Adv

Pedas Pedas Nagih di Pondok Balado

Saya  sudah cukup lama menjadi pelanggan dirumah makan Pondok Balado yang memang menurut saya punya statment rasa sendiri terhadap citarasa melayu dan level kepedasannya sendiri sudah tidak diragukan lagi. Disini seperti berada di kebun cabe cehingga kita bebas meminta mau segarang apa pedasnya. Tapi tidak hanya menonjolkan rasa pedas saja, tentu rasa makanan lain juga menggelorakan selera makan.
Asam Pedas Special
Setelah perjalanan Indochina yang menguras jiwa dan raga. Saya kembali kekesibukan awal dan melaksanakan berbagai macam aktifitas seperti biasa. Semakin tambah sibuk dan tidak sempat memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Untuk memulihkan energi butuh asupan makanan lezat! Saya mlipir ke Pondok Balado di perempatan Lampu merah Ali Anyang dan jalan Pancasila. Silakan mampir untuk menikmati citarasa kesukaan saya. Saya pernah mereview beberapa makanan  ditulisan saya sebelumnya.

Es Timun Serut
Genderang perang kenikmatan sudah ditabuh, artinya makanan yang dipilih harus benar-benar memanjakan lidah. Tentu saja Teri uleg ala Pondok Balado yang gurih dan pedas ditambah dengan rasa asam dari lemon cui. Aroma sungguh enak dan rasanya menggugah selera. Saya selalu ketagihan. Makanan lain yang harus dipesan saat mampir disini adalah ikan asam pedasnya. Kita bisa memilih ikan apa yang ingin dimasak asam pedas dan bagian mana yang diinginkan. Jika memilih kepala maka sensasi menghisap tulang dan bagian pipi ikan jadi aktifitas asik. Jika bagian tubuh maka perut ikan yang berlemak akan semakin sedap karena ada sensasi lumer dimulut. Jika bagian ekor maka daging ikan yang lembut dan tulang yang sedikit akan memudahkan untuk makan. Saya suka semua bagian dan biasanya ikan kakap merah yang selalu menyenangkan untuk disantap asam pedas.

Sup Sayuran
Ikan asam pedas disini berbumbu sangat kuat. Kuahnya yang merah karena cabe serta keruh karena berbagai macam bumbu dimasukkan kedalam sana. Aroma beberapa daun bumbu asli Indonesia ditambah dengan serai membuat aroma harum dan amis menjauh. Kadar pedas juga bisa disesuaikan. Tambahan didalamnya ada nanas setengah tua untuk menambah kesedapannya tapi jika beruntung biasanya ditambah terung asam yang sangat otentik. Asam Pedas melayu ala pantai utara yang pedas dan asam serta asin gurih larut dalam satu seruput kuah sedap yang meresap kedalam daging ikan. Asal tahu juga, semua makanan disini dimasak setelah dipesan.

Ayam Bakar Pondok Balado
Ada lagi makanan yang termasuk sering saya pesan yaitu sup tahu sutera yang ditambahi dengan buncis, wortel dan kol. Kuah sup yang bening dan bumbu yang sederhana serta ditambah dengan bawang goreng membuat sup ini mampu menghangatkan tubuh. Rasa gurih berpadu dengan aroma bawang goreng yang berpadu lembutnya tahu dan segarnya sayuran. Nasi panas sangat tepat menemani sup ini. Apa lagi menu yang bisa dipesan di Pondok Balado? Coba juga Ayam dan Ikan Bakar, Ayam Rica-Ricanya Semuanya juga enak dan bisa jadi teman makan yang sungguh tepat.

Ayam Rica Rica
Ayam dan Ikan Bakarnya disajikan dengan lalapan timun, tempe tahu goreng serta pilihan sambal ijo atau sambal bajak. Semuanya bisa dipilih dan tergantung selera. Ayam bakar disajikan dengan citarasa manis gurih seperti ayam bakar jawa sedangkan ikan bakarnya disajikan dengan bumbu yang lebih merah. Ikan yang dipilih memang tidak terlalu besar sehingga dagingnya masih manis. Bumbunya meresap hingga ketulang dan membakarnya juga tepat matang sempurna. Bagaimana dengan ayam rica-ricanya. Ayam goreng berbumbu yang sudah diungkep terlebih dahulu lalu kemidian sedikit dipenyet kemudian disiram dengan tumisan cabe merah dan hijau besar berlumur saus pedas manis yang menggoda selera. Sungguh menggoda iman dan takwa.
 
Sambel Teri Uleq Special
Bagi penggemar sayuran, beberapa jenis sayur bisa dipilih. Coba saja tumis kangkung, tumis toge ikan asin atau meu mencoba tumis singkil/daun buas-buas yang tidak kalah otentiknya, bisa juga dijadikan lalapan dengan sambal cabe hijau. Ada juga tumis terung asam dan berbagai macam lalapan segar. Silakan juga mencoba kol goreng yang juga sedap.

Ikan Bakar Pondok balado
Masalah minuman, favorit saya tetap es teh tawar atau jika mau sedikit menyeimbangkan kolesterol es timun serut dengan sirup lemon atau es lidah buaya untuk menurunkan panas dalam juga bisa dipilih untuk menemani makan besar disini. Kalau ditanya harga, paket makan disediakan diatas Rp 20.000,- untuk minuman berkisar Rp 5000,- sedangkan untuk makanan berbahan ikan biasanya menyesuaikan dengan besar dan berat ikan. Harga yang ditawarkan sebanding dengan rasa yang didapatkan.

Sambel udang pete
Parkir yang luas, pelayanan yang cukup cepat dan konsep open kitchen tentu menjadi nilai plus “tidak ada dusta diantara kita”. Jika pengunjung ramai memang terasa agak lama karena makanan dipesan baru akan dimasak “fresh from the oven”. Parkir yang cukup luas dan pilihan lesehan atau duduk manis di bangku cukup bisa jadi pilihan. Jika ramai, lesehan dapat disatukan. Nilai 8,5-10 tepat disematkan untuk makanan yang sedap mantap. Otentik dan menjaga rasa asli. Jika datang pada saat jam makan maka siap-siap tidak kebagian tempat duduk. Selamat makan dan menikmati sensai pedas mantap penuh keringat.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.