Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu

Akhirnya ayam goreng kremes legendaris dengan kuah kari yang creamy dan umami kembali lagi. Ada banyak menu makan keluarga yang nikmat di Pontianak
Kalau biasanya Tukang Jalan Jajan menikmati makanan kuah kari dengan ayam dan kentang yang sudah dimasukkan langsung dan dimasak bersamaan. Kali ini Tukang Jalan Jajan akan mengajak mengunyah ayam goreng kremes dengan kuah kari yang disajikan terpisah. Dinikmati dengan sambal yang pedesnya menggigit pelan pelan namun pasti.

Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu
Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu

Kari jadi sangat spesial dan jadi makanan yang identik dengan hari raya di Indonesia. Makana nasal India yang memiliki kuah berasa dan aroma tajam ini berhasil dieksekusi menjadi berbagai turunan di Indonesia. Cri khasnya yang menggunakan salam koja atau daun kari membuat makanan ini sangat identik. Ini juga yang menjadi makanan Ikonik dan legendaris di Ayam Pak Usu. Yuklaaaah ikutan aku makan enak disini.


Serupa tapi Tak Sama

Kari adalah masakan yang dibuat dengan berbagai bumbu rempah hingga memiliki rasa yang kuat dan pedas. Namun, perlu diketahui bahwa kari berasal dari Asia Selatan, tepatnya India. Jika Anda mengira itu berasal dari Jepang, Thailand, atau Indonesia, maka Anda salah besar!

Kari kemudian menyebar dari India ke seluruh dunia. Oleh karena itu, rasa kari kembali ke selera setiap negara. Akulturasi membuat rasa kari disesuaikan dengan lidh masing masing penikmatnya. Wajar saja jika ada yang merasa sangat cocok dengan kari Jepang yang lebih lite atau kari Thailand yang terkadang asam namun tak cocok dengan citarasa aslinya yang berasal dari India. 

Dalam membuat kari, ada banyak bumbu dan rempah-rempah yang digunakan. Yang paling umum adalah ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Namun, jenis rempah-rempah yang digunakan bervariasi tergantung pada jenis kari yang digunakan dan negara asalnya.



Akulturasi lain yang juga patut diapresiasi sebagai orang Indonesia adalah lahirnya masakan opor yang merupakan perpaduan kari dari India dan Gulai dari Arab. Opor putih dan opor kuning ini berhasil menjadi sajian busantara yang selalu identik dengan hari raya, Nikmat bukan?


Sejarah Jalur Rempah Sampai di Pontianak

Kari yang notabenenya diracik dari berbagai macam rempah asli Indonesia hasil karya rempah yang tumbuh di Nusantara, jadi rebutan banyak bangsa hingga membuat kita terjajah lebih dari 3,5 abad. Jika di Pontianak, kari sudah berpadu dengan citarasa Melayu atau Tionghoa. Keduanya menghadirkan rasa yang berbeda dan telah disesuaikan dengan masing masing lidah.

Kari Melayu akan lebih tajam dengan warna merah dari minyak cabe yang cantik, menggenang indah dipermukaan kuah dan memantulkan cahaya yang mengoda selera, sementara kari ala tionghoa yang lebihlite dengan warna kuning yang apik, walaupun rasanya lebih lite namun tetap nikmat. Tak jarang selain dimakan dengan nasi atau lontong juga disajikan bersama mie. Kembali lagi, masalah nikmat tak bisa ditawar dan memang harus disesuaikan dengan selera.


Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu

Yeaaaay! Rasa rindu Tukang Jalan Jajan kini bisa terlampiaskan kembali! Ayam goreng kremes kuah kari ayam pak usu …. I am coming! Ingin segera terbayarkan dengan langsung menuju lokasi barunya yang lebih nyaman dengan parkiran yang lebih luas. Sudah pasti menu menu barunya juga tersedia disana. 

Kuy! Kita gaskeun langsung ke Ayam Pak Usu dan mengintip kenikmatan yang ada disana?

Begitu sampai, langsung masuk k tempat yang terasa lapang dengan tema vintage dan sangat terasa tradisional. Ada yang lesehan, ada pula dengan meja kursi yang luas untuk keluarga. Tempatnya bersih dan parkirannya luas dan layanannya juga cepat.

Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu
Ayam Goreng Kremes Kuah Kari Legendaris Pak Usu

Pesanan hari ini lumayan banyak untuk mendampingi ayam goreng kremes legendaris dengan kuah kari yang creamy dan umami!

Ikan Mas Goreng Sambal Terasi Pak Usu
Ikan Mas Goreng Sambal Terasi Pak Usu

Kenikmatan ini berpadu manja diatas meja dengan nasi putih yang sudah tersaji sebakul beralaskan daun pisang! Sungguh berbahaya. 
Dibuka dengan mengunyah lumpia berisi tumisan sayuran yang renyah diluar dan sedap didalam. 

Bakwan Mangkok Pak Usu
Bakwan Mangkok Pak Usu

Lalu menikmati menu baru Ayam Pak Usu berupa bakwan mangkok yang super gede dengan kerang dibagian tengahnya. Ada rasa gurih dengan tekstur renyah yang membuat sensasi simfoni dimulut dan dicelup kuah kari sungguh nikmat.

Ikan sembilang kuah salai Pak Usu
Ikan sembilang kuah salai Pak Usu

Bagi pecinta makanan berkuah, Ikan sembilang kuah salai ini benar benar cocok dipadukan dengan nasi dan tumis pakis yang kemudian ditambahkan sambal pedas gurih dengan rasa terasi tipis tipis. Ikan yang sudah di #salai memberikan aroma dan citarasa khas, smokynya yang bold, kemungkinan dari arang kelapa berenang dalam masak lemak yang super gurih. Coba makan bagian perut ikan yang berlemak, duh gusti! Ini lumer dimulut ya! Ngga ada lawan.

Ikan mas goreng dengan sambalnya juga sedap dimakan dengan aneka lalapan , agak kaget begitu ketemu rebung yang disajikan sebagai lalapan! Langsung dimandikan sambal biar tambah nikmat. Tak ketinggalan udang tumis pete yang sudah pasti memberikan sensasi tersendiri yang sulit diungkapkan dengan kata kata

Lalapan Pak Usu
Lalapan Pak Usu

Ditutup dengan kesegaran Es lidah buaya dan Es ce huntiau yang sudah pasti segar dengan aneka tekstur yang ramai didalam mulut! Ahh… bongko, kusuka sekali tekstur dan rasanya!

Terbayarkan sekali rasa kangen ini! Tempat makan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga dengan aneka menu yang bisa memanjakan semua selera!


Konsep Baru Ayam Pak Usu Pontianak

Re-Opening Ayam Pak Usu memang memberikan suasana baru dari lokasinya yang terasa lebih lapang, terutama parkirannya. Apalagi dibagian dalamnya sudah didesain lebih tradisional dan etnik. Dengan dua jenis pilihan duduk, duduk dengan meja kursi atau duduk lesehan. Makanannya lebih banyak jenisnya dan sudah pasti menyesuaikan kenikmatan banyak orang

Bolah dibilang Ayam Pak Usu lebih family able. Banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera seluruh anggota keluarga. Makan lebih nyaman karena lebih lapang dan luas. Pelayanannya juga cepat dan sat set!

Ayam Pak Usu
Jl. Putri Candramidi (Podomoro) No 10, Pontianak Buka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB (Setiap Hari)

Makan apa kamu hari ini? Selamat Makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.