeka Barat, tepatnya berdekatan dengan STMIK Pontianak. Untuk menikmati kuliner burdas, Anda hanya perlu membayar Rp9.000 per porsi.

v  Bamboo Cafe
Ingin mencicipi kue chai paling enak? Anda bisa mampir ke Bamboo Cafe yang berlokasi di Jalan Veteran No. 3-4 atau di Jalan Merdeka Barat. Di Bamboo Cafe tersedia beragam es krim, jajanan khas Pontianak, dan aneka masakan mi. Meskipun termasuk kafe berkelas, harga kuliner di sini relatif murah, mulai dari Rp7.500.

v  Tom Yam Pak Long
Tidak sedikit yang mengatakan, Tom Yam ala Pak Long membuat ketagihan. Tom Yam berisi udang laut dengan campuran berbagai jenis sayuran. Harga satu porsi Tom Yam sekitar Rp22.000. Selain Tom Yam, ada cumi-cumi asam manis yang disajikan bersama saus racikan Pak Long. Untuk melepas dahaga setelah makan, Anda bisa memesan segelas es jeruk Pontianak.
Itulah enam tempat wisata kuliner terpopuler di Pontianak. Masih bingung soal akomodasi? Tenang saja, karena Airy Rooms siap membantu Anda untuk mencari hotel murah di Pontianak.

kamar yang nyaman di airy room
kamar yang nyaman di airy room
Tak hanya menawarkan harga murah, tetapi juga fasilitas komplet, mulai dari kamar ber-AC, shower air hangat, TV LCD, dan WiFi gratis. Soal pemesanan, tinggal klik situsnya, cari nama hotel, dan booking langsung kamarnya.

2 komentar:

  1. Wah banyak juga ragam kuliner di Pontianak ya.. Kemarin kesana tapi belum sempat kelililng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh kok ngga ngabar ngabari mas hihihihihihi

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.