Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Rebung kering masak lemak ini kreasikan dengan daun selasih sehingga memiliki aroma yang harum menutupi aroma rebung yang khas
Ada satu keunikan bahan makanan dari Kalimantan Barat yaitu rebung kering. Rebung begitu banyak di hutan Kalimantan, harus segera dipanen dan tidak bisa ditunda karena segera menjadi bambu jika terlalu lama. Supaya awet, rebung yang didapat tadi akan dikupas dan dicuci bersih lalu diiris tipis dan kemudian dijemur hingga kering. 
Jika ingin dimasak maka akan di rendam dengan air panas dan ajaibnya, rasanya mirip serat daging dan renyah. Rebung kering masak lemak ini kreasikan dengan daun selasih sehingga memiliki aroma yang harum menutupi aroma rebung yang khas. Mau mencoba Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan ?


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Rebung, Makanan Kalimantan bersumber di Hutan

Rebung atau bambu muda ini, sumber makanan yang mudah didapatkan di hutan Kalimantan, bahkan almarhum ayah saya sengaja menanam bambu yang rebungnya manis dan besar. Ternyata, tidak semua rebung enak dimakan, ada juga yang sepet dan pahit serta berukuran kecil. Rebung biasaya tumbuh didekat akar bambu, Batang muda ini digunakan sebagai bahan makanan, tidak hanya di Indonesia, di Asia juga menjadi populer dan mudah ditemukan dimana-mana.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya rebung memiliki kandungan racun asam sianida. tentu yang kadarnya rendah, yang dapat dikonsumsi. Ada beberapa jenis bambu yang memiliki rebung yang bisa dimakan. Coba kenali dan cari tahu ya. Berikut adalah jenis jenis bambu

  • Bambu betung (Dendrocalamus asper)
  • Bambu apus/tali (Gigantchloa apus)
  • Bambu wulung/hitam (Gigantochloa atroviolacea)
  • Bambu ater/jawa (Gigantochloa atter)
  • Bambu gombong/surat (Gigantochloa pseudoarundinacea)
  • Bambu ampel (Bambusa vulgaris)
  • Bambu kuning/gading (Bambusa vulgaris var. striata

Dari kawasan subtropis dikenal jenis-jenis bambu yang biasa diambil rebungnya untuk dimakan, yaitu:
  • Madake (Phyllostachys bambusoides)
  • Moso (Phyllostachys edulis)
  • Bambusa oldhamii
  • Bambusa odashimae
  • Bambusa blumeana
  • Fargesia spathacea

Rebung Untuk Bahan Makanan

Beberapa makanan di Kalimantan menggunakan rebung sebagai bahan utamanya, Suku dayak biasa memasak rebung dengan daging atau memasaknya dengan ikan. Bumbunya sederhana namun rasa alami dari rebung membuat makanan jadi sempurna, tentu santan merupakan elemen lain yang juga memperkaya santa, sementara Suku Melayu memasaknya dengan bumbu dapur yang lebih lengkap dan kaya rasa. Perpaduan rempah, aneka dedaunan, dan rimpang menyatu sempurna dengan santan, rebung dan daging. Adapula yang hanya menumisnya dengan telur orak arik. Sementara dari makanan Tionhoa ada chaikwe isi rebung atau rebung masak teripang.

Sementara di Solo dan Bogor, Rebung bambu digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan baku masakan khas Jawa Tengah, seperti sayur lodeh. Selain itu, rebung juga diolah menjadi lema. Pemanfaatan rebung ssecara modern juga makin beragam, berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung.

Di daerah Jawa, rebung kering dikenal dengan nama klingking. Sebelum dimasak, rebung kering ini dicuci bersih dan direbus terlebih dahulu. Rebung ini dimasak dengan santan dan memiliki tekstur renyah yang mirip daging ayam. Tapi saya ingin menunjukkan bagaimana menu Rebung Kering yang unik bisa tersaji menjadi Rebung Kering Masak Lemak yang menggoda selera

Resep Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Bahan-bahan

250 gr rebung kering 
250 ml santan kental
1 papan petai
2 liter air

Bumbu halus

6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 ruas kunyit
5 butir cabe rawit

Bumbu tabur

2 sdm kaldu jamur
Secukupnya garam
Secukupnya gula
Sejumput lada bubuk

Bumbu Cemplung

3 lembar daun salam
1 batang serai
1/2 cm lengkuas
2 Buah cengkeh
1/4 adas manis
Segenggam daun selasih


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Cara Memasak

1. Rendam rebung kering dahulu dengan air panas kurang lebih 15 menit lalu tiriskan dan cuci beberapa kali hingga air cucian bersih.
2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan semua bumbu cemplung kecuali daun selasih. Tambahkan air dan bumbu tabur. Masak sampai mendidih.
3. Kemudian masukan rebung kering yang telah dicuci bersih, lalu petai yang sudah disiang, aduk rata.
4. Tambahkan santan kental, aduk terus sampai mendidih dengan api kecil. Kemudian tutup. Biarkan kira kira 10-15 menit sampai bumbu meresap ke rebung, jaga jangan sampai rebung hancur.
5. Koreksi rasa, tambahkan Bumbu tabur jika dirasa kurang.
6. Jika sudah matang, matikan api lalu masukkan segenggam selasih.


Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan
Rebung Kering Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Hidangkan dengan nasi panas, kerupuk dan sambal. Sedap Menggoda dan selamat mencoba

Kandungan Gizi dan Manfaat Rebung

Walaupun terlihat putih dan seperti tak memiliki gizi, Rebung ternyata memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kabarnya rebung juga bisa menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Rebung yang masuk ke dalam jenis sayur ini juga tinggi kadar air, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, fosfor dan zat besi. Kamu yang merasa kekurangan kalium hingga menderita pelunakan otot dapat mengkonsumsi rebung secara rutin untuk membantu pemulihan.

Ternyata, menurut ahli tanaman, Rebung dikategorikan sebagai Sayuran dan memiliki kandungan antioksidan yang baik bernama fitosterol untuk melawan kolesterol jahat dan mencegah radikal bebas. Bagi yang ingin diet dan mengurangi berat badan, bisa mengkonsumsi sayur rebung sebagai pilihan diet alami yang baik karena mengandung lemak namun kadar gulanya rendah. Proteinnya yang tinggi bisa menjaga kesehatan sel-sel. Bagi kamu yang kekurangan serat, rebung adalah sayuran dengan serat yang tinggi sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah, diabetes, jantung koroner, hiperkolesterolmia dan kanker usus besar.

Yuk Masak Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan

Cobain masak Rebung Masak Lemak Ala Tukang Jalan Jajan yuk, Informasikan diriku bagaimana pendapat kalian ya. Selamat mencoba dan Salam Yumcez!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.