Tukang Jalan Jajan

Shinjuku, Japanese Street Food di Pontianak



Tepi jalan di emperan toko jadi tempat menjual makanan paling favorit di Pontianak akhir-akhir ini dengan embel-embel street food. Jika di tanya apa jenis makanannya, jelas lebih banyak mengarah ke makanan Jepang atau Korea, biasanya juga dengan gaya grill a.k.a panggang dengan berbagai macam daging dan sayuran dengan pelengkap lain yang bermacam-macam. Salah satu yang mengusung konsep ini adalah Shinjuku Japanese Street Food yang beralamat di Jalan Nusa Indah III, tidak jauh dari Perempatan Hotel Kini. Tempat ini buka selepas pukul 06.00 sore.

Menu di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Menu di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Tukang Jalan Jajan datang saat malam hari pukul 8 malam saat gerimis datang menyapa Pontianak, tidak terlalu banyak orang makan dan berlalu lalang. Keuntungan bagi saya yang ingin menikmati makan dengan suasana yang tenang. Memilih duduk di meja kayu yang tidak jauh dari meja kasir. Begitu menghempaskan bokong, daftar menu langsung di sodorkan. Setelah melihat cukup lama maka pilihanpun mulai saya jatuhkan satu persatu.

Spring Roll di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Spring Roll di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Pilihan saya lumayan banyak di Shinjuku Japanese Street Food, namun porsinya kecil saja. Husumaki (spring roll) 2 buah seharga 8K, Chicken teriyaki don 18K, Taican 2,5K, Beef bbq 6k, Shitake mushroom 3k, Beef with enoki teriyaki 8k, Ocha 2k dan Detox water 4k. Semua makanan tadi isinya satu tusuk atau 2 tusuk seporsinya. Menunggu makanan datang bearti siap dengan segala macam aroma yang muncul dari panggangan atau tumisan.

Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Terlihat banyak pesanannya namun kualitasnya tidaklah banyak. Semuanya sekali gigit saja. Spring roll ini berisi sayuran yang di tumis dengan bumbu sederhana seperti bawang putih dan penyedap rasa setelah itu diisikan kedalam kulit lumpia dan kemudian di goreng hingga garing dan dihidangkan dengan sambal bangkok yang pedas, manis dan asam. Sayurannya masih terasa renyah dan segar. Bukan frozen food.

Beef Enoki di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Beef Enoki di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Rasa taichannya juga tidak mengecewakan, walaupun kecil namun daging yang digunakan bagus dengan tingkat kematangan yang pas, ada level kepedasan yang bisa di pesan oleh pelanggan. Lalu apa itu sate taichan? Sate taichan sendiri adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta dan kini menyebar sampai seluruh Indonesia. Amir adalah pedagang sate taichan di daerah Senayan, Jakarta yang mengklaim sebagai pelopor dari hidangan sate taichan. Menurut pengakuan Amir, resep sate taichan ditemukan oleh pembeli satenya yang berasal dari Jepang. Daging ayam dipanggang hanya dengan bumu garam dan jeruk nipis lalu di masak hingga matang. Itu dia sekelumit cerita tentang Taichan

Taichan dan Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Taichan dan Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Beef BBQ dan Beef shitake juga boleh di coba, tapi preferensi saya beef enoki, bumbunya kurang lebih sama namun enoki mampu memberikan sensasi lain. Ada rasa gurih ala jamur yang cocok dipadukan dengan gurihnya daging sapi. Porsinya sekali lahap, kecil dan bikin penasaran. Lumayan untuk membuat tenggorokan geli. Oh ya, tetap ada perbedaan antara BBQ dan teriyaki dong ya. BBQ punya aroma bakaran ala Eropa sedangkan teriyaki manis asin ala Asia. Tapi lidah saya mengidentifikasinya 11 12 saja.

Chicken Teriyaki Don di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Chicken Teriyaki Don di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Shitake mushroom juga dengan dengan rasa yang kurang lebih dengan saus teriyaki. Makanan porsi kecil seperti ini memang cocok dijadikan teman ngobrol. Sayang di sini tidak mungkin menjual sake. Coba seandainya ada, entah berapa gelas yang sudah saya habiskan. Makanan berat saya malam ini adalah Chicken Teriyaki Don. Ini adalah nasi yang diberi tumisan daging ayam berbumbu teriyaki dengan sayuran segar sebagai tambahan.

Taichan, Beef BBQ, Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Taichan, Beef BBQ, Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Nasi dalam mangkok ini terasa pulen dengan siraman ayam bersaus coklat mengkilap yang menggoda untuk dicicipi. Manis dan gurih dengan daging ayam super moist. Walaupun terasa terlalu kencang penyedapnya namun tingkat kematangan ayam yang sempurna ditambah dengan beberapa potongan daging plus kulit ayam sungguh membuat hati saya gembira. Saraf lidah tukang jalan jajan memang terasa dimanjakan dengan kematangan daging seperti ini. Boleh tahan untuk mengisi perut walaupun porsinya kecil menurut saya.

Detox Water di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Detox Water di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Untuk menghapus semua rasa dan dosa tadi maka ada detox water yang berisi lemon dan mint yang berpadu dengan es batu. Minuman segar ini juga boleh di pesan untuk menghapus semua rasa yang tertinggal di rongga mulut. Daun mint segar yang digunakan harus diapresiasi. Segar dan menyenangkan.
 
