30 April 2021

Menikmati Makanan Khas Melayu di Ulam Singkil

Mencari menu khas Pontianak, itulah tujuan utama saat menyambangi Rumah Makan Ulam Singkil di jalan M sohor, sudah beberapa kali datang dan menikmati makanan disini karena tak begitu jauh dari Radio Volare, tempat Tukang Jalan Jajan bersiaran. keinginan menikmati ikan asampedas begitu membuncah dan membuat kaki harus melangkah ke tempat Ulam Singkil. Menyajikan aneka makasan Melayu dan Indonesia membuat tempat ini 

Menikmati Makanan Khas Melayu di Ulam Singkil
Menikmati Makanan Khas Melayu di Ulam Singkil


Makanan Melayu yang didominasi rasa asin, asam dan pedas memang menggugah selera jika dipadukan dengan nasi hangat, biasanya selain disambal, makanan Melayu cenderung berkuah. Mungkin daerah pesisir menginginkan seruputan yang lebih segar karena cuaca yang panas. Ah, kalau saya memang ingin menikmati kuah menggoda dari asam pedas yang segar selain itu lama rasanya tak mencoba karedok. Agak susah mencari makanan ini di Pontianak.

Asal Mula Nama Singkil

Daun singkil adalah daun yang biasa digunakan masyarakat Melayu untuk memelihara kesehatan, sekaligus mengobati pusing dan sakit kepala. Orang Melayu menyebutnya bebuas atau limau pantai. Daun ini memang mempunyai bau yang khas dan kebanyakan orang sudah mengenal aromanya. Bagi penyuka rasa pedas, daun singkil adalah pilihan yang tepat sebagai pasangan lauk. Sebab, rasa daun singkil ini agak manis pedas, sedikit pahit, dan berbau tajam. Bentuk daun singkil mirip dengan daun murbei. Teksturnya mudah rapuh, memiliki pinggiran yang bergerigi, dan banyak tumbuh di dataran Kalimantan. 

Daun singkil atau buas-buas sangat tepat sebagai lalap asam pedas. Daun singkil merupakan ikon tempat mereka. Sesuai nama tempat makan mereka yaitu ulam stingkil. Ulam artinya lalapan. Sedangkan singkil yaitu daun singkil. Selain dimasak dengan cara rebus, daun ini juga enak ditumis dengan teri dan juga potongan cabe. Ada yang pernah mencoba?

Makanan Khas Melayu

Keanekaragaman kuliner khas Pontianak memiliki potensi untuk diusulkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya adalah ikan asam pedas yang sempat populer karena sampai ke istana dan dicicipi oleh presiden Joko Widodo. Masakan ikan asam pedas mempunyai kuah yang merah dan kental berbahan dasar rempah-rempah. Untuk rasa, ikan asam pedas memiliki rasa asam bercampur pedas yang merupakan paduan potongan nanas dan cabai merah yang digiling halus. Rasa asam dan pedas yang dominan menjadi ciri khas masakan itu

Rumah Makan Ulam Singkil

Tempat makan yang menghadirkan makanan khas Melayu ini merupakan tujuan utama saat saya ingin mencoba asam pedas keladi. Sebelumnya untuk melengkapi makan kali ini, segelas es rujak sudah saya minta untuk melengkapi kenikmatan lidah. 



Gong utamanya adalah Asam Pedas Sayur keladi dan Asam Pedas Kepala ikan. Bentukan kuahnya hampir sama, perbedaannya hanya di konsistensi kuahnya, sayur keladi lebih encer dari kuah asam pedas kepala ikan. Saya terpesona dengan asam pedas sayur keladi. tekstur keladi yang berongga, terasa renyah saat dikunyah, tingkat kematangannya pas. Rasa bumbu yang tersemat dikuahnya benar benar Melayu banget, dengan aroma harum daun kunyit dan kesum menambah nikmatnya makan, rasa rebon dan kemiri membuat kegurihannya makin terpampang nyata.

