Tiga Lokasi Makan Enak Singkawang

Rasanya ada yang kurang kalauhanya menikmati suasana Singkawang tapi tidak menikmati Nasi Goreng Ali Loncat, Warung Laut by Condong Square, Rindu Rasa
Rasanya ada yang kurang kalau Tukang Jalan Jajan hanya menikmati suasana Singkawang tapi tidak menikmati makanannya yang beragam. Begitu sampai di kota amoy ini,  langsung menyusun jadwal makan enak yang bisa dikunjungi. Rasanya sudah tak sabar indera perasa untuk segera dimanjakan.

Tiga Lokasi Makan Enak Singkawang
Tiga Lokasi Makan Enak Singkawang

Nah, bagi yang bulak balik ke Singkawang, tentu sudah tahu lokasi mana saja yang harus dikunjungi, tapi asal tahu saja. ada beberapa lokasi anti mainstream yang jangan sampai terlewatkan. Tukang Jalan Jajan mendapat beberapa rekomendasi dari teman dan ternyata rasanya benar benar bikin bahagia! Semoga bisa jadi rekomendasi juga buat teman teman yang mau main main ke Singkawang.

3 Lokasi Makan Enak Singkawang

Kuliner di Singkawang memang didominasi oleh citarasa Melayu dan Tionghoa, beberapa juga makanan hasil akulturasi budaya. Rasanya sayang untuk dilewatkan untuk datang langsung dan mencoba makanannya langsung. Walaupun tak punya waktu banyak tapi masih mudah untuk dikunjungi.

Nasi Goreng Ali Loncat

Lhooooo kok namanya unik begini. Jangan tanya Tukang Jalan Jajan mengapa ini terjadi. Tapi begitu datang sudah banyak orang berjejer yang menunggu nasi goreng untuk dibungkus bawa pulang. Ini harusnya jadi salah satu nasi goreng andalan Singkawang. Thanks rekomendasinya @rachy_rasel yang sudah memberi ide untuk icip makan dimana.

Apakah nasi goreng Ali Loncat ini termasuk Hidden Gem di Singkawang? Hahaha saya ngga tahu juga, begitu datang menjejakkan kaki disini, sudah langsung disambut aroma nasi goreng yang mengajak lidah saya untuk segera mencicipi. Seperti "ngajak berantem" , aroma berani cabe, terasi dan pete langsung memberikan bogem ke hidung saya

Ada banyak pilihan sajian nasi goreng aneka rasa yang bisa dipilih, mulai dari seafood, sapi, udang, pete, ayam semuabisa diracik jadi nasi goreng yang harumnya mengajak adu gulat di perut


Saya sampai penasaran mengapa ada nama loncat dibelakang Ali. Apakah atraksinya sama seperti bakmie loncat? Masih ada hubungan saudara?


Saya hanya berasumsi bahwa Pak Ali punya kemampuan meracik nasi goreng sembari atraksi tapi selama saya disana tak sekalipun nasinya terlempar ke udara 

Tapi jika dilihat dari dekat, nasinya yang berada didalam wok melompat lompat karena suhunya yang super panas!Jika dilihat, kemahiran Pak ali loncat ini terlihat dari bagaimana ia meracik aneka saus yang dimasukkan kedalam nasi, aroma smoky yang dihasilkan benar benar memaksa perut harus lapar.

Tak sabar menunggu nasi goreng pete dan seafood pesanan saya tersaji diatas meja. Nasinya pera khas nasi goreng tapi tetap nyaman dikunyah. Aroma saus dan smoky beradu menggoda saraf kenikmatan. Rasa gurih beradu pedas sesuai pesanan saya, dengan rasa manis kecap tipis tipis

Cumi yang dimasukkan nyaman sekali dikunyah dengan tingkat kematangan yang pas, rasa gurih bawang putih beradu tipis dengan lada dan saus raja rasa plus kecap ikan. Dipadukan dengan pete menimbulkan sensasi yang pas dengan tekstur kunyah yang menyenangkan

Suap demi suap tak terasa bersama dengan telur dadar yang nikmat. Sepiring rasanya kurang apalagi acarnya yang segar dengan manis tipis benar benar menyempurnakan rasa.

This is awesome nasi goreng! Die Die Must Try kalo ke Singkawang

Warung Laut by Condong Square 

Sudah lama ngga makan seafood! nyampe Singkawang, Tukang Jalan Jajan langsung nyobain warung Seafood di Condong Square, sebelumnya sudah pernah mencoba makan di cabangnya yang ada di Pontianak. Ini juga atas rekomendasi teman lam, Pucha.

Ternyata menu disini lumayan banyak dan sayangnya saya kehabisan kepiting, Jadi kami mencoba seafood platter untuk berdua dengan isian udang, kerang dan cumi  disajikan dengan kuah berbumbu saus padang yang pedas sopan dengan rasa gurih, Asin berbalut manis tipis dengan kuah kental yang diberi kocokan telur. Ada tambahan potongan jagung manis yang membuat porsi berdua ini jadi tambah banyak.

Warung Laut by Condong Square Saus Padang
Warung Laut by Condong Square, Seafood Platter Saus Padang

Ukuran udangnya besar besar, memudahkan untuk dimakan dan dikuliti cangkangnya. Tingkat kematangan yang tepat dengan kesegaran yang baik membuat udang ini makin ginuk ginuk manja, siap dihempaskan ke dalam mulut. Setelah dikuliti langsung cocolin saus dan hempaskan kemulut yes!

Begitu juga dengan udang dan cuminya, kesegaran bahan berpadu dengan cara memasak yang benar membuat tukang Jalan Jajan menikmati setiap suapan  

Makanan lain yang bersarang di meja adalah Chicken pop yang krispi dengan ukuran gede bongsor, terlihat manja untuk segera dikunyah. Daging ayam ini begitu empuk dan juicy saat dikunyah. Tepungnya benar benar krispi. Aku ngga pake saosnya karena langsung dicocolin ke saus udah yang melimpah ruah.

Ini juga perlu dapet atensi! Tongkol asapnya sedap. Sambal gurih pedas manis terlihat indah membalur potongan tongkol ukuran kecil. Aroma asapnya benar benar menyempurnakan rasanya. Sayang potogan tongkolnya kecil ya. Padahal ini enak sih, tapi kurang hahahaha! Endooowlitaaaah geungges wajib coba
.
Menu Warung Laut by Condong Square
Menu Warung Laut by Condong Square

Sayur capcaynya juga oke ya! Gurih dengan manis tipis dari aneka sayuran dan yang paling penting. Tingkat kematangannya pas banget! Beneran pas sama semua protein yang tersaji di meja

Duhhhh! kalau tahu enak enak begini saya pesen menu yang lain juga deh

Rindu Rasa yang Beneran Bikin Rindu

Saya diajak menikmati masakan cepat saji bukan ayam goreng tapi memang banyak menu yang dimasak dengan cepat dan segera. Teman saya, Pucha yang kembali memperkenalkan tempat ini, disini banyak menu rumahan yang biasanya dijadikan menu harian dirumah.

Tempat ini kabarnya memiliki banyak cabang, chef sekaligus pemiliknya pernah bekerja disalah satu restoran terkenal sebelum memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Pantasan, rasanya sedikit 'nyerempet' dengan tempat kerja sebelumnya.

Menu Rindu Rasa Singkawang
Menu Rindu Rasa Singkawang

Capcay seafood dengan kuah banyak menjadi salah satu pilihan makan siang saya disini, sayurannya terlihat segar dengan warna yang masih cerah, sawi dan wortel masih terasa renyah dengan kuah kental yang gurih. Disajikan panas panas didalam pot keramik yang tertutup dan mengunci aroma sedapnya.

Menu lainnya adalah mie tomyam yang isiannya hampir sama dengan capcay seafood namun menggunakan saus tomyam sehingga menciptakan rasa asam segar yang gurih dan nikmat. cocok dinikmati saat siang yang panas di Singkawang.

Nasi goreng ikan nasin dengan gaya hongkong style, aroma smooky dengan gurihnya ikan asin beradu pas didalam nasi yang ambyar. Potongan cabenya memberikan rasa pedas nikmat dan disempurnakan dengan acar timun yang manis segar. Sedaaaaaap!

Terakhir, untuk lauk yang melengkapi semuanya ada ayam asam manis yang renyah diluar namun empuk didalam. Daging tanpa tulang dengan saus asam manis yang semakin gurih dengan taburan wijen. Duhhhh! bisa kebayang kan saat berpadu didalam mulut?


Alamat Tiga Lokasi Makan Enak Singkawang

Nasi goreng Ali Loncat
Disebelah Toko Zippo, Jl. Kepol Mahmud No.18, Pasiran, Kec. Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123

Warung Laut by Condong Square 
Jl. Pramuka No.5A, Condong, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111

Kedai Rindu Rasa 
Jl. Alianyang, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123

Mungkin bagi pengguna mobil, agak susah mencari parkiran kalau lagi ramai. terutama Nasi Goreng Ali Loncat yang memang tidak menyediakan lahan parkir. Selamat mencari kenikmatan di Singkawang, selamat makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.