Taichan, Beef BBQ, Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak
Taichan, Beef BBQ, Shitake Mushroom di Shinjuku Japanese Street Food Pontianak

Shinjuku Japanese Street Food, Lokasi makan yang buka sore hari dengan desain yang cukup mencolok. Menu yang disajikan adalah menu praktis cepat saji yang di masak saat di pesan. Bagi anak gaul zaman sekarang tentunya ini jadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan terutama yang doyan ngemil malem-malem. 7 dari 10 untuk makanan di sini. Selamat makan dan salam yumces!


38 komentar:

  1. Pengen nyoba, tapi terkadang kalo masakan ala jepang atau korea, seringnya enggak cocok di lidah, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari yang cocok di lidah aja kak..... tapi klo jadi food blogger harus cocok di lidah semua hehehe

      Hapus
  2. Kemarin pas aku di jepang, dari semua kuliner yg aku coba, aku paling suka dgn yg daging2an dan yg digrill :D. Enaaak banget. Kalo kuliner lainnya aku malah biasa, kyk sushi, dan udon ato soba. Pdhl resto jepang di jakarta aku suka banget menu2 nya. Soalnya di jepang sendiri mereka suka bgt nyampurin jahe ke makanan.. Itu yg bikin aku jd ga doyan. Ga suka jahe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya jahe karena di sana dingin suhunya dan bagus untuk membunuh bakteri dan daya tahan tubuh hehehe

      Hapus
  3. OK, aku keGODA banget ini. Asli laper. Itu taichannya kaya manggil-manggil perut aku. Di Jakarta mulai banyak juga yang jual sate Jepang. Tapi aku belum pernah nyoba sekali pun. Harus cari ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari kak, cari sampe ketemu... klo belom ketemu segera lapor polisi ya

      Hapus
  4. Duh kalo disuguhi makanan.kayak begitu aku gak nolak kok. Apalagi ditraktir sama tukang jalan jalan. Hehehe

    BalasHapus
  5. Lumayanlah ya, sebelum bisa ke Jepang ke Ponti dulu. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di Ponti ketemu aku kak... klo di Jepang ngga hahahah

      Hapus
  6. Aku kok pengen nyoba Taichan, Beef BBQ, Shitake Mushroom ya. Hmmm pasti enak #elus perut yang tiba2 lapar

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih... cepetan cobain semua kak. enak enak lho. pokoke bikin ketagihan deh jadinya

      Hapus
  7. duhhhh.. malam-malam bikin lapar mas lihat gambar makanannya.
    Ini aku bookmark mas sapa tau kalau pas jalan-jalan ke pontianak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Tom, siapa tahu ada kesempatan jalan janal dan makan di Pontianak biar ada panduan klo kesini hehehe. selamat hunting

      Hapus
  8. Mungkin saja sengaja dibikin porsi kecil supaya orang yang suka jalan jajan bisa nyobain semua menunya heheheh... Btw sate taichan emamg hita di senayan eh ternyata udah nyebar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih, jadi memang bisa nyoba banyak makanan apalagi ini bukanya malam ya, jadi kebanyakan mungkin takut makan banyak klo malem malem. make sense

      Hapus
  9. kapan ya ke Pontianak khusus wiskul wisata kulineran hiks hiks.. mesti nanya2 inih kalau gw ke pontianak ke om dodon jerry

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, nanti tanya tanya aja klo mau ke Pontianak, saya siap membantu kok hehehe

      Hapus
  10. Duh, pengen spring roll sama es lemon mint-nya. Kemarin ga pesen yang ala-ala korea om? Biar makin ganteng habis makan. Xixi

    Masakan Thailand kapan ya bisa jadi trend di Indonesia. Makanannya lumayan enak dan kaya rempah. Cocok di lidah orang Indonesia kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking banyaknya jadi bingung ama pilihan, mungkin ada 40an menu, pilih yang tertangkap mata aja deh. Klo makanan thai yang jadi fav di Pontianak ada tomyam ama mango sticky rice kak. rame benerrrrr

      Hapus
  11. wah ke sini juga
    udah pernah ke sini nih enak banget makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakah mas? saya sih masuk kategori cukupan lahhehehe

      Hapus
  12. Aku ko gagal focus sm minumannya y mas, seger bgt kayakny, bisa bantu buat netralisir lemak2 diperut

    BalasHapus
    Balasan
    1. fokusnya ama aku aja kak... tatap mata saya. tatap kak... tatap sampai lengket hehehe

      Hapus
  13. Ayam jamur dikasih saus teriyaki itu ngegoda banget. Makannya pas ujan, tambah romantissss. Kapan sayanya ditraktir!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinilah, ke Pontianak biar saya bisa traktirin dan bahagia sembari makan makan hehehe

      Hapus
  14. Setiap ke sini hrs tahan iman biar gak ngilerrrr dan selalu suka dg review makanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak, doakan saya tetap berada di jalan yang benar ya :)

      Hapus
  15. Sebel deh kalo bw ke blogmu, pasti efeknya laperrrr... Mana ini japanese food pula. Parahh..

    BalasHapus
  16. Kurang ramen don itu. Taichannya lumayan enak dilihat di gambar hihi harganya brapa tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya 3K per pieces oak... ramennya besök besök yaaaa hahaha

      Hapus
  17. Taichan dan Shitake Mushroom
    ahhhhhh... masnya.......

    BalasHapus
  18. Nasi pulen ituuu...bikin perut gak kenyang-kenyang yaa, mas Don.
    Kiikkiikk...

    Tapi bener,
    Ini kenapa porsinya pada mini-mini yaa..?
    Kan jadi bisa nyobain satu - satu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sepertinya begitu. kecil kecil biar bisa nyobain semua

      Hapus
  19. Aku baru sekali makan Taichan, itu ternyata asalnya makanan Jepang to, kirain makanan Cina dari namanya hehe

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.