Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak

Lokasinya di Jalan M Sohor (Sumatera), kota Pontianak. Anda bisa makan enak dan enak di bebek betangas. Aneka olahan bebek, ayam dan ikan tersedia
Sebagai salah tempat makan yang membuat penasaran, mau tidak mau harus mampir dan mencoba sendiri makanan disini. Pertanyaannya sederhana? ini bebeknya mau menikah apa bagaimana? kok Betangas? “Betangas” mandi uap hasil rebusan bahan rempah.

Tradisi ini berlaku bagi masyarakat Melayu pada beberapa wilayah bagian Indonesia. Termasuk juga Kalimantan Barat. Betangas merupakan bagian dari proses tradisi pernikahan yang calon mempelai perempuan dan pria lakukan pada langkah awal.

Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak
Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak

Bebek, Olahan Unggas Selain Ayam

Sama  seperti olahan ayam yang digandrungi banyak  orang, masakan olahan bebek juga tak kalah populernya. Sejak dahulu kala, bebek goreng dan bebek panggang selalu ada. Menu Bebek adalah alternatif lain ketika Anda bosan makan ayam. Meski sama-sama berasal dari  unggas,  rasa dan tekstur daging bebek berbeda dengan daging ayam. Ada yang bilang kalau Bebek memiliki rasa yang lebih kaya dan jauh lebih gurih. 
 
Tak hanya di Indonesia, Orang di seluruh dunia telah lama memasak bebek, menurut laporan History, bebek panggang bahkan menjadi hidangan orang Mesir kuno. Kini, seiring berjalannya waktu, olahan bebek semakin beragam. Namun ada dua masakan yang sangat populer, yaitu bebek goreng dan bebek bakar. 
 
Pengolahan bebek boleh dibilang tidak mudah, Kita harus mengetahui beberapa trik agar bebek tidak berminyak, amis atau alot. Salah satu caranya adalah dengan memasak bebek dengan berbagai bumbu dalam waktu yang lama. Masakan Indonesia banyak yang menggunakan teknik ini.
 
Di Indonesia, beberapa daerah menawarkan menu populer berbahan dasar daging bebek. Contohnya : Bebek Goreng Bali, Bebek Goreng Surabaya, Bebek Hitam Pedas Madura dan Bebek Goreng Hitam Bengkulu dan masih banyak olahan bebek lainnya yang menggoda selera.


Menu Bebek di Pontianak

Sudah banyak yang mengeksplorasi citarasa bebek di Pontianak, dulu mungkin menu bebek tidak sepopuler sekarang. Tidak banyak orang yang menikmati daging unggas ini karena pengolahannya yang terhitung ribet.

Butuh waktu lama untuk memasak karena tekstur dagingnya yang alot, ditambah dengan baunya yang khas membuat masakan bebek harus memiliki bumbu yang tebal untuk "menyembunyikan" rasa dan aromanya yang khas.

Bebek Bejo, Bebek Bujang boleh dibilang jadi pelopor olahan bebek baru kemudian diikuti beberapa rumah makan merek luar yang masuk, mulai dari bebek pak Ndut dan bebek lainnya. Ada pula rumah makan lain yang mulai bermunculan karena pemasok daging bebek mulai mudah ditemukan seperti bebek bekaes, bebek goreng 55 dan rumah makan lainnya. Kebanyakan memang digoreng dan dimakan dengan sambal racikan khas masing masing warung.

Olahan bebek lainnya tentu di restoran masakan tionghoa yang menggunakan bebek peking dengan daging yang empuk dan tentu saja dengan harga yang berbeda. Jika sudah masuk restoran tentu harganya akan sangat jauh berbeda.

Tak hanya restoran, hotel di Pontianak juga banyak menyajikan bebek panggang empuk berkulit renyah seperti Hotel Aston, Golden Tulip sampai Hotel Harris. Biasanya mereka menyajikan dalam paket paket All You can Eat bertemakan masakan Tionghoa.

Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak

Anyway ikutan tukang jalan jajan makan dulu yuk!, bebek yang sudah bermandikan rempah ini ternyata dimasukkan kedalam alumunium foil baru kemudian dikukus hingga matang. Dimasak dengan cara sehat tanpa minyak. Walaupun waktu dibuka berlepotan minyak, ternyata ini adalah minyak yang keluar dari bebeknya sendiri. Sungguh menggoda selera, karena aroma rempah yang sungguh menggoda.

Bebek Betangas Pontianak
Bebek Betangas di Pontianak

Memasaknya mirip dengan teknik ungkep namun uap dari bumbu rempah bebek tidak keluar kemana mana karena terbungkus alumunium foil. Jadi aroma rempah benar benar merasuk kedalam serat daging. Disajikan bersama ulekan cabe yang tidak halus.

Hati hati saat membuka alumunium foilnya karena hempasan aroma kenikmatan akan langsung mendera bagian hidung dan memancing syaraf kenikmatan untuk segera bereaksi dan menikmati makanan ini.

Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak
Telur bakar di Bebek Betangas

Gurih dan berempah, ini adalah citarasa saat pertama kali menggigit daging bebek yang empuk dan berserat ini. tak perlu tambahan sambal karena sensasi pedas juga langsung tercipta. Warna cabe yang begitu kontras dengan daging bebek membuat makan langsung lahap cukup dengan nasi putih.

Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak
Sayur asem dan sambal tempe kencur

Sudah pasti, keringat akan mengucur berbarengan dengan setiap suapan nasi dan daging bebek yang dengan lancar menuju perut. Ah.... ini adalah salah satu keunikan makan bebek yang patut diacungi jempol. Mari nikmati dengan hati gembira. Makan Lahap di Bebek Betangas Pontianak


Bebek Betangas, Tak sekedar Makan Bebek

Di sini Anda dapat memilih dari banyak variasi menu bebek, ayam, dan ayam kampung. Ini lembut. Selain itu, ada sambalado paru-paru, telur bambu yang super unik, aneka ikan dan lain-lain. Pilihan sambalnya banyak. Anda bahkan mungkin bingung memilih sambal mana yang cocok menemani setiap hidangan. 



Selain lauk, ada juga  beberapa pilihan nasi, seperti nasi goreng dan nasi merah. Tempat makannya juga enak. Ada lantai dasar dan lantai dua seluruhnya lesehan. Selain itu, tempat parkirnya juga luas.Pokoknya makan di @bebekbetangas nggak bikin kantong  jebol. Anda sering mengajak teman, keluarga atau kerabat ke sana untuk makan bersama. 

Lokasinya di Jalan M Sohor (Sumatera), kota Pontianak. Anda bisa makan enak dan enak di @bebekbetangas. Buka dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Yuk mamam disini, Selamat makan dan salam yumces!
 
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.