Tukang Jalan Jajan

Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak


Saya sudah ada rencana makan ayam hari ini. Ayam goreng atau ayam panggang, pokoknya ingin makan ayamnya Pontianak. Saya mengintip beberapa tempat makan ayam di Pontianak yang seru untuk dikunjungi siang ini. Intinya saya harus menemukan menu yang membuat saya bahagia dan bisa makan lagi dengan happy. Akhirnya diputuskan untuk mencoba Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak yang sudah lama tidak tukang jalan jajan kunjungi. Pilihannya lokasinya banyak karena cabangnya lumayan banyak. Sepertinya Ayam Pak Usu di Jalan Merdeka. (HOS Cokroaminoto) di depan Universitas Widya Dharma.
Menu makanan di Pak Usu , Ayamnya Pontianak Merdeka.
Menu makanan di Pak Usu Merdeka.
Tempatnya luas dan penuh dengan ornamen. Ada 3 stall, termasuk bubur ikan, sushi dan es krim, lain kali saya akan mencoba ice creamnya. Dari awal sudah ingin nyobain ayam Pak Usu, ayamnya Pontianak. Akhirnya kemaruklah saya untuk mencoba ayam Pontianak dan Ayam Pak Usu 23K. Sebagai teman makan saya mencoba sup Ikan Napoleon 27K yang sepertinya sedap untuk di coba. Tidak lupa 3 sambal menemani saya, balado, terasi dan lamongan. Sebagai penghilang dahaga, ada es lidah buaya 14K. Duduk manis sembari membaca buku di perpustakaan mini, menunggu makanan tiba. Tempat ini juga cocok untuk bersantai selain makan.

Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Minuman lidah buaya dengan selasih dengan sirup frambozen yang manis dan harum. Potongan lidah buaya kecil kecil bisa langsung masuk kedalam sedotan dan  pastinya pas untuk yang sedang panas dalam. Sup ikan datang menyusul, kuah panasnya mengepul dengan dahsyatnya, aroma sedap dan harum bawang putih menyeruak rongga hidung. Kaldu ikannya terlihat bening dengan taburan bawang putih goreng. Begitu diseruput, kuah kaldu ikan ini terasa ringan dengan cecap sedikit kaldu ayam. Ada potongan ikan napoleon yang bertekstur padat dan kenyal. Ikan ini segar karena tidak beraroma amis sama sekali. Ayam kecap juga ditambahkan kedalam sup ikan ini sehingga menambah rasa manis yang tipis. Ada rasa kecap ikan yang juga menambah rasa. Apalagi sayuran hijau, lettuce yang kressssssss....
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sup Ikan Pak Usu Pontianak
Sambal balado, sambal terasi, sambal lamongan ala Pak Usu Pontianak
Sambal balado, sambal terasi, sambal lamongan ala Pak Usu Pontianak
Dibuka dengan makanan yang berkuah dengan bumbu sederhana membuat saya siap untuk makan yang lebih berat. Ayam Pak Usu, ayamnya Pontianak sudah mulai dihidangkan di atas meja, aroma bakaran mulai tercium. Ayam gorengnya juga sudah di depan mata. Ditambah kuah gulai yang kental dan taburan kremes serta pelengkap nasi putih juga diletakkan di atas meja. 3 jenis sambal yang berminyak dan menggoda untuk di cocol juga ada. Sambal terasi, sambal lamongan dan sambal balado.

Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam Pak Usu Pontianak
Saya mencoba ayam panggang berlumur bumbu manis gurih dan kecap yang mengkilap. Lettuce yang menjadi hiasan segera saya sobek lalu ayamnya Pak Usu juga saya sobek dan disimpan kedalam lettuce yang kemudian di gulung dan dicelupkan kedalam sambal cabe. Ayam bakar ini rasanya gurih berbumbu, ada jejak ketumbar dan kemiri serta bumbu lain yang kaya rasa hingga ke dalam serat ayam. Sambal yang paling cocok menurut saya adalah sambal balado yang pedas namun tidak merusak rasa ayam. Sambal merah yang tidak terlalu banyak bahan berasa tajam.

Ayam Pontianak dari Pak Usu
Ayam Pontianak dari Pak Usu
Lain lagi dengan Ayam Pontianak Pak Usu yang di goreng dengan tepung yang melapisi ayam. Dari rasanya, saya yakin ayam ini sudah diungkep dengan bumbu terlebih dahulu, harumnya kunyit, bawang putih, lembaran daun salam dan serai langsung tercium begitu ayamnya di sobek. Kremesan dengan jejak santan melapisi ayam serta ditaburkan di ayam. Sensasi garing tentu menambah rasa ingin makan. Belum lagi kuah gulai mlekoh berbumbu dengan santan kental yang berbumbu merah. Siap disiramkan ke atas nasi. Slurupsssss. Bumbu gulainya? Amboiiiii! tambo cieeek! Eh.... Mao agek laaah Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak!

Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam Pak Usu Pontianak
Ayam ini lebih cocok di cocol dengan sambal terasi yang pedas dengan aroma khas menggoda juga cocok dengan sambal lamongan yang juga menggoda selera. Memang tidak terlalu pedas yang mennyengat tetapi rasanya cukup membuat pangkal lidah tergoda untuk minum. Tidak ada perbedaan yang terlalu jauh antara lamongan dan sambal terasi tapi kembali ke selera saja. Suka yang mana? Kalau saya? Lamongan dong! Bawang merah, bawang putih, tomat dan cabe di goreng dalam minyak panas dan kemudian di ulek kasar! Sedap banget buat aktifitas cocol mencocol ayam goreng.

Ayam Pontianak dari Pak Usu
Ayam Pontianak dari Pak Usu
Jangan lupa selesaikan semuanya dengan segelas lidah buaya dan selasih serta sirup frambozen yang menggoda. Pedas lenyap, haus hilang. Ayam Goreng Pak Usu, Ayamnya Pontianak berada di Jalan H.O.S Cokroaminoto a.k.a Jalan Merdeka, Pontianak, Kalimantan Barat dengan nomor telepon 0561-576115. Parkirnya luas dan bisa menampung banyak kendaraan roda empat dan roda dua. Ruangan ber AC juga ada 2 titik, ada tempat duduk berupa sofa dan meja makan serta lesehan. Ada perpustakaan mini dan banyak ornamen yang menarik untuk di jadikan background selfie. 8,5 dari 10 untuk menu ayam dan sup ikan di Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak. Selamat makan dan salam Yumcez!

38 komentar:

  1. Penasaran sama rasa Sup Ikan. Dimakan pas lagi ujan enak kayaknya :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh.... rasanya bikin nyut nyutan di lidah. bahagia itu sederhana mas

      Hapus
  2. kalau saya penasaran ama sambal dan sup ikannya.
    Terutama sup ikan, karena nggak pernah nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bearti harus dateng sampe ke Pontianak nih biar bisa icip icip bahagia :)

      Hapus
  3. Kalau ayamnya sudah pasti enak, tapi penasaran sama Minuman lidah buayanya, gimana ya rasanya??? hemm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, itu adalah alesan untuk datang ke pontianak dan mencobanya langsung supaya tahu rasanya :)

      Hapus
    2. ke pontianak ocid, nanti saya sama edo traktr

      Hapus
  4. Sup ikannya bikin ngiler, andai bisa di kirim pake burung merpati hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung panggilin drone aja kak hihihihihi udah ngga pak merpati sekarang

      Hapus
  5. Aih... menggiurkan banget menu-menunya.
    Bikin ngiler.

    BalasHapus
  6. kalau ke kalimnatan harus nyobain ini ah kak

    BalasHapus
  7. Sambalnya menggoda iman. :'D

    BalasHapus
  8. Ayam goreng atau ayam bakar, memang paling asyik kalo udah dicoel pakai sambal...yummy...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi klo sambalnya pedes dan bikin kemringet. sedep banget dah!

      Hapus
  9. Waduhhh.... Sambal lado hijaunya bikin ngences saya, walaupun habis makan tangan bau terasi. Hehehee....

    BalasHapus
  10. Sup ikannya lucu yak penyajiannya ... menggugah rasa penasaran untuk menyendoknya...

    BalasHapus
  11. ayam pontianaknya terlihat enak dan disana ada 3 macam sambal yang di sajikan pula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh di icip icip semua sampe puas biar ngga penasaran lagi hehehe

      Hapus
  12. Waah jadi ngiler neh, moga ada rejeki main ke Pontianak nyobain Ayam Pak Usu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnn... mudah mudahan bisa sampe ke Pontianak buat icip icip semuanya yah

      Hapus
  13. suka banget sama detailnya... fotonya bikin ngiler dan seger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diicip satu satu mbak, biar makin semangat buat maem :)

      Hapus
  14. Sop Ikan dan Bubur Ikannya juga halal, karena sudah terdaftar di MUI. jadi ga takut2 lagi hehe

    BalasHapus
  15. Pak usu kenapa jualan sushi juga ??? aku ngak suka lho kalo orang lamongan belaggak jepang #Halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahaha ini bukan lamongan kak, ini rumah makan yang punya banyak jaringan dagangan :)

      Hapus
  16. kalau sy pingin sup ikannya
    smblnya teri aw...

    BalasHapus
  17. Waahhh...
    Minuman lidah buayanya bikin lidah pengin ngerasain gimana manisnya. Duh pasti seger banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar klo kesini wajib coba deh. biar ngga penasaran hehehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.