29 Maret 2021

Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

Cemilan pedas memang sudah sangat biasa bagi orang Indonesia, termasuk tukang jalan jajan yang doyan menikmatinya. Jarang sekali ditemukan orang Indonesia tidak suka cemilan pedas. Maka jika pergi keluar negeri tidak lupa bon cabe sebagai bubuk cabe pedas. Nah, cemilan pedas ini beragam sekali tiap daerah. Namun ada cemilan pedas di satu daerah yang terkenal hingga ke daerah lainnya di Indonesia. Cemilan pedas ini nikmat dimakan dengan teman-teman atau juga sebagai suguhan. Di makan siang hari cuaca panas atau dingin enak. Asalkan sebelum makan cemilan pedas, makan nasi dulu atau makanan makanan berat agar tidak sakit perut. Berikut berbagai cara membuat cemilan pedas.

Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

1.       Seblak Lengkap

Pernakah anda memakan seblak? Seblak memang sudah terkenal ke daerah lain, bukan hanya di Jawa Barat. Seblak ini merupakan cemilan pedas yang enak sekali. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah kerupuk mentah 50 gram, siomay kering, macaroni mentah, mie kuning sedikit saja dan telur ayam 1 butir. Untuk bumbunya siapkan kunyit 1 ruas jari, cabe merah keriting 3 buah, cabe pedas 4 buah, bawang merah 2 siung dan bawang putih 1 siung. Siapkan juga minyak untuk menumis. Garam dan kaldu bubuk sapi.

Cara membuat seblak ini adalah dengan merendam kerupuk di air panas dahulu. Setelah itu blender semua bumbunya hingga halus. Setelah itu anda tumis bumbunya di wajan berisi sedikit minyak. Selanjutnya anda masukkan air ke dalam tumisan bumbu. Setelah itu taruh telur ayam, siomay kering, macaroni dan juga mienya. Terakhir masukkan kerupuk yang sudah direndam tadi. tambahkan setengah sendok garam dan kalsu bubuk sapi sesuai selera.

2.       Cilok Kuah Pedas

Cilok singkatan dari aci dicolok. Namun kini cilok mengalami perkembangan, tidak selalu diclok dan juga sudah berkuah. Cilok kuah pedas ini sudah jadi cemilan favorit. Bahan-bahannya adalah sagu atau aci 500 gram, air mineral, daun bawang dan garam. Lalu anda sipakan bumbu untuh kuahnya, kaldu sapi bubuk, cabe dan bawang putih.

Anda buat ciloknya dahulu caranya campurkan sagu atau aci dengan air hangat dikit demi sedikit. Lalu tambahkan daun bawang yang sudah dicincang kecil. Buat adonan hingga kalis dan bulatkan. Sipakan panci berisi air dan minyak sedikit saja. Rebus ciloknya hingga matang dan tiriskan. Sekarang kuahnya anda ulek bawang putih dan cabe sesuai tingkat kepedasan anda. Selanjutnya tambahkan air ke dalam panci dan masukkan bumbu ulek tadi. tambahkan garam dan kaldu bubuk sapi. Masukkan ciloknya dan siap dimakan.

3.       Cireng Mercon

Cireng juga mempunya singkatan yaitu aci digoreng. Bahan yang dibutuhkan membuat coreng dahulu yaitu aci 1 kg, tepung terigu 1/4 , garam, daun bawang dan kaldu bubuk sapi. Untuk isian cireng yaitu kornet sapi, bawang putih, bawang merah, dan cabe pedas. Minyak goreng siapkan untuk menggoreng.

Kita buat isian cirengnya dahulu, dengan mengulek bawang merah dan bawang putih. Kemudian masukkan cabe pedasnya dan ulek hingga halus. Tumis bumbunya dan masukkan kornet sapinya. Tambahkan sedikit garam dan kaldu bubuk sapi. Sisihkan dahulu isinya. Sekarang membuat cirengnya dengan mencampurkan semua bahan dan tambahkan air hangat dikit demi sedikit. Uleni hingga kalis dan pipihkan adonan kemudian isi dengan isian tadi. tutup dan kemudian cireng mercon siap digoreng.

Semuanya jadi favorit Tukang Jalan Jajan, makanannya gampang didapat dan kamu pasti doyan juga sih menikmatinya.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

29 comments

Biasanya makan cilok bumbu kacang, jadi penasaran sama cilok kuah pedasnya...pasti superrr rasanya

Enak enak semua dan masuk golongan makanan hitz dimasa kini ^^ heheh Malam malam gini jadi kangen makan seblak deh aku hahaha

Penggemar makanan pedas, hadiiiiirrr!
Memang yhaaa, yg namanya pedas2 berbumbu micin tuh bikin hati jadi hepi.
mood booster banget buat akuuu

Aaakkk aku suka banget sama seblak, Kak. Enak banget sih disantap hangat-hangat, apalagi kalo komplit pake ayam, bakso, dll. Yummyyyyy!

