Tukang Jalan Jajan

Tak Sengaja Mampir Ke Ayam Keraton

Tukang jalan jajan tak sengaja melihat tulisan Rumah Makan Ayam Keraton. Langsung penasaran, apakah ada tempat seperti keraton Yogya atau kesultanan Cirebon yang menyediakan makanan ala sultan atau raja dan kita di beri pelayanan berbalut busana adat jawa yang kental. Wah, terpaksa saya harus berbelok dan mencoba langsung seperti apa pelayanan dan makanan yang disediakan oleh tempat ini. Ayam Keraton berlokasi di Jalan Prof M Yamin  No 57. Nomor  telepon 8103 868
 
Paket Makan malam di Ayam Keraton Pontianak
Paket Makan malam di Ayam Keraton Pontianak
Parkirnya luas dan nyaman. Saya masuk kedalam, ada bagian dalam dan bagian luar seperti teras belakang yang terbuka. Memilih meja kecil yang cukup untuk dua orang karena datang seorang diri. Sengaja mengambil posisi meja tengah supaya bebas melihat orang berlalu lalang sembari melihat aktifitas di tempat ini. Ada beberapa sudut yang instragramable dan beberpa karangan bunga yang menunjukkan tempat ini baru saja di buka.

Duduk manis dan memesan makanan yang ada di daftar menu. Bebetapa sepertinya sedang kosong dan pilihan saya jatuh ke paket ayam betutu, tempe bacem dan sambal terung. Minumannya saya pilih cincau susu. Saatnya melempar tatapan mata ke kiri dan ke kanan melihat orang ang berlalu lalang dan tepat di depan saya terlihat beberapa pramu saji tengah sibuk membersihkan meja, piring, sendok dan sesekali bercanda di sela kerja.

Es Cincau Ayam Keraton Pontianak
Es Cincau Ayam Keraton Pontianak
Makanan datang dalam 15 menit mulai dari paket ayam betutu yang terlihat menggoda dan masih hangat. Seperti biasa, sebelum makan berdoa dulu, saling pandang dengan menu dan jeprat jepret tanpa mengubah tatanan yang ada. Ayam betutu ini terlihat sekilas seperti ayam rendang dan sekilas seperti ayam gulai dengan kuah kental dan berminyak. Warna yang kuning menggoda, berkilat penuh bumbu. Saya mencoba menyobek ayam berbumbu dengan serat yang masih memberikan perlawanan. Bumbu ini terasa mirip dengan gulai dan lezat. Cocok dengan nasi hangat bertabur bawang goreng ini.

Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Saya mencoba sambal terung yang di buat dari terung putih yang manis dengan potongang yang berantakan di tambah dengan potongan cabe, tomat, bombay dan daun bawang. Di tumis dengan cabe yang sudah di tumbuk. Lumayan pedas dan mengangkat rasa yang terong yang sudah manis. Matangnya juga bagus, tidak sampai lunak dan mblenyek. Masih enak untuk dinikmati hingga tuntas.

Paket Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Paket Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Pelengkap lain yang saya pesan adalah tempe bacem yang lumayan njawani walaupun menurut saya bumbunya masih belum terlalu merasuk hingga ke bagian dalam tempe. Bumbu rempah terasa gurih dengan aroma ketumbar yang menyeruak saat di kunyah. Berhungung lidah jawa saya selalu menginginkan yang lebih manis supaya rasanya lebih legit. Maafkan lidah Jawa Timuran saya yang selalu menganggap jejak manis sama dengan njawani.

Paket Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Paket Ayam betutu di Ayam Keraton Pontianak
Penutup makan saya malam ini adalah segelas es cincau yang biasa saja menurut banyak orang tapi sebenarnya banyak manfaat yang bisa di dapatkan. Semisal untuk membantu inflamasi atau pembengkakan karena mengandung zat klorofil. Bisa juga dijadikan obat demam karena mengandung saponin untuk menurunkan demam karena mengandung antioksidan juga bisa juga meradakan radang lambung. Selain itu juga bisa dijadikan obat diabetes melitus karena ada klorofil yang bermanfaat menstabilkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita hipertensi juga bisa mengkonsumsi cincau karena mengandung S-S Tentadrin. Masih ada fungsi lain yaitu membantu penderita tipus untuk sembuh karena ada senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan serta dapat juga digunakan untuk menetralkan racun akibat seafood. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari cincau.