Oh ya, sengaja saya memesan paket ikan asam pedas ini dengan sepiring nasi, lengkap dengan lalapn, sambal bajak dan ikan asin biawan goreng yang digoreng krispi. Cukup dengan siraman kuah sayur asam keladi, ikan asin biawan dan sambal bajak, semuanya sudah sempurna dan nyata. Ciri khas asam pedas keladi Melayu Pontianak adalah lebih banyak batang ketimbang umbinya. 

Menu lain yang tidak boleh dilewatkan adalah karedok yang ditaburi dengan emping, sampai sampai di mulut, indra pengecap saya hanya merasakan manis gula merah yang pekat dan gurih kacang goreng yang hampir mirip dengan rujak ebi singkawang. Mungkin rasa inilah yang diminati pengunjung di Ulam singkil, sepertinya kalau bertandang lagi saya mau minta ditambahkan kencur dan tambahan bawang putih untuk menyempurnakan rasa. Saat diaduk, maka terlihat daun selada, kacang panjang, tauge dan serutan wortel serta potongan kol.

Rumah Makan Ulam Singkil berada di Jl. Moh. Sohor, Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Mau ikan atau keladi semuanya sama sama enak! Sikaaaat! Selamat Makan dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

46 comments

Ternyata di sana ada karedok juga ya. Apakah menunya terinspirasi dari karedok Bandung?

Kayaknya wajib coba tuh ikan pedasnya. Secara Kalimantan khas banget dengan kuliner khas lautnya. Beragam olahan ikan kayaknya ada ya kak. Jadi pingin ke sana deh abis pandemi. Soalnya tinggal Kalimantan aja nih yang belum gw jajah. Hahaha..

Kalau di sini sayur keladi mayoritas hanya daunnya yang dimasak kalau batangnya belum pernah makan. Jadi penasaran sama renyah batang keladi.

Masakan melayu memang selalu menggoda dan khas, berutung sekali tinggal di daerah yang kaya akan kuliner seperti ini. Btwe saya baru tau itu namanya daun singkil yaa, pernah lihat tapi tak tau namanya. Terima kasih bang don sharingnya.

Beeeg, ini sih judulnya bikin perut makin keroncongan, hehehe. Masakah melayu itu emang enak-enak ya Mas, perpaduan rempahnya itu lho, selalu pas di lidah

Sebagai penggemar masakan pedas, aku auto terpanggiiilll
Enak banget nih masakan khas Melayu
Bumbunya "berani bener" ya Kak

wuah cocok sama aku. aku suka makanan yang pedes, asem, asin.
berarti aku kudu cobain makanan melayu di ulam singkil

Jadi pengen ke Pontianak deh. Ada tetangga mama itu org Pontianak dan beliau bisa bawain kami sayuran khas Melayu tempatnya tinggal dulu, dan emang enak bangett. Nonton vlog kk nih auto bikin lapar saya hahaha

Aku jadi lapar bacanya...duh kaya sekali masakan khas Pontianak ya.Ada Asam Pedas Ikan..apa mirip Asam Padeh Ikan khas Minang ya?
Bayanganku enak banget pasti komplit begini,di menunya ada asam, pedas, manis ditutup es rujak yang segar...Wadaw nikmat benar!

Wah sepertinya ikannya lezat banget tuh mas. Ditambah kuah pedasnya membuat lidah jadi menggoyang

Baru tau lho ada rempah namanya daun singkil. Banyak ya rempah-rempah lndonesia yang belum diketahui. Makasih sharingnya

Eh karedok dicampur emping tapi rasanya manis? Saya jadi penasaran. Mgkn karedok sana rasanya beda sama karedok Jawa ya


Kebetulan bgt abis beli ikan nih. Nyoba nyari ide buat bikin ikan asam pedas ah..

Kalau ada masakan judulnya "asam pedas" dah pasti aku suka haha, krn aku suka makanan dengan kedua rasa itu :D
Baru tahu ada daun singkil, apa emang mrip daun limau/ jeruk gtu kah?

