Tukang Jalan Jajan

Silat Lidah di Kungfu Uduk


Kalau berbicara tempat makan yang bertebaran di Pontianak tentulah tiada habis-habisnya. Tidak hanya menu yang jadi pokoknya namun lokasi dan kesesuaian tema. Terkadang ada yang mendatangi suatu tempat hanya karena penasaran dengan namanya. Termasuk saya yang penasaran dengan Kungfu Uduk! Apalagi ini? Menu seperti apa yang akan disajikan di sini? Mari langsung meluncur ke lokasi yang berada di jalan Prof M Yamin di depan Jalan Nirbaya di sebelah De Castle.
Mural di Kungfu Uduk
Mural di Kungfu Uduk
Tempat berlantai dua ini benar-benar dipikirkan matang secara konsep. Banyak mural yang terlukis di dinding bersama dengan quote yang semakin menegaskan tema. Tokoh kungfunya terpajang dengan tegas, mulai dari legenda kungfu Bruce Lee, Jet Lee, Bo Bo Ho sampai Pho dan Master Shifu terpajang ciamik di dinding. Saya jadi teringat restoran ninja di Jepang yang tiba-tiba pramusajinya keluar di dinding atau tiba-tiba muncul di mana saja. Atau jangan-jangan sebelum memesan saya harus adu kungfu dulu dengan pramusajinya?
Menu yang Tukang Jalan Jajan pesan di Kungfu Uduk
Menu yang Tukang Jalan Jajan pesan di Kungfu Uduk
Mural di Kungfu Uduk
Mural di Kungfu Uduk
Semua makanan di sini sudah disajikan dengan paket-paket terjangkau yang terdiri dari nasi uduk, lauk dan pendampingnya. Pilihan sambalnya juga ada dua, sambal kungfu yang pedas manis dan sambal penyet dower dari  cabe ijo yang pedas gurih. Tinggal pilih saja mana yang di suka dan ingin di coba.

Menu di Kungfu Uduk
Menu di Kungfu Uduk
Pesanan saya saat ini adalah Paket Ayam Pendekar, Paket Ayam Karate dan Paket Ayam Tapak Sakti seharga 22K dan Paket Ayam Jagoan 23K dan Paket Kungfu Master 29K.
Mural di Kungfu Uduk
Mural di Kungfu Uduk
Paket Ayam Karate Kungfu Uduk
Paket Ayam Karate Kungfu Uduk
Paket ayam pendekar menyajikan ayam goreng kunyit yang harum bumbu khas Indonesia. Perpaduan aroma bawang putih dan kunyit yang berpadu gurihnya daging ayam dan di goreng memang sedap apalagi dengan sambal penyet yang pedas manis. Ada tahu dan tempe goreng yang di beri kremesan. Nasi uduk yang pulen dan sudah berbumbu juga melengkapi menu ini.

Paket Ayam Tapak Sakti Kungfu Uduk
Paket Ayam Tapak Sakti Kungfu Uduk
Perbedaan mencolok mungkin pada ayam yang disajikan, Paket karate dengan potongan ayam mini yang di goreng kering lalu di tabur bubuk cabe pedas. Lain lagi dengan ayam tapak sakti yang menggunakan fillet ayam yang kemudian di goreng dengan tepung ala Taiwan sedangkan paket Ayam jagoan menggunakan ayam bakar yang terlihat pucat namun kaya akan bumbu. Rasa unik dan cocok dengan nasi uduk kungfu. Masing-masing rasa tidak ada yang mendominasi sehingga bisa saling melengkapi.

Paket Kungfu Master Kungfu Uduk
Paket Kungfu Master Kungfu Uduk
Paket andalannya adalah Paket kungfu master yang menambahkan sate telur lilit dan nasi uduk bakar yang di isi ikan teri, kacang tanah sangrai, lalapan daun ubi dan bumbu yang mirip pepes dan di sajikan dengan ayam tepung ala Taiwan. Saya memilih menikmatinya dengan sambal penyet dower.

Telur lilit goreng Kungfu Uduk
Telur lilit goreng Kungfu Uduk
Tukang jalan jajan langsung mencicipi telur lilit yang merupakan jajanan masa lampau yang sering ditemui di depan sekolahan. Dengan paduan bumbu kacang yang manis dengan rasa kencur yang agak tajam di tambah taburan bawang goreng membuat setusuk tak pernah cukup. Nasi uduk bakarnya juga spesial menurut lidah ini. Nasi uduk yang pulen dibungkus daun pisang lalu di bakar membuat aromanya keluar. Saat saya masukkan ke mulut, tekstur kacang sangrai sangat menyenangkan. Apalagi bumbu pepes ini terasa cocok dengan padanan lalapan daun ubi yang ada didalamnya. Apa lagi di tambah sambel ijo yang pedas gurih mengigit.

Paket ayam Pendekar Kungfu Uduk
Paket ayam Pendekar Kungfu Uduk
Telur kecapnya juga sangat menyenangkan. Aroma kayu manis begitu menggoda dan sedap ditambah dengan bakwan sayuran membuat tekstur krispi semakin kaya. Duh! sepiring paket kungfu master ini membuat saya kenyang. Seandainya ada sup atau sayur asem, pastilah makin sedap mantap!

Paket Ayam Jagoan Kungfu Uduk
Paket Ayam Jagoan Kungfu Uduk
Tempat makan yang luas dan berlantai dua dengan meja yang banyak, terkonsep rapi penuh mural tentang kungfu dan bagian atas lebih luas serta lebih nyaman lagi. Parkirnya juga lumayan luas. Makan di sini ditemani musik dengan angin sepoi-sepoi dari kipas angin dan AC. Lampu yang terpasang di langit-langit dan temaram cahaya mengingatkan saya ke zaman industrialis.

Mural di Kungfu Uduk
Mural di Kungfu Uduk
Selamat menikmati Uduk Kungfu dan menu baru di sini. Selamat lahir dan semoga bisa memperkaya khasanah kuliner di Pontianak. Silakan mampir dan selamat makan. Salam Yumcez!

6 komentar:

  1. enak niih, ajak saye laaaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih..... siapa yang makannya paling banyak kemaren? :p

      Hapus
  2. Bise jadi pendekar dak tu abis makan ayamnye haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah dulu. Biar tahu rasanya terus baru dipraktekkan. Bisa nda

      Hapus
  3. Unik yaaahhh. Coba di restorannya juga disediain tv yang siarin kungfu-kungfu panda lagi atraksi gitu wahhh keseluruhan unsurnya makin greget. Jadi pingin nyoba kesana sayangnya tempatnya jauh hehe :3

    Willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe kalau perlu ada traksi latihan kungfunya sekalian yah, biar tambah seru hehehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.