Sambal Terong di Ayam Keraton Pontianak
Sambal Terong di Ayam Keraton Pontianak
Menikmati makanan di Ayam Keraton lumayan menyenangkan dan banyak titik untuk berswafoto selain juga pilihan menu yang umayan banyak, namun sayang saat saya datang banyak menu yang kosong. Parkirnya juga luas dan cukup nyaman untuk kendaraan roda empat. Selamat menikmati makanan di Ayam Keraton berlokasi di Jalan Prof M Yamin  No 57. Nomor  telepon 8103 868. Oh ya, ngga ada menu raja atau ratu ya di sini. Selamat makan dan salam Yumces.

38 komentar:

  1. Ayamnya menggoda iman. :'D

    BalasHapus
  2. Sungguh, kombinasi menu yang menggugah selera. :)

    BalasHapus
  3. Ajib banget tuh makanannya. Apalagi banyak kombinasibbumbunya. Kayanya enak kapan kapan mampir ah ke tempat sana. Tapi. Harga harganya brpa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini kak... ngga mahal mahal kok... masi bisa tercapai kantong

      Hapus
  4. Harganya gimana kak?

    Ayam betutunya mirip2 gulai ayam padang :D slruuupp!

    BalasHapus
  5. Wah belum pernah ke Pontianak... seandainya nanti ke sana mau mampir dulu ah mencicipinya....

    BalasHapus
  6. Ketidaksengajaanya mengantarkan mas dodon pada menu makan.. luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang aku sering ngga sengaja kok... biar ngga ketahuan makan hahaha

      Hapus
  7. pedes banget nggak om?? kalo terlalu pedes mah saya kurang suka deh.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga kok, masih bisa di terima lidah orang Indonesia kebanyakan

      Hapus
  8. mirip kaya ayam karawachinya Tangerang

    BalasHapus
  9. Mas, aku laper..... ini udah dini hari dan tadi lupa makan karena ketiduran. Liat ayam ini cacing-cacing di perut bergejolak mau juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini kak... kubantu meredakan kegelisahan cacing2 itu hahahaha

      Hapus
  10. Nasinya apa nasi putih atau nasi khusus seperti uduk, kebuli? keliatan warnanya rada kuning, tapi ga diulas. Apa efek cahaya lampu resto mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi putih kok mas, efek cahaya...... tapi enak kok..... walaupun nasi putih

      Hapus
  11. Paket ayam betutunya sekilas seperti menu nasi uduk lalapan. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh iya ya.terlalu sederhana tampilannya kali ye

      Hapus
  12. Ternyata sambel terong ya..kirain jengkol he he he..
    Penampakan ayamnya keliatan berlimpah dengan minyak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihi kalo misalnya ada jengkol pasti ku pesan kak.. pasti

      Hapus
  13. Ayam betutunya menggoda selera. Paz bacanya pagi bikin laper oyy

    BalasHapus
  14. Kalo ke Jogja, harus coba Bale Raos. Restoran dgn menu2 khas keraton jogja. Lengkap sama masakan favorit raja2 di Jogja. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku pernah cobain sih. sayangnya ngga ada sultannya hehehehehe

      Hapus
  15. Aku pengen sambal terongnya yaaa #LapIler

    BalasHapus
  16. Tempe bacemnya kaya tempe goreng biasa. tapi ayamnya menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe iya ya, rasanya ngga terlalu mendominasi bacem juga

      Hapus
  17. Ayam betutu yg dari bali kan yah? Aku suka makannyaa *nyammm

    BalasHapus
  18. Ternyata itu fungsi dari cincau yaa, mas Don..?
    Kebetulan anakku sedang demam.
    Bisa dijadikan pilihan untuk menu minuman di rumah yaa..


    Btw,
    Sambel terong ituuh...bener-beneeerrr menggiurkan!

    ~~sluurp

    BalasHapus
  19. Kalo gue apapun makannyaa, minumnya es teh manis wkkww

    BalasHapus
  20. Wah, asiik mangan..! :D
    Jadi dapet ilmu, nih. Jadi cincau kaya klorofil yg dibilang berkhasiat itu ya, Mas. Sekarang kan lagi musim tuh, klorofil dijual botolan buat suplemen.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.