Aku gak bisa nahan diri deh sama yg pedas2 ini. Selalu suka apapu itu. Penasaran sama singkil ini kaya gimana bentukannya belum pernah liat

Kalau dengar Singkil, aku ingatnya tempat di Aceh, Kak. Nah, baca deskripsinya sepertinya daun ini mirip pokpohan kalau di Sunda karena rasanya segar agak pedas. Biasanya dicocol sambal tomat atau terasi yang bikin hohah. Salah deh baca beginian pas siang masih puasa, autolaper. Pengin asam pedas kepala ikan, banyak nutrisi bikin ketagihan.

wuihhh enak bgt ya mba. klu dgr kaya pontianak yg sy tahu pisang goreng pontianak

Haddeeeeehhh,
Ada Es Rujak juga mantap bener dahh...

Keladinya juga, wah ini kalau main-main kerumah Adek Ipar, bisa nih mampir kesini.

Adek Ipar ku di Sekadau, jauh gak Kak ???

Eh ternyata daun singkil mirip daun murbei gtu ya dan bisa menjadi salah satu daun pendamping lauk
Kalau tanamannya masih banyak di sana atau dah langka jg?

Saya salah baca
Saya pikir Sikil (kaki dalam bahasa Jawa)
Ternyata Singkil
Dan sepertinya enak ini dari fotonya

Penasaran ey versi kalau ditumis bareng cabai dan teri, sepertinya nikmat. Namun kalau untuk manfaat lebih banyak enakan versi yang direbus ya, unik ey. Saya baru tahu perihal daun singkil ini, saya kira awalnya miripan daun singkong :D

Santapannya segar-segar sekali ya kak, dimulai dari es rujak, ada asam pedas keladi, lengkap juga dengan sambal bajak. Sepertinya cita rasanya meriah dan khas sekali, pengin sekali-kali nyicip hidangan khas melayu seperti ini

Bang, aku masih penasaran dengan bentuk daun singkilnya, enggak dizoom pas di video. Pengin tau kalau misal di Jawa ada apa enggak gitu yang mirip.
Yang es rujaknya juga ga begitu keliatan bang, duuuh padahal pengin lihat juga dan menikmati kesegarannya saat lihat videonya. Kalau ada rejeki pas bisa ke Pontianak kudu sambangi Ulam Singkil nih ya.

Wow, jadi penyiar radio di Volare toh. Keren sangat Kakaknya. Pasti sudah pengalaman sekali ya di dunia broadcasting. Ayo bagi-bagi dong pengalamannya di blog super kece badai ini Kak.

Makanan melayu ini mirip seperti di Aceh ya. Makanannya berkuah dan aroma bumbunya terasa sekali, jadi rasanya memang nikmat banget. Ternyata makanan khas Pontianak pun nggak jauh berbeda ya.... Saya jadi penisirin nih seperti apa rasanya.

Uih karedok memang cocok banget ditaburi emping. Ada karedok juga ya di sana?

Nice info Kak, jadi tau sedikit nih makanan khas Pontianak yang berkuah dan rasanya asem manis gitu.

Salam Yumcez kak.. Daku pernah dengar daun singkil, tapi belum pernah mencicipinya. Kalau sudah masakan melayu, nikmatnya bisa bikin banyak nambah hehe

sayang banget ya di lumajang nggak ada makanan khas melayu kayak ulam sangkil ini.
padahal orang-orang sini suka makanan yang pedes asin asem gurih loh, sekilas hampir sama
hmm mungkin beda selera kali ya


ooh aku tahu, karena nggak ada daun singkil, hahaha

Saya penasaran sekali dengan rasa daun singkil ini. Kayaknya di sini tidak ada. Kabarnya bagus sebagai penambah ASI juga ya

baru tau ada daun singkil, penasaran
dan ikan asam pedas aku cuman bisa bayangin makan itu pas siang siang, yampunnn seger bener ya
di jawa sini ada juga nama yang sama, mungkin ada beberapa bumbu yang beda.

Daun Singkil. Penasaran banget sama rasa dan bentuknya. Di daerahku belum ada nih masakan khas Melayu. Jadi pengen nyicipin, kayak enak banget itu. Rasa asam pedas pada kepala ikan. Hmm, nambah nasi teruusss.