Semua cemilannya suka. Enak dan cocok di makan kapanpun, apalagi kalau dimakan bareng keluarga, jadi tambah seru bahkan bisa berebutan.

masih kebayang-bayang niih
kayaknya aku pengin bikin ahh
uprek2 tutorial resep di YouTube :D

Seblak sukaaa bangett. Pertama kali makan seblak justru di jawa timur. Pas ke jawa barat malah ngga nyicipin wkwkw

Favorite aq sih sih seblak, kadang Jaya org ngidam Cari tukang seblak 🤣

Saya sudah sering makan seblak, cilok, dan cireng, Mas Don. Hanya... karena saya tidak terlalu kuat pedas, saya pilih atau pesan yang tidak pedas hahaha. Dan emmang cemilan dari Jawa Barat ini sangat beragam. Dari bahan sederhana, bisa diolah jadi makanan yang lezet dan menggugah selera hehehe.

Semuanya aku suka. Seblak, cilok, cireng, duhhh haha gimana mau diet kalau semua makanan masuk dalam mulut ya.

Emang banyak jenis juga sih untuk kuliner Jawa Barat ya kak

Saya juga menyukai masakan pedas lho. Apalagi seblak dan cilok kuah pedas. Makin pedas rasanya makin mantap. Meski pada akhirnya akan mengalami sakit perut karena kepedasan. HEhehehe

Aku banget ini jajanannya, suka semua hehehe maklum memang lama di Jawa Barat. Kalau seblak basah aku suka bikin sendiri di rumah

uwooo, serba pedas semua. Aku nyerah duluan deh. Nggak bisa makan pedas soalnya. Lidahku tak tahan ...

Sini ke Bandung, Mas Dodon. Makan seblak, cilok kuah, cireng mercon, bakso aci dll langsung di kota asalnya 😀.

Ketiganya pernah daku coba, cuma ya gak pedas banget haha. Tapi kalau ada kata merconnya mungkin bakalan daku tanya dulu, level berapa hihi

Aku paling suka cilok, kalau seblak blm nemu yg cocok di lidahku.
Biasanya kalau ramadan tu tetanggaku suka jualan cilok ada yg pedes ada yang bumbu kacang flat. Duh jd gak sabar sering2 makan cilok hehe

mantaplah
ketika cabe-cabean bertemu, maka semuanya terasa pedas
cemilan khas jabar emang enak-enak yaaa, apalagi kalau dikasih sambal wuah nampol pedasnya

Aku baru coba Cilok itu tahun 2020 kemarin
Alasannya karena uangnya cuma cukup jajan Cilok itu
Daripada lapar mending beli itu hahaha

wah ada ciloknya, jadi pengen deh

bayak juga camilan khas jawa barat ini, semuanya menggugah selera

Kayaknya bahannya mudah ya . Tapi lebih suka jajan daripada bikin. Paling suka cilok pedas. Hmm...yummy..

Kan, aku jadi inget klo belum beli seblak lagi, dehh. Udah agak lama belum beli. Trus kmrin pengen bnget maem cireng. Tpi ga ada yg jual di sekitar rumah. Mo bikin sndiri bnyak mager nya.
Ternyata cilok sama seblak, trus cireng, termasuk cemilan khas nya Jabar ya mas, baru paham akunya hehehheee

Duh..kan..jadi pengen jajan seblak, cilok, cimol. Kalau yang pedas sih favorit saya tuh seblak. Apalagi kalau disantap saat hujan. Pas banget

Di antara tiga cemilan pedas khas Jawa Barat di atas, saya tidak cocok makan seblak. Gimana ya, rasanya kayak agak gelay makan kerupuk tapi nggak kriuk hehehe.

Di daerah ku banyak banget makanan hawa barat dijajakan. Aku sendiri suka banget cireng, seblak, cilok, hehheh favorit camilan banget kak

Cilok, cireng dan seblak ini udah terkenal banget sabagai makanan dari jawa barat ya mbak. Banyak penggemarnya pula. Apalagi cilok. Beh, my paporit

Wah aku kalo dengar apapun yg pake nama mercon uda langsung excited banget. Banyak sih yg jual aci di banjarmasin cuma yg mercon belum ada. Nanti mgkn coba bikin sendiri

Kalau pilihannya 3 jajanan di atas, maka aku memilih seblak. Suka banget aku sama seblak, bikin nagih. Pertama kali ngerasain seblak dibikinin guru ngaji. Tapi susah cari yang seenak buatan beliau. Sampai akhirnya nemu juga nggak jauh dari rumah. Kalau pengen yang pedes-pedes, pasti lari deh ke warung seblak favorit itu.

juara laah jawa barat mah kalo jajanan aya-aya wae idenya wkwkkkw, saya paling suka cilok sama cireng ah mantaap pedas2

Sebagai orang Sumatera saya agak asing dengan menu di atas tapi tertarik untuk mencobanya. Makanan pedas memang selalu menggugah selera.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon