11 Agustus 2022

Gorengan Soedarso Singkawang, Ada Kualitas Ada Harga

Siapa yang ngga bisa menolak gorengan saat berbuka puasa atau momen nyemil? Kalo iya, bukan jadi masalah karena hakikatnya orang Indonesia memang doyan kudapan yang satu ini termasuk Tukang Jalan Jajan. Gorengan hangat yang renyah saat digigit, menghadirkan sensasi dan bunyi menarik saat beradu didalam mulut.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan Sudarso Singkawang / AQU

Jadi, Gorengan adalah istilah yang mencakup berbagai jenis makanan yang dicelup kedalam tepung baru kemudian dimasukkan dalam minyak panas yang banyak. Proses pematangannya menghasilkan sesuatu yang renyah dan kriuk dibagian luarnya. Gorengan adalah makanan ringan populer di Indonesia. Tidak salah, jika makanan ini adalah konsumsi masyarakat paling populer. Cemilan sendiri merujuk keberbagai jenis cemilan, mulai dari gorengan tradisional hingga kekinian. Makanan makanan benar-benar cocok untuk menjadi camilan sambil minum kopi dan teh.


Asal Muasal Gorengan

Gorengan bukan asli Indonesia, dari prasati Rukam dan prasasti lain yang ditemukan di tanah Jawa dan Bali, pengolahan makanan nusantara ebih banyak dengan cara diasinkan, dikeringkan lalu dipanggang, direbus, dikukus hingga dipepes.Pada suku suku tua yang masih ada di Nusantara seperti Mentawai, tidak ditemukan cara memasak dengan teknik menggoreng.

Sejarawan Denys Lombard juga menulis jika teknik menggoreng pertama kali diperkenalkan oleh orang Tionghoa yang dimana minyak hingga kuali untuk menggoreng dibawa dari negeri Tirai Bambu menyeberang hingga Indonesia. Tidak hanya itu, teknik menggoreng stir fry (jian chao) dan deep fry (Zha). Jadi stir fry ini hanya menggoreng sebentar untuk mendapatkan warna atau tekstur tertentu dengan minyak yang tak banyak dan waktu yang cepat. Berkebalikan dengan deep fry yang harus dengan minyak banyak hingga bahan tenggelam.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan siap saji!

Nah di Indonesia, jian chao ini dikenal juga dengan cara menumis. Teknik ini juga didapat dari bangsa Tionghoa saat menemukan peralatan yang dibuat dari besi pada abad ke 3 - 6 selama Dinasti Wei. 

Catatan sejarah Indonesia ada di serat Centhini karya para Pujangga Keraton Surakarta yang dipimpin Snan Pakubuwono V yang selesai ditulis tahun 1814. DIsana termaktub dalam sesaji upacara, beragam lauk pauk untuk kenduri pernikahan terdapat aneka bahan makanan yang berasal dari daging yang ditusuk, disapit, dibakar, digoreng, direbus hingga dikukus. Bahkan ada beberapa sayuran yang ditumis.

Di Indonesia sendiri, kebiasaan memasak dengan menggoreng saat buah kelapa bisa diolah dan diambil minyaknya hingga abad ke 19 perkebunan sawit mulai ada di Indonesia.


Mengapa Gorengan Sangat Diminati Orang Indonesia
Asosiasi pangan Indonesia mencatat, selain rasa sangat lezat, renyah dan gurih, ada beberapa alasan mengapa makanan goreng bisa menjadi makanan favorit masing-masing.

1. Murah
Termasuk kategori Murah, Enak Banyak. Tentu ini bakalan sanga=t menarik pembeli. Dulu, sebelum minyak goreng naik, di Pontianak masih sekitar 1000 rupiah perbiji sekarang variasinya 1500-2000 rupiah. Uang sepuluh ribu bisa mendapatkan aneka gorengan yang hangat

Terutama ketika kondisi keuangan bokek, makanan ringan goreng ini bisa menjadi makanan pemadam kelaparan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa makanan goreng ini menjadi camilan yang sangat dicintai banyak orang


2. Cocok disandingkan dengan Cabe
Bagi orang Indonesia, cabe dan sambal adalah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dari makan. Beberapa gorangan bisa dinikmati dengan cabe yang pedas. Tidak heran, gorengan dan cabe jadi sahabat sejati yang sudah untuk dipisahkan satu sama lain.


3. Makanan Praktis
Gorengan merupakan makanan cepat saji yang tidak membutuhkan waktu lama dalam proses menggorengnya. Proses presentasi tidak terlalu rumit, membuat makanan ini goreng makanan cepat saji. Apalagi sekarang gorengan sudah tersaji dalam pilihan makanan frozen food. Menyiapkannya hanya butuh waktu 10-15 menit saja.


4. Rasanya lezat
Ini adalah alasan utama untuk makanan goreng adalah makanan paling disukai di semua. Karena makanan yang goreng ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Apalagi sensasi saat dikunyah, ada suara kriuk yang meningkatkan semangat untuk makan dan menunyah terus.


5. Mudah mendapatkan
Camilan sederhana ini sangat mudah untuk ditemukan, hampir disepanjang jalan atau sudut jalan ada penjual gorengan atau jika ingin membuatnya sendiri di rumah tidak repot. Cukup mempersiapkan adonan tepung dicampur dengan jenis bahan yang bisa dibuat menjadi gorengan.

Nah, bagaimana? Apakah ada yang sependapat atau ada yang mau ditambahkan? dikolom komentar ya!


Gorengan Soedarso Singkawang, Selalu di Cari

Mahal tapi dicari, Gorengan Soedarso namanya, Ini versi kantong Tukang Jalan Jajan lho ya. Sedikit terkejut karena ada gorengan premium yang direkomendasikan temen yang bela belain ke Singkawang hanya untuk beli pisang goreng! Saya yang sedang eksplore Singkawang jadi ikut ikutan penasaran. Saat minyak belum naik saja harganya sudah 2500 perbiji. Entah sekarang?

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
selain goreng pisang ada banyak gorengan jenis lainnya

Gorengan soedarso ini beragam, mulai dari tahu isi, bakwan, ubi jalar goreng, tempe, kue bom sampai sang primadona Pisang goreng. Jangan salah, selain tersedia yang matang ada juga yang setengah matang dan sudah difrozen serta vakum! Keren kan! Tipe Pisang yang digunakan adalah pisang kepok yang pas matangnya.

Harga sebuah mulai 2500 rupiah, sudah pasti rahasianya adalah bahan berkualitas. Seperti pisang kepok nya yang memiliki tingkat kematangan yang pas sehingga rasa manis dan teksturnya juga bagus. Dibalur dengan tepung yang buttery dan gurih renyah. Makan selagi panas, satu ngga pernah cukup.

Pemiliknya bernama Chia Sun Chian alias Akuh (40 tahun) dan sudah memiliki dua gerai, katanya bahannya sederhana terbuat dari belahan Pisang Kepruk, gula pasir, dan tepung terigu dan sudah berjualan kurang lebih 12 tahun. Wahhhh lama juga ya


Gorengan Soedarso Singkawang, Ada Kualitas Ada Harga

Memulai mengeksplorasi tahu isi yang gemuk dengan selimut tepung yang golden brown dan terlihat renyahh. Menggunakan tahu singkawang dengan isian full bihun dengan aroma bawang putih yang cakep menggoda dan rasa gurih ebi yang sedap. Belum lagi rasa cabe cairnya yang balance antara pedas, manis, asam, asin dan garlicy. Kageeet yeeees

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan disini renyah dan gurih. Pelanggan banyak

Tukang jalan jajan juga sempat mengintip minyak goreng yang pas panasnya dengan keadaan minyak yang bersih. Rasanya senang sekali melihat bahan bahan makanan ini dicemplungkan ke sana dan mengeluarkan gelembung dan bunyi krispi.

Btw ubi jalarnya juga muanteeep, empuk dan manis alami. Duhh aroma ubinya nya beneran menggoda bener! ini benar benar pas untuk dinikmati dengan secangkir kopi atau teh melati di sore hari. 

Lain lagi dengan bakwannya yang terlihat tipis dan renyah dibagian luarnya, full dengan potongan daun kucai yang diiris kurang lebih setengah centi, rapi jali memenuhi permukaan bakwan yang juga ditambahi udang rebon kering. Ini pas dengan cabenya yang pedas menggigit

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Gorengan pisang dan ubi jalarnya endulzzz!

Pisang gorengnya adalah yang utama dan terutama. Bentuknya seperti pisang kipas namun tidak terlalu tipis sehingga saat dikunyah masih lembut dan terasa manis. Pisangnya tidak terlalu matang namun sudah tua sehingga setelah digoreng, tidak lonyot dan masih bertekstur. Tepung yang membalut juga terasa renyah dan nyaman saat dikunyah. Pantas saja, teman saya sampai beli 100 pieces versi frozennya


Orang Indonesia Cinta Gorengan

Orang Indonesia termasuk saya, doyan banget makan gorengan. Sensasi renyah dan krispinya. Gorengan mempunyai aroma dan cita rasa yang menggoda. Hal inilah juga yang menjadi salah satu alasan orang Indonesia menyukai gorengan. Aroma makanan yang digoreng akan memberikan persepsi bahwa gorengan merupakan makanan yang lezat, dan sehingga mudah diterima di otak kita.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Tahu goreng dan bakwannya juga mantap

Kebiasaan membuat makanan serba digoreng ini karena makanan yang digoreng lebih cepat dibuat, rasanya enak, serta praktis karena cukup tepung diberi air dan garam sedikit lalu digoreng.

makanan yang digoreng penampakannya lebih menantang dibanding makanan yang direbus atau di bakar. Kalau disuguhi ayam rebus dan ayam goreng, banyak yang lebih memilih ayam goreng soalnya penampakannya lebih menarik selera.

Gorengan Sudarso Singkawang / AQU
Bisa beli setengah mateng

Ingin mencoba gorengan Soedarso / Gorengan AQU ? silakan langsung ke di Jalan Alianyang, depan Gang Nyiur, Kelurahan Pasiran dan Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

54 comments

Aku kalau beli gorengan, maunya gorengan yg baru matang, masih panas gitu. Lihat fotonya aja udah kebayang kriuknya, yg bikin renyah itu tuh tepung beras nggak sih, tapi kalau bikin sendiri kok beda, nggak kayak beli di pinggir jalan, hihihi

Saya itu mengenal penjual gorengan saat merantau ke Jakarta tahun 1998, Mas. Di Makassar ada, tapi kalau jualan tidak banyak jenis. Kalau bakwan, bakwan saja. Singkong singkong saja. Atau paling banyak 2 macam. Dulu itu masih harga 200 rupiah. Jadi beli 1000 rupiah dapat 5 biji hehehe. Hanya saya sukanya pakai sambal.
Dan setuju sekali. Gorengan rasanya enak, terjangkau, banyak varian, dan pemadam kelaparan hahaha.

Keliatan banget nih kriuknya. Apa lagi pisang gorengnya bikin jadi pengin terbang ke sana, deh.

Gorengan ini jenis makanan yang cocok disandingkan dengan apa saja. Di cocol sambal kacang enak, sambal tomat dan terasi juga enak. Bahkan cukup berteman dengan cabe ijo yang masih muda juga mantap. Sesuai banget sama lidah Indonesia
Btw itu gorengan soedarso menggoda sekali deh

Ini ada dijual versi frozennya ya
Nanti saat mau dimakan, harus digoreng ulangkah atau cukup dikeluarkan beberapa waktu di suhu ruang saja?

Ternyata sejarah gorengan itu makanan dari luar juga yaa.. jadi sebenernya makan gorengan seperti makan makanan luar negeri lah yaa :V hihii

Urusan gorengan emang jajanan terbaik. Aku paling doyan mendoan sama tahu isi. Jadi pingin gorengan soedarso singkawang dah.

Wah jadi tau klo gorengan sumbernya dari China, tapi bener sih dipikir pikir masyarakat Indonesia dulu lebih banyak mengukus dan merebus

iya gak pernah bosan menikmati gorengan. Apalagi kalau masih hangat. Memang ada beberapa gorengan yang berasa agak mahal. Tapi, kalau sepadan, tetap dibeli juga :)

Orang Indonesia cinta gorengan. Ahaha...iya sih. Aku juga suka banget. Cuma nih masih penasaran sama pisang goreng Pontianak. Pernah mampir ke kedai kopi di kotaku yang pemiliknya asli orang Pontianak. Sayangnya waktu itu menu pisang goreng ini lagi kosong.

Gorengan memang jajanan sejuta umat. Dah lah dibilang ga sehat pun, citarasa gurihnya memang tak tertandingi. Mudah didapatkan dimana saja, mudah pula cara pembuatannya. Favoritku tetap mendoan kak, tapi ga nolak koq dengan gorengan yang lain

Entah apa rahasianya, gorengan abang-abang itu lebih maknyusss dibandingkan bikin sendiri!
Makanan sejuta umat Indonesia, apa lagi pas hujan-hujan sambil ngopi, beuuuuh, nikmatnya juara!

Aku makan gorengan hampir tiap hari nih. Btw makasih ya kak jadi tahu sejarah gorengan nih...Noted untuk kuliner gorengan di Singkawang...next time pengen dong ke sini sp tahu ada rejeki...

Walaupun mungkin harganya lumayan, tetapi kualitasnya oke pasti asik aja. Apalagi ini dari penampakannya gurih dan lezat goreng pisangnya

Iyess banget masyarakat Indonesia penggemar gorengan. Makan tanpa lauk gorengan serasa adanyg hambar minim ada tahu tempe goreng deh 🤩

Gorengan ialah makanan paling dicari. Makan gak ada gorengan buatku rasanya gimana gitu.

Dan ya, kita harus nyari gorengan yang berkualitas. Dari minyaknya, kebersihannya, dan lain sebagainya.

Ya ampun gorengan mah susah ditolak deh. Tiap hari makan gorengan meskipun hanya sepotong dua potong. Apalagi kalo harganya murah dan rasanya enak. Plus dapat rawit yang banyak hehe

Gorengan nih my comfort snack bangettt.

Rasanya engga bikin bosan
Beda klo makan kue/roti gt kan sepotong aja udah mblenger

Kalo gorengan, 10 bijik mah hayuukkk

Wah, sedap ini. Saya juga suka gorengan. Tapi Singkawang jauh banget. Huhuhu.

Sampe sekarang gorengan tak tergantikan jadi teman terbaik untuk ngopi sambil ngobrol". Apalagi kalo enak begituu

Wah, gorengannya besar" ya itu.. Dilihat dari fotonya aja bikin pingin nih.. Tapi pas harga minyak tinggi ini harga gorengannya juga naik gak ya?

Aku ga terlalu doyan gorengan, namun pisang goreng jadi satu2nya pilihan gorengan yang favorit.

Saya unjuk tangan nih sebagai pecinta gorengan juga. Tahu isi alias gehu kalau di tanah Sunda itu jadi favorit saya. Tahu yg isinya tauge ya, bukan lainnya

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang gemar sekali dgn yg namanya gorengan selain buat nyemil kadang ada juga sebagai lauk
Lumayan ya..harga gorengan Soedarso. Tapi rasanya pasti lezat bgt sampe tmnnya bela2in utk harus beli.
Kira2 dgn harga minyak goreng lagi tinggi akan dibandrol berapa per-satuannya ?

Paling suka gorengan yg baru mateng gitu, anget kriuk dan lebih cocok sama cabe rawit hhmmm duh kok jadi mupeng gini ya, tapi udah malem huhuhu

walopun bukan asli indonesia, bisa dibilang ini kayak makanan favorit gitu yaa kak. suamiku juga suka banget gorengan. kalau aku sih mulai membatasi karena kalorinya lumayan besar untuk sebiji gorengan hahah mending sekalian mie gitu lho yg bikin kenyang wkwk

Wewww gorengan selalu menjadi daya tarik kuliner yaaa... gak ada matinya

Kriuk, dan gurihnya sepertinya tampak itu dari penampakan fotonya. Apalagi dicoba langsung makin gereget ya

Aku suka gorengan nih wkwkw dan bener banget ya orang Indonesia makan gorengan tanpa cabe atau sambal tuh berasa hampa banget ga sih? 😅

Oh iya btw aku suka gorengan yang kri yuk gitu alias baru matang soale bunyi nya lebih rame kalau dimakan hehe.

jadi penasaran sekarang jadi berapa ya harga gorengannya? gorengan ini memang cemilan yang susah banget ditolak dan selalu laris manis kalau disajikan.

Akupun penggemar gorengan, apalagi yang disajikan hangat tak lupa pakai cabe rawitnya.hehe

Di Jakarta juga ada yang berjualan pisang goreng, yang sangat enak. Tempatnya di kawasan stasiun Manggarai. Jika berkunjung ke Jakarta jangan lupa juga untuk mampir yah.

Memang kalau gorengan dari singkawang mantap punya ya. Kayak goreng pisang kipas dari pontianak pun endeusss pisan yekan kokoh...

Duh enaknya makan pisang. Buat cemilan apalagi

Jakarta dulu ada pisang pontianak. Sekarang jarang ada yang jual

KLo buat aku, gorengan itu enak, murah, kenyang, hahahaha. Kalo dah makan gorengan gak cukup satu. Aku baru tau asal muasal gorengan

Wah baru tau kalau ternyata gorengan tuh berasal dari china kirain ya asli indonesia hihihi. Kalau lagi makan gorengan tuh nggak akan cukup kalau cuma makan satu nagih banget apalagi di cocol sama sambel petis+ gigit cabe beuh nikmat banget. Apalagi gorengannya yang masih panas dimakan disuasana dingin.

Gede bangeeetttt pisang gorengnya. Keliatan renyah kriukk. Pengen nyobain tapi kok jauuh huhu.

Pisang goreng salah satu gorengan favorit aku, ini harga mahal kalau worth it gg masalah sih aku... Hehehe
Eh ya, di Singkawang ada enggak tuh daun singkong digoreng kasih tepung? Bakwan daun singkong namanya..

Udahlah kalau ngomongin gorengan gak ada lawan sih camilan satu ini. Mau dimakan pagi, siang, sore, atau malam tetap enak aja. Apalagi masih panas-panas. Duh mana cukup satu.

Kalau di rumah orangtua, pas Ramadan, berbuka bukan hanya dengan yang manis, tapi juga dengan gorengan.
mashaAllah~
Nikmat.

Gorengan ini makanan semua kalangan hehe. Walau aku sekarang ngurang2in tp tetep seneng sih. Kalau di sini udah gak ada yang seribuan krn minyak goreng curah pun naik. Kyknya udah ada yg 5000 dapat 3 doank apa ya bahkan lebih, ya sudahlah yang penting kan sesekali makannya hehehe

Noted kalau ke Singkawang bis tuh nyicip gorngan yg direkomen :D

Masih lumayan terjangkau apalagi kalau melihat minyaknya bersih, duh pasti enak harum dan kriuk pisang gorengnya, apalagi kalau disantap dalam keadaan masih hangat panas, manteep sih

bener sih kak, aku udah pernah ngerasain bedanya gorengan seribuan sama gorengan yang harganya nyaris 10 ribu. beda boookk.. haha dari segi kriuknya, rasa, juga isi udah beda banget

Aku tuh kayaknya nggak bakalan nyesel deh sama kulinernya Singkawang. Udah lamaa banget pengen ke Kalbar tapi sampe sekarang masih jadi wacana doang huhu, gorengan Soedarso ini bakal jadi salah satu yang dicoba, semoga segera bisa main ke Singkawang!

Ya ampuuun ini jam maksi dan aku melihat penampakan gorengan Soedarso Singkawang yang sungguh menggoda iman. Enggak apa-apa harga premium kalau rasanya juwara. Aku suka pisang goreng, ubi jalar goreng, tahu isi...ah semua aja deh

Godaan gorengan memang susah ditolak, harga murah terus enak apalagi pake cabe rawit atau sambal kacang. Di sini hrg gorengan ada yg 3/5000 dan 4/5000 ga bisa beli satuan hahhahaha

Duh! Aku tuh paling gak bisaan kalo ngeliat gorengan. Bawaannya pengen langsung nyomot aja. Pokoknya semua jenis gorengan aku sukaaaa!

Wah saya baru tau kalau orang Mentawai gak memasak dg cara digoreng. Mentawai terbilang dekat dg kampung kami, Pariaman.

Gorengan di kampung ini juga makannya ada yg pake sambal. Kalo yg Mas Dodon cobain mah gorengan premium ini 😂 tentunya lebih enak 😀

Pisang kipas favoritku banget deh. Beberapa kali coba bikin, kadang sukses tapi lebih sering gagalnya terutama saat mengiris. Karena tipis-tipis jadinya malah patah
Kayaknya kudu sering latihan lagi deh

Seru banget baca sejarah tentang gorengan... Saya baru tau.
Mau coba ih... Sebagai pecinta goreangan, saya baaca deskripsinya jadi ngiler dan penasaran... Unik ya, ada tambahan ebinya...

Bener banget kak orang Indonesia cinta gorengan hihi, gorengan tuh cocok banget dijadiin sarapan, cemilan kapanpun dimanapun, dan pwngganjal perut saat lapar juga, duh aku ngiler liat gorengan singkawang ini apalagi pisang goreng sama tahu isi gorengnya

Aneka gorengan di Soedarso ini sepertinya jadi andalan penggemar gorengan buat jajan2 ya hehehe. Itu pisang gorengnya kelihatan maknyus, ada juga tahu gorengnya dll. Mayan juga ukurannya gede ya ga kecil amat jadi kenyang kalau makan banyak sih wkwkwkwk :D

Gorengan itu nggak ada lawan ya kak, apalagi kalo pas masih anget.. Aduh, auto cemal cemil ahaha. Favorit banget jajan gorengan

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon