Adv

Ikan Jebong Khas Karimata ada di Canopy Center


Tidak banyak tempat di Pontianak yang menghadirkan makanan otentik. Satu dua tempat asal betah, teman jalan jajan bisa menemukan lokasi makan “rahasia” yang menyempit dipojokan kota Pontianak. Sebagai foodie tentu teman jalan jajan butuh semangat dan kekuatan untuk menemukan makanan bercitarasa tinggi. Kebetulan saya menemukan menu ikan Jebong yang hanya ada di Pulau Karimata. Di Pontianak baru ada satu tempat yang menyajikannya, Nama nya Canopy Center di Purnama 2 No 20. Berada di rumah toko dengan parkir yang cukup luas.
 
 Canopy Center ,Purnama, Pontianak
 Canopy Center ,Purnama, Pontianak
 Canopy Center ,Purnama, Pontianak
Saya menelisik, ikan apakah Jebong itu? Ikan karang ini mirip ikan buntal dengan sisik yang keras namun tidak sekeras ikan kudu-kudu. Ikan berkulit keras ini paling cocok di bakar. Saya sudah ingin mencicipi ikan ini, menu lain yang saya pesan adalah sup iga sapi, tumis bayam, tumis pakis, tumis toge, kwe tiaw goreng dan mie telor goreng. Tidak lupa minumannya, strawberry mint tea dan peach tea.

Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Duh, Saya penasaran dengan ikan Jebong yang diceritakan chef tadi. Kabarnya ikan di kirim langsung dari kepulauan Karimata bahkan bumbu yang digunakan juga resep rahasia yang di dapat langsung dari ikan ini berasal. Saya beruntung bisa mencicipi ikan Jebong pertama kalinya di Pontianak dan diangkut langsung dari Karimata. Ah, makanan sudah mulai tersaji di atas meja. Saya benar-benar lapar dan perut sudah menggelora ingin segera di isi. Sembari memegang sendok dan garpu, saya langsung berteriak,”Selamat makan!”.
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Ikan Jebong bakar asli dari Karimata ala  Canopy Center Pontianak
Kulitnya yang keras dan hitam langsung saya singkirkan. Didalamnya ada isi yang putih dan sudah berbumbu kuning, ada rasa dominan seperti jahe, kunyit dan kemiri serta sedikit rasa pedas. Duh.... begitu masuk kemulut langsung terasa daging ikan yang kenyal dan gurih apalagi jika di cocol kedalam kecap bercampur potongan cabe. Saraf lidah sangat dimanjakan dengan bahagia.

Tumis Tauge Seafood ala  Canopy Center Pontianak
Tumis Tauge Seafood ala  Canopy Center Pontianak
Lain lagi dengan sup tulang iga yang benar benar menggoda iman, daging bersama urat yang lebut dan kenyal begitu di kunyah. Kuah bening berkaldu tanpa lemak dengan tambahan kentang dan wortel serta taburan daun bawang dan bawang goreng. Begitu diseruput, rasa gurih dengan kaldu sapi di padu dengan aroma bawang goreng dan terselip rasa lada dan pala Enakkkkkk.... belum lagi kentangnya yang lembut dan gurih. Khas terasa dan sungguh menggoda selera.

Tumis Bayam Seafood ala  Canopy Center Pontianak
Tumis Bayam Seafood ala  Canopy Center Pontianak
Tumis Pakis ala  Canopy Center Pontianak
Tumis Pakis ala  Canopy Center Pontianak
Lain lagi dengan kwetiaw dan mie telur gorengnya. Rasa gurih dengan rasa manis yang sangat tipis. Walaupun tak banyak bahan campuran tapi cukup menggoda selera. Terutama mie telor yang pas tingkat kematangannya. Lain lagi dengan sayurannya yang berbumbu lebih berani. Dengan sentuhan udang segar di setiap tumisannya apalagi ada taburan bawang goreng ditumisan daun bayam, tauge dan pakis. Tumisan pakisnya punya sensasi beda, biasanya hanya pucuk muda saja yang di masak tapi kali ini adalah daun pakisnya yang dijadikan sayur mayur. Bumbunya tumisannya juga ada rasa manis dan pedas yang ditambahkan termasuk dengan rasa tipis belacan.
Kwe Tiaw goreng, Canopy Center Pontianak
Kwe Tiaw goreng, Canopy Center Pontianak
Mie Telor goreng, Canopy Center Pontianak
Mie Telor goreng, Canopy Center Pontianak
Minumannya juga oke banget. Pesanan saya memesan strawberry mint tea yang seger banget, selain rasa strawberrynya yang terasa juga rasa mint nya yang menyegarkan. Rasa segar yang diberikan mampu membuat suasana makan makin mantap. Segar dan siap membersihkan rasa-rasa yang tertinggal di mulut sehingga siap untuk mencicipi rasa yang lain lagi.
 
Kopi Batu Ampar, Americano, Canopy Center Pontianak
Kopi Batu Ampar, Americano, Canopy Center Pontianak
Tempat yang nyaman dengan susasana kondusif serta menu yang aduhai tentu membuat pelanggan betah berlama-lama dan dayang lagi untuk mencoba menu-menu yang lain. Beberapa model meja dan bangku bisa di pilih untuk sekedar bersantai atau makan yang berat. Sofa hingga meja kursi panjang buat makan besar juga ada. Bagi penggemar kopi, meja barista juga siap untuk menyediakan berbagai jenis kopi dengan berbagai macam metode penyajian.

Peach Tea dan StrawberryMint Tea, Canopy Center Pontianak
Peach Tea dan StrawberryMint Tea, Canopy Center Pontianak
Masalah harga berbanding lurus dengan rasa, mulai dari 30K sedangkan kopinya mulai dari 8K. Parkirnya juga luas untuk kendaraan roda 2 dan 4. Lokasi yang lumayan besar membuat mengadakan acara kumpul komunitas. Selamat makan enak dan Salam Yumces! 

10 komentar:

  1. Seperti ada yang kurang kak disini, iya kurang memberi judul di artikel ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa aku lupaaa..... sudah kuberi judul heheheheehehe. thanks susah mengingatkan :)

      Hapus
  2. ikan jebong baru denger, dan baru menikmati sajian gambarnya aja disini :)
    togenya bikin bergarah, kopinya jadi tambah semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar aku masukin fotoku ah biar tambah keren lagi ya mas. makin suuuuueeegeeeerrrrrrr hehehehehe

      Hapus
  3. Ikan bakar itu emang enak. Nah, ikan jebong? Apa pula itu? Kirim sini dong kakaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa di kirim.... harus makan di tempat biar main enak hehehe

      Hapus
  4. mantap sekali makanannya, bikin saya ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo maem bareng bos, biar merasa bareng bareng hehehehe

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.