Huwaaaah.. baca ini pas jam puasa, tetap bikin chas, Mas hahaha. Pokoknya setiap kali Mas Don mengulas makanan, langsung pengin. Apalagi ini, saya belum pernah makan daun singkil, Mas. Penasaran rasanya hehehe.

Wah...penasaran sama bentuk daun singkil atau buas-buas.
Tapi aku selalu amazing sama pelaku kuliner. Karena mendapatkan bahan bakunya aku rasa gak mudah yaa....

Baru tahu namanya Daun Singkil, cocok neh buat penggemar masakan pedas. Tapi kalau saya bukan yang garis keras, nggak berani yang terlalu pedass karena punya maag dan asam lambung.

Kebayang lezatnya sayur daun singkil dan bumbunya yg spicy. Bisa-bisa nasinya nambah nih jadi 2 piring.
Daun segarnya seperti apa ya daun singkil tuh? Mungkin bisa ditanam sendiri, supaya engga penasaran...hehe

Saya belum pernah coba makanan melayu, Kak. Penasaran sama ciri rasa makanan melayu itu seperti apakah? Manis atau asin gitu?

Aku selalu penasaran sama olahan sayur keladi. seumur-umur belum pernah nyicipin. Ntar kalau ke Pontianak wajib coba nih sayur keladi asam pedas.

Aku malah baru tau daun singkil nih, tapi kalau rasanya pedas aku suka pasti apalagi dimasak dengan ikan hmmm enak banget ini segar juga

Cita rasanya kayanya enak banget. Unik!

Setiap daerah emang punya anadalan makanan masing-masing yaaa. Semoga someday bisa icipin makanan khas Melayu di Ulam. ^^

Makanan Melayu nih enak2 ya sepertinya. Baca artikel-artikel di blog ini rasanya pengen terbang dan menikmati makanan-makanan khas Melayu :)

perpaduan rasanya komplit yaa Kak, ada pedas, asam juga manis menyatu yah.
tiap daerah emang unik ya, punya ciri khas masing-masing.

Penssaran dengan daun singkil kayak gimana? Sebagai orang sunda suka banget makan lalapan, dan penasaran sama bentuknya kali aja pernah makan di sini tapi beda namanya, btw ikan asam pedas menggoda sekali, kayaknya rasanya bikin nagih

Adududu... Jadi pengen nyobain asam pedas kepala ikan. Pasti seger gitu ya? Menarik banget hidangan Melayu di Pontianak ini. Semoga kapan-kapan bisa nyobain.

Di Pontianak ada karedok juga toh? Ih, jadi pengen nyicipin dan ngebandingin dengan karedok Bandung :))

Jadi ngiler sama asam pedasnya.
Ohhh ternyata penggunaan asam untuk asam pedas pontianak dan asam padeh beda ya kak. Asam padeh aja enak banget. Apalagi asam pedas melayu pontianak ini. Ngilerrrr

Masakan melayu memang sudah terkenal enak-enak, ya, Kak. Karena perpaduan bumbu rempahnya komplit. Saya belum pernah lihat dan merasakan daun singkil, jadi penasaran dengan rasanya.

Langsung kebayang rasa asam dan pedas nya. Ditambah lalap daun Singkil. Kayaknya perpaduan yang pas ya.
Btw ternyata di sana ada karedok juga ya. Di Jawa Barat juga ada karedok tapi kayaknya karedok versi Pontianak dengan karedok versi Sunda berbeda.

Saya jadi penasaran ini mau coba
Apalagi nama daunnya unik dan baru dengar kali ini

Baca artikel sepitar makanan tih, jadi ngiler ya. Membangkitkan jiwa kuliner banget hahaha

Harus sabaar nih, nunggu waktu berbuka biar gak batal puasanya wkwk

Sepertinya endeus banget menunya. Belum pernah ke Pontianak, kapan ya jadi pengen eksplor kulinernya.
Btw di daerah sini juga ada nama Jl. Singkil. Tapi aku gak tahu apa artinya sama merujuk ke nama daun tanaman

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon