Tiga Lokasi Nongkrong di Singkawang

tiga lokasi nongkrong di SIngkawang. warung kopi rusen, Kibae House Singkawang, Food court Kulor. Rujak ebi singkawang, kopi susu, pisang goreng
Santai di Singkawang juga bisa sambil nongkrong lho! Ngga melulu warung kopi, banyak juga tempat santai yang tersebar hampir merata di seluruh Singkawang. Walaupun memang banyak disekitar Pecinan tapi banyak pula yang 'nyempil' disudut jalan atau didalam gang.

Tiga Lokasi Nongkrong di Singkawang
Tiga Lokasi Nongkrong di Singkawang

Memang ada juga yang berada didalam Hotel dengan harga yang jauh berbeda. Selain menawarkan rasa dan kelas yang berbeda, tentu ada vibes yang juga akan terasa seru untuk coba dinikmati. Apalagi masing masing tempat punya keunikannnya sendiri

3 Lokasi Nongkrong di Singkawang

Kembali lagi, masing-masing orang punya preferensinya untuk nongkrong dimana saat bertandang ke Singkawang, namun ditulisan kali ini, tukang jalan jajan mencoba menghadirkan 3 vibes yang berbeda di setiap tempat. Tergantung sukanya dimana dan penasaran mencoba yang seperti apa. Selamat mencoba

Menyecap Kopi Lendaris di Rusen

Banyak narasi yang menuliskan bahwa ini kedai kopi tertua di Singkawang, namun nyatanya narasi ini tidak benar karena masih banyak warkop yang berkali kali lebih tua. Namun jika berbicara bangunan, tempat ini memang sudah jadul karena bekas losmen di jantung Pecinan Singkawang

Seperti kebanyakan warung kopi di Kalimantan Barat, kedai kopi ini menyusun meja kecil dengan personal space yang hampir tidak ada. Ada banyak foto-foto jadul disekeliling warung kopi yang menceritakan bagaimana Singkawang tempo dulu. 

Cemilan disini dan penyajian kopi di Rusen sudah jauh modern. Cemilan seperti tela-tela, kentang goreng hingga pisang goreng dengan lapisan serikaya yang kuning mengkilap. Pilihan pas untuk melengkapinya adalah kopi susu es yang mampu mendinginkan suasana sore atau Vietnam Drip Coffee yang hangat. Rasa kopi yang tebal dengan jejak asam dan meninggalkan rasa sedikit gosong terasa pas dengan tambahan susu yang gurih.

Tukang jalan jajan memilih lantai dua supaya bisa melihat sekeliling Rusen. Dibagian belakang ada mural dengan pemandangan rumah tua yang dilewati sungai berair keruh sementara disisi lain ada pemandangan kelenteng Tri Dharma Bumi dan pecinan yang sekilas seperti bagian jaring laba-laba.

Vietnam drip di warung kopi Rusen Singkawang
Vietnam drip di warung kopi Rusen Singkawang

Pantas saja tempat ini jadi favorit karena pemandangan dari luar emang terlihat bagus dan cocok bagi yang ingin menikmati hiruk pikuk Singkawang dengan jelas. Terima kasih Maspuchatun, sudah mengajak saya mampir kesini

Food Court Belakang Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya Kulor

Nyobain aneka kuliner yang ada di Sang Kheu Jong yang enak enak. Salah satu yang ngga boleh ketinggalan adalah aneka rujak ebinya.

Pujasera dengan pemandangan kaki gunung ini berada dibagian belakang pelataran Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya Kulor yang juga dikenal dengan Kelenteng Thai Pak Kung. Klenteng yang memang terkenal dengan pemandangan spektakuler dan sangat instagramable.

Kini beragam makanan khas Singkawang mulai dari makanan ringan hingga makanan berat bisa Anda temukan di food court ini. Anehnya dari semua kedai yang ada disini, rata rata jualannya sama, kalau ngga macem-macem rujak ya aneka mie dan choipan

Rujak Buah Rujak Mangga Rujak Ebi Foodcourt Kulor Singkawang
Rujak Buah Rujak Mangga Rujak Ebi Foodcourt Kulor Singkawang

Pesananku Rujak Ebi ,Rujak Mangga, Rujak Buah dan Chai kwe alias choipan. Ini salah satu alternatif buat menikmati semua menu khas Singkawang dalam satu tempat. Semuanya mantap dan tak ada yang mengecewakan. 

BTW untuk menuju tempat makan ini, Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter dari tempat parkir pagoda dan menyeberangi jembatan yang juga sering dijadikan spot foto Instagram.

Thanks buat @thisiswulan__ dan @yolandavntsya yang udah ngasi tahu dan ngajakin kesini, walaupun mesti nungguin hampir 3 jam huru hara yes!

Ki-Bae House Singkawang

Tukang Jalan Jajan di ajak gerombolan teman kampus waktu pertama kali mampir kesini. Adanya di Poolside hotel Dangau Singkawang. Tempatnya beneran ciamik, ada disebelah kolam renang yang kemungkinan cakep kalau menikmati sunset disini. Banyak juga sudut yang ciamik untuk sekedar berfoto.

Sayangnya Tukang Jalan Jajan datang malam hari, saat libur panjang sehingga tempat ini dipenuhi pelanggan. Kondisinya kurang mendukung untuk mencicipi makanan atau minuman.

Hawaian Pizza Kibae House Singkawang
Hawaian Pizza Kibae House Singkawang

Pesanan hari ini adalah Pizza meat lover dan Hawaian, minumannya Red Velvet. Pelayan yang super sibuk wara wiri  membuat tempat ini padat dan penuh sesak. Untuk minuman, harus menunggu lebih dari 30 menit sementara makanannya harus 1 jam an

Pizza meat lover Kibae House Singkawang
Pizza meat lover Kibae House Singkawang

Boleh di bilang Pizzanya ini enak, dengan dough yang tidak tebal dan topping yang berlimpah. Saus tomat dan rempah italia terasa cukup tebal. Well seasoning! Hawaiannya bikin happy karena ada potongan ayam yang bagus teksturnya dan nanas segar yang menyempurnakan rasa maupun tekstur. Ini salah satu pizza enak yang patut dicoba jika berkunjung kesini. Thanks sudah mengajak ke sini Fariqah Nabilah dengan kemacetan Singkawang saat Imlek

Semua Punya Ciri Khas 

Bagaimana? bisa merasakan keunikan yang berbeda di masing masing tempat kan? jangan lupa nikmati vibes nya. Semoga suka ya!

Warung Kopi Rusen
Jl. Budi Utomo, Condong, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111

Food Court Kulor
(Belakang Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya Kulor)
Kelurahan Sanggau Kulor, Kecamatan Singkawang Timur

Kibae House 
(Poolside Hotel Dangau Singkawang)
Jl. Ahmad Yani No.108, Pasiran, Kec. Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123

Selamat Menikmati dan Salam Yumcez dari Singkawang

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.