Gorengan Soedarso Singkawang, Ada Kualitas Ada Harga

gorengan Soedarso / Gorengan AQU silakan langsung ke di Jalan Alianyang, depan Gang Nyiur, Kelurahan Pasiran dan Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Melayu
Siapa yang ngga bisa menolak gorengan saat berbuka puasa atau momen nyemil? Kalo iya, bukan jadi masalah karena hakikatnya orang Indonesia memang doyan kudapan yang satu ini termasuk Tukang Jalan Jajan. Gorengan hangat yang renyah saat digigit, menghadirkan sensasi dan bunyi menarik saat beradu didalam mulut.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan Sudarso Singkawang / AQU

Jadi, Gorengan adalah istilah yang mencakup berbagai jenis makanan yang dicelup kedalam tepung baru kemudian dimasukkan dalam minyak panas yang banyak. Proses pematangannya menghasilkan sesuatu yang renyah dan kriuk dibagian luarnya. Gorengan adalah makanan ringan populer di Indonesia. Tidak salah, jika makanan ini adalah konsumsi masyarakat paling populer. Cemilan sendiri merujuk keberbagai jenis cemilan, mulai dari gorengan tradisional hingga kekinian. Makanan makanan benar-benar cocok untuk menjadi camilan sambil minum kopi dan teh.


Asal Muasal Gorengan

Gorengan bukan asli Indonesia, dari prasati Rukam dan prasasti lain yang ditemukan di tanah Jawa dan Bali, pengolahan makanan nusantara ebih banyak dengan cara diasinkan, dikeringkan lalu dipanggang, direbus, dikukus hingga dipepes.Pada suku suku tua yang masih ada di Nusantara seperti Mentawai, tidak ditemukan cara memasak dengan teknik menggoreng.

Sejarawan Denys Lombard juga menulis jika teknik menggoreng pertama kali diperkenalkan oleh orang Tionghoa yang dimana minyak hingga kuali untuk menggoreng dibawa dari negeri Tirai Bambu menyeberang hingga Indonesia. Tidak hanya itu, teknik menggoreng stir fry (jian chao) dan deep fry (Zha). Jadi stir fry ini hanya menggoreng sebentar untuk mendapatkan warna atau tekstur tertentu dengan minyak yang tak banyak dan waktu yang cepat. Berkebalikan dengan deep fry yang harus dengan minyak banyak hingga bahan tenggelam.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan siap saji!

Nah di Indonesia, jian chao ini dikenal juga dengan cara menumis. Teknik ini juga didapat dari bangsa Tionghoa saat menemukan peralatan yang dibuat dari besi pada abad ke 3 - 6 selama Dinasti Wei. 

Catatan sejarah Indonesia ada di serat Centhini karya para Pujangga Keraton Surakarta yang dipimpin Snan Pakubuwono V yang selesai ditulis tahun 1814. DIsana termaktub dalam sesaji upacara, beragam lauk pauk untuk kenduri pernikahan terdapat aneka bahan makanan yang berasal dari daging yang ditusuk, disapit, dibakar, digoreng, direbus hingga dikukus. Bahkan ada beberapa sayuran yang ditumis.

Di Indonesia sendiri, kebiasaan memasak dengan menggoreng saat buah kelapa bisa diolah dan diambil minyaknya hingga abad ke 19 perkebunan sawit mulai ada di Indonesia.


Mengapa Gorengan Sangat Diminati Orang Indonesia
Asosiasi pangan Indonesia mencatat, selain rasa sangat lezat, renyah dan gurih, ada beberapa alasan mengapa makanan goreng bisa menjadi makanan favorit masing-masing.

1. Murah
Termasuk kategori Murah, Enak Banyak. Tentu ini bakalan sanga=t menarik pembeli. Dulu, sebelum minyak goreng naik, di Pontianak masih sekitar 1000 rupiah perbiji sekarang variasinya 1500-2000 rupiah. Uang sepuluh ribu bisa mendapatkan aneka gorengan yang hangat

Terutama ketika kondisi keuangan bokek, makanan ringan goreng ini bisa menjadi makanan pemadam kelaparan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa makanan goreng ini menjadi camilan yang sangat dicintai banyak orang


2. Cocok disandingkan dengan Cabe
Bagi orang Indonesia, cabe dan sambal adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari makan. Beberapa gorangan bisa dinikmati dengan cabe yang pedas. Tidak heran, gorengan dan cabe jadi sahabat sejati yang sudah untuk dipisahkan satu sama lain.


3. Makanan Praktis
Gorengan merupakan makanan cepat saji yang tidak membutuhkan waktu lama dalam proses menggorengnya. Proses presentasi tidak terlalu rumit, membuat makanan ini goreng makanan cepat saji. Apalagi sekarang gorengan sudah tersaji dalam pilihan makanan frozen food. Menyiapkannya hanya butuh waktu 10-15 menit saja.


4. Rasanya lezat
Ini adalah alasan utama untuk makanan goreng adalah makanan paling disukai di semua. Karena makanan yang goreng ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Apalagi sensasi saat dikunyah, ada suara kriuk yang meningkatkan semangat untuk makan dan menunyah terus.


5. Mudah mendapatkan
Camilan sederhana ini sangat mudah untuk ditemukan, hampir disepanjang jalan atau sudut jalan ada penjual gorengan atau jika ingin membuatnya sendiri di rumah tidak repot. Cukup mempersiapkan adonan tepung dicampur dengan jenis bahan yang bisa dibuat menjadi gorengan.

Nah, bagaimana? Apakah ada yang sependapat atau ada yang mau ditambahkan? dikolom komentar ya!


Gorengan Soedarso Singkawang, Selalu di Cari

Mahal tapi dicari, Gorengan Soedarso namanya, Ini versi kantong Tukang Jalan Jajan lho ya. Sedikit terkejut karena ada gorengan premium yang direkomendasikan temen yang bela belain ke Singkawang hanya untuk beli pisang goreng! Saya yang sedang eksplore Singkawang jadi ikut ikutan penasaran. Saat minyak belum naik saja harganya sudah 2500 perbiji. Entah sekarang?

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
selain goreng pisang ada banyak gorengan jenis lainnya

Gorengan soedarso ini beragam, mulai dari tahu isi, bakwan, ubi jalar goreng, tempe, kue bom sampai sang primadona Pisang goreng. Jangan salah, selain tersedia yang matang ada juga yang setengah matang dan sudah difrozen serta vakum! Keren kan! Tipe Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang pas matangnya.

Harga sebuah mulai 2500 rupiah, sudah pasti rahasianya adalah bahan berkualitas. Seperti pisang kepok nya yang memiliki tingkat kematangan yang pas sehingga rasa manis dan teksturnya juga bagus. Dibalur dengan tepung yang buttery dan gurih renyah. Makan selagi panas, satu ngga pernah cukup.

Pemiliknya bernama Chia Sun Chian alias Akuh (40 tahun) dan sudah memiliki dua gerai, katanya bahannya sederhana terbuat dari belahan Pisang Kepruk, gula pasir, dan tepung terigu dan sudah berjualan kurang lebih 12 tahun. Wahhhh lama juga ya


Gorengan Soedarso Singkawang, Ada Kualitas Ada Harga

Memulai mengeksplorasi tahu isi yang gemuk dengan selimut tepung yang golden brown dan terlihat renyahh. Menggunakan tahu singkawang dengan isian full bihun dengan aroma bawang putih yang cakep menggoda dan rasa gurih ebi yang sedap. Belum lagi rasa cabe cairnya yang balance antara pedas, manis, asam, asin dan garlicy. Kageeet yeeees

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan disini renyah dan gurih. Pelanggan banyak

Tukang jalan jajan juga sempat mengintip minyak goreng yang pas panasnya dengan keadaan minyak yang bersih. Rasanya senang sekali melihat bahan bahan makanan ini dicemplungkan ke sana dan mengeluarkan gelembung dan bunyi krispi.

Btw ubi jalarnya juga muanteeep, empuk dan manis alami. Duhh aroma ubinya nya beneran menggoda bener! ini benar benar pas untuk dinikmati dengan secangkir kopi atau teh melati di sore hari. 

Lain lagi dengan bakwannya yang terlihat tipis dan renyah dibagian luarnya, full dengan potongan daun kucai yang diiris kurang lebih setengah centi, rapi jali memenuhi permukaan bakwan yang juga ditambahi udang rebon kering. Ini pas dengan cabenya yang pedas menggigit

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan pisang dan ubi jalarnya endulzzz!

Pisang gorengnya adalah yang utama dan terutama. Bentuknya seperti pisang kipas namun tidak terlalu tipis sehingga saat dikunyah masih lembut dan terasa manis. Pisangnya tidak terlalu matang namun sudah tua sehingga setelah digoreng, tidak lonyot dan masih bertekstur. Tepung yang membalut juga terasa renyah dan nyaman saat dikunyah. Pantas saja, teman saya sampai beli 100 pieces versi frozennya


Orang Indonesia Cinta Gorengan

Orang Indonesia termasuk saya, doyan banget makan gorengan. Sensasi renyah dan krispinya. Gorengan mempunyai aroma dan cita rasa yang menggoda. Hal inilah juga yang menjadi salah satu alasan orang Indonesia menyukai gorengan. Aroma makanan yang digoreng akan memberikan persepsi bahwa gorengan merupakan makanan yang lezat, dan sehingga mudah diterima di otak kita.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Tahu goreng dan bakwannya juga mantap

Kebiasaan membuat makanan serba digoreng ini karena makanan yang digoreng lebih cepat dibuat, rasanya enak, serta praktis karena cukup tepung diberi air dan garam sedikit lalu digoreng.

makanan yang digoreng penampakannya lebih menantang dibanding makanan yang direbus atau di bakar. Kalau disuguhi ayam rebus dan ayam goreng, banyak yang lebih memilih ayam goreng soalnya penampakannya lebih menarik selera.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Bisa beli setengah mateng

Ingin mencoba gorengan Soedarso / Gorengan AQU ? silakan langsung ke di Jalan Alianyang, depan Gang Nyiur, Kelurahan Pasiran dan Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.