Adv

7 Hal Penting dalam Menulis Kuliner Yang Baik


Menulis tentang kuliner itu tidak mudah. Saya sendiri merasakan banyak pro dan kontra yang terus bergulir. Karena menggambarkan dan menuliskan rasa bukan perkara enak dan tidak enak. Atau sekedar menuliskan 5 rasa dasar asam, asin, manis, pahit dan gurih. Menulis kuliner tentu butuh dasar yang kuat dan yang paling penting adalah passion.
 
Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Sesuatu yang bersinggungan dengan panca indera harus di tulis dengan seksama sehingga mampu menggetarkan setiap syaraf dari panca indera dan memaksa otak untuk melakukan penggambaran seperti yang diinginkan. Tentu butuh perjuangan. Bukan sekedar tulisan kosong yang tidak di mengerti sama sekali oleh pembacanya. Tantangan tentu saja banyak. Tidak sekedar ‘njeplak’!

Tanggung jawab moral yang tinggi harus tetap di jaga. Jangan sampai apa yang kita tulis justru membuat bencanabagi orang lain. Saya tidak mau di cap sebagai orang yang menghancurkan bisnis orang lain. Membangun bisnis susah jangan sampai hanya karena tulisan tentang kuliner kita membuat orang lain berang. Harus ada sopan santun yang tetap di jaga. Karena semua orang bisa membaca apa yang kita tulis jadi hati-hati dan bertanggungjawab lah.

Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Saya sendiri selalu menjaga konsistensi tulisan supaya banyak orang bisa bertandang dan mampir. Ada 7 hal penting dalam menulis kuliner yang baik.

Gambar
Dalam membuat blog kuliner, kemampuan mengambil gambar selalu saya perhatikan. Saya selalu mencoba menambahkan gambar menarik dan tidak blur. Paling tidak komposisinya gambarnya memanjakan mata. Paling tidak dasar-dasar food photography dikuasai sedikit. Gambar yang menarik pasti membuat betah pembaca.

Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Resep
Saya jarang menambahkan resep masakan atau makanan yang saya icipi. Kalaupun ada hanya untuk makanan lokal yang jarang ditemui di tempat lain. Kalaupun harus menulis resep dalam menulis tentang kuliner harus sejelas-jelasnya. Rapi dan mudah dipahami

Penulisan
Saya berusaha menulis dengan runtut dan rapi serta menghindari singkatan yang tidak dipahami dan gaya penulisan alay yang tidak lazim. Hindari juga menyingkat seperti menulis SMS karena keterbatasan jumlah huruf. Runtut dan nyaman dibaca adalah hal penting dalam menulis tentang kuliner.

Iklan
Jikalau harus menyajikan iklan, pastikan tidak mengganggu pembaca. Saya jarang sekali menambahkan pop up di blog. Kalaupun ada titipan iklan, saya usahakan untuk menyelipkan seakan akan bagian dari tulisan. Jangan terlalu memaksakan iklan yang berlebihan dalam tulisan. Kesannya terlalu lebay dan membuat tidak nyaman di baca.

Tampilan blog tak menarik
Sebenarnya, blog sederhana dengan tulisan yang mudah dibaca lebih menarik ketimbang blog dengan tampilan ramai. Estetika perlu diperhatikan. Warna tulisan, background blog, dan template mesti nyaman dan bersahabat dengan mata. Jangan sampai malah membuat perih dalam waktu 5 menit membaca.

Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Loading lama
JAngan terlalu banyak menambahkan video atau gambar tidak penting di dalam blog. Apalagi dengan tambahan macam-macam. Makin cepat makin baik. Jangan terlalu banyak hal aneh di kiri dan kanan blog. Apalagi tambahan yang tidak ada hubungan dengan kuliner.

Hal-hal tak penting di luar kuliner
Dalam blog ini memang saya khususkan menulis tentang kuliner dan traveling. Namun saya masih menulis beberapa hal lain sekitar 20% sebagai bentuk memperkaya tulisan utama. Jikalau ada menulis yang lain saya mencoba menuangkan dalam blog lain yang juga saya kelola.


Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Foto makanan ala Tukang Jalan Jajan
Mungkin setiap food blogger punya cara tersendiri untuk meawat blognya. Mudah-mudahan 7 hal penting dalam menulis kuliner yang baik ini menjadi inspirasi buat yang lain

4 komentar:

  1. Mantap tips nya, cocok untuk saya sebagai pemula. Salam blogger!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah mampir mas Mirwan. semoga bisa jadi referensi ya :